Rabu, 13 Desember 2017 | 06.54 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:25 WIB

IMG-15767

Patung Sigale-gale

Medan, kini.co.id – Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, Pemkab Samosir merencanakan pembangunan patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih. Hal ini merupakan bagian untuk menjadikan Kabupaten Samosir sebagai tujuan utama pariwisata di Sumatra Utara.

“Kita akan bangun patung Sigale-gale setinggi 100 meter lebih beserta cable car (kereta gantung)”,ujar Bupati Rapidin di Samosir, Minggu (26/6/2016).

Rapidin berkeyakinan, keberadaan ikon pariwisata itu akan meningkatkan jumlah kunjungan secara signifikan, sehingga berpengaruh positif pada pendapatan daerah.

Anggaran yang bertumpu pada proyek-proyek kecil atau penunjukan langsung di desa-desa, ujarnya, tidak berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat.

“Pemerintahan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga akan lebih fokus melakukan pembangunan skala prioritas dan memiliki dampak terhadap daerah ini,” kata Rapidin, seraya mengharapkan masyarakat memberikan dukungan dan kerja sama dalam menciptakan iklim daerah yang kondusif.

Cerita tentang Patung Sigale-gale ini sebenarnya belum cukup mahsyur di Indonesia. Sigale-gale merupakan sebuah seni pertunjukan tradisional yang menggunakan patung boneka kayu berbentuk seorang manusia.

Patung Sigale-gale ini akan bergerak dan menari mengikuti irama lagu batak yang diputar menggunakan alat musik yang sudah modern. Patung Sigale-gale sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digerakkan dari belakang. Ada tali yang menghubungkan bagian kepala dan lengannya sehingga patung ini pun bisa bergerak.

Ada babak-babak yang akan dimainkan Patung Sigale-gale dalam pertunjukannya. Babak ini akan bercerita tentang suku Batak hingga akhirnya nanti pengunjung akan diajak (manortor) menari bersama Patung Sigale-gale.

Namun, Patung Sigale-gale ini masih menyimpan sebuah misteri. Pasalnya, Patung Sigale-gale suatu waktu akan menari-nari dan menangis sendiri layaknya manusia.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK cegah dua pengusaha terkait suap APBD Jambi
Hukum - Rabu, 13 Desember 2017 - 01:11 WIB

KPK cegah dua pengusaha terkait suap APBD Jambi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pencegahan terhadap dua pengusaha dari PT Sumber Swarna, Joe Fandy Yoesman dan Ali Tonang bepergian ...
Seminar ‘Jejak pelacur arab  dalam seni baca Al quran’ tuai kontroversi
Pendidikan - Rabu, 13 Desember 2017 - 00:54 WIB

Seminar ‘Jejak pelacur arab dalam seni baca Al quran’ tuai kontroversi

Penyelenggaraan seminar bertajuk "Jejak Pelacur Arab dalam Seni Baca Al Qur'an" yang digelar UIN Sumatera Utara, Senin (11/12) disesalkan ...
Ini identitas 19 terduga teroris yang ditangkap di tiga lokasi
Peristiwa - Rabu, 13 Desember 2017 - 00:31 WIB

Ini identitas 19 terduga teroris yang ditangkap di tiga lokasi

Mabes Polri merilis identitas 19 terduga teroris yang ditangkap pada rentang waktu 9-11 Desember 2017.Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo ...
JK sebut Titiek Soeharto sulit bersaing dengan Airlangga
Politik - Selasa, 12 Desember 2017 - 21:54 WIB

JK sebut Titiek Soeharto sulit bersaing dengan Airlangga

Politisi senior Partai Golkar, Jusuf Kalla, menilai Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto akan sulit mengalahkan Airlangga Hartarto dalam pemilihan ...
Penyakit difteri mewabah, DPR minta Kemenkes dievaluasi
Politik - Selasa, 12 Desember 2017 - 16:55 WIB

Penyakit difteri mewabah, DPR minta Kemenkes dievaluasi

Wabah penyakit difteri saat ini tangah melanda berbagai daerah di Indonesia. Setidaknya ada 23 provinsi yang melaporkan kejadian luar biasa ...
Komisi VI pertanyakan kelangkaan gas elpiji 3 kilogram
Politik - Selasa, 12 Desember 2017 - 16:51 WIB

Komisi VI pertanyakan kelangkaan gas elpiji 3 kilogram

Anggota Komisi VI DPR Bambang Haryo mengaku kecewa dengan kinerja yang ditunjukan oleh PT Pertamina (Persero) atas kelangkaan Liquefied Petroleum ...