Kamis, 24 Agustus 2017 | 00.34 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:25 WIB

IMG-15767

Patung Sigale-gale

Medan, kini.co.id – Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, Pemkab Samosir merencanakan pembangunan patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih. Hal ini merupakan bagian untuk menjadikan Kabupaten Samosir sebagai tujuan utama pariwisata di Sumatra Utara.

“Kita akan bangun patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih beserta cable car (kereta gantung)”,ujar Bupati Rapidin di Samosir, Minggu (26/6/2016).

Rapidin berkeyakinan, keberadaan ikon pariwisata itu akan meningkatkan jumlah kunjungan secara signifikan, sehingga berpengaruh positif pada pendapatan daerah.

Anggaran yang bertumpu pada proyek-proyek kecil atau penunjukan langsung di desa-desa, ujarnya, tidak berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Pemerintahan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga akan lebih fokus melakukan pembangunan skala prioritas dan memiliki dampak terhadap daerah ini,” kata Rapidin, seraya mengharapkan masyarakat memberikan dukungan dan kerja sama dalam menciptakan iklim daerah yang kondusif.

Cerita tentang Patung Sigale-gale ini sebenarnya belum cukup mahsyur di Indonesia. Sigale-gale merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang menggunakan patung boneka kayu berbentuk seorang manusia.

Patung Sigale-gale ini akan bergerak dan menari mengikuti irama lagu batak yang diputar menggunakan alat musik yang sudah modern. Patung Sigale-gale sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digerakkan dari belakang. Ada tali yang menghubungkan bagian kepala dan lengannya sehingga patung ini pun bisa bergerak.

Ada babak-babak yang akan dimainkan Patung Sigale-gale dalam pertunjukannya. Babak ini akan bercerita tentang suku Batak hingga akhirnya nanti pengunjung akan diajak (manortor) menari bersama Patung Sigale-gale.

Namun, Patung Sigale-gale ini masih menyimpan sebuah misteri. Pasalnya, Patung Sigale-gale suatu waktu akan menari-nari dan menangis sendiri layaknya manusia.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK OTT Pejabat Eselon I Kemenhub di Jakarta
Hukum - Kamis, 24 Agustus 2017 - 00:08 WIB

KPK OTT Pejabat Eselon I Kemenhub di Jakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan kembali melakukan aksi operasi tangkap tangan, pada Rabu, (23/8) malam.Kabarnya yang diciduk dalam aksi kali ...
Breaking News! Kebakaran Melanda Slipi
Peristiwa - Rabu, 23 Agustus 2017 - 23:38 WIB

Breaking News! Kebakaran Melanda Slipi

Kebakaran melanda pemukiman Kelurahan Slipi Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Rabu, (23/8/2017) malam.Kebakaran yang terjadi sekira pada pukul 22.30 WIB tersebut ...
KPK Telah Periksa 80 Saksi Kasus e-KTP
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 23:33 WIB

KPK Telah Periksa 80 Saksi Kasus e-KTP

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa 80 saksi kasus KTP-elektronik untuk tersangka Setya Novanto (SN)."Untuk tersangka SN sampai dengan saat ...
Libur Idul Adha, Operasional Truk Dibatasi
Peristiwa - Rabu, 23 Agustus 2017 - 22:15 WIB

Libur Idul Adha, Operasional Truk Dibatasi

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas terutama menjelang libur Idul Adha, operasional truk akan dibatasi mulai 31 Agustus pukul 12.00 ...
KPK Sudah Menduga Revisi UU Akan Mencuat Kembali
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 22:00 WIB

KPK Sudah Menduga Revisi UU Akan Mencuat Kembali

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengaku sudah menduga akan munculnya kembali wacan revisi Undang-undang KPK. Hal tersebut ...
Percepat Naik Kelas, Kemenkop Optimalkan Peran Pendamping UMKM
Ekonomi - Rabu, 23 Agustus 2017 - 21:49 WIB

Percepat Naik Kelas, Kemenkop Optimalkan Peran Pendamping UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM mengoptimalisasikan peran pendamping usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan memberdayakan koperasi di Tanah Air. Hal ...