Rabu, 25 April 2018 | 03.32 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Gadis Korban Sinabung Ini Kuliah Gratis di UGM

Gadis Korban Sinabung Ini Kuliah Gratis di UGM

Jumat, 29 Juli 2016 - 11:11 WIB

IMG-16407

Laura Elva Apriyana Br Singarimbun

Yogyakarta, kini.co.id – Laura Elva Apriyana Br Singarimbun tidak pernah menyangka bisa mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Korban erupsi Gunung Sinabung itu justru tidak mengeluarkan biaya seperserpun, untuk menimba ilmu di sana.

Di UGM alumnus SMA Negeri 1 Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersebut tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Pertanian, Jurusan Agrobisnis.

Erupsi Gunung Sinabung tahun 2010, merusak rumah dan ladang orangtuanya, yang berada di Desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo. Pasalnya kediaman mereka hanya berjarak 4 km dari puncak gunung Sinabung. Saat erupsi besar pertama di tahun 2010, ia masih duduk di bangku SMP.

Namun, saat letusan besar kedua praktis kedua orang tuanya tidak memiliki pendapatan. Ladang dimana tempat orang tuanya bekerja rusak diterjang awan panas. Bahkan, orang tua dan adiknya tinggal di pengungsian yang kedua, jauh lebih lama dibanding yang pertama.

Peristiwa ini ternyata tidak melemahkan semangat Laura untuk belajar, malah dia emakin kuat. Ia pun mengaku tidak surut semangat, bahkan terus menata kehidupan di SMA Negeri 1 Kabanjahe dengan belajar dan belajar.

Tidak hanya belajar, ia pun pun aktif di Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Kabanjahe. Aktif di OSIS menjadikan Laura memiliki banyak kenalan baru dan teman yang luas.

“Tidak melulu urusan organisasi, kepada teman-teman sering juga minjam buku-buku. Kalau pas tahu ada kakak kelas yang pintar aku juga suka nanya-nanya pelajaran ke dia,” cetusnya, dikutip KiniNews, dari laman UGM, Jumat (297/2016).

Maka, tidak mengherankan nilai rapor Laura Elva selalu baik dan menunjukkan grafik naik. Rapor di kelas X dan XI nilai rata-ratanya B dan B+, lantas di kelas XII semester I nilai rata-rata A-.

Laura yang memiliki pribadi tidak bisa diam ternyata menyimpan banyak talenta. Dara yang suka membaca, menyanyi dan menonton ini pernah meraih juara 1 pidato se-Kabupaten Karo dan juara 1 vokal group.

“Untuk lomba pidato bertema anti Narkoba karena saat itu lomba dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba. Sementara untuk vokal group dalam rangka pekan budaya Kabupaten Karo,” ucapnya.

Laura bertutur ingin meneruskan semua hobi dan prestasi yang pernah ia raih saat kuliah di UGM nanti. Ia berkeinginan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara, Voli dan Tari.

Sebagai sulung dari tiga bersaudara, Laura ingin menjadi teladan bagi dua adiknya Titania (SMA) dan Ebi (SD). Selain itu, ia pun berharap bisa menjadi anak kebanggaan orang tuanya.

Junaidi Singarimbun, ayah Laura, merasa senang dan bangga anaknya diterima kuliah gratis di UGM. Dengan hasil yang diraih Laura ini, menurut Junaidi, bisa menjadi hiburan atas segala bencana yang dialami selama ini.

“Ya saya berharap Laura bisa cepat menyesuaikan, bisa belajar dan kuliah dengan baik dan lancar. Saya hanya bisa berdoa semoga ia bisa menjadi anak yang berguna bagi keluarga, masyarakat dan bangsa,” tutur Junaidi Singarimbun.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...