Selasa, 25 April 2017 | 02.01 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:25 WIB

IMG-15767

Patung Sigale-gale

Medan, kini.co.id – Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, Pemkab Samosir merencanakan pembangunan patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih. Hal ini merupakan bagian untuk menjadikan Kabupaten Samosir sebagai tujuan utama pariwisata di Sumatra Utara.

“Kita akan bangun patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih beserta cable car (kereta gantung)”,ujar Bupati Rapidin di Samosir, Minggu (26/6/2016).

Rapidin berkeyakinan, keberadaan ikon pariwisata itu akan meningkatkan jumlah kunjungan secara signifikan, sehingga berpengaruh positif pada pendapatan daerah.

Anggaran yang bertumpu pada proyek-proyek kecil atau penunjukan langsung di desa-desa, ujarnya, tidak berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Pemerintahan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga akan lebih fokus melakukan pembangunan skala prioritas dan memiliki dampak terhadap daerah ini,” kata Rapidin, seraya mengharapkan masyarakat memberikan dukungan dan kerja sama dalam menciptakan iklim daerah yang kondusif.

Cerita tentang Patung Sigale-gale ini sebenarnya belum cukup mahsyur di Indonesia. Sigale-gale merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang menggunakan patung boneka kayu berbentuk seorang manusia.

Patung Sigale-gale ini akan bergerak dan menari mengikuti irama lagu batak yang diputar menggunakan alat musik yang sudah modern. Patung Sigale-gale sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digerakkan dari belakang. Ada tali yang menghubungkan bagian kepala dan lengannya sehingga patung ini pun bisa bergerak.

Ada babak-babak yang akan dimainkan Patung Sigale-gale dalam pertunjukannya. Babak ini akan bercerita tentang suku Batak hingga akhirnya nanti pengunjung akan diajak (manortor) menari bersama Patung Sigale-gale.

Namun, Patung Sigale-gale ini masih menyimpan sebuah misteri. Pasalnya, Patung Sigale-gale suatu waktu akan menari-nari dan menangis sendiri layaknya manusia.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Habib Rizieq Ajak Muslim Kuasa Medsos
Politik - Selasa, 25 April 2017 - 00:16 WIB

Habib Rizieq Ajak Muslim Kuasa Medsos

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyebutkan, Laskar Cyber Muslim punya andil besar dalam setiap aksi bela ...
Ini yang Dilakukan Dokter Terhadap Novel
Nasional - Senin, 24 April 2017 - 17:41 WIB

Ini yang Dilakukan Dokter Terhadap Novel

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan tim dokter yang menangani Novel Baswedan ada empat tindakan. Setelah penyidik ...
Ahok Akan Bacakan Pledoi Kasusnya
Hukum - Senin, 24 April 2017 - 13:42 WIB

Ahok Akan Bacakan Pledoi Kasusnya

Sidang lanjutan dugaan penistan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa (25/4) dengan agenda nota pembelaan atau pledoi.Menurut ...
Pilkada Serentak Gelombang Ketiga 27 Juni 2018
Politik - Senin, 24 April 2017 - 12:53 WIB

Pilkada Serentak Gelombang Ketiga 27 Juni 2018

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak gelombang ke tiga diusulkan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah ...
Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:42 WIB

Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor

Unit Lakalantas Polres Bogor Kabupaten, mengkonfirmasi data nama-nama korban meninggal dunia dan luka berat dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di ...
Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:22 WIB

Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas

Kecelakaan maut yang melibatkan 12 kendaaran terjadi di Jl Raya Puncak, tepatnya di tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu ...