Rabu, 18 Januari 2017 | 00.10 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Reporter : Dian | Selasa, 18 Oktober 2016 - 18:08 WIB

IMG-17893

Gubernur DKI Jakarta Ahok ditemani Sophia Latjuba di RPTA Marunda (KiniNews/Dian)

Jakarta, kini.co.id – Gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan unit rusun untuk dijual kepada warga.

Unit rusun yang akan dibangun dengan model apartemen yang lebih baik itu rencananya akan di jual ketika masyarakat sudah sukses berwirausaha serta juga akan disediakan lahan bercocok tanam untuk penghuni rusun.

“Selain ada RPTRA, kita siapkan juga lahan untuk bercocok tanam supaya bapak ibu punya penghasilan. Nanti kalau sudah mampu usaha kebun, ikan, kami akan bangun rusun yang pake lift. Kami cuman jual bangunan murah dengan beberapa tipe rusun,” ujar Ahok seusai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Marunda, Jakarta Utara, Selasa (18/10).

Ahok menerangkan, untuk merealisasikan rencana itu, Pemprov DKI akan menyiapkan modal usaha bagi warga rusun. Dari hasil usaha tersebut, akan menjadi modal warga untuk menyicil hunian yang lebih baik. Dengan demikian, warga bisa memiliki surat kepemilikan atas rusun, tetapi dengan syarat warga tidak boleh menjual rusun kepihak lain kecuali ke pemerintah.

“Itu hak milik tapi enggak boleh dijual keorang lain. Hanya boleh dijual ke kami dengan harga nilai jual objek pajak” ujar Ahok.

Langkah ini diambil lantaran, lanjut Ahok, dengan tujuan menaikan taraf hidup warga. Saat ini Pemprov DKI memang masih memberikan unit rusun secara cuma-cuma untuk warga kerena masyarkat belum sanggup membeli rusun senilai jutaan rupiah perunit.

“Rusun kenapa dari awal enggak kami jual? Karena satu unit rusun dibangun 260 juta. Kalau kami kasi cicil bapak/ibu semua, sanggup enggak? ” ujar Ahok.

Selain menyediakan unit rusun untuk dicicil, Pemprov KI juga akan membuat rusun untu di sewa seharga rumah kos.

“Pemprov kan menyubsidi 80 persen biaya rusun. Nah, warga tinggal membayar perawatan rusun. Lima ribu -lima belas ribu perhari. Nanti juga akan di bangun rusun sewa seperti kos-kosan. Mungkin sewanya 3 juta sebulan.” ujar Ahok.

Dalam peresmian RPTA Marunda, Jakarta Utara tersebut Ahok ditemani artis Sophia Latjuba yang juga sebagai juru bicara Tim Ahok-Djarot. Selama mendampingi Ahok, masyarakat berebut foto selfie dengan kekasih Arie Noah tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Tak Hanya Sebagai Pembina GMBI, Kapolda Jabar Mengaku membina 35 Orgnisasi
Hukum - Selasa, 17 Januari 2017 - 23:40 WIB

Tak Hanya Sebagai Pembina GMBI, Kapolda Jabar Mengaku membina 35 Orgnisasi

Kapolda Jabar, Irjen Anton Charliyan secara gentle mengakui dirinya memang sebagai pembina ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Tak hanya ...
PLN Diduga Lakukan Pemerasan kepada Warga Bekasi Utara
Nasional - Selasa, 17 Januari 2017 - 22:17 WIB

PLN Diduga Lakukan Pemerasan kepada Warga Bekasi Utara

Achmad Sugandi (53) warga perumahan Taman Wisma Asri RT 006 RW 014, Kelurahan Teluk pucung, Kecamatan Bekasi Utara, mengaku ...
Anggaran Besar jadi Alat Kampanye Walikota Bekasi
Nasional - Selasa, 17 Januari 2017 - 22:13 WIB

Anggaran Besar jadi Alat Kampanye Walikota Bekasi

Praktisi Politik dan Pemilhan kepala daerah, Jiwang Jiputro, menduga program kartu sakti berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang diluncurkan oleh ...
Komisi III Akan Panggil Kapolri Terkait Aduan FPI
Peristiwa - Selasa, 17 Januari 2017 - 21:43 WIB

Komisi III Akan Panggil Kapolri Terkait Aduan FPI

Komisi III DPR berjanji akan menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan pimpinan Front Pembela Islam terkait dugaan penyalahgunaan jabatan yang dilakukan Kapolda ...
Habib Rizieq Beberkan Insiden Bandung kepada Komisi III
Peristiwa - Selasa, 17 Januari 2017 - 21:21 WIB

Habib Rizieq Beberkan Insiden Bandung kepada Komisi III

Pimpinan GNPF-MUI dan FPI mengadukan beberapa persoalan kepada Komisi III DPR yang akhir-akhir mencuat, salah satunya terkait insiden penyerangan yang ...
Gempa 5,6 SR di Sabang tak Berpotensi Tsunami
Nasional - Selasa, 17 Januari 2017 - 20:56 WIB

Gempa 5,6 SR di Sabang tak Berpotensi Tsunami

Laman www.bmkg.go.id menyebutkan gempa bumi mengguncang Aceh dan Sabang. Goncangan sekuat 5,6 SR itu tak berpotensi tsunami. Bunyi dalam pernyataan ...