Selasa, 28 Maret 2017 | 01.25 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Seluruh Jajaran Kemenhub Diimbau Tak Memperkaya Diri Sendiri

Reporter : Fadilah | Senin, 24 Oktober 2016 - 09:57 WIB

IMG-17974

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. (Kininews/FADILLAH)

Jakarta, kini.co.id – Dalam rangka memberikan pemahaman dan memastikan agar pungli tidak terjadi lagi di Institusinya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menggelar acara di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Senin, (24/10/2016) di Ruang Mataram Gedung Karya, Kementerian Perhubungan.

Adapun acara dimaksud adalah untuk membekali para pejabat di lingkungan Ditjen perhubungan laut untuk dapat selalu memberikan pelayanan publik yang baik, efektif, efisiensi serta menjadikannya sebagai prioritas utama sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pengarahannya Budi meminta kepada seluruh jajaran di Kementerian Perhubungan (Kemnhub) untuk menghilangkankan mentalitas yang memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri sendiri.

“Marilah kita ciptakan pelayanan publik di kemenhub yang lebih steril dari berbagai praktik penyimpangan atau pungli,” imbau Budi.

Sementara itu ditempat yang sama Dirjen Perhubungan Laut Tonny Budiono menginstruksikan seluruh jajaran perhubungan laut untuk bersama-sama memberantas pungli tanpa terkecuali dan bersama-sama memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan, dan kepastian hukum.

“Saya berharap segenap jajaran di Ditjen Hubla berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut dengan penuh tanggungjawab, jujur, transparan, dan tetap berpedoma pada prinsip-prinsip penyelenggaran pemerintahan yang bersih,” imbuh Tonny.

Dalam pemahaman kali ini, turut hadir Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan materi.

Sebagai informasi Kemenhub RI telah membentuk tim satuan tugas (satgas) pemberantasan pungutan liar (pungli). Tim ini bertugas untuk melakukan pengawasan dalam pelayanan publik yang bebas pungli dilingkungan Kementerian Perhubungan, melalui kegiatan pengawasan, pemantauan dan pelaporan.

Tim adhoc ini dipimpin langsung oleh Sekretasis Jenderal (Sekjen) Kemenhub dengan Anggota dari Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Tim ini diharapkan akan lebih independent dan bersih sehingga akan mampu memberi kontribusi buat negara, khususnya dalam pemberantasan pungli di Kemenhub.

Dalam pelaksanaan tugasnya tim satgas ini akan melakukan langkah-langkah pengawasan antralain dengan memperbaiki Layanan Contact Center, melakukan pengawasan, memotong simpul pejabag birokrasi, serta melakukan penindakan apabila ditemukan PNS yang berulah yakni diserahkan kepada aparat hukum.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Tersangka Ekspolitasi Seksual Online dapat Upah Rp750 ribu
Nasional - Senin, 27 Maret 2017 - 21:22 WIB

Tersangka Ekspolitasi Seksual Online dapat Upah Rp750 ribu

Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan membongkar tindak pidana perdagangan orang secara melalui internet alias online tentang eksploitasi seksual."Tersangka ...
Kalau Saya Bayar, Perusahaan Bangkrut
Nasional - Senin, 27 Maret 2017 - 20:38 WIB

Kalau Saya Bayar, Perusahaan Bangkrut

Direktur PT EK Prima Ekspor (PT EKP) Ramapanicker Rajamohanan Nair, terdakwa suap terhadap Direktorat Penegakan Hukum pada Direktorat Jenderal Pajak ...
Delapan Rumah Rusak Parah karena Angin Puyuh
Peristiwa - Senin, 27 Maret 2017 - 20:27 WIB

Delapan Rumah Rusak Parah karena Angin Puyuh

Angin Puyuh dan hujan deras meluluhlantahkan tiga kampung di Desa Girimukti, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat. Akibatnya, ratusan rumah mengalami ...
Waspada, Sabu Berbentuk Seperti Gula Batu Asal Malaysia
Peristiwa - Senin, 27 Maret 2017 - 15:41 WIB

Waspada, Sabu Berbentuk Seperti Gula Batu Asal Malaysia

Ada saja akal para pengedar narkoba dalam melancarkan aksinya, mulai dari memasukannya ke dalam makanan sampai mengubah bentuknya. Salah satunya ...
Mangkir di Sidang E-KTP, Jaksa Bakal Panggil Paksa Miryam
Hukum - Senin, 27 Maret 2017 - 13:12 WIB

Mangkir di Sidang E-KTP, Jaksa Bakal Panggil Paksa Miryam

Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) merencanakan pemanggilan paksa terhadap Anggota DPR RI fraksi Hanura, Miryam S Haryani ...
Absen di Sidang E-KTP, Jaksa Periksa Surat Sakit Miryam
Hukum - Senin, 27 Maret 2017 - 12:25 WIB

Absen di Sidang E-KTP, Jaksa Periksa Surat Sakit Miryam

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah melihat surat sakit yang dikirimkan oleh saksi Miryam S Haryani ...