Rabu, 18 Januari 2017 | 12.56 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Sigale-gale, Patung yang bisa Menangis dan Menari

Sigale-gale, Patung yang bisa Menangis dan Menari

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:54 WIB

IMG-15770

Patung Sigale-gale,yang menjadi ikon pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

Medan, kini.co.id – Patung Sigale-gale, kini telah menjadi ikon pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Meskipun tak lagi banyak yang memiliki patung ini, namun Sigale-gale masih menyimpan misteri.

Menurut cerita rakyat di di Kabupaten Samosir, khusunya Desa Tomok, Patung Sigale-gale kerap melakukan aktifitas misterius, seperti menangis, menari dan sebagainya.

Sebenarnya keberadaan Patung Sigale-gale ini berawal dari tarusan tahun lalu. Di Huta Samosir ada seorang Raja yang memiliki seorang anak laki-laki.

Sang Raja memerintahkan anak semata wayangnya, yang bernama Manggale berperang untuk merebut daerah kekuasaan di sekitar pemukiman mereka.

Dalam pertempuran tersebut, Manggale tewas. Sang Raja pun sangat bersedih dan terpukul, mengingat Manggale adalah satu-satunya pewaris keturunan raja.

Sang Raja yang menyesali kematian Manggale, jatuh sakit. Semakin lama, penyakit yang diderita sang raja semakin kritis. Tidak ada harapan lagi baginda untuk bertahan hidup.

Para penasehat raja berkumpul dan membahas kesembuhan raja. Segala obat-obatan sudah diberikan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita raja. Namun penyakitnya juga tak kunjung membaik. Akhirnya, diambillah keputusan untuk membuatkan patung kayu yang menyerupai wajah Manggale.(baca juga:Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter)

Sang pembuat patung ke hutan untuk mengambil kayu tertentu untuk dijadikan pahatan patung menyerupai wajah Manggale.

Setelah patung selesai, berangkatlah para tetua adat dan dukun dari kampung untuk melakukan upacara adat. Upacara ini berupa peniupan Sordam dan memanggil arwah anak sang raja agar masuk ke dalam patung yang sudah jadi tersebut.

Setelah upacara dilakukan, diusunglah patung tersebut ke kerajaan sambil diiringi upacara Gondang Sabangunan.

Setibanya kerajaan, melihat patung yang menyerupai anaknya, Raja tersebut pun spontan sembuh dari penyakit yang dideritanya. Akhirnya ia bisa kembali memimpin Kerajaan melihat patung tersebut persis seperti wajah anaknya, Manggale.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
2016, BPJS Raup Rp 48,5 T dari Iuran
Ekonomi - Rabu, 18 Januari 2017 - 12:34 WIB

2016, BPJS Raup Rp 48,5 T dari Iuran

Sepanjang tahun 2016, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tealh meraup Rp48,53 triliun dari iuran. Jumlah ini naik 14 persen ...
Kapolri Perintahkan Usut Pengibaran Bendera Merah Putih Dibubuhi Kalimat Tauhid
Peristiwa - Rabu, 18 Januari 2017 - 12:30 WIB

Kapolri Perintahkan Usut Pengibaran Bendera Merah Putih Dibubuhi Kalimat Tauhid

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki dugaan penghinaan bendera Merah Putih bergambar pedang dan tulisan kalimat tauhid ...
Bahas Outlook 2017, Sri Mulyani Merapat ke DPR
Ekonomi - Rabu, 18 Januari 2017 - 12:14 WIB

Bahas Outlook 2017, Sri Mulyani Merapat ke DPR

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, (18/1/2017). Ia datang untuk ...
FPI Tuntut Kapolda Jabar dan Metro Jaya Dicopot, Ini Kata Kapolri
Hukum - Rabu, 18 Januari 2017 - 11:28 WIB

FPI Tuntut Kapolda Jabar dan Metro Jaya Dicopot, Ini Kata Kapolri

Atas sejumlah hal, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab meminta Kapolri mencopot Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan ...
Kasus Pulomas Tuntas dalam Waktu Singkat, Kapolri Beri Penghargaan
Nasional - Rabu, 18 Januari 2017 - 11:01 WIB

Kasus Pulomas Tuntas dalam Waktu Singkat, Kapolri Beri Penghargaan

Kasus perampokan dan pembunuhan di rumah mewah kawasan Pulomas Jakarta Timur tuntas dalam waktu singkat. Bagaimana tidak, anggota Polda Metro ...
Ini Jawaban Panglima TNI dan Habib Rizieq soal FPI Disebut Anti Pancasila ?
Nasional - Rabu, 18 Januari 2017 - 10:44 WIB

Ini Jawaban Panglima TNI dan Habib Rizieq soal FPI Disebut Anti Pancasila ?

Ormas Islam, terutama Front Pembela Islam (FPI) kerap kali dituding sebagai ormas anti Pancasila. Ormas bentukan Habib Rizieq Shihab itu ...