Rabu, 17 Januari 2018 | 00.03 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Reporter : Fadilah | Senin, 24 Oktober 2016 - 09:57 WIB

IMG-17974

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. (Kininews/FADILLAH)

Jakarta, kini.co.id – Dalam rangka memberikan pemahaman dan memastikan agar pungli tidak terjadi lagi di Institusinya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menggelar acara di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Senin, (24/10/2016) di Ruang Mataram Gedung Karya, Kementerian Perhubungan.

Adapun acara dimaksud adalah untuk membekali para pejabat di lingkungan Ditjen perhubungan laut untuk dapat selalu memberikan pelayanan publik yang baik, efektif, efisiensi serta menjadikannya sebagai prioritas utama sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pengarahannya Budi meminta kepada seluruh jajaran di Kementerian Perhubungan (Kemnhub) untuk menghilangkankan mentalitas yang memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri sendiri.

“Marilah kita ciptakan pelayanan publik di kemenhub yang lebih steril dari berbagai praktik penyimpangan atau pungli,” imbau Budi.

Sementara itu ditempat yang sama Dirjen Perhubungan Laut Tonny Budiono menginstruksikan seluruh jajaran perhubungan laut untuk bersama-sama memberantas pungli tanpa terkecuali dan bersama-sama memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan, dan kepastian hukum.

“Saya berharap segenap jajaran di Ditjen Hubla berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut dengan penuh tanggungjawab, jujur, transparan, dan tetap berpedoma pada prinsip-prinsip penyelenggaran pemerintahan yang bersih,” imbuh Tonny.

Dalam pemahaman kali ini, turut hadir Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan materi.

Sebagai informasi Kemenhub RI telah membentuk tim satuan tugas (satgas) pemberantasan pungutan liar (pungli). Tim ini bertugas untuk melakukan pengawasan dalam pelayanan publik yang bebas pungli dilingkungan Kementerian Perhubungan, melalui kegiatan pengawasan, pemantauan dan pelaporan.

Tim adhoc ini dipimpin langsung oleh Sekretasis Jenderal (Sekjen) Kemenhub dengan Anggota dari Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Tim ini diharapkan akan lebih independent dan bersih sehingga akan mampu memberi kontribusi buat negara, khususnya dalam pemberantasan pungli di Kemenhub.

Dalam pelaksanaan tugasnya tim satgas ini akan melakukan langkah-langkah pengawasan antralain dengan memperbaiki Layanan Contact Center, melakukan pengawasan, memotong simpul pejabag birokrasi, serta melakukan penindakan apabila ditemukan PNS yang berulah yakni diserahkan kepada aparat hukum.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK sita tas mewah hingga mobil milik Rita Widyasari
Hukum - Selasa, 16 Januari 2018 - 21:39 WIB

KPK sita tas mewah hingga mobil milik Rita Widyasari

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah aset milik Bupati Kutai Kertanegara (Kukar) nonaktif, Rita Widyasari yang diduga berasal dari hasil ...
Oso: Kalau Wiranto mau jadi ketua lagi saya kasihkan
Politik - Selasa, 16 Januari 2018 - 19:43 WIB

Oso: Kalau Wiranto mau jadi ketua lagi saya kasihkan

Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) mengaku tidak masalah jika Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto ingin ...
Polri keluarkan 13 aturan untuk anggotanya di Pilkada serentak
Hukum - Selasa, 16 Januari 2018 - 17:36 WIB

Polri keluarkan 13 aturan untuk anggotanya di Pilkada serentak

Mabes Polri menegaskan jika 10 orang anggota Polri yang ikut maju dalam Pilkada serentak masih berstatus polisi hingga penetapan pasangan ...
JK Sebut Prabowo Tak Minta Mahar Ketika Sodorkan Anies Baswedan
Politik - Selasa, 16 Januari 2018 - 16:14 WIB

JK Sebut Prabowo Tak Minta Mahar Ketika Sodorkan Anies Baswedan

Pernyataan La Nyalla terkait mahar politik yang diminta Ketum Gerindra Prabowo Subianto menuai banyak reaksi di masyarakat.Sebagaian masyarakat tak menyangka ...
Zulhas: Sebentar Lagi Panen Raya, Impor Beras Akan Rugikan Petani
Ekonomi - Selasa, 16 Januari 2018 - 15:16 WIB

Zulhas: Sebentar Lagi Panen Raya, Impor Beras Akan Rugikan Petani

Zulkifli Hasan Selaku Ketua MPR RI mengkritisi rencana pemerintah yang akan mengimport beras dari Vietnam dan Thailand. Ia juga menyapaikan ...
12 Pasien Korban Ambruknya Gedung BEI Sudah Dibolehkan Pulang dari RS
Peristiwa - Selasa, 16 Januari 2018 - 15:13 WIB

12 Pasien Korban Ambruknya Gedung BEI Sudah Dibolehkan Pulang dari RS

Dua belas pasien korban ambruknya selasar Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta sudah diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit (RS)."Kedua belas ...