Senin, 26 Juni 2017 | 00.09 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:25 WIB

IMG-15767

Patung Sigale-gale

Medan, kini.co.id – Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, Pemkab Samosir merencanakan pembangunan patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih. Hal ini merupakan bagian untuk menjadikan Kabupaten Samosir sebagai tujuan utama pariwisata di Sumatra Utara.

“Kita akan bangun patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih beserta cable car (kereta gantung)”,ujar Bupati Rapidin di Samosir, Minggu (26/6/2016).

Rapidin berkeyakinan, keberadaan ikon pariwisata itu akan meningkatkan jumlah kunjungan secara signifikan, sehingga berpengaruh positif pada pendapatan daerah.

Anggaran yang bertumpu pada proyek-proyek kecil atau penunjukan langsung di desa-desa, ujarnya, tidak berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Pemerintahan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga akan lebih fokus melakukan pembangunan skala prioritas dan memiliki dampak terhadap daerah ini,” kata Rapidin, seraya mengharapkan masyarakat memberikan dukungan dan kerja sama dalam menciptakan iklim daerah yang kondusif.

Cerita tentang Patung Sigale-gale ini sebenarnya belum cukup mahsyur di Indonesia. Sigale-gale merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang menggunakan patung boneka kayu berbentuk seorang manusia.

Patung Sigale-gale ini akan bergerak dan menari mengikuti irama lagu batak yang diputar menggunakan alat musik yang sudah modern. Patung Sigale-gale sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digerakkan dari belakang. Ada tali yang menghubungkan bagian kepala dan lengannya sehingga patung ini pun bisa bergerak.

Ada babak-babak yang akan dimainkan Patung Sigale-gale dalam pertunjukannya. Babak ini akan bercerita tentang suku Batak hingga akhirnya nanti pengunjung akan diajak (manortor) menari bersama Patung Sigale-gale.

Namun, Patung Sigale-gale ini masih menyimpan sebuah misteri. Pasalnya, Patung Sigale-gale suatu waktu akan menari-nari dan menangis sendiri layaknya manusia.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Pemerintah Dukung Polri Tindak Pelaku Penyerangan di Sumut
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 23:02 WIB

Pemerintah Dukung Polri Tindak Pelaku Penyerangan di Sumut

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pemerintah mendukung aparat kepolisian untuk menindak pelaku penyerangan di Mapolda Sumatera Utara, Minggu (25/6) dini ...
GNPF-MUI Berharap Hubungan Dengan Pemerintah Cair Pasca Lebaran
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 22:46 WIB

GNPF-MUI Berharap Hubungan Dengan Pemerintah Cair Pasca Lebaran

Pengurus GNPF-MUI berharap agar hubungannya dengan pemerintah dapat mencair usai Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah."Kami diterima Presiden dalam rangka ...
Ini Poin-poin Hasil Pertemuan Jokowi dengan GNPF-MUI
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 22:32 WIB

Ini Poin-poin Hasil Pertemuan Jokowi dengan GNPF-MUI

Tim GNPF-MUI menggelar pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (25/6). Pertemuan Presiden dengan GNPF MUI cukup mendadak ...
Polisi Geledah Percetakan Logo IS usai Penyerangan Mapolda Sumut
Nasional - Minggu, 25 Juni 2017 - 21:37 WIB

Polisi Geledah Percetakan Logo IS usai Penyerangan Mapolda Sumut

Paska insiden penyerangan yang dilakukan Hendra dan Sawaludin Pakhpahan, yang diduga merupakan pendukung Islamic State terhadap anggota polisi di ...
Dua Orang Pelaku Diduga Pendukung IS Serang Anggota Polda Sumut
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 20:59 WIB

Dua Orang Pelaku Diduga Pendukung IS Serang Anggota Polda Sumut

Dua orang pelaku yang diduga merupakan pendukung Islamic State , melakukan penyerangan terhadap dua anggota Polda Sumatera Utara yang tengah ...
Ketua GNPF-MUI: Berislamlah Secara Kaffah, Jangan Berikan yang Sisa
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 11:01 WIB

Ketua GNPF-MUI: Berislamlah Secara Kaffah, Jangan Berikan yang Sisa

Ketua GNPF-MUI, KH Bachtiar Nasir dalam khutbah Idul Fitri 1438 Hijriyah di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (25/6) menyebutkan ...