Rabu, 24 Mei 2017 | 09.06 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Badrodin Haiti Bakal Pimpin BIN

Badrodin Haiti Bakal Pimpin BIN

Jumat, 1 Juli 2016 - 02:42 WIB

IMG-15947

Jenderal Badrodin Haiti

Jakarta, kini.co.id – Kapolri Badrodin Haiti bakal memimpin Badan Intelijen Negara (BIN)? Menurut Koordinator Pusat Tampung Aspirasi Masyarakat Indonesia (Pustari) HM Arum Sabil, hal tersebut merupakan aspirasi di kalangan masyarakat.

Aspirasi yang beredar di masyarakat, menurut Arum Sabil, berharap agar Presiden Jokowi menugaskan Jenderal Polisi Badroddin Haiti sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), saat pensiun kelak.

“Publik melihat kinerja Pak Badroddin sebagai Kapolri memuaskan dalam banyak hal. Hemat kami, sosok beliau masih dibutuhkan bangsa dan sangat tepat bila dimandatkan tugas baru sebagai Kepala BIN,” kata Sabil di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Dalam perbincangan dengan wartawan, Koordinator Pustari juga menyatakan, posisi Kepala BIN mempunyai peran kunci dan sangat strategis dalam menciptakan stabilitas keamanan dalam negeri.

“Tanpa mengurangi rasa hormat kami kepada Pak Tito Karnavian yang sebentar lagi dipastikan akan menggantikan Pak Badroddin, nantinya keberadaan Pak Badroddin sebagai Kepala BIN adalah partner strategis Pak Tito dalam sinergi antara BIN dan Polri dalam menciptakan stabilitas keamanan nasional,” katanya.

Arum Sabil mengatakan, dipilihnya Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Badroddin yang melompat hingga lima angkatan di Polri merupakan suatu terobosan, apalagi Tito adalah sosok peraih Adi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol), lulusan terbaik di angkatannya.

Tapi terobosan ini sekaligus mempunyai potensi disharmoni di internal kepolisian karena mengusik tradisi senioritas dalam jenjang karier di institusi itu.

Maka, lanjutnya, keberadaan Badroddin sebagai Kepala BIN adalah partner sinergi yang tepat untuk menjamin stabilitas dalam negeri serta bisa menghindari adanya gangguan di saat Kapolri yang baru masih memasuki transisi dan konsolidasi internal.

Menurut Koordinator Pustari, aspirasi yang menginginkan Badroddin menjadi kepala BIN bukan hal yang berlebihan. Harapannya, Presiden Jokowi bisa menjadikan aspirasi tersebut sebagai pertimbangan.

“Sebelumnya, Pak Sutanto yang sukses sebagai Kapolri juga sukses sebagai kepala BIN, dan ini adalah dasar yang kuat buat Pustari mewacanakan Pak Badroddin sebagai kepala BIN karena beliau juga sukses sebagai Kapolri,” ujar Arum Sabil.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Ketika PBB Kepo Urusan Ahok, JK: Tidak Boleh Ikut Campur
Nasional - Rabu, 24 Mei 2017 - 08:10 WIB

Ketika PBB Kepo Urusan Ahok, JK: Tidak Boleh Ikut Campur

Dalam akun Twitter resmi Dewan HAM PBB di Asia, PBB mengaku prihatin atas kasus yang menimpa Ahok. Bahkan, PBB mendesak ...
Pembelaan HTI, Habib Rizieq Siapkan Ratusan Advokat
Hukum - Rabu, 24 Mei 2017 - 07:11 WIB

Pembelaan HTI, Habib Rizieq Siapkan Ratusan Advokat

Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) melakukan perlawanan hukum atas upaya pembubaran organisasinya oleh Pemerintah. Tudingan bahwa HTI anti Pancasila dan NKRI ...
Antisipasi Macet Arus Mudik, Pertamina Siagakan Mobile SPBU
Ekonomi - Rabu, 24 Mei 2017 - 00:09 WIB

Antisipasi Macet Arus Mudik, Pertamina Siagakan Mobile SPBU

Mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat antrian di SPBU saat musim mudik lebaran tahun ini, PT Pertamina (Persero) akan menyiagakan layanan ...
Kapolri Siap Ambil Alih Tugas KPK, Jika..
Hukum - Selasa, 23 Mei 2017 - 23:06 WIB

Kapolri Siap Ambil Alih Tugas KPK, Jika..

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan jajaran kepolisian siap mengambil alih tugas KPK dalam pemberantasan korupsi jika mendapat dukungan dari Komisi ...
JPU Banding: Tim Advokasi GNPF Merasa Aneh dan Tak Etis
Hukum - Selasa, 23 Mei 2017 - 22:39 WIB

JPU Banding: Tim Advokasi GNPF Merasa Aneh dan Tak Etis

Tim Advokasi GNPF-MUI sekaligus pengacara Habib Rizieq Shihab, Kapitra Ampera mengomentari pencabutan banding yang dilakukan keluarga dan kuasa hukum ...
Veronika Tan: Apa yang Dialami Kami Sudah Cukup
Hukum - Selasa, 23 Mei 2017 - 22:17 WIB

Veronika Tan: Apa yang Dialami Kami Sudah Cukup

Veronika Tan, istri terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan, semua apa yang menimpa sang suaminya sejak ...