Sabtu, 18 November 2017 | 17.23 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kapolri: Sultan Aziansyah Jaringan Lama Pengikut Fauzan Al-Anshari

Kamis, 20 Oktober 2016 - 17:18 WIB

IMG-17942

Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut Sultan Aziansyah, penyerang tiga anggota polisi di Pos Polisi Jalan Perintis Kemerdekaan, kawasan pendidikan Yupentek, Cikokol, Tangerang Kota, Banten, merupakan jaringan lama. Sultan diindikasi merupakan anggota Jamaah Ansar Daulah, Ciamis, Jawa Barat.

“Dari pendalaman kita, Sultan itu Jamaah Ansar Daulah, murid dari Fauzan Ansori. Tersangka ini jaringan lama tapi rekrutmen baru,” kata Tito, di kantor Menko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016).

Tito menyebut, teror di Indonesia cuma tumpahan dari kondisi internasional, terutama negara-negara Islam yang tidak stabil. Sementara, suporter utama terorisme di Indonesia berasal dari Jamaah Islamiah yang terus berkembang pasca-bom Bali.

“Khusus untuk ISIS, suporter utamanya Jamaah Daulah, di sini operatornya Jamaah Ansar Daulah,” jelas Tito.

Tito menambahkan, antisipasi yang bisa dilakukan adalah memperkuat hukum yakni dengan mendorong revisi UU terorisme menjadi lebih spesifik. Tak harus menunggu peristiwa teror terjadi lalu UU terorisme berlaku.

“Baru bergabung saja bisa dipidana, kita mendorong agar UU terorisme baru yang langsung mengkriminalisasi tindakan teror sebagai upaya antisipasi,” tambah Tito.

Sekedara diketahui berdasarkan data yang dihimpun Kini.co.id, bahwa Jamah Anshar Daulah yang disebut Tito di Ciamis itu adalah afiliasi dari kelompok almarhum Fauzan Al-Anshori, mantan Ketua Departemen Data dan Informasi Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) saat masih di pimpin oleh Al-Ustadz Abu Bakar Ba’asyir.

Diduga karena Fauzan Al-Anshari bagian dari konsipirasi Intelijen yang sengaja disusupkan ke Majlis Mujahidin Indonesia (MMI), akhrinya Almarhum Fauzan dikeluarkan dari MMI dan diblacklist serta dijauhi dari gerakan atau harokah.

Tahun 2007, Al Marhum Fauzan mendirikan pondok pesantren Tahfidz Qur’an yakni Ponpes Ansharullah di Banjar Patroman, Ciamis, Jawa Barat. Fauzan juga diketahui berbaiat kepada Al-Bagdadi yang merupakan Khalifah palsu ISIS.

Almarhum Fauzan dalam berdakwah secara frontal mudah mengkafirkan yang tidak sepaham dengannya dan hobi menantang Mubahala ini dipengaruhi tokoh Mujahidin Indonesia, yakni Abu Sulaiman Aman Abdurrahman alias Aman Abdurrahman yang kini mendekam di LP Pasir Putih Nusakambangan terkait kasus terorisme di Aceh, yang divonis hukuman sembilan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, pada 20 Desember 2010 lalu.

Jika benar apa yang disebut Tito bahwa Sultan Aziansyah merupakan jaringan Almarhum Fauzan Al-Anshari yang berafiliasi dengan Aman Abdurahman lantas apakah ada konspirasi juga agar kelompok ISIS yang jelas dianggap sebagai kelompok Khawarij ini dipelihara dan menjadi mainan Intelijen.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Operasi senyap Kopassus-Raider serang markas TPN-PB bebaskan sandra
Peristiwa - Sabtu, 18 November 2017 - 13:51 WIB

Operasi senyap Kopassus-Raider serang markas TPN-PB bebaskan sandra

Dua hari lamanya sebanyak 13 anggota Kopassus menyusup ke daerah sasaran yang dikuasai Tentara Pembebasan Nasional- Papua Barat atau ...
Pengamat Hukum Minta Cari Penanggung Jawab Kasus E-KTP
Hukum - Sabtu, 18 November 2017 - 13:02 WIB

Pengamat Hukum Minta Cari Penanggung Jawab Kasus E-KTP

Kasus dugaan korupsi e-KTP kembali masuk babak baru. Salah satu tersangkanya yakni Setya Novanto sudah resmi ditahan oleh penyidik KPK. ...
Soal pembebasan sandra di Papua, DPR minta harus ada proses hukum
Peristiwa - Sabtu, 18 November 2017 - 12:59 WIB

Soal pembebasan sandra di Papua, DPR minta harus ada proses hukum

Ketua Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Abdul Kharis Almasyhari menyatakan dugaan penyanderaan terhadap 1.300 penduduk yang dilakukan oleh ...
Pakar Hukum Pidana Sebut Penahanan Setnov Sudah Tepat
Hukum - Sabtu, 18 November 2017 - 12:59 WIB

Pakar Hukum Pidana Sebut Penahanan Setnov Sudah Tepat

Pakar Hukum Pidana Abdul Fickar Hadjar menilai apa yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menahan Ketua DPR Setya Novanto ...
Ketua DPR RI Ditahan KPK, Ini Tanggapan Jokowi
Hukum - Sabtu, 18 November 2017 - 09:28 WIB

Ketua DPR RI Ditahan KPK, Ini Tanggapan Jokowi

Ketua DPR RI, Setya Novanto resmi menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (18/11/2017).Terkait penahanan tersebut, Presiden RI, Joko Widodo ...
Belum Pernah Diperiksa, Pengacara Pertanyakan Penahanan Setnov
Hukum - Sabtu, 18 November 2017 - 09:15 WIB

Belum Pernah Diperiksa, Pengacara Pertanyakan Penahanan Setnov

Kuasa Hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi mempertanyakan wewenang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadikan kliennya sebagai tahanan.Pasalnya, menurut dia, Setnov belum ...