Minggu, 28 Mei 2017 | 11.48 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Kasihan, Bocah Asal Tapteng Ini Derita Kelainan di Kelaminnya

Kasihan, Bocah Asal Tapteng Ini Derita Kelainan di Kelaminnya

Minggu, 26 Juni 2016 - 13:31 WIB

IMG-15757

Rut, ibu Jonatan saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto/KedaiPena

Sibuluan, kini.co.id – Malang nian nasib Jonatan. Bocah empat tahun buah hati pasangan Abdul dan Rut Mey Hutagalung itu harus menderita kelainan di kelaminnya.

Warga Lingkungan II, Kelurahan Sibuluan Terpadu, Kecamatan Sibuluan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara itu terlihat seperti memiliki kelamin ganda.

Sepintas, struktur kelamin yang berjenis laki-laki terlihat lebih menonjol dibandingkan jenis perempuan. Yakni,dengan keberadaan alat kelamin pria yang berbentuk telah tersunat secara alami dan keberadaan testis. Meski menurut penuturan Ibu Rut Mey, bagian testis itu terkadang hilang.

“Mau ada, mau ndak ada (Testis-red). Makanya heran,” tutur Rut Mey.

Sementara itu, bagian berbentuk jenis kelamin perempuan tidak terlalu kentara. Keberadaan klitoris diakui hanya terlihat sangat kecil. Tak hanya itu, pada bagian testis, terlihat membelah seperti membentuk labium tipis yang biasa dimiliki pada jenis kelamin perempuan.

Menurut Rut, saat difungsikan untuk membuang air kecil, kelamin jenis laki-laki itu sama sekali tak berfungsi. Air seni bocah itu keluar dari bagian sebelah pangkal.

“Dari bawah dia bang, bukan dari ujung (Penis-red) nya. Jadi kalau dia kencing (buang air seni-red), diangkatnya (batang penis-red) baru dia bisa kencing,” kata Rut.

Penuturan Rut, kelainan yang dialami Jonatan yang lahir 23 April 2012 itu, baru diketahui setelah berusia 2 tahun. Saat buah hatinya itu lahir, bidan yang menangani menyebut Jonatan berjenis kelamin laki-laki.

“Katanya waktu lahir, laki-laki bang. Baru, tahun lalu lah itu bang kami tau, setelah hari raya. Dia (Jonatan) gak kencing ada tiga hari. Pas kebetulan ada Bou (tante-red) nya, ditengoknya, di situlah kami tau,” kisah Rut.

Penuturan Rut, kelainan pada kelamin Jonatan sudah pernah ia keluhkan kepada puskesmas terdekat. Ia disarankan, menunggu hingga Jonatan berusia sekitar 12 tahun, saat pertumbuhan hormon mulai terlihat.

“Pernah bawa (puskesmas), katanya, nantilah kalau udah umur kelas VI SD lah, baru nanti ketahuan dia perempuan atau laki-laki,” kata Rut.

Editor: Asril

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Anak Suku Baduy Diajak Wisata ke TMII dan Monas Pada One Day for Children
Pendidikan - Minggu, 28 Mei 2017 - 11:31 WIB

Anak Suku Baduy Diajak Wisata ke TMII dan Monas Pada One Day for Children

Mentri Sosial, Khofifah Indhar Parawansa dalam akhir kunjunganya ke lokasi korban kebakaran warga Baduy Luar, Sabtu (27/5) sempat berdialog cukup ...
Kemensos Salurkan Rp3,2 Miliar Bantuan Kebakaran Bagi Suku Baduy Luar
Peristiwa - Minggu, 28 Mei 2017 - 10:57 WIB

Kemensos Salurkan Rp3,2 Miliar Bantuan Kebakaran Bagi Suku Baduy Luar

Ratusan korban kebakaran Kampung Cisaban, Desa Kanekes, Baduy Luar, Lebak, Banten, pada Selasa (23/5) lalu mendapatkan perhatian serius pemerintah melalui ...
Mentri Susi: Kalau Sahur Tidak Makan Ikan Saya Tenggelamkan ! Nah Lho,
Peristiwa - Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:23 WIB

Mentri Susi: Kalau Sahur Tidak Makan Ikan Saya Tenggelamkan ! Nah Lho,

Cuitan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam akun twitternya yang bercanda soal sahur dan buka puasa harus makan ikan ...
Posisi Sugito Sebagai Irjen Kemendes PDTT Diganti
Hukum - Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:05 WIB

Posisi Sugito Sebagai Irjen Kemendes PDTT Diganti

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo akan segera mengganti Irjen Kemendes PDTT, Sugito ...
Wiranto Ungkapkan Kegaulaunnya Hadapi Ancaman Kebhinekaan
Nasional - Sabtu, 27 Mei 2017 - 21:27 WIB

Wiranto Ungkapkan Kegaulaunnya Hadapi Ancaman Kebhinekaan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengungkapkan kegaulauannya dengan situasi saat ini, dimana muncul ancaman terhadap kebinekaan.Salah satunya ...
Dua Pejabat Kemendes PDTT dan BPK Jadi Tersangka
Hukum - Sabtu, 27 Mei 2017 - 21:11 WIB

Dua Pejabat Kemendes PDTT dan BPK Jadi Tersangka

Wakil Ketua KPK, La Ode Syarif mengatakan dalam OTT BPK dan Kemendes PDTT, empat orang ditetapkan sebagai tersangka yaitu SUG ...