Selasa, 26 September 2017 | 01.49 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Roadmap Percepatan Industri Perikanan Ditargetkan Selesai 1 Bulan

Roadmap Percepatan Industri Perikanan Ditargetkan Selesai 1 Bulan

Reporter : Fadilah | Senin, 7 November 2016 - 16:28 WIB

IMG-18295

Industri Perikanan. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Pemerintah menyatakan bertekad akan membuat industri perikanan nasional merajai Asia. Setelah sebelumnya melakukan upaya penangangan terhadap penangkapan ikan ilegal ‘illegal fishing’, langkah selanjutnya penataan industri perikanan nasional.

Sebagai bentuk keseriusannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 Agustus 2016 mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Dalam Inpres tersebut, secara khusus Presiden menginstruksikan kepada Menteri Perindustrian untuk mengevaluasi peraturan perundang-undangan yang menghambat pengembangan industri perikanan nasional.

Sehingga dapat mempercepat pembangunan industri non produk pangan berbahan baku ikan dan rumput laut, serta mempercepat pembangunan industri bahan penolong untuk kebutuhan industri perikanan nasional.

Hal tersebut dibenarkan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto. Kata dia Inpres tersebut mengharuskan pemerintah membuat turunan Inpres dalam bentuk roadmap atau peta jalan.

“Roadmap tersebut ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan,” tuturnya usai Rakernas Kadin, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin, (7/11/2016).

Saat ini, roadmap tersebut masih dalam pembahasan. Pihak Kemenperin dan KKP juga masih menkonsolidasikan terkait dengan data industri dan data perikanan.

Roadmap tersebut diharapkan tidak hanya berfokus dalam industri penangkapan ikan, cold storage, dan ekspor ikan. Namun juga lifestyle masyarakat Indonesia dimasa depan.

“Jadi kita tidak hanya industri penangkapan ikan dan cold storage kemudian di ekspor,” ucapnya.

Politikus Golkar itu menambahkan industri ini dapat berkembang dengan mulus, jika profitablitas yang akan dihasilkan oleh pengusaha tinggi.

Karenanya Airlangga berharap, roadmap ini dapat menjadi kunci medorong industri perikanan dan maritim.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Gerakan Indonesia shalat subuh berjamaah kembali dideklarasikan di At Tin – TMII
Peristiwa - Selasa, 26 September 2017 - 01:37 WIB

Gerakan Indonesia shalat subuh berjamaah kembali dideklarasikan di At Tin – TMII

Setelah dicetuskan pada Milad Front Pembela Islam (FPI) ke-19 di Stadion Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu (19/8) ...
Bawa 119 bal ganja, pengemudi pikap diamankan Polisi
Peristiwa - Selasa, 26 September 2017 - 00:34 WIB

Bawa 119 bal ganja, pengemudi pikap diamankan Polisi

Ditlantas Polda Metro Jaya mengamankan satu mobil truk pikap yang mencurigakan di Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (25/9) malam. ...
Lulusan sarjana diharapkan mampu membudayakan etika akademik
Pendidikan - Selasa, 26 September 2017 - 00:06 WIB

Lulusan sarjana diharapkan mampu membudayakan etika akademik

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung berpesan setelah selesai menimba ilmu di perguruan tinggi, keinginan para mahasiswa dan orang tua ...
Polri pesan 5000 senjata non serbu dari Pindad
Peristiwa - Senin, 25 September 2017 - 23:31 WIB

Polri pesan 5000 senjata non serbu dari Pindad

Mabes Polri menyatakan bahwa pembelian senjata untuk mempersenjatai anggota Polri adalah dari PT Pindan dengan jumlah pesanan sebanyak 5.000 pucuk ...
Kebijakan infrastruktur pemerintah sudah di arah yang tepat
Ekonomi - Senin, 25 September 2017 - 23:16 WIB

Kebijakan infrastruktur pemerintah sudah di arah yang tepat

CEO dan Komisaris Crown Group, Iwan Sunito memberikan pandangannya terkait pembangunan infrastruktur yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Pemerintah ...
IKM perlu manfaatkan platform digital
Ekonomi - Senin, 25 September 2017 - 22:31 WIB

IKM perlu manfaatkan platform digital

Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi digital karena dari jumlah penduduk sebesar 250 juta lebih jiwa, sekitar 93,4 juta ...