Senin, 20 November 2017 | 22.09 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Sigale-gale, Patung yang bisa Menangis dan Menari

Sigale-gale, Patung yang bisa Menangis dan Menari

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:54 WIB

IMG-15770

Patung Sigale-gale,yang menjadi ikon pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

Medan, kini.co.id – Patung Sigale-gale, kini telah menjadi ikon pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Meskipun tak lagi banyak yang memiliki patung ini, namun Sigale-gale masih menyimpan misteri.

Menurut cerita rakyat di di Kabupaten Samosir, khusunya Desa Tomok, Patung Sigale-gale kerap melakukan aktifitas misterius, seperti menangis, menari dan sebagainya.

Sebenarnya keberadaan Patung Sigale-gale ini berawal dari tarusan tahun lalu. Di Huta Samosir ada seorang Raja yang memiliki seorang anak laki-laki.

Sang Raja memerintahkan anak semata wayangnya, yang bernama Manggale berperang untuk merebut daerah kekuasaan di sekitar pemukiman mereka.

Dalam pertempuran tersebut, Manggale tewas. Sang Raja pun sangat bersedih dan terpukul, mengingat Manggale adalah satu-satunya pewaris keturunan raja.

Sang Raja yang menyesali kematian Manggale, jatuh sakit. Semakin lama, penyakit yang diderita sang raja semakin kritis. Tidak ada harapan lagi baginda untuk bertahan hidup.

Para penasehat raja berkumpul dan membahas kesembuhan raja. Segala obat-obatan sudah diberikan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita raja. Namun penyakitnya juga tak kunjung membaik. Akhirnya, diambillah keputusan untuk membuatkan patung kayu yang menyerupai wajah Manggale.(baca juga:Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter)

Sang pembuat patung ke hutan untuk mengambil kayu tertentu untuk dijadikan pahatan patung menyerupai wajah Manggale.

Setelah patung selesai, berangkatlah para tetua adat dan dukun dari kampung untuk melakukan upacara adat. Upacara ini berupa peniupan Sordam dan memanggil arwah anak sang raja agar masuk ke dalam patung yang sudah jadi tersebut.

Setelah upacara dilakukan, diusunglah patung tersebut ke kerajaan sambil diiringi upacara Gondang Sabangunan.

Setibanya kerajaan, melihat patung yang menyerupai anaknya, Raja tersebut pun spontan sembuh dari penyakit yang dideritanya. Akhirnya ia bisa kembali memimpin Kerajaan melihat patung tersebut persis seperti wajah anaknya, Manggale.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Dirut Garuda Sambangi KPK Klarifikasi Soal LHKPN
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 17:17 WIB

Dirut Garuda Sambangi KPK Klarifikasi Soal LHKPN

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk, Pahala N Mansury menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terletak di Jalan ...
PAN Desak Golkar untuk Pergantian Kursi Ketua DPR
Politik - Senin, 20 November 2017 - 17:12 WIB

PAN Desak Golkar untuk Pergantian Kursi Ketua DPR

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Yandri Susanto mendesak Partai Golkar mengganti Setya Novanto dari kursi Ketua DPR RI. ...
Proses hukum terhadap pimpinan KPK tergantung bukti
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 17:00 WIB

Proses hukum terhadap pimpinan KPK tergantung bukti

Wakapolri Komisaris Jenderal Syafrudin menegaskan kelanjutan proses hukum terhadap dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan pemalsuan surat dan ...
Nasdem minta Pemerintah tidak gantung terus  RUU Otsus Papua
Politik - Senin, 20 November 2017 - 16:01 WIB

Nasdem minta Pemerintah tidak gantung terus RUU Otsus Papua

Anggota Badan Legislasi DPR Sulaeman L. Hamzah menyatakan gelisah dengan nasib RUU Otsus Papua.Pasalnya, hingga saat ini RUU tersebut belum ...
Ketua DPR Masuk Bui, MKD Segera Ambil Sikap
Politik - Senin, 20 November 2017 - 15:42 WIB

Ketua DPR Masuk Bui, MKD Segera Ambil Sikap

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sarifudin Sudding mengatakan, lembaganya segera mengambil sikap pacaspenahanan Ketua DPR Setya Novanto oleh KPK."Hari ini ...
Terkait Impor Tiang Pancang, Komisi VI: Akibat Rencana Pemerintah Kurang Matang
Ekonomi - Senin, 20 November 2017 - 15:33 WIB

Terkait Impor Tiang Pancang, Komisi VI: Akibat Rencana Pemerintah Kurang Matang

Bambang Haryo selaku Anggota Komisi VI DPR RI, sangat menyayangkan langkah yang diambil BUMN PT Waskiya Karya untuk mengimpor tiang ...