Rabu, 17 Januari 2018 | 21.19 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Sigale-gale, Patung yang bisa Menangis dan Menari

Sigale-gale, Patung yang bisa Menangis dan Menari

Minggu, 26 Juni 2016 - 15:54 WIB

IMG-15770

Patung Sigale-gale,yang menjadi ikon pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

Medan, kini.co.id – Patung Sigale-gale, kini telah menjadi ikon pariwisata Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Meskipun tak lagi banyak yang memiliki patung ini, namun Sigale-gale masih menyimpan misteri.

Menurut cerita rakyat di di Kabupaten Samosir, khusunya Desa Tomok, Patung Sigale-gale kerap melakukan aktifitas misterius, seperti menangis, menari dan sebagainya.

Sebenarnya keberadaan Patung Sigale-gale ini berawal dari tarusan tahun lalu. Di Huta Samosir ada seorang Raja yang memiliki seorang anak laki-laki.

Sang Raja memerintahkan anak semata wayangnya, yang bernama Manggale berperang untuk merebut daerah kekuasaan di sekitar pemukiman mereka.

Dalam pertempuran tersebut, Manggale tewas. Sang Raja pun sangat bersedih dan terpukul, mengingat Manggale adalah satu-satunya pewaris keturunan raja.

Sang Raja yang menyesali kematian Manggale, jatuh sakit. Semakin lama, penyakit yang diderita sang raja semakin kritis. Tidak ada harapan lagi baginda untuk bertahan hidup.

Para penasehat raja berkumpul dan membahas kesembuhan raja. Segala obat-obatan sudah diberikan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita raja. Namun penyakitnya juga tak kunjung membaik. Akhirnya, diambillah keputusan untuk membuatkan patung kayu yang menyerupai wajah Manggale.(baca juga:Bupati Samosir Bangun Patung Sigale-gale Setinggi 100 Meter)

Sang pembuat patung ke hutan untuk mengambil kayu tertentu untuk dijadikan pahatan patung menyerupai wajah Manggale.

Setelah patung selesai, berangkatlah para tetua adat dan dukun dari kampung untuk melakukan upacara adat. Upacara ini berupa peniupan Sordam dan memanggil arwah anak sang raja agar masuk ke dalam patung yang sudah jadi tersebut.

Setelah upacara dilakukan, diusunglah patung tersebut ke kerajaan sambil diiringi upacara Gondang Sabangunan.

Setibanya kerajaan, melihat patung yang menyerupai anaknya, Raja tersebut pun spontan sembuh dari penyakit yang dideritanya. Akhirnya ia bisa kembali memimpin Kerajaan melihat patung tersebut persis seperti wajah anaknya, Manggale.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Menteri Susi umumkan pencabutan larangan cantrang
Peristiwa - Rabu, 17 Januari 2018 - 18:38 WIB

Menteri Susi umumkan pencabutan larangan cantrang

Pemerintah resmi mencabut larangan penggunaan cantrang dan payang di kapal nelayan. Kebijakan itu dikeluarkan usai Presiden Jokowi dan Menteri Kelautan ...
Urgensi impor beras dipertanyakan
Politik - Rabu, 17 Januari 2018 - 17:09 WIB

Urgensi impor beras dipertanyakan

Anggota DPR Sukamta menyatakan pemerintah harus mengkaji betul sebelum sebuah kebijakan yang diambil terkait impor beras.Dia mempertanyakan urgensi harus ...
DPR Minta Tidak Ada Kebijakan Asing Untuk Miliki Pulau
Politik - Rabu, 17 Januari 2018 - 16:56 WIB

DPR Minta Tidak Ada Kebijakan Asing Untuk Miliki Pulau

Menanggapi adanya penawaran kepemilikan Pulau Ajab melalui situs privateislandsonline.com, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy menyatakan perlunya ketegasan ...
Ustadz ‘akhir zaman’ Zulkifli M  Ali jadi tersangka
Peristiwa - Rabu, 17 Januari 2018 - 16:45 WIB

Ustadz ‘akhir zaman’ Zulkifli M Ali jadi tersangka

Ustadz Zulkifli Muhammad Ali ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan sengaja menunjukkan kebencian atau ras benci kepada orang lain berdasarkan ras ...
Pemerintah Mau Impor Beras 500 Ribu Ton, DPR Panggil Mendag
Ekonomi - Rabu, 17 Januari 2018 - 14:44 WIB

Pemerintah Mau Impor Beras 500 Ribu Ton, DPR Panggil Mendag

Mengatasi mahalnya beras di tengah masyarakat, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk melakukan impor.Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI memutuskan akan mengimpor beras sebanyak ...
Rangkap jabatan Menteri, JK: Partai bisa diurus malam
Politik - Rabu, 17 Januari 2018 - 14:38 WIB

Rangkap jabatan Menteri, JK: Partai bisa diurus malam

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan menteri yang rangkap jabatan sebagai ketua partai bisa mengurus partai pada malam hari, ...