Selasa, 26 September 2017 | 01.44 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kamis, 20 Oktober 2016 - 17:18 WIB

IMG-17942

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut Sultan Aziansyah, penyerang tiga anggota polisi di Pos Polisi Jalan Perintis Kemerdekaan, kawasan pendidikan Yupentek, Cikokol, Tangerang Kota, Banten, merupakan jaringan lama. Sultan diindikasi merupakan anggota Jamaah Ansar Daulah, Ciamis, Jawa Barat.

“Dari pendalaman kita, Sultan itu Jamaah Ansar Daulah, murid dari Fauzan Ansori. Tersangka ini jaringan lama tapi rekrutmen baru,” kata Tito, di kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016).

Tito menyebut, teror di Indonesia cuma tumpahan dari kondisi internasional, terutama negara-negara Islam yang tidak stabil. Sementara, suporter utama terorisme di Indonesia berasal dari Jamaah Islamiah yang terus berkembang pasca-bom Bali.

“Khusus untuk ISIS, suporter utamanya Jamaah Daulah, di sini operatornya Jamaah Ansar Daulah,” jelas Tito.

Tito menambahkan, antisipasi yang bisa dilakukan adalah memperkuat hukum yakni dengan mendorong revisi UU terorisme menjadi lebih spesifik. Tak harus menunggu peristiwa teror terjadi lalu UU terorisme berlaku.

“Baru bergabung saja bisa dipidana, kita mendorong agar UU terorisme baru yang langsung mengkriminalisasi tindakan teror sebagai upaya antisipasi,” tambah Tito.

Sekedara diketahui berdasarkan data yang dihimpun Kini.co.id, bahwa Jamah Anshar Daulah yang disebut Tito di Ciamis itu adalah afiliasi dari kelompok almarhum Fauzan Al-Anshori, mantan Ketua Departemen Data dan Informasi Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) saat masih di pimpin oleh Al-Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.

Diduga karena Fauzan Al-Anshari bagian dari konsipirasi Intelijen yang sengaja disusupkan ke Majlis Mujahidin Indonesia (MMI), akhrinya Almarhum Fauzan dikeluarkan dari MMI dan diblacklist serta dijauhi dari gerakan atau harokah.

Tahun 2007, Al Marhum Fauzan mendirikan pondok pesantren Tahfidz Qur’an yakni Ponpes Ansharullah di Banjar Patroman, Ciamis, Jawa Barat. Fauzan juga diketahui berbaiat kepada Al-Bagdadi yang merupakan Khalifah palsu ISIS.

Almarhum Fauzan dalam berdakwah secara frontal mudah mengkafirkan yang tidak sepaham dengannya dan hobi menantang Mubahala ini dipengaruhi tokoh Mujahidin Indonesia, yakni Abu Sulaiman Aman Abdurrahman alias Aman Abdurrahman yang kini mendekam di LP Pasir Putih Nusakambangan terkait kasus terorisme di Aceh, yang divonis hukuman sembilan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, pada 20 Desember 2010 lalu.

Jika benar apa yang disebut Tito bahwa Sultan Aziansyah merupakan jaringan Almarhum Fauzan Al-Anshari yang berafiliasi dengan Aman Abdurahman lantas apakah ada konspirasi juga agar kelompok ISIS yang jelas dianggap sebagai kelompok Khawarij ini dipelihara dan menjadi mainan Intelijen.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Gerakan Indonesia shalat subuh berjamaah kembali dideklarasikan di At Tin – TMII
Peristiwa - Selasa, 26 September 2017 - 01:37 WIB

Gerakan Indonesia shalat subuh berjamaah kembali dideklarasikan di At Tin – TMII

Setelah dicetuskan pada Milad Front Pembela Islam (FPI) ke-19 di Stadion Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu (19/8) ...
Bawa 119 bal ganja, pengemudi pikap diamankan Polisi
Peristiwa - Selasa, 26 September 2017 - 00:34 WIB

Bawa 119 bal ganja, pengemudi pikap diamankan Polisi

Ditlantas Polda Metro Jaya mengamankan satu mobil truk pikap yang mencurigakan di Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (25/9) malam. ...
Lulusan sarjana diharapkan mampu membudayakan etika akademik
Pendidikan - Selasa, 26 September 2017 - 00:06 WIB

Lulusan sarjana diharapkan mampu membudayakan etika akademik

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung berpesan setelah selesai menimba ilmu di perguruan tinggi, keinginan para mahasiswa dan orang tua ...
Polri pesan 5000 senjata non serbu dari Pindad
Peristiwa - Senin, 25 September 2017 - 23:31 WIB

Polri pesan 5000 senjata non serbu dari Pindad

Mabes Polri menyatakan bahwa pembelian senjata untuk mempersenjatai anggota Polri adalah dari PT Pindan dengan jumlah pesanan sebanyak 5.000 pucuk ...
Kebijakan infrastruktur pemerintah sudah di arah yang tepat
Ekonomi - Senin, 25 September 2017 - 23:16 WIB

Kebijakan infrastruktur pemerintah sudah di arah yang tepat

CEO dan Komisaris Crown Group, Iwan Sunito memberikan pandangannya terkait pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Pemerintah ...
IKM perlu manfaatkan platform digital
Ekonomi - Senin, 25 September 2017 - 22:31 WIB

IKM perlu manfaatkan platform digital

Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi digital karena dari jumlah penduduk sebesar 250 juta lebih jiwa, sekitar 93,4 juta ...