Minggu, 23 April 2017 | 20.49 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Gadis Korban Sinabung Ini Kuliah Gratis di UGM

Gadis Korban Sinabung Ini Kuliah Gratis di UGM

Jumat, 29 Juli 2016 - 11:11 WIB

IMG-16407

Laura Elva Apriyana Br Singarimbun

Yogyakarta, kini.co.id – Laura Elva Apriyana Br Singarimbun tidak pernah menyangka bisa mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Korban erupsi Gunung Sinabung itu justru tidak mengeluarkan biaya seperserpun, untuk menimba ilmu di sana.

Di UGM alumnus SMA Negeri 1 Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersebut tercatat sebagai mahasiswa di Fakultas Pertanian, Jurusan Agrobisnis.

Erupsi Gunung Sinabung tahun 2010, merusak rumah dan ladang orangtuanya, yang berada di Desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo. Pasalnya kediaman mereka hanya berjarak 4 km dari puncak gunung Sinabung. Saat erupsi besar pertama di tahun 2010, ia masih duduk di bangku SMP.

Namun, saat letusan besar kedua praktis kedua orang tuanya tidak memiliki pendapatan. Ladang dimana tempat orang tuanya bekerja rusak diterjang awan panas. Bahkan, orang tua dan adiknya tinggal di pengungsian yang kedua, jauh lebih lama dibanding yang pertama.

Peristiwa ini ternyata tidak melemahkan semangat Laura untuk belajar, malah dia emakin kuat. Ia pun mengaku tidak surut semangat, bahkan terus menata kehidupan di SMA Negeri 1 Kabanjahe dengan belajar dan belajar.

Tidak hanya belajar, ia pun pun aktif di Organisasi Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Kabanjahe. Aktif di OSIS menjadikan Laura memiliki banyak kenalan baru dan teman yang luas.

“Tidak melulu urusan organisasi, kepada teman-teman sering juga minjam buku-buku. Kalau pas tahu ada kakak kelas yang pintar aku juga suka nanya-nanya pelajaran ke dia,” cetusnya, dikutip KiniNews, dari laman UGM, Jumat (297/2016).

Maka, tidak mengherankan nilai rapor Laura Elva selalu baik dan menunjukkan grafik naik. Rapor di kelas X dan XI nilai rata-ratanya B dan B+, lantas di kelas XII semester I nilai rata-rata A-.

Laura yang memiliki pribadi tidak bisa diam ternyata menyimpan banyak talenta. Dara yang suka membaca, menyanyi dan menonton ini pernah meraih juara 1 pidato se-Kabupaten Karo dan juara 1 vokal group.

“Untuk lomba pidato bertema anti Narkoba karena saat itu lomba dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba. Sementara untuk vokal group dalam rangka pekan budaya Kabupaten Karo,” ucapnya.

Laura bertutur ingin meneruskan semua hobi dan prestasi yang pernah ia raih saat kuliah di UGM nanti. Ia berkeinginan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara, Voli dan Tari.

Sebagai sulung dari tiga bersaudara, Laura ingin menjadi teladan bagi dua adiknya Titania (SMA) dan Ebi (SD). Selain itu, ia pun berharap bisa menjadi anak kebanggaan orang tuanya.

Junaidi Singarimbun, ayah Laura, merasa senang dan bangga anaknya diterima kuliah gratis di UGM. Dengan hasil yang diraih Laura ini, menurut Junaidi, bisa menjadi hiburan atas segala bencana yang dialami selama ini.

“Ya saya berharap Laura bisa cepat menyesuaikan, bisa belajar dan kuliah dengan baik dan lancar. Saya hanya bisa berdoa semoga ia bisa menjadi anak yang berguna bagi keluarga, masyarakat dan bangsa,” tutur Junaidi Singarimbun.

Editor: Andi

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:42 WIB

Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor

Unit Lakalantas Polres Bogor Kabupaten, mengkonfirmasi data nama-nama korban meninggal dunia dan luka berat dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di ...
Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:22 WIB

Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas

Kecelakaan maut yang melibatkan 12 kendaaran terjadi di Jl Raya Puncak, tepatnya di tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu ...
Tak Jadi Potong Kuping, Haji Lulung Potong Kambing
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 17:41 WIB

Tak Jadi Potong Kuping, Haji Lulung Potong Kambing

Kuping dan hidung milik Abraham Lunggana alias Haji Lulung terselamatkan. Karena tidak jadi dipotong, pasalnya Basuki Purnama alias Ahok terbukti ...
KPK Perlu Selidiki Kasus Novel Baswedan
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 17:02 WIB

KPK Perlu Selidiki Kasus Novel Baswedan

Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan KPK perlu melakukan penyelidikan sendiri ...
Menolak Forum Khilafah Internasional
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 15:18 WIB

Menolak Forum Khilafah Internasional

Rencana Forum Khilafah Internasional yang akan diselenggarakan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Minggu (23/4) besok mendapatakan penolakan dari salah satu ...
Penistaan Agama oleh Ahok tak Boleh Dianggap Remeh
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 15:01 WIB

Penistaan Agama oleh Ahok tak Boleh Dianggap Remeh

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin menyatakan persoalan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bukan ...