Selasa, 24 April 2018 | 00.26 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Kasihan, Bocah Asal Tapteng Ini Derita Kelainan di Kelaminnya

Kasihan, Bocah Asal Tapteng Ini Derita Kelainan di Kelaminnya

Minggu, 26 Juni 2016 - 13:31 WIB

IMG-15757

Rut, ibu Jonatan saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto/KedaiPena

Sibuluan, kini.co.id – Malang nian nasib Jonatan. Bocah empat tahun buah hati pasangan Abdul dan Rut Mey Hutagalung itu harus menderita kelainan di kelaminnya.

Warga Lingkungan II, Kelurahan Sibuluan Terpadu, Kecamatan Sibuluan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara itu terlihat seperti memiliki kelamin ganda.

Sepintas, struktur kelamin yang berjenis laki-laki terlihat lebih menonjol dibandingkan jenis perempuan. Yakni,dengan keberadaan alat kelamin pria yang berbentuk telah tersunat secara alami dan keberadaan testis. Meski menurut penuturan Ibu Rut Mey, bagian testis itu terkadang hilang.

“Mau ada, mau ndak ada (Testis-red). Makanya heran,” tutur Rut Mey.

Sementara itu, bagian berbentuk jenis kelamin perempuan tidak terlalu kentara. Keberadaan klitoris diakui hanya terlihat sangat kecil. Tak hanya itu, pada bagian testis, terlihat membelah seperti membentuk labium tipis yang biasa dimiliki pada jenis kelamin perempuan.

Menurut Rut, saat difungsikan untuk membuang air kecil, kelamin jenis laki-laki itu sama sekali tak berfungsi. Air seni bocah itu keluar dari bagian sebelah pangkal.

“Dari bawah dia bang, bukan dari ujung (Penis-red) nya. Jadi kalau dia kencing (buang air seni-red), diangkatnya (batang penis-red) baru dia bisa kencing,” kata Rut.

Penuturan Rut, kelainan yang dialami Jonatan yang lahir 23 April 2012 itu, baru diketahui setelah berusia 2 tahun. Saat buah hatinya itu lahir, bidan yang menangani menyebut Jonatan berjenis kelamin laki-laki.

“Katanya waktu lahir, laki-laki bang. Baru, tahun lalu lah itu bang kami tau, setelah hari raya. Dia (Jonatan) gak kencing ada tiga hari. Pas kebetulan ada Bou (tante-red) nya, ditengoknya, di situlah kami tau,” kisah Rut.

Penuturan Rut, kelainan pada kelamin Jonatan sudah pernah ia keluhkan kepada puskesmas terdekat. Ia disarankan, menunggu hingga Jonatan berusia sekitar 12 tahun, saat pertumbuhan hormon mulai terlihat.

“Pernah bawa (puskesmas), katanya, nantilah kalau udah umur kelas VI SD lah, baru nanti ketahuan dia perempuan atau laki-laki,” kata Rut.

Editor: Asril

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...