Rabu, 23 Agustus 2017 | 16.47 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Agustus Diperkirakan Deflasi 0,06 Persen

Agustus Diperkirakan Deflasi 0,06 Persen

Reporter : Fadilah | Senin, 22 Agustus 2016 - 19:37 WIB

IMG-16775

Bank Indonesia (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Agustus bakal deflasi sebesar 0,06%.

Hal ini disebabkan pada minggu pertama hingga minggu ketiga Agustus 2016 ini IHK masih di level 0,06%.

Dengan pencapaian ini, target inflasi yang diproyeksikan berada di kisaran empat persen plus minus satu persen diperkirakan dapat tercapai.

Gubernur BI, Agus Martowardojo, berpendapat terjadinya Deflasi di Agustus ini juga mencerminkan semakin membaiknya makro ekonomi Indonesia saat ini.

“Dan saya rasa itu kabar baik,” tutur Gubernur BI, Agus Martowardojo, di Kantornya, Jakarta, Senin, (22/8/2016).

Sementara itu ditempat yang sama, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, terjadinya Deflasi di bulan Agustus 2016 ini lantaran menurunnya sejumlah harga kebuuhan masyarakat usai lebaran.

Selain itu deflasi pada Agustus ini juga dianggapnya merupakan faktor musiman yang memang sudah biasa terjadi dari tahun ke tahun.

Dimana puncak inflasi di Juni dan Juli merupakan momen Ramadhan dan Lebaran sudah terlewati, sehingga permintaan masyarakat kembali normal.

“Kalau bulan ini Deflasi, ini lebih ke faktor musiman saja. Karena ada kenaikan harga saat lebaran, dan sekarang terkoreksi lagi. Memang sebulan dan dua bulan,” jelasnya.

Menurut Mirza sejauh ini laju inflasi tetap terkendali. Indikatornya yakni dengan melihat inflasi pada Juni dan Juli 2016 kemarin yang merupakan tren konsumsi tinggi, namun tercatat menjadi yang terendah dalam rata-rata lima tahun terakhir. Dimana inflasi pada Juni 2016 hanya 0,66% dan Juli 2016 hanya tercatat 0,69%.

Mirza menambahkan, IHK pasca dan Lebaran tahun ini tergolong sangat rendah. Sebab pasca puasa dan lebaran lima tahun belakangan, IHK selalu tercatat inflasi dengan rata-rata 0,37%. Hanya pasca puasa dan lebaran tahun 2013, IHK tercatat Deflasi 0,35%.

“Begitu juga dengan Agustus lima tahun ke belakang yang selalu mencatat inflasi dengan rata-rata mencapai 0,77%,” tandasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Ma’ruf Cahyono Buka Forum Tematik Bakohumas dan Sosialisasi HUT MPR RI
Politik - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:14 WIB

Ma’ruf Cahyono Buka Forum Tematik Bakohumas dan Sosialisasi HUT MPR RI

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, membuka secara resmi Forum Tematik Bakohumas dan Sosialisasi Penyelenggaraan Peringatan HUT ke-72 MPR RI ...
Bareskrim Sikat Kelompok ‘Saracen’, Sindikat Penyebar Kebencian di Medsos
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:06 WIB

Bareskrim Sikat Kelompok ‘Saracen’, Sindikat Penyebar Kebencian di Medsos

Bareskrim Polri melalui Satuan Tugas (Satgas) Patroli Siber Direktorat Sibernya mengungkap sindikat penyebar ujaran kebencian berkonten SARA yang disebar melalui ...
KPK Ambil Sampel Suara Bekas Sekda Kota Malang
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:26 WIB

KPK Ambil Sampel Suara Bekas Sekda Kota Malang

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Cipto Wiyono dalam kasus dugaan korupsi di Kota ...
Akan Jadi Besan Budi Gunawan, Ini Celetukan Buwas
Peristiwa - Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:24 WIB

Akan Jadi Besan Budi Gunawan, Ini Celetukan Buwas

Kepala BNN Komisaris Jendral Budi Waseso awal bulan nanti, tepatnya 2 September 2017 akan melangsungkan pernikahan putrinya, Nindya Nur Prasasti ...
Sebut Ada Negara Dalam Negara, DPR Ngotot Revisi UU KPK
Politik - Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:18 WIB

Sebut Ada Negara Dalam Negara, DPR Ngotot Revisi UU KPK

Waki Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta pemerintah bersiap untuk menindaklanjuti rekomendasi pansus (KiniNews /Bayu Putra) DPR memastikan akan merevisi ...
Kemendag Kejar Target Ekspor Nasional 5,6 persen
Ekonomi - Rabu, 23 Agustus 2017 - 13:56 WIB

Kemendag Kejar Target Ekspor Nasional 5,6 persen

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional terus mengupayakan sinergi antar-para pemangku kepentingan ekspor untuk mencapai target pertumbuhan ekspor ...