Kamis, 24 Agustus 2017 | 00.26 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Reporter : Dian | Selasa, 18 Oktober 2016 - 18:08 WIB

IMG-17893

Gubernur DKI Jakarta Ahok ditemani Sophia Latjuba di RPTA Marunda (KiniNews/Dian)

Jakarta, kini.co.id – Gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan unit rusun untuk dijual kepada warga.

Unit rusun yang akan dibangun dengan model apartemen yang lebih baik itu rencananya akan di jual ketika masyarakat sudah sukses berwirausaha serta juga akan disediakan lahan bercocok tanam untuk penghuni rusun.

“Selain ada RPTRA, kita siapkan juga lahan untuk bercocok tanam supaya bapak ibu punya penghasilan. Nanti kalau sudah mampu usaha kebun, ikan, kami akan bangun rusun yang pake lift. Kami cuman jual bangunan murah dengan beberapa tipe rusun,” ujar Ahok seusai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Marunda, Jakarta Utara, Selasa (18/10).

Ahok menerangkan, untuk merealisasikan rencana itu, Pemprov DKI akan menyiapkan modal usaha bagi warga rusun. Dari hasil usaha tersebut, akan menjadi modal warga untuk menyicil hunian yang lebih baik. Dengan demikian, warga bisa memiliki surat kepemilikan atas rusun, tetapi dengan syarat warga tidak boleh menjual rusun kepihak lain kecuali ke pemerintah.

“Itu hak milik tapi enggak boleh dijual keorang lain. Hanya boleh dijual ke kami dengan harga nilai jual objek pajak” ujar Ahok.

Langkah ini diambil lantaran, lanjut Ahok, dengan tujuan menaikan taraf hidup warga. Saat ini Pemprov DKI memang masih memberikan unit rusun secara cuma-cuma untuk warga kerena masyarkat belum sanggup membeli rusun senilai jutaan rupiah perunit.

“Rusun kenapa dari awal enggak kami jual? Karena satu unit rusun dibangun 260 juta. Kalau kami kasi cicil bapak/ibu semua, sanggup enggak? ” ujar Ahok.

Selain menyediakan unit rusun untuk dicicil, Pemprov KI juga akan membuat rusun untu di sewa seharga rumah kos.

“Pemprov kan menyubsidi 80 persen biaya rusun. Nah, warga tinggal membayar perawatan rusun. Lima ribu -lima belas ribu perhari. Nanti juga akan di bangun rusun sewa seperti kos-kosan. Mungkin sewanya 3 juta sebulan.” ujar Ahok.

Dalam peresmian RPTA Marunda, Jakarta Utara tersebut Ahok ditemani artis Sophia Latjuba yang juga sebagai juru bicara Tim Ahok-Djarot. Selama mendampingi Ahok, masyarakat berebut foto selfie dengan kekasih Arie Noah tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK OTT Pejabat Eselon I Kemenhub di Jakarta
Hukum - Kamis, 24 Agustus 2017 - 00:08 WIB

KPK OTT Pejabat Eselon I Kemenhub di Jakarta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan kembali melakukan aksi operasi tangkap tangan, pada Rabu, (23/8) malam.Kabarnya yang diciduk dalam aksi kali ...
Breaking News! Kebakaran Melanda Slipi
Peristiwa - Rabu, 23 Agustus 2017 - 23:38 WIB

Breaking News! Kebakaran Melanda Slipi

Kebakaran melanda pemukiman Kelurahan Slipi Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Rabu, (23/8/2017) malam.Kebakaran yang terjadi sekira pada pukul 22.30 WIB tersebut ...
KPK Telah Periksa 80 Saksi Kasus e-KTP
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 23:33 WIB

KPK Telah Periksa 80 Saksi Kasus e-KTP

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa 80 saksi kasus KTP-elektronik untuk tersangka Setya Novanto (SN)."Untuk tersangka SN sampai dengan saat ...
Libur Idul Adha, Operasional Truk Dibatasi
Peristiwa - Rabu, 23 Agustus 2017 - 22:15 WIB

Libur Idul Adha, Operasional Truk Dibatasi

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas terutama menjelang libur Idul Adha, operasional truk akan dibatasi mulai 31 Agustus pukul 12.00 ...
KPK Sudah Menduga Revisi UU Akan Mencuat Kembali
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 22:00 WIB

KPK Sudah Menduga Revisi UU Akan Mencuat Kembali

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengaku sudah menduga akan munculnya kembali wacan revisi Undang-undang KPK. Hal tersebut ...
Percepat Naik Kelas, Kemenkop Optimalkan Peran Pendamping UMKM
Ekonomi - Rabu, 23 Agustus 2017 - 21:49 WIB

Percepat Naik Kelas, Kemenkop Optimalkan Peran Pendamping UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM mengoptimalisasikan peran pendamping usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan memberdayakan koperasi di Tanah Air. Hal ...