Jumat, 21 Juli 2017 | 15.31 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kamis, 20 Oktober 2016 - 17:18 WIB

IMG-17942

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut Sultan Aziansyah, penyerang tiga anggota polisi di Pos Polisi Jalan Perintis Kemerdekaan, kawasan pendidikan Yupentek, Cikokol, Tangerang Kota, Banten, merupakan jaringan lama. Sultan diindikasi merupakan anggota Jamaah Ansar Daulah, Ciamis, Jawa Barat.

“Dari pendalaman kita, Sultan itu Jamaah Ansar Daulah, murid dari Fauzan Ansori. Tersangka ini jaringan lama tapi rekrutmen baru,” kata Tito, di kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016).

Tito menyebut, teror di Indonesia cuma tumpahan dari kondisi internasional, terutama negara-negara Islam yang tidak stabil. Sementara, suporter utama terorisme di Indonesia berasal dari Jamaah Islamiah yang terus berkembang pasca-bom Bali.

“Khusus untuk ISIS, suporter utamanya Jamaah Daulah, di sini operatornya Jamaah Ansar Daulah,” jelas Tito.

Tito menambahkan, antisipasi yang bisa dilakukan adalah memperkuat hukum yakni dengan mendorong revisi UU terorisme menjadi lebih spesifik. Tak harus menunggu peristiwa teror terjadi lalu UU terorisme berlaku.

“Baru bergabung saja bisa dipidana, kita mendorong agar UU terorisme baru yang langsung mengkriminalisasi tindakan teror sebagai upaya antisipasi,” tambah Tito.

Sekedara diketahui berdasarkan data yang dihimpun Kini.co.id, bahwa Jamah Anshar Daulah yang disebut Tito di Ciamis itu adalah afiliasi dari kelompok almarhum Fauzan Al-Anshori, mantan Ketua Departemen Data dan Informasi Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) saat masih di pimpin oleh Al-Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.

Diduga karena Fauzan Al-Anshari bagian dari konsipirasi Intelijen yang sengaja disusupkan ke Majlis Mujahidin Indonesia (MMI), akhrinya Almarhum Fauzan dikeluarkan dari MMI dan diblacklist serta dijauhi dari gerakan atau harokah.

Tahun 2007, Al Marhum Fauzan mendirikan pondok pesantren Tahfidz Qur’an yakni Ponpes Ansharullah di Banjar Patroman, Ciamis, Jawa Barat. Fauzan juga diketahui berbaiat kepada Al-Bagdadi yang merupakan Khalifah palsu ISIS.

Almarhum Fauzan dalam berdakwah secara frontal mudah mengkafirkan yang tidak sepaham dengannya dan hobi menantang Mubahala ini dipengaruhi tokoh Mujahidin Indonesia, yakni Abu Sulaiman Aman Abdurrahman alias Aman Abdurrahman yang kini mendekam di LP Pasir Putih Nusakambangan terkait kasus terorisme di Aceh, yang divonis hukuman sembilan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, pada 20 Desember 2010 lalu.

Jika benar apa yang disebut Tito bahwa Sultan Aziansyah merupakan jaringan Almarhum Fauzan Al-Anshari yang berafiliasi dengan Aman Abdurahman lantas apakah ada konspirasi juga agar kelompok ISIS yang jelas dianggap sebagai kelompok Khawarij ini dipelihara dan menjadi mainan Intelijen.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Kapolda Diganti, Kasus Habib Rizieq Tetap Diusut
Hukum - Jumat, 21 Juli 2017 - 14:53 WIB

Kapolda Diganti, Kasus Habib Rizieq Tetap Diusut

Meski Kapolda Metro Jaya diganti, Mabes Polri memastikan penyidikan kasus Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tetap berjalan.Kepala ...
Bos OJK Pangkas Deputi dan Kurangi Kegiatan Seremonial
Ekonomi - Jumat, 21 Juli 2017 - 13:21 WIB

Bos OJK Pangkas Deputi dan Kurangi Kegiatan Seremonial

Mulai lakukan efisiensi, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso akan mengurangi jumlah deputi di bawah dewan komisioner.Hal ini bertujuan untuk ...
100 Hari, Penyidik Hanya Dapat Sketsa Wajah Peneror Novel Baswedan
Peristiwa - Jumat, 21 Juli 2017 - 12:32 WIB

100 Hari, Penyidik Hanya Dapat Sketsa Wajah Peneror Novel Baswedan

100 hari setelah peristiwa penyiraman air keras terhadap penyidik senior Novel Baswedan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), polisi masih belum berhasil ...
Disebut Bakal Naik Pangkat, Begini Reaksi Irjen Iriawan
Peristiwa - Jumat, 21 Juli 2017 - 12:19 WIB

Disebut Bakal Naik Pangkat, Begini Reaksi Irjen Iriawan

Disebut-sebut bakal naik pangkat, mantan Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengaku siap melakukan tugas yang lebih berat."Siap. Saya Bhayangkara ...
Tolak Pelemahan, MKKS Muhammadiyah Sambangi KPK
Peristiwa - Jumat, 21 Juli 2017 - 12:01 WIB

Tolak Pelemahan, MKKS Muhammadiyah Sambangi KPK

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhammadiyah se-DKI Jakarta menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terletak di Jalan Kuningan Persada, ...
RUU Pemilu, Habiburokhman: Om Ganteng dkk Gak Akan Tinggal Diam, Senin ke MK
Politik - Jumat, 21 Juli 2017 - 10:38 WIB

RUU Pemilu, Habiburokhman: Om Ganteng dkk Gak Akan Tinggal Diam, Senin ke MK

Partai Gerindra bersama tiga partai lainnya memilih walk out pada sidang paripurna pengambilan keputusan RUU Pemilu.Alasan memilih tidak ikut dalam pengambilan keputusan ...