Selasa, 28 Maret 2017 | 03.22 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Cerita Sri Mulyani Dicemburui Suaminya Karena Tax Amnesty

Cerita Sri Mulyani Dicemburui Suaminya Karena Tax Amnesty

Reporter : Fadilah | Kamis, 1 September 2016 - 13:36 WIB

IMG-17014

Ist

Depok, kini.co.id – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menjadi pembicara alias Keynote Speaker dalam seminar sosialisasi tax amnesty bertajuk ‘Tax Amnesty Update’ bagi para civitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Dalam kesempatan tersebut wanita yang akrab disapa Ani itu sedikit bercerita tentang kepulangannya dari negeri Paman Sam (Amerika) dan menjabat sebagai Menkeu menggantikan Bambang Brodjonegoro.

“Semenjak saya jadi Menteri Keuangan, ada dua UU yang setiap hari tidur bersama saya, jadi bantal saya. UU APBN dan UU Tax Amnesty. Dia lebih dekat dari suami saya,” katanya, di Depok, Jawa Barat, Kamis, (1/9/2016).

Bahkan lanjut Ani kedua UU tersebut sempat membuat suaminya cemburu, lantaran 2 UU tersebut justru lebih sering diperhatikan ketimbang suaminya saat suaminya masih berada di Amerika.

Meski demikian, dia mengaku tak mempersoalkan hal tersebut. Sebab menurutnya, hal tersebut adalah kewajiban yang harus dilakukannya sebagai menteri.

Sebagai informasi, mengutip data statistik Tax Amnesty Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Rabu (31/8/2016) kemarin. Dana repatriasi yang masuk sudah tembus Rp 10 triliun.

Selain repatriasi, data statistik Tax Amnesty Ditjen Pajak mencatat deklarasi harta dari dalam negeri mencapai Rp 118 triliun, dan deklarasi harta dari luar negeri mencapai Rp 21,2 triliun. Sehingga, total harta yang direpatriasi maupun dideklarasi mencapai Rp 149 triliun.

Sedangkan total uang tebusan yang masuk mencapai Rp 3,12 triliun. Rinciannya, Sebanyak Rp 2,49 triliun uang tebusan dari wajib pajak orang pribadi non UMKM.

Kemudian, sebanyak Rp 438 miliar merupakan uang tebusan dari wajib pajak badan non UMKM. Sebanyak Rp 185 miliar uang tebusan dari wajib pajak orang pribadi UMKM.

Selanjutnya, sebanyak Rp 8,14 miliar uang tebusan dari wajib pajak badan UMKM. Data statistik tax amnesty ini terus bergerak karena selalu diperbaharui oleh Ditjen Pajak.

Berdasarkan data statistik tersebut, jumlah surat pernyataan harta yang masuk hingga hari ini mencapai 21.876. Sedangkan total sampai dengan akhir Agustus ini mencapai 22.220.

Program tax amnesty bergulir sejak Juli 2016 dan berakhir pada 31 Maret 2017. Melalui tax amnesty, pemerintah menargetkan ada tambahan penerimaan negara sebanyak Rp 165 triliun dari uang tebusan yang masuk.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Tersangka Ekspolitasi Seksual Online dapat Upah Rp750 ribu
Nasional - Senin, 27 Maret 2017 - 21:22 WIB

Tersangka Ekspolitasi Seksual Online dapat Upah Rp750 ribu

Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan membongkar tindak pidana perdagangan orang secara melalui internet alias online tentang eksploitasi seksual."Tersangka ...
Kalau Saya Bayar, Perusahaan Bangkrut
Nasional - Senin, 27 Maret 2017 - 20:38 WIB

Kalau Saya Bayar, Perusahaan Bangkrut

Direktur PT EK Prima Ekspor (PT EKP) Ramapanicker Rajamohanan Nair, terdakwa suap terhadap Direktorat Penegakan Hukum pada Direktorat Jenderal Pajak ...
Delapan Rumah Rusak Parah karena Angin Puyuh
Peristiwa - Senin, 27 Maret 2017 - 20:27 WIB

Delapan Rumah Rusak Parah karena Angin Puyuh

Angin Puyuh dan hujan deras meluluhlantahkan tiga kampung di Desa Girimukti, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat. Akibatnya, ratusan rumah mengalami ...
Waspada, Sabu Berbentuk Seperti Gula Batu Asal Malaysia
Peristiwa - Senin, 27 Maret 2017 - 15:41 WIB

Waspada, Sabu Berbentuk Seperti Gula Batu Asal Malaysia

Ada saja akal para pengedar narkoba dalam melancarkan aksinya, mulai dari memasukannya ke dalam makanan sampai mengubah bentuknya. Salah satunya ...
Mangkir di Sidang E-KTP, Jaksa Bakal Panggil Paksa Miryam
Hukum - Senin, 27 Maret 2017 - 13:12 WIB

Mangkir di Sidang E-KTP, Jaksa Bakal Panggil Paksa Miryam

Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) merencanakan pemanggilan paksa terhadap Anggota DPR RI fraksi Hanura, Miryam S Haryani ...
Absen di Sidang E-KTP, Jaksa Periksa Surat Sakit Miryam
Hukum - Senin, 27 Maret 2017 - 12:25 WIB

Absen di Sidang E-KTP, Jaksa Periksa Surat Sakit Miryam

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah melihat surat sakit yang dikirimkan oleh saksi Miryam S Haryani ...