Jumat, 27 April 2018 | 00.27 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:25 WIB

IMG-15767

Patung Sigale-gale

Medan, kini.co.id – Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, Pemkab Samosir merencanakan pembangunan patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih. Hal ini merupakan bagian untuk menjadikan Kabupaten Samosir sebagai tujuan utama pariwisata di Sumatra Utara.

“Kita akan bangun patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih beserta cable car (kereta gantung)”,ujar Bupati Rapidin di Samosir, Minggu (26/6/2016).

Rapidin berkeyakinan, keberadaan ikon pariwisata itu akan meningkatkan jumlah kunjungan secara signifikan, sehingga berpengaruh positif pada pendapatan daerah.

Anggaran yang bertumpu pada proyek-proyek kecil atau penunjukan langsung di desa-desa, ujarnya, tidak berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Pemerintahan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga akan lebih fokus melakukan pembangunan skala prioritas dan memiliki dampak terhadap daerah ini,” kata Rapidin, seraya mengharapkan masyarakat memberikan dukungan dan kerja sama dalam menciptakan iklim daerah yang kondusif.

Cerita tentang Patung Sigale-gale ini sebenarnya belum cukup mahsyur di Indonesia. Sigale-gale merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang menggunakan patung boneka kayu berbentuk seorang manusia.

Patung Sigale-gale ini akan bergerak dan menari mengikuti irama lagu batak yang diputar menggunakan alat musik yang sudah modern. Patung Sigale-gale sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digerakkan dari belakang. Ada tali yang menghubungkan bagian kepala dan lengannya sehingga patung ini pun bisa bergerak.

Ada babak-babak yang akan dimainkan Patung Sigale-gale dalam pertunjukannya. Babak ini akan bercerita tentang suku Batak hingga akhirnya nanti pengunjung akan diajak (manortor) menari bersama Patung Sigale-gale.

Namun, Patung Sigale-gale ini masih menyimpan sebuah misteri. Pasalnya, Patung Sigale-gale suatu waktu akan menari-nari dan menangis sendiri layaknya manusia.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...