Rabu, 28 Oktober 2020 | 14.36 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Harga Hewan Qurban Merangkak Naik, PPSKI : Wajar Saja

Harga Hewan Qurban Merangkak Naik, PPSKI : Wajar Saja

Reporter : Restu Fadilah | Selasa, 6 September 2016 - 09:53 WIB

IMG-17139

Ilustrasi

Jakarta, kini.co.id – Hari raya Idul Adha atau yang biasa disebut dengan hari Qurban tinggal enam hari lagi. Hari raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti Sapi, Kerbau, Kambing. Bagaimana pasokan hewan kurban kita?

Ketua Peternakan Sapi dan Kambing Indonesia (PPSKI) Teduh Boediyana memastikan bahwa stok hewan Qurban aman untuk memenuhi kebutuhan hewan Qurban di tahun ini.

“Stoknya aman, karena para pedagang serta peternak biasanya sudah mengantisipasinya dari jauh-jauh hari. Guna memenuhi jumlah hewan Qurban tahun ini,” tuturnya saat dihubungi Kini.co.id, di Jakarta, Selasa, (6/9/2016).

Namun saat disinggung berapa jumlahnya ? Dia mengaku kesulitan untuk menghitungnya. Sebab dari pemerintah khususnya Pemerintah Daerah (Pemda) tidak pernah melakukan pencatatan data lengkap hewan kurban setiap tahunnya.

Diketahui Hari raya Idul Adha sebentar lagi, penjualan ternak qurban seperti sapi, kerbau, kambing dan domba di Jakarta, semakin marak. Saking maraknya, harga hewan ternak qurban bergerak melonjak hingga 100%.

“Berdasarkan yang kami amati rata-rata kenaikannya 20%. Tapi ada juga yang lebih dari itu. Saya rasa itu masih normal yah, karena inikan untuk Ibadah, dan biasanya pembeli juga tidak mempermasalahkannya, karena mereka juga biasanya sudah punya siasat tersendiri,” kata Teguh.

Kata Teguh melambungnya harga hewan kurban adalah hal yang wajar. Sebab, pedagang mengeluarkan dana untuk membuat kandang, makan hewan juga penjaga hewan pada malam. Karenanya, jika dijual dengan harga normal jelas mengalami kerugian. Selain itu, ongkos tranportasi mendatangkan hewan qurban dari luar Jakarta juga tinggi.

“Dan yang paling penting hewan qurban yang dijual umumnya dalam keadaan sehat , berkualitas dan sudah memenuhi persyaratan serta syariat untuk dipotong sesuai surat dari Dinas Peternakan dan Pertanian,” kata Teguh.

Teguh mnambahkan harga akan turun drastis setelah selesainya Idul Adha. Biasanya normal 2-3 hari setelah hari H, dan bukan tidak mungkin mereka akan mengalami kerugian.

Sebagai informasi, untuk harga hewan qurban, untuk sapi impor jenis Limosin dari Australia sekitra Rp24 juta dengan berat 600 Kg, harga sebelumnya sekitar Rp19 hingga 21 juta.

Sapi lokal dengan ciri berpunuk untuk ukuran besar sekitar 500 kg dipatok seharga Rp19 juta sebelumnya sekitar Rp15 juta. Harga Sap luka dengan berat 250 Kg sekitar Rp 9 juta, berat 300 Kg dengan harga Rp 12 juta dan berat 400 Kg sudah mencapai Rp 15 juta.

Harga kerbau untuk ukuran kecil seharga Rp8 juta per ekor, sedang Rp 12 juta per ekort dan kerbau tanduk turun mencapai Rp13 juta per ekor. Harga kerbau ini mengalami kenaikan sekitar Rp300.000 hingga Rp 500.000.

Sedangkan harga kambing untuk berat 15 Kg, dipatok harga Rp 900.000. berat 20 Kg sudah mencapai Rp 1,2 juta, berat 25 Kg seharga Rp 1,5 juta, dan berat 40 kg mencapai Rp 1,8 juta.

Harga domba untuk kelas A dengan berat sekitar 20-25 Kg mulai dari Tp 1,3 juta hingga Rp 1,6 juta, domba kelas B dengan berat 235 – 30 Kg seharga Rp 1,6 juta hingga Rp 2 juta dan domba kelas C dengan berat 30 Kg ke atas seharga Rp 2,1 juta keatas.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:56 WIB

Yusril minta anggota FPI angkat kaki dari PBB

KETUA Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, meminta kepada seluruh anggota Front Pembela Islam (FPI) agar angkat kaki ...
Peristiwa - Kamis, 31 Januari 2019 - 21:54 WIB

Mantan Kapolri Jenderal Pol Awaloedin Djamin berpulang

MANTAN Kapolri Awaloeddin Djamin, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, sore ini (Kamis, 31/1/2019) sekira pukul 14.55 WIB.Kapolri pada ...
Politik - Rabu, 30 Januari 2019 - 18:39 WIB

Prabowo sakit, TKN Jokowi merasa sedih

CALON Presiden Prabowo Subianto saat ini tengah sakit. Mendengar hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin merasa sedih ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 15:59 WIB

Akhirnya Vanessa Angel ditahan

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jatim akhirnya melakukan penahanan terhadap artis Vanessa Angel terkait kasus prostitusi online. Artis FTV bahkan terancam pidana ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:31 WIB

TKN apresiasi polisi periksa Rocky Gerung

IRMA Suryani, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengapresiasi polisi yang dikabarkan memeriksa aktivis dan pengamat politik ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:07 WIB

Tabloid Indonesia Barokah bukan produk jurnalistik

TABLOID Indonesia Barokah, yang menghebohkan sejumlah wilayah di Jawa, menurut Dewan Pers (DP), bukanlah produk jurnalistik. Sebab itu DP mempersilahkan ...