Minggu, 23 April 2017 | 20.54 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Reporter : Fadilah | Senin, 24 Oktober 2016 - 09:57 WIB

IMG-17974

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. (Kininews/FADILLAH)

Jakarta, kini.co.id – Dalam rangka memberikan pemahaman dan memastikan agar pungli tidak terjadi lagi di Institusinya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menggelar acara di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Senin, (24/10/2016) di Ruang Mataram Gedung Karya, Kementerian Perhubungan.

Adapun acara dimaksud adalah untuk membekali para pejabat di lingkungan Ditjen perhubungan laut untuk dapat selalu memberikan pelayanan publik yang baik, efektif, efisiensi serta menjadikannya sebagai prioritas utama sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pengarahannya Budi meminta kepada seluruh jajaran di Kementerian Perhubungan (Kemnhub) untuk menghilangkankan mentalitas yang memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri sendiri.

“Marilah kita ciptakan pelayanan publik di kemenhub yang lebih steril dari berbagai praktik penyimpangan atau pungli,” imbau Budi.

Sementara itu ditempat yang sama Dirjen Perhubungan Laut Tonny Budiono menginstruksikan seluruh jajaran perhubungan laut untuk bersama-sama memberantas pungli tanpa terkecuali dan bersama-sama memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan, dan kepastian hukum.

“Saya berharap segenap jajaran di Ditjen Hubla berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut dengan penuh tanggungjawab, jujur, transparan, dan tetap berpedoma pada prinsip-prinsip penyelenggaran pemerintahan yang bersih,” imbuh Tonny.

Dalam pemahaman kali ini, turut hadir Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan materi.

Sebagai informasi Kemenhub RI telah membentuk tim satuan tugas (satgas) pemberantasan pungutan liar (pungli). Tim ini bertugas untuk melakukan pengawasan dalam pelayanan publik yang bebas pungli dilingkungan Kementerian Perhubungan, melalui kegiatan pengawasan, pemantauan dan pelaporan.

Tim adhoc ini dipimpin langsung oleh Sekretasis Jenderal (Sekjen) Kemenhub dengan Anggota dari Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Tim ini diharapkan akan lebih independent dan bersih sehingga akan mampu memberi kontribusi buat negara, khususnya dalam pemberantasan pungli di Kemenhub.

Dalam pelaksanaan tugasnya tim satgas ini akan melakukan langkah-langkah pengawasan antralain dengan memperbaiki Layanan Contact Center, melakukan pengawasan, memotong simpul pejabag birokrasi, serta melakukan penindakan apabila ditemukan PNS yang berulah yakni diserahkan kepada aparat hukum.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:42 WIB

Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor

Unit Lakalantas Polres Bogor Kabupaten, mengkonfirmasi data nama-nama korban meninggal dunia dan luka berat dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di ...
Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:22 WIB

Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas

Kecelakaan maut yang melibatkan 12 kendaaran terjadi di Jl Raya Puncak, tepatnya di tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu ...
Tak Jadi Potong Kuping, Haji Lulung Potong Kambing
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 17:41 WIB

Tak Jadi Potong Kuping, Haji Lulung Potong Kambing

Kuping dan hidung milik Abraham Lunggana alias Haji Lulung terselamatkan. Karena tidak jadi dipotong, pasalnya Basuki Purnama alias Ahok terbukti ...
KPK Perlu Selidiki Kasus Novel Baswedan
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 17:02 WIB

KPK Perlu Selidiki Kasus Novel Baswedan

Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan KPK perlu melakukan penyelidikan sendiri ...
Menolak Forum Khilafah Internasional
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 15:18 WIB

Menolak Forum Khilafah Internasional

Rencana Forum Khilafah Internasional yang akan diselenggarakan oleh Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Minggu (23/4) besok mendapatakan penolakan dari salah satu ...
Penistaan Agama oleh Ahok tak Boleh Dianggap Remeh
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 15:01 WIB

Penistaan Agama oleh Ahok tak Boleh Dianggap Remeh

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin menyatakan persoalan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bukan ...