Rabu, 24 Mei 2017 | 09.10 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Agustus Diperkirakan Deflasi 0,06 Persen

Agustus Diperkirakan Deflasi 0,06 Persen

Reporter : Fadilah | Senin, 22 Agustus 2016 - 19:37 WIB

IMG-16775

Bank Indonesia (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Agustus bakal deflasi sebesar 0,06%.

Hal ini disebabkan pada minggu pertama hingga minggu ketiga Agustus 2016 ini IHK masih di level 0,06%.

Dengan pencapaian ini, target inflasi yang diproyeksikan berada di kisaran empat persen plus minus satu persen diperkirakan dapat tercapai.

Gubernur BI, Agus Martowardojo, berpendapat terjadinya Deflasi di Agustus ini juga mencerminkan semakin membaiknya makro ekonomi Indonesia saat ini.

“Dan saya rasa itu kabar baik,” tutur Gubernur BI, Agus Martowardojo, di Kantornya, Jakarta, Senin, (22/8/2016).

Sementara itu ditempat yang sama, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, terjadinya Deflasi di bulan Agustus 2016 ini lantaran menurunnya sejumlah harga kebuuhan masyarakat usai lebaran.

Selain itu deflasi pada Agustus ini juga dianggapnya merupakan faktor musiman yang memang sudah biasa terjadi dari tahun ke tahun.

Dimana puncak inflasi di Juni dan Juli merupakan momen Ramadhan dan Lebaran sudah terlewati, sehingga permintaan masyarakat kembali normal.

“Kalau bulan ini Deflasi, ini lebih ke faktor musiman saja. Karena ada kenaikan harga saat lebaran, dan sekarang terkoreksi lagi. Memang sebulan dan dua bulan,” jelasnya.

Menurut Mirza sejauh ini laju inflasi tetap terkendali. Indikatornya yakni dengan melihat inflasi pada Juni dan Juli 2016 kemarin yang merupakan tren konsumsi tinggi, namun tercatat menjadi yang terendah dalam rata-rata lima tahun terakhir. Dimana inflasi pada Juni 2016 hanya 0,66% dan Juli 2016 hanya tercatat 0,69%.

Mirza menambahkan, IHK pasca dan Lebaran tahun ini tergolong sangat rendah. Sebab pasca puasa dan lebaran lima tahun belakangan, IHK selalu tercatat inflasi dengan rata-rata 0,37%. Hanya pasca puasa dan lebaran tahun 2013, IHK tercatat Deflasi 0,35%.

“Begitu juga dengan Agustus lima tahun ke belakang yang selalu mencatat inflasi dengan rata-rata mencapai 0,77%,” tandasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Ketika PBB Kepo Urusan Ahok, JK: Tidak Boleh Ikut Campur
Nasional - Rabu, 24 Mei 2017 - 08:10 WIB

Ketika PBB Kepo Urusan Ahok, JK: Tidak Boleh Ikut Campur

Dalam akun Twitter resmi Dewan HAM PBB di Asia, PBB mengaku prihatin atas kasus yang menimpa Ahok. Bahkan, PBB mendesak ...
Pembelaan HTI, Habib Rizieq Siapkan Ratusan Advokat
Hukum - Rabu, 24 Mei 2017 - 07:11 WIB

Pembelaan HTI, Habib Rizieq Siapkan Ratusan Advokat

Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) melakukan perlawanan hukum atas upaya pembubaran organisasinya oleh Pemerintah. Tudingan bahwa HTI anti Pancasila dan NKRI ...
Antisipasi Macet Arus Mudik, Pertamina Siagakan Mobile SPBU
Ekonomi - Rabu, 24 Mei 2017 - 00:09 WIB

Antisipasi Macet Arus Mudik, Pertamina Siagakan Mobile SPBU

Mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat antrian di SPBU saat musim mudik lebaran tahun ini, PT Pertamina (Persero) akan menyiagakan layanan ...
Kapolri Siap Ambil Alih Tugas KPK, Jika..
Hukum - Selasa, 23 Mei 2017 - 23:06 WIB

Kapolri Siap Ambil Alih Tugas KPK, Jika..

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan jajaran kepolisian siap mengambil alih tugas KPK dalam pemberantasan korupsi jika mendapat dukungan dari Komisi ...
JPU Banding: Tim Advokasi GNPF Merasa Aneh dan Tak Etis
Hukum - Selasa, 23 Mei 2017 - 22:39 WIB

JPU Banding: Tim Advokasi GNPF Merasa Aneh dan Tak Etis

Tim Advokasi GNPF-MUI sekaligus pengacara Habib Rizieq Shihab, Kapitra Ampera mengomentari pencabutan banding yang dilakukan keluarga dan kuasa hukum ...
Veronika Tan: Apa yang Dialami Kami Sudah Cukup
Hukum - Selasa, 23 Mei 2017 - 22:17 WIB

Veronika Tan: Apa yang Dialami Kami Sudah Cukup

Veronika Tan, istri terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan, semua apa yang menimpa sang suaminya sejak ...