Senin, 29 Mei 2017 | 01.31 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kamis, 20 Oktober 2016 - 17:18 WIB

IMG-17942

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut Sultan Aziansyah, penyerang tiga anggota polisi di Pos Polisi Jalan Perintis Kemerdekaan, kawasan pendidikan Yupentek, Cikokol, Tangerang Kota, Banten, merupakan jaringan lama. Sultan diindikasi merupakan anggota Jamaah Ansar Daulah, Ciamis, Jawa Barat.

“Dari pendalaman kita, Sultan itu Jamaah Ansar Daulah, murid dari Fauzan Ansori. Tersangka ini jaringan lama tapi rekrutmen baru,” kata Tito, di kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016).

Tito menyebut, teror di Indonesia cuma tumpahan dari kondisi internasional, terutama negara-negara Islam yang tidak stabil. Sementara, suporter utama terorisme di Indonesia berasal dari Jamaah Islamiah yang terus berkembang pasca-bom Bali.

“Khusus untuk ISIS, suporter utamanya Jamaah Daulah, di sini operatornya Jamaah Ansar Daulah,” jelas Tito.

Tito menambahkan, antisipasi yang bisa dilakukan adalah memperkuat hukum yakni dengan mendorong revisi UU terorisme menjadi lebih spesifik. Tak harus menunggu peristiwa teror terjadi lalu UU terorisme berlaku.

“Baru bergabung saja bisa dipidana, kita mendorong agar UU terorisme baru yang langsung mengkriminalisasi tindakan teror sebagai upaya antisipasi,” tambah Tito.

Sekedara diketahui berdasarkan data yang dihimpun Kini.co.id, bahwa Jamah Anshar Daulah yang disebut Tito di Ciamis itu adalah afiliasi dari kelompok almarhum Fauzan Al-Anshori, mantan Ketua Departemen Data dan Informasi Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) saat masih di pimpin oleh Al-Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.

Diduga karena Fauzan Al-Anshari bagian dari konsipirasi Intelijen yang sengaja disusupkan ke Majlis Mujahidin Indonesia (MMI), akhrinya Almarhum Fauzan dikeluarkan dari MMI dan diblacklist serta dijauhi dari gerakan atau harokah.

Tahun 2007, Al Marhum Fauzan mendirikan pondok pesantren Tahfidz Qur’an yakni Ponpes Ansharullah di Banjar Patroman, Ciamis, Jawa Barat. Fauzan juga diketahui berbaiat kepada Al-Bagdadi yang merupakan Khalifah palsu ISIS.

Almarhum Fauzan dalam berdakwah secara frontal mudah mengkafirkan yang tidak sepaham dengannya dan hobi menantang Mubahala ini dipengaruhi tokoh Mujahidin Indonesia, yakni Abu Sulaiman Aman Abdurrahman alias Aman Abdurrahman yang kini mendekam di LP Pasir Putih Nusakambangan terkait kasus terorisme di Aceh, yang divonis hukuman sembilan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, pada 20 Desember 2010 lalu.

Jika benar apa yang disebut Tito bahwa Sultan Aziansyah merupakan jaringan Almarhum Fauzan Al-Anshari yang berafiliasi dengan Aman Abdurahman lantas apakah ada konspirasi juga agar kelompok ISIS yang jelas dianggap sebagai kelompok Khawarij ini dipelihara dan menjadi mainan Intelijen.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Besok Sore Halte Transjakarta Kampung Melayu Kembali Beroperasi
Peristiwa - Minggu, 28 Mei 2017 - 13:54 WIB

Besok Sore Halte Transjakarta Kampung Melayu Kembali Beroperasi

Paska ledakan yang terjadi di kawasan Terminal Kampung Melayu, aktivitas Halte Transjakarta yang sempat terhenti beberapa hari akibat terkena ledakan ...
Anak Suku Baduy Diajak Wisata ke TMII dan Monas Pada One Day for Children
Pendidikan - Minggu, 28 Mei 2017 - 11:31 WIB

Anak Suku Baduy Diajak Wisata ke TMII dan Monas Pada One Day for Children

Mentri Sosial, Khofifah Indhar Parawansa dalam akhir kunjunganya ke lokasi korban kebakaran warga Baduy Luar, Sabtu (27/5) sempat berdialog cukup ...
Kemensos Salurkan Rp3,2 Miliar Bantuan Kebakaran Bagi Suku Baduy Luar
Peristiwa - Minggu, 28 Mei 2017 - 10:57 WIB

Kemensos Salurkan Rp3,2 Miliar Bantuan Kebakaran Bagi Suku Baduy Luar

Ratusan korban kebakaran Kampung Cisaban, Desa Kanekes, Baduy Luar, Lebak, Banten, pada Selasa (23/5) lalu mendapatkan perhatian serius pemerintah melalui ...
Mentri Susi: Kalau Sahur Tidak Makan Ikan Saya Tenggelamkan ! Nah Lho,
Peristiwa - Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:23 WIB

Mentri Susi: Kalau Sahur Tidak Makan Ikan Saya Tenggelamkan ! Nah Lho,

Cuitan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam akun twitternya yang bercanda soal sahur dan buka puasa harus makan ikan ...
Posisi Sugito Sebagai Irjen Kemendes PDTT Diganti
Hukum - Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:05 WIB

Posisi Sugito Sebagai Irjen Kemendes PDTT Diganti

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo akan segera mengganti Irjen Kemendes PDTT, Sugito ...
Wiranto Ungkapkan Kegaulaunnya Hadapi Ancaman Kebhinekaan
Nasional - Sabtu, 27 Mei 2017 - 21:27 WIB

Wiranto Ungkapkan Kegaulaunnya Hadapi Ancaman Kebhinekaan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengungkapkan kegaulauannya dengan situasi saat ini, dimana muncul ancaman terhadap kebinekaan.Salah satunya ...