Sabtu, 19 Agustus 2017 | 07.06 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Cerita Sri Mulyani Dicemburui Suaminya Karena Tax Amnesty

Cerita Sri Mulyani Dicemburui Suaminya Karena Tax Amnesty

Reporter : Fadilah | Kamis, 1 September 2016 - 13:36 WIB

IMG-17014

Ist

Depok, kini.co.id – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menjadi pembicara alias Keynote Speaker dalam seminar sosialisasi tax amnesty bertajuk ‘Tax Amnesty Update’ bagi para civitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Dalam kesempatan tersebut wanita yang akrab disapa Ani itu sedikit bercerita tentang kepulangannya dari negeri Paman Sam (Amerika) dan menjabat sebagai Menkeu menggantikan Bambang Brodjonegoro.

“Semenjak saya jadi Menteri Keuangan, ada dua UU yang setiap hari tidur bersama saya, jadi bantal saya. UU APBN dan UU Tax Amnesty. Dia lebih dekat dari suami saya,” katanya, di Depok, Jawa Barat, Kamis, (1/9/2016).

Bahkan lanjut Ani kedua UU tersebut sempat membuat suaminya cemburu, lantaran 2 UU tersebut justru lebih sering diperhatikan ketimbang suaminya saat suaminya masih berada di Amerika.

Meski demikian, dia mengaku tak mempersoalkan hal tersebut. Sebab menurutnya, hal tersebut adalah kewajiban yang harus dilakukannya sebagai menteri.

Sebagai informasi, mengutip data statistik Tax Amnesty Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Rabu (31/8/2016) kemarin. Dana repatriasi yang masuk sudah tembus Rp 10 triliun.

Selain repatriasi, data statistik Tax Amnesty Ditjen Pajak mencatat deklarasi harta dari dalam negeri mencapai Rp 118 triliun, dan deklarasi harta dari luar negeri mencapai Rp 21,2 triliun. Sehingga, total harta yang direpatriasi maupun dideklarasi mencapai Rp 149 triliun.

Sedangkan total uang tebusan yang masuk mencapai Rp 3,12 triliun. Rinciannya, Sebanyak Rp 2,49 triliun uang tebusan dari wajib pajak orang pribadi non UMKM.

Kemudian, sebanyak Rp 438 miliar merupakan uang tebusan dari wajib pajak badan non UMKM. Sebanyak Rp 185 miliar uang tebusan dari wajib pajak orang pribadi UMKM.

Selanjutnya, sebanyak Rp 8,14 miliar uang tebusan dari wajib pajak badan UMKM. Data statistik tax amnesty ini terus bergerak karena selalu diperbaharui oleh Ditjen Pajak.

Berdasarkan data statistik tersebut, jumlah surat pernyataan harta yang masuk hingga hari ini mencapai 21.876. Sedangkan total sampai dengan akhir Agustus ini mencapai 22.220.

Program tax amnesty bergulir sejak Juli 2016 dan berakhir pada 31 Maret 2017. Melalui tax amnesty, pemerintah menargetkan ada tambahan penerimaan negara sebanyak Rp 165 triliun dari uang tebusan yang masuk.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Syukuran Ultah Ke-67, OSO Mengaku Bahagia Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi
Politik - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 01:04 WIB

Syukuran Ultah Ke-67, OSO Mengaku Bahagia Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang alias OSO menggelar syukuran ulang tahun yang ke-67 di kediamannya kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ...
Fraksi PPP Inisiasi Pembentukan Satgas Kasus First Travel
Hukum - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 00:02 WIB

Fraksi PPP Inisiasi Pembentukan Satgas Kasus First Travel

Menindaklanjuti pengaduan ratusan calon jamaah umroh korban penipuan First Travel, lembaga DPR menegaskan akan mengusut gagalnya perusahaan yang memberangkatkan umrah ...
Jamaah First Travel Ngadu ke DPR Ingin Tetap Berangkat Umroh
Hukum - Jumat, 18 Agustus 2017 - 23:47 WIB

Jamaah First Travel Ngadu ke DPR Ingin Tetap Berangkat Umroh

Ratusan korban jamaah umroh First Travel yang mengadukan nasibnya ke DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8) siang. Pada pertemuan itu mereka ...
China Development Bank Akan Buka Perwakilan di Indonesia
Ekonomi - Jumat, 18 Agustus 2017 - 22:29 WIB

China Development Bank Akan Buka Perwakilan di Indonesia

Investasi China ke Indonesia akan joran-joran seiring dengan sejumlah proyek insfrastruktur yang dibiayainya di tanah air, seperti kereta cepat Jakarta-Surabaya ...
Guyuran Bansos Pemerintahan Jokowi-JK di 2018
Politik - Jumat, 18 Agustus 2017 - 20:50 WIB

Guyuran Bansos Pemerintahan Jokowi-JK di 2018

Satu tahun menjelang Pemilihan Umum 2019, anggaran bantuan sosial pemerintahan Jokowi-JK melonjak ditahun 2018 naik dan jor-joran. Tak hanya dari ...
Isak Tangis Korban First Travel Adukan Nasibnya di DPR
Hukum - Jumat, 18 Agustus 2017 - 20:13 WIB

Isak Tangis Korban First Travel Adukan Nasibnya di DPR

Ratusan korban biro perjalanan umrah First Travel mengadukan nasibnya ke DPR dan diterima Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kompleks ...