Minggu, 28 Mei 2017 | 11.46 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>Ketum PSI: Mendirikan Parpol Baru Itu Tidak Mudah, Kami Bersyukur Lolos

Ketum PSI: Mendirikan Parpol Baru Itu Tidak Mudah, Kami Bersyukur Lolos

Selasa, 11 Oktober 2016 - 14:53 WIB

IMG-17756

PSI lolos verifikasi. (Kininews/RAKISA)

Jakarta, kini.co.id – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akhirnya resmi sebagai partai politik pendatang baru yang lolos verifikasi badan hukum oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Jum’at (7/10/2016) lalu, dari lima parpol yang mendaftar di Kemenkumham.

Selanjutnya, terget parpol yang didominasi pengurusnya anak muda ini akan mempersiapkan tahap berikutnya, yakni persiapan verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Verifikasi KPU ini menjadi prasyarat terakhir bagi PSI sebelum akhirnya nanti bisa mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, Grace Natalia mengaku persyaratan mendirikan partai politik bukanlah hal yang mudah dengan syarat-syarat seperti wajib memiliki kepengurusan di 34 provinsi, minimal 386 Kabupaten/Kota atau 75 persen dari 514 kabupaten/kota, dan minimal 2.610 dari 5.210 kecamatan dari otal kecamatan di seluruh Indonesia berjumlah 7.227.

“Sungguh bukan hal yang mudah dipenuhi mendirikan parpol ini, tapi kami bersyukur sebagai satu-satunya parpol baru yang lolos badan hukum, selanjutnya kami fokus verifikasi KPU,” tegas Grace dalam media gatheringnya di Warung Tekko, Pasar Fsetival, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2016).

Grace menambahkan, persyaratan lainnya yang harus dipenuhi selain kepengurusan adalah diwajibkan menyertakan perjanjian sewa atau pinjam kantor minimal 30 persen, begitu pun keterwakilan perempuan dalam struktur kepengurusan dan berbagai kewajiban admistrasi lainnya.

Semua itu, kata Grace membutuhkan biaya besar namun untungnya seluruh pengurus bersedia menjadikan rumahnya sebagai kantor secara gratis sehingga tidak banyak biaya yang dikeluarkan untuk sewa kantor.

“Kami minta kesediaan pengurus untuk mengkontribusikan rumahnya diipakai menjadi kantor secara gratis. Awalnya ragu apa ada yang mau, ternyata setelah kita jalani, kita yakinkan, mereka mau hampir seluurhnya,” kata Grace.

Untuk membiayai partainya ke depan, Grace akan meluncurkan sebuah toko online. Langkah ini merupakan upaya kreatif dalam menggali pendanaan parpolnya. Ia pun meyakini masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk hal itu.

Raja Juli Antoni, Sekjen PSI menambahkan untuk persiapan verifikasi KPU selanjutnya, PSI akan melakukan kampanye di berbagai daerah dalam meningkatkan awareness publik.

“Kita akan kebut persiapan verifikasi KPU. Target kita Juni tahun depan selesai,” kata Antoni.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Anak Suku Baduy Diajak Wisata ke TMII dan Monas Pada One Day for Children
Pendidikan - Minggu, 28 Mei 2017 - 11:31 WIB

Anak Suku Baduy Diajak Wisata ke TMII dan Monas Pada One Day for Children

Mentri Sosial, Khofifah Indhar Parawansa dalam akhir kunjunganya ke lokasi korban kebakaran warga Baduy Luar, Sabtu (27/5) sempat berdialog cukup ...
Kemensos Salurkan Rp3,2 Miliar Bantuan Kebakaran Bagi Suku Baduy Luar
Peristiwa - Minggu, 28 Mei 2017 - 10:57 WIB

Kemensos Salurkan Rp3,2 Miliar Bantuan Kebakaran Bagi Suku Baduy Luar

Ratusan korban kebakaran Kampung Cisaban, Desa Kanekes, Baduy Luar, Lebak, Banten, pada Selasa (23/5) lalu mendapatkan perhatian serius pemerintah melalui ...
Mentri Susi: Kalau Sahur Tidak Makan Ikan Saya Tenggelamkan ! Nah Lho,
Peristiwa - Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:23 WIB

Mentri Susi: Kalau Sahur Tidak Makan Ikan Saya Tenggelamkan ! Nah Lho,

Cuitan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam akun twitternya yang bercanda soal sahur dan buka puasa harus makan ikan ...
Posisi Sugito Sebagai Irjen Kemendes PDTT Diganti
Hukum - Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:05 WIB

Posisi Sugito Sebagai Irjen Kemendes PDTT Diganti

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo akan segera mengganti Irjen Kemendes PDTT, Sugito ...
Wiranto Ungkapkan Kegaulaunnya Hadapi Ancaman Kebhinekaan
Nasional - Sabtu, 27 Mei 2017 - 21:27 WIB

Wiranto Ungkapkan Kegaulaunnya Hadapi Ancaman Kebhinekaan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengungkapkan kegaulauannya dengan situasi saat ini, dimana muncul ancaman terhadap kebinekaan.Salah satunya ...
Dua Pejabat Kemendes PDTT dan BPK Jadi Tersangka
Hukum - Sabtu, 27 Mei 2017 - 21:11 WIB

Dua Pejabat Kemendes PDTT dan BPK Jadi Tersangka

Wakil Ketua KPK, La Ode Syarif mengatakan dalam OTT BPK dan Kemendes PDTT, empat orang ditetapkan sebagai tersangka yaitu SUG ...