Senin, 23 Oktober 2017 | 22.21 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>HMI Minta Pihak Terkait Hentikan Upaya Penggembosan Aksi Bela Islam III

HMI Minta Pihak Terkait Hentikan Upaya Penggembosan Aksi Bela Islam III

Sabtu, 26 November 2016 - 19:13 WIB

IMG-18703

Mulyadi P Tamsir bersama beberapa Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KiniNews/Rakisa)

Jakarta, kini.co.id – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) meminta pihak terkait menghentikan upaya penggembosan terhadap rencana aksi Bela Islam III pada 2 Desember mendatang.

Pasalnya aksi lanjutan dari 4 November tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang menuntut keadilan dalam kasus dugaan penistaan Alquran yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Terkait apakah HMI kembali akan ikut aksi 212 atau tidak, PB HMI mengaku masih terus melakukan konsolidasi untuk mengambil keputusan apakah akan ikut turun dalam aksi Bela Islam III pada 2 Desember mendatang atau tidak.

“Karena saat ini kami masih membutuhkan langkah-langkah kajian dan pertimbangan isu terkini menjelang aksi tersebut. Jadi, kami bisa memutuskan, apakah akan kembali turun atau tidak, keputusannya pekan depan,” kata Sekjen PB HMI, Amijaya dalam keterangan persnya di Kantor PB HMI, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11) sore tadi.

Sementara itu Ketua PB HMI Mulyadi P Tamsir menambahkan, jika nanti keputusan akhir kembali turun aksi pada 2 Desember maka jumlah massa yang akan diturunkan dipastikan akan lebih besar dari aksi 4 November lalu.

“Yang pasti jumlahnya lebih banyak, kalau kemarin sekitar 1.500, bisa diatas itu, “ kata Mulyadi. Mulyadi juga meminta agar Pemerintah tidak menghalang-halangi dan menggembosi rencana aksi bela Islam III.

“Dengan melontrakan isu makar adalah upaya untuk menggembosi rencana aksi bela Islam III, termasuk ada upaya dari pihak-pihak tertentu yang minta HMI tidak turun, “ tegasnya.

Mulyadi juga meminta kepolisian tidak tergesa-gesa menyimpulkan adanya isu makar dalam aksi bela Islam III.

“Kalaupun benar ada pihak-pihak yang memanfaatkan aksi tersebut untuk melakukan makar terhadap pemerintahan, maka HMI tidak ikut terlibat dalam upaya makar karena pihaknya komitmen menjaga NKRI dan menjunjung tinggi nilai luhur agama Islam,” tegasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Hormati Bawas MA Soal Akan Periksa Hakim yang menangkan Novanto
Hukum - Senin, 23 Oktober 2017 - 19:46 WIB

KPK Hormati Bawas MA Soal Akan Periksa Hakim yang menangkan Novanto

Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA) akan segera memeriksa hakim yang menangani praperadilan Ketua DPR Setya Novanto, Cepi Iskandar.Juru Bicara ...
Ini alasan Fraksi Nasdem setuju Perppu Ormas jadi UU
Politik - Senin, 23 Oktober 2017 - 18:05 WIB

Ini alasan Fraksi Nasdem setuju Perppu Ormas jadi UU

Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang.

“RUU penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang ...
Fraksi PAN komitmen tetap tolak Perppu ormas
Politik - Senin, 23 Oktober 2017 - 16:59 WIB

Fraksi PAN komitmen tetap tolak Perppu ormas

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan sampai saat ini tidak ada kondisi apapun yang mengatakan kebutuhan mendesak terbantah dengan UU ...
Tujuh fraksi mendukung, tiga menolak Perppu ormas
Politik - Senin, 23 Oktober 2017 - 16:46 WIB

Tujuh fraksi mendukung, tiga menolak Perppu ormas

Sebanyak tujuh fraksi atau mayoritas yang ada di Komisi II DPR menyepakati peraturan pemerintan pengganti undang-undang (Perppu) tentang organisasi kemasyarakatan ...
Mantan Dirut PNRI Nangis di Sidang Andi Narogong
Hukum - Senin, 23 Oktober 2017 - 15:50 WIB

Mantan Dirut PNRI Nangis di Sidang Andi Narogong

Mantan Direktur Utama PNRI, Isnu Edhi Wijaya menangis di sidang lanjutan perkara e-KTP (Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik).Awalnya, Ia mengaku ...
Luhut: Kereta cepat Jakarta – Bandung akan tembus langsung Bandara Kertajati
Ekonomi - Senin, 23 Oktober 2017 - 15:24 WIB

Luhut: Kereta cepat Jakarta – Bandung akan tembus langsung Bandara Kertajati

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dimungkinan terkoneksi langsung ke Bandara Antarbangsa Kertajati, di Majalengka, ...