Selasa, 24 Januari 2017 | 06.03 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Cerita Sri Mulyani Dicemburui Suaminya Karena Tax Amnesty

Cerita Sri Mulyani Dicemburui Suaminya Karena Tax Amnesty

Reporter : Fadilah | Kamis, 1 September 2016 - 13:36 WIB

IMG-17014

Ist

Depok, kini.co.id – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menjadi pembicara alias Keynote Speaker dalam seminar sosialisasi tax amnesty bertajuk ‘Tax Amnesty Update’ bagi para civitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Dalam kesempatan tersebut wanita yang akrab disapa Ani itu sedikit bercerita tentang kepulangannya dari negeri Paman Sam (Amerika) dan menjabat sebagai Menkeu menggantikan Bambang Brodjonegoro.

“Semenjak saya jadi Menteri Keuangan, ada dua UU yang setiap hari tidur bersama saya, jadi bantal saya. UU APBN dan UU Tax Amnesty. Dia lebih dekat dari suami saya,” katanya, di Depok, Jawa Barat, Kamis, (1/9/2016).

Bahkan lanjut Ani kedua UU tersebut sempat membuat suaminya cemburu, lantaran 2 UU tersebut justru lebih sering diperhatikan ketimbang suaminya saat suaminya masih berada di Amerika.

Meski demikian, dia mengaku tak mempersoalkan hal tersebut. Sebab menurutnya, hal tersebut adalah kewajiban yang harus dilakukannya sebagai menteri.

Sebagai informasi, mengutip data statistik Tax Amnesty Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Rabu (31/8/2016) kemarin. Dana repatriasi yang masuk sudah tembus Rp 10 triliun.

Selain repatriasi, data statistik Tax Amnesty Ditjen Pajak mencatat deklarasi harta dari dalam negeri mencapai Rp 118 triliun, dan deklarasi harta dari luar negeri mencapai Rp 21,2 triliun. Sehingga, total harta yang direpatriasi maupun dideklarasi mencapai Rp 149 triliun.

Sedangkan total uang tebusan yang masuk mencapai Rp 3,12 triliun. Rinciannya, Sebanyak Rp 2,49 triliun uang tebusan dari wajib pajak orang pribadi non UMKM.

Kemudian, sebanyak Rp 438 miliar merupakan uang tebusan dari wajib pajak badan non UMKM. Sebanyak Rp 185 miliar uang tebusan dari wajib pajak orang pribadi UMKM.

Selanjutnya, sebanyak Rp 8,14 miliar uang tebusan dari wajib pajak badan UMKM. Data statistik tax amnesty ini terus bergerak karena selalu diperbaharui oleh Ditjen Pajak.

Berdasarkan data statistik tersebut, jumlah surat pernyataan harta yang masuk hingga hari ini mencapai 21.876. Sedangkan total sampai dengan akhir Agustus ini mencapai 22.220.

Program tax amnesty bergulir sejak Juli 2016 dan berakhir pada 31 Maret 2017. Melalui tax amnesty, pemerintah menargetkan ada tambahan penerimaan negara sebanyak Rp 165 triliun dari uang tebusan yang masuk.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Sepasang Suami Istri Ini Berangkat ke Suriah Dari Medan
Nasional - Selasa, 24 Januari 2017 - 00:08 WIB

Sepasang Suami Istri Ini Berangkat ke Suriah Dari Medan

Tujuh belas orang WNI yang diduga bergabung dengan ISIS dan di deportasi Pemerintah Turki ke Indonesia saat ini masih menjalani ...
Habib Rizieq Minta Pemerintah Tarik Peredaran Uang Berlogo Palu Arit
Hukum - Senin, 23 Januari 2017 - 22:07 WIB

Habib Rizieq Minta Pemerintah Tarik Peredaran Uang Berlogo Palu Arit

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mempertanyakan simbol Palu-Arit yang terdapat pada uang pecahan baru Bank Indonesia. ...
Kasus Suap Pengadaan Pesawat, KPK Bakal Panggil Lagi Istri Emirsyah Satar
Hukum - Senin, 23 Januari 2017 - 17:24 WIB

Kasus Suap Pengadaan Pesawat, KPK Bakal Panggil Lagi Istri Emirsyah Satar

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (Jubir KPK); Febri Diansyah mengatakan penyidik bisa saja kembali memanggil istri mantan Direktur PT Garuda ...
Potensi Jual Beli Jabatan Jelang Pilkada Mencapai Rp9 Triliun
Politik - Senin, 23 Januari 2017 - 14:59 WIB

Potensi Jual Beli Jabatan Jelang Pilkada Mencapai Rp9 Triliun

Wakil Direktur MAK, Virgo Sulianto Gohardi mengatakan modus jual beli jabatan seringkali dilakukan pada moment menjelang atau setelah Pilkada."Tujuannya adalah ...
Muhammadiyah : Potensi Jual Beli Jabatan ASN Bernilai Rp 44 Triliun
Politik - Senin, 23 Januari 2017 - 14:57 WIB

Muhammadiyah : Potensi Jual Beli Jabatan ASN Bernilai Rp 44 Triliun

Wakil Direktur Madrasah Anti Korupsi (MAK), Virgo Sulianto Gohardi menduga sekitar 90% dari proses pengisian 21.000 jabatan kepala dinas di ...
Jika Habib Rizieq Ditahan, Pelawak Kiwil: Saya Siap Menggantikan
Peristiwa - Senin, 23 Januari 2017 - 14:24 WIB

Jika Habib Rizieq Ditahan, Pelawak Kiwil: Saya Siap Menggantikan

Dukungan terhadap imam besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab mengalir dari berbagai kalangan, termasuk selebritis.Pelawak Kiwil misalnya, yang ...