Rabu, 18 Januari 2017 | 12.57 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Polemik Munir, SBY: Issue Legal Jadi Nuansa Politik

Polemik Munir, SBY: Issue Legal Jadi Nuansa Politik

Reporter : Rakisa | Selasa, 25 Oktober 2016 - 15:56 WIB

IMG-18013

SBY usai konferensi pers terkait TPF Munir. (KiniNews/RAKISA)

Jakarta, kini.co.id – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan bahwa pemerintahan di eranya sangat serius menindaklanjuti hasil kerja dan rekomendasi Tim Pencari Fakta (TPF) kasus kematian Munit Thalib.

“Saya pastikan bahwa yang kami lakukan dulu adalah tindakan serius, sungguh serius utamanya dalam konteks penegakan hukum,” kata SBY dalam keterangan persnya di kediamannya Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10) siang.

Ditegaskan SBY semua pihak yang menyelidiki dan menangani kasus kematian Munir, yakni TPF sudah bekerja sesuai dengan kewenangan pejabat eksekutif dan ketentuan penegakan hukum.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini merupakan momentum untuk menjernihkan pemberitaan yang ada yang seolah-olah menyudutkan masa pemeritahannya.

“Kewajiban kami memberikan penjelasan sesuai dengan konteksnya untuk diketahui publik,” ujarnya.

Menurutnya, sebagian pemberitaan yang ada berada pada konteks yang tepat namun sebagian lagi bergeser pada pemberitaan yang bernuansa politik.

“Saya membaca dan mendengarkan dengan seksama, saya baca dengan baik sebagian perbincangan, tanggapan dan komentar itu kontekstual,” tegasnya.

“Saya amati terus terang ada yang bergeser, yang tadinya legal ‘issue’ menjadi bernuansa politik,” tambahnya.

Maka dari itu, SBY memberikan penjelasan setelah memberikan pesan melalui twitternya untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai upaya yang pemerintah lakukan untuk menindaklanjuti TPF Munir dan segala sesuatu yang pemerintah lakukan termasuk saat dirinya menjabat Presiden RI dalam menindaklanjuti rekomendasi TPF Munir.

“Saya memenuhi janji saya untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat dua sampai tiga hari sejak pesan twitter saya sampaikan,” ujarnya.

Pantauan di lokasi sejumlah mantan Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I era SBY hadir, dan Ketua TPF Munir Brigadir Jendral Polisi Hanafi.

Sebelumnya, dalam akun twitter pribadinya, @SBYudhoyono di Jakarta, Senin, kemarin SBY mengatakan akan menyampaikan penjelasan dalam pekan ini mengenai langkah-langkah yang diambil pemerintah kurun waktu 2004 hingga 2009.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
2016, BPJS Raup Rp 48,5 T dari Iuran
Ekonomi - Rabu, 18 Januari 2017 - 12:34 WIB

2016, BPJS Raup Rp 48,5 T dari Iuran

Sepanjang tahun 2016, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan tealh meraup Rp48,53 triliun dari iuran. Jumlah ini naik 14 persen ...
Kapolri Perintahkan Usut Pengibaran Bendera Merah Putih Dibubuhi Kalimat Tauhid
Peristiwa - Rabu, 18 Januari 2017 - 12:30 WIB

Kapolri Perintahkan Usut Pengibaran Bendera Merah Putih Dibubuhi Kalimat Tauhid

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki dugaan penghinaan bendera Merah Putih bergambar pedang dan tulisan kalimat tauhid ...
Bahas Outlook 2017, Sri Mulyani Merapat ke DPR
Ekonomi - Rabu, 18 Januari 2017 - 12:14 WIB

Bahas Outlook 2017, Sri Mulyani Merapat ke DPR

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, (18/1/2017). Ia datang untuk ...
FPI Tuntut Kapolda Jabar dan Metro Jaya Dicopot, Ini Kata Kapolri
Hukum - Rabu, 18 Januari 2017 - 11:28 WIB

FPI Tuntut Kapolda Jabar dan Metro Jaya Dicopot, Ini Kata Kapolri

Atas sejumlah hal, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab meminta Kapolri mencopot Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan ...
Kasus Pulomas Tuntas dalam Waktu Singkat, Kapolri Beri Penghargaan
Nasional - Rabu, 18 Januari 2017 - 11:01 WIB

Kasus Pulomas Tuntas dalam Waktu Singkat, Kapolri Beri Penghargaan

Kasus perampokan dan pembunuhan di rumah mewah kawasan Pulomas Jakarta Timur tuntas dalam waktu singkat. Bagaimana tidak, anggota Polda Metro ...
Ini Jawaban Panglima TNI dan Habib Rizieq soal FPI Disebut Anti Pancasila ?
Nasional - Rabu, 18 Januari 2017 - 10:44 WIB

Ini Jawaban Panglima TNI dan Habib Rizieq soal FPI Disebut Anti Pancasila ?

Ormas Islam, terutama Front Pembela Islam (FPI) kerap kali dituding sebagai ormas anti Pancasila. Ormas bentukan Habib Rizieq Shihab itu ...