Minggu, 25 Februari 2018 | 18.44 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Reporter : Dian | Selasa, 18 Oktober 2016 - 18:08 WIB

IMG-17893

Gubernur DKI Jakarta Ahok ditemani Sophia Latjuba di RPTA Marunda (KiniNews/Dian)

Jakarta, kini.co.id – Gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan unit rusun untuk dijual kepada warga.

Unit rusun yang akan dibangun dengan model apartemen yang lebih baik itu rencananya akan di jual ketika masyarakat sudah sukses berwirausaha serta juga akan disediakan lahan bercocok tanam untuk penghuni rusun.

“Selain ada RPTRA, kita siapkan juga lahan untuk bercocok tanam supaya bapak ibu punya penghasilan. Nanti kalau sudah mampu usaha kebun, ikan, kami akan bangun rusun yang pake lift. Kami cuman jual bangunan murah dengan beberapa tipe rusun,” ujar Ahok seusai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Marunda, Jakarta Utara, Selasa (18/10).

Ahok menerangkan, untuk merealisasikan rencana itu, Pemprov DKI akan menyiapkan modal usaha bagi warga rusun. Dari hasil usaha tersebut, akan menjadi modal warga untuk menyicil hunian yang lebih baik. Dengan demikian, warga bisa memiliki surat kepemilikan atas rusun, tetapi dengan syarat warga tidak boleh menjual rusun kepihak lain kecuali ke pemerintah.

“Itu hak milik tapi enggak boleh dijual keorang lain. Hanya boleh dijual ke kami dengan harga nilai jual objek pajak” ujar Ahok.

Langkah ini diambil lantaran, lanjut Ahok, dengan tujuan menaikan taraf hidup warga. Saat ini Pemprov DKI memang masih memberikan unit rusun secara cuma-cuma untuk warga kerena masyarkat belum sanggup membeli rusun senilai jutaan rupiah perunit.

“Rusun kenapa dari awal enggak kami jual? Karena satu unit rusun dibangun 260 juta. Kalau kami kasi cicil bapak/ibu semua, sanggup enggak? ” ujar Ahok.

Selain menyediakan unit rusun untuk dicicil, Pemprov KI juga akan membuat rusun untu di sewa seharga rumah kos.

“Pemprov kan menyubsidi 80 persen biaya rusun. Nah, warga tinggal membayar perawatan rusun. Lima ribu -lima belas ribu perhari. Nanti juga akan di bangun rusun sewa seperti kos-kosan. Mungkin sewanya 3 juta sebulan.” ujar Ahok.

Dalam peresmian RPTA Marunda, Jakarta Utara tersebut Ahok ditemani artis Sophia Latjuba yang juga sebagai juru bicara Tim Ahok-Djarot. Selama mendampingi Ahok, masyarakat berebut foto selfie dengan kekasih Arie Noah tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:58 WIB

Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir melanda sejumlah daerah di ...
Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:51 WIB

Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi

Petak jalan rel kereta api di kilometer 185 + 500 sampai dengan 186 + 600 (Stasiun Tanjung - Stasiun Losari  ...
Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi
Politik - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:25 WIB

Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya telah mengantongi kriteria dan nama-nama calon wakil ...
Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun
Ekonomi - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:19 WIB

Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun

PT Angkasa Pura I (Persero) di 2018 akan menginvestasikan Rp18,8 triliun untuk membangun sejumlah infrastruktur bandar udara untuk perbaikan dan ...
PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU
Hukum - Sabtu, 24 Februari 2018 - 14:17 WIB

PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU

Tak terima partainya tak lolos verifikasi, Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Izha Mahendra kekeuh akan menyeret seluruh ...
TGB: Kualitas Siswa Jebolan Pesantren Tak Kalah dari Sekolah Umum
Pendidikan - Sabtu, 24 Februari 2018 - 12:49 WIB

TGB: Kualitas Siswa Jebolan Pesantren Tak Kalah dari Sekolah Umum

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) memberi semangat kepada ...