Sabtu, 24 Juni 2017 | 05.32 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Agustus Diperkirakan Deflasi 0,06 Persen

Agustus Diperkirakan Deflasi 0,06 Persen

Reporter : Fadilah | Senin, 22 Agustus 2016 - 19:37 WIB

IMG-16775

Bank Indonesia (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Agustus bakal deflasi sebesar 0,06%.

Hal ini disebabkan pada minggu pertama hingga minggu ketiga Agustus 2016 ini IHK masih di level 0,06%.

Dengan pencapaian ini, target inflasi yang diproyeksikan berada di kisaran empat persen plus minus satu persen diperkirakan dapat tercapai.

Gubernur BI, Agus Martowardojo, berpendapat terjadinya Deflasi di Agustus ini juga mencerminkan semakin membaiknya makro ekonomi Indonesia saat ini.

“Dan saya rasa itu kabar baik,” tutur Gubernur BI, Agus Martowardojo, di Kantornya, Jakarta, Senin, (22/8/2016).

Sementara itu ditempat yang sama, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, terjadinya Deflasi di bulan Agustus 2016 ini lantaran menurunnya sejumlah harga kebuuhan masyarakat usai lebaran.

Selain itu deflasi pada Agustus ini juga dianggapnya merupakan faktor musiman yang memang sudah biasa terjadi dari tahun ke tahun.

Dimana puncak inflasi di Juni dan Juli merupakan momen Ramadhan dan Lebaran sudah terlewati, sehingga permintaan masyarakat kembali normal.

“Kalau bulan ini Deflasi, ini lebih ke faktor musiman saja. Karena ada kenaikan harga saat lebaran, dan sekarang terkoreksi lagi. Memang sebulan dan dua bulan,” jelasnya.

Menurut Mirza sejauh ini laju inflasi tetap terkendali. Indikatornya yakni dengan melihat inflasi pada Juni dan Juli 2016 kemarin yang merupakan tren konsumsi tinggi, namun tercatat menjadi yang terendah dalam rata-rata lima tahun terakhir. Dimana inflasi pada Juni 2016 hanya 0,66% dan Juli 2016 hanya tercatat 0,69%.

Mirza menambahkan, IHK pasca dan Lebaran tahun ini tergolong sangat rendah. Sebab pasca puasa dan lebaran lima tahun belakangan, IHK selalu tercatat inflasi dengan rata-rata 0,37%. Hanya pasca puasa dan lebaran tahun 2013, IHK tercatat Deflasi 0,35%.

“Begitu juga dengan Agustus lima tahun ke belakang yang selalu mencatat inflasi dengan rata-rata mencapai 0,77%,” tandasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Gagal Diakusisi, Seluruh Gerai 7-Eleven Resmi Tutup
Ekonomi - Sabtu, 24 Juni 2017 - 04:43 WIB

Gagal Diakusisi, Seluruh Gerai 7-Eleven Resmi Tutup

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) memastikan tidak mengakuisisi semua gerai 7-eleven (sevel) yang dimiliki oleh PT Modern Sevel Indonesia, ...
Harry Tanoe Tersangka, Ini Kalimat SMS yang Dikirimkan ke Jaksa
Hukum - Jumat, 23 Juni 2017 - 21:42 WIB

Harry Tanoe Tersangka, Ini Kalimat SMS yang Dikirimkan ke Jaksa

CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo resmi ditetapkan sebagai tersangka lantaran SMS yang dikirimkan kepada jaksa Yulianto diduga mengandung unsur ancaman. ...
Dari Rakyat Indonesia untuk Palestina
Politik - Jumat, 23 Juni 2017 - 20:41 WIB

Dari Rakyat Indonesia untuk Palestina

Ribuan massa dari Voice of Palestine, Garda Suci Merah Putih dan Solidaritas Muslimin Indonesia untuk Al-Quds mendatangi Kedutaan Besar Amerika ...
Jalanan Jakarta Mulai Lengang
Nasional - Jumat, 23 Juni 2017 - 17:18 WIB

Jalanan Jakarta Mulai Lengang

Ibukota Jakarta tak lagi sesumpek biasanya. Setiap tahun menjelang Lebaran, puluhan bahkan ratusan ribu orang pergi menuju kampung halaman untuk berkumpul ...
Wakapolri: Ramadhan Angka Kriminalitas Menurun
Nasional - Jumat, 23 Juni 2017 - 16:36 WIB

Wakapolri: Ramadhan Angka Kriminalitas Menurun

Polisi menyebutkan selama Ramadhan, angka kriminalitas cukup mengalami penurunan hingga antara 20 sampai 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Termasuk arus ...
Melalui Twitter, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Mudik
Peristiwa - Jumat, 23 Juni 2017 - 10:56 WIB

Melalui Twitter, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Mudik

Presiden Jokowi yang direncakan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah di Jakarta turut mengucapkan selamat mudik kepada masyarakat ...