Selasa, 25 April 2017 | 01.59 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Reporter : Dian | Selasa, 18 Oktober 2016 - 18:08 WIB

IMG-17893

Gubernur DKI Jakarta Ahok ditemani Sophia Latjuba di RPTA Marunda (KiniNews/Dian)

Jakarta, kini.co.id – Gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan unit rusun untuk dijual kepada warga.

Unit rusun yang akan dibangun dengan model apartemen yang lebih baik itu rencananya akan di jual ketika masyarakat sudah sukses berwirausaha serta juga akan disediakan lahan bercocok tanam untuk penghuni rusun.

“Selain ada RPTRA, kita siapkan juga lahan untuk bercocok tanam supaya bapak ibu punya penghasilan. Nanti kalau sudah mampu usaha kebun, ikan, kami akan bangun rusun yang pake lift. Kami cuman jual bangunan murah dengan beberapa tipe rusun,” ujar Ahok seusai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Marunda, Jakarta Utara, Selasa (18/10).

Ahok menerangkan, untuk merealisasikan rencana itu, Pemprov DKI akan menyiapkan modal usaha bagi warga rusun. Dari hasil usaha tersebut, akan menjadi modal warga untuk menyicil hunian yang lebih baik. Dengan demikian, warga bisa memiliki surat kepemilikan atas rusun, tetapi dengan syarat warga tidak boleh menjual rusun kepihak lain kecuali ke pemerintah.

“Itu hak milik tapi enggak boleh dijual keorang lain. Hanya boleh dijual ke kami dengan harga nilai jual objek pajak” ujar Ahok.

Langkah ini diambil lantaran, lanjut Ahok, dengan tujuan menaikan taraf hidup warga. Saat ini Pemprov DKI memang masih memberikan unit rusun secara cuma-cuma untuk warga kerena masyarkat belum sanggup membeli rusun senilai jutaan rupiah perunit.

“Rusun kenapa dari awal enggak kami jual? Karena satu unit rusun dibangun 260 juta. Kalau kami kasi cicil bapak/ibu semua, sanggup enggak? ” ujar Ahok.

Selain menyediakan unit rusun untuk dicicil, Pemprov KI juga akan membuat rusun untu di sewa seharga rumah kos.

“Pemprov kan menyubsidi 80 persen biaya rusun. Nah, warga tinggal membayar perawatan rusun. Lima ribu -lima belas ribu perhari. Nanti juga akan di bangun rusun sewa seperti kos-kosan. Mungkin sewanya 3 juta sebulan.” ujar Ahok.

Dalam peresmian RPTA Marunda, Jakarta Utara tersebut Ahok ditemani artis Sophia Latjuba yang juga sebagai juru bicara Tim Ahok-Djarot. Selama mendampingi Ahok, masyarakat berebut foto selfie dengan kekasih Arie Noah tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Habib Rizieq Ajak Muslim Kuasa Medsos
Politik - Selasa, 25 April 2017 - 00:16 WIB

Habib Rizieq Ajak Muslim Kuasa Medsos

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyebutkan, Laskar Cyber Muslim punya andil besar dalam setiap aksi bela ...
Ini yang Dilakukan Dokter Terhadap Novel
Nasional - Senin, 24 April 2017 - 17:41 WIB

Ini yang Dilakukan Dokter Terhadap Novel

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan tim dokter yang menangani Novel Baswedan ada empat tindakan. Setelah penyidik ...
Ahok Akan Bacakan Pledoi Kasusnya
Hukum - Senin, 24 April 2017 - 13:42 WIB

Ahok Akan Bacakan Pledoi Kasusnya

Sidang lanjutan dugaan penistan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa (25/4) dengan agenda nota pembelaan atau pledoi.Menurut ...
Pilkada Serentak Gelombang Ketiga 27 Juni 2018
Politik - Senin, 24 April 2017 - 12:53 WIB

Pilkada Serentak Gelombang Ketiga 27 Juni 2018

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak gelombang ke tiga diusulkan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah ...
Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:42 WIB

Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor

Unit Lakalantas Polres Bogor Kabupaten, mengkonfirmasi data nama-nama korban meninggal dunia dan luka berat dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di ...
Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:22 WIB

Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas

Kecelakaan maut yang melibatkan 12 kendaaran terjadi di Jl Raya Puncak, tepatnya di tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu ...