Rabu, 25 April 2018 | 03.30 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Resmihkan RPTA Marunda, Ahok:Saya Siapkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Reporter : Dian | Selasa, 18 Oktober 2016 - 18:08 WIB

IMG-17893

Gubernur DKI Jakarta Ahok ditemani Sophia Latjuba di RPTA Marunda (KiniNews/Dian)

Jakarta, kini.co.id – Gubernur DKI jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan unit rusun untuk dijual kepada warga.

Unit rusun yang akan dibangun dengan model apartemen yang lebih baik itu rencananya akan di jual ketika masyarakat sudah sukses berwirausaha serta juga akan disediakan lahan bercocok tanam untuk penghuni rusun.

“Selain ada RPTRA, kita siapkan juga lahan untuk bercocok tanam supaya bapak ibu punya penghasilan. Nanti kalau sudah mampu usaha kebun, ikan, kami akan bangun rusun yang pake lift. Kami cuman jual bangunan murah dengan beberapa tipe rusun,” ujar Ahok seusai meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Marunda, Jakarta Utara, Selasa (18/10).

Ahok menerangkan, untuk merealisasikan rencana itu, Pemprov DKI akan menyiapkan modal usaha bagi warga rusun. Dari hasil usaha tersebut, akan menjadi modal warga untuk menyicil hunian yang lebih baik. Dengan demikian, warga bisa memiliki surat kepemilikan atas rusun, tetapi dengan syarat warga tidak boleh menjual rusun kepihak lain kecuali ke pemerintah.

“Itu hak milik tapi enggak boleh dijual keorang lain. Hanya boleh dijual ke kami dengan harga nilai jual objek pajak” ujar Ahok.

Langkah ini diambil lantaran, lanjut Ahok, dengan tujuan menaikan taraf hidup warga. Saat ini Pemprov DKI memang masih memberikan unit rusun secara cuma-cuma untuk warga kerena masyarkat belum sanggup membeli rusun senilai jutaan rupiah perunit.

“Rusun kenapa dari awal enggak kami jual? Karena satu unit rusun dibangun 260 juta. Kalau kami kasi cicil bapak/ibu semua, sanggup enggak? ” ujar Ahok.

Selain menyediakan unit rusun untuk dicicil, Pemprov KI juga akan membuat rusun untu di sewa seharga rumah kos.

“Pemprov kan menyubsidi 80 persen biaya rusun. Nah, warga tinggal membayar perawatan rusun. Lima ribu -lima belas ribu perhari. Nanti juga akan di bangun rusun sewa seperti kos-kosan. Mungkin sewanya 3 juta sebulan.” ujar Ahok.

Dalam peresmian RPTA Marunda, Jakarta Utara tersebut Ahok ditemani artis Sophia Latjuba yang juga sebagai juru bicara Tim Ahok-Djarot. Selama mendampingi Ahok, masyarakat berebut foto selfie dengan kekasih Arie Noah tersebut.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...