Rabu, 22 Februari 2017 | 22.11 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Reporter : Fadilah | Senin, 24 Oktober 2016 - 09:57 WIB

IMG-17974

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. (Kininews/FADILLAH)

Jakarta, kini.co.id – Dalam rangka memberikan pemahaman dan memastikan agar pungli tidak terjadi lagi di Institusinya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menggelar acara di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Senin, (24/10/2016) di Ruang Mataram Gedung Karya, Kementerian Perhubungan.

Adapun acara dimaksud adalah untuk membekali para pejabat di lingkungan Ditjen perhubungan laut untuk dapat selalu memberikan pelayanan publik yang baik, efektif, efisiensi serta menjadikannya sebagai prioritas utama sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pengarahannya Budi meminta kepada seluruh jajaran di Kementerian Perhubungan (Kemnhub) untuk menghilangkankan mentalitas yang memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri sendiri.

“Marilah kita ciptakan pelayanan publik di kemenhub yang lebih steril dari berbagai praktik penyimpangan atau pungli,” imbau Budi.

Sementara itu ditempat yang sama Dirjen Perhubungan Laut Tonny Budiono menginstruksikan seluruh jajaran perhubungan laut untuk bersama-sama memberantas pungli tanpa terkecuali dan bersama-sama memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan, dan kepastian hukum.

“Saya berharap segenap jajaran di Ditjen Hubla berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut dengan penuh tanggungjawab, jujur, transparan, dan tetap berpedoma pada prinsip-prinsip penyelenggaran pemerintahan yang bersih,” imbuh Tonny.

Dalam pemahaman kali ini, turut hadir Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan materi.

Sebagai informasi Kemenhub RI telah membentuk tim satuan tugas (satgas) pemberantasan pungutan liar (pungli). Tim ini bertugas untuk melakukan pengawasan dalam pelayanan publik yang bebas pungli dilingkungan Kementerian Perhubungan, melalui kegiatan pengawasan, pemantauan dan pelaporan.

Tim adhoc ini dipimpin langsung oleh Sekretasis Jenderal (Sekjen) Kemenhub dengan Anggota dari Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Tim ini diharapkan akan lebih independent dan bersih sehingga akan mampu memberi kontribusi buat negara, khususnya dalam pemberantasan pungli di Kemenhub.

Dalam pelaksanaan tugasnya tim satgas ini akan melakukan langkah-langkah pengawasan antralain dengan memperbaiki Layanan Contact Center, melakukan pengawasan, memotong simpul pejabag birokrasi, serta melakukan penindakan apabila ditemukan PNS yang berulah yakni diserahkan kepada aparat hukum.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Lion Air Buka Rute Baru Solo-Kuala Lumpur
Ekonomi - Rabu, 22 Februari 2017 - 19:07 WIB

Lion Air Buka Rute Baru Solo-Kuala Lumpur

Maskapai Penerbangan Lion Air akan membuka dua rute baru dari Solo ke Kuala Lumpur, Malaysia dengan frekuensi terbang sebanyak satu ...
Aparat Keamanan Harus Ambil Sikat dengan Iwan Bopeng
Nasional - Rabu, 22 Februari 2017 - 17:40 WIB

Aparat Keamanan Harus Ambil Sikat dengan Iwan Bopeng

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi meminta aparatur keamanan segera mengambil sikap atas aksi intimidasi Fredy Tahuney alias Iwan ...
Kapolda Metro Jaya Bantah Kriminalisasi Ulama
Nasional - Rabu, 22 Februari 2017 - 16:28 WIB

Kapolda Metro Jaya Bantah Kriminalisasi Ulama

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan mengklaim tak pernah melakukan kriminalisasi para ulama. Berbeda dengan tuduhan pimpinan Front ...
Mendagri Rela Dipecat Demi Ahok, Ini Kata DPR
Politik - Rabu, 22 Februari 2017 - 15:52 WIB

Mendagri Rela Dipecat Demi Ahok, Ini Kata DPR

Sikap Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo yang tidak menggubris status hukum Ahok sebagai tersangka penistaan agama menuai komentar dari ...
Sinabung Awas, 15 Gunung Lainnya Waspada
Peristiwa - Rabu, 22 Februari 2017 - 15:10 WIB

Sinabung Awas, 15 Gunung Lainnya Waspada

Gunung-gunung api di Indonesia hingga saat ini masih menggeliat. Bahkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) saat ini ada ...
Pembayaran BPJS Kini Bisa di Super Indo
Ekonomi - Rabu, 22 Februari 2017 - 14:53 WIB

Pembayaran BPJS Kini Bisa di Super Indo

PT Lion Super Indo menjalin kerjasama dengan PT Bank Mandiri Tbk untuk bisa menyediakan layanan jasa pembayaran iuran Badan Pelaksana ...