Minggu, 30 April 2017 | 13.55 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Akan Terjadi Kenaikan Penumpang di Seluruh Moda Transportasi, Ini Persiapan Kemenhub

Akan Terjadi Kenaikan Penumpang di Seluruh Moda Transportasi, Ini Persiapan Kemenhub

Reporter : Fadilah | Selasa, 6 Desember 2016 - 17:03 WIB

IMG-18937

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam Konferensi Pers, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa, (6/12/2016). (KiniNews/Fadilah)

Jakarta, kini.co.id – Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 akan segera tiba. Dilihat dari pengalaman Nataru tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI memprediksi akan terjadi kenaikan penumpang pada seluruh moda transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.

Kementerian Perhubungan RI memiliki tugas untuk mengurai kemacetan di jalan raya dan mengatur ledakan di penumpang moda transportasi, baik kereta api, kapal laut, maupun pesawat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim pihaknya telah menyiapkan semuanya dengan cukup baik.

Untuk sarana angkutan darat kata dia, telah disiapkan sebanyak 44.871 bus yang terdiri dari AKAP, AKDP, dan bus pariwisata. Untuk terminalnya akan disiagakan 45 terminal di seluruh wilayah Indonesia.

“Untuk angkutan penyeberangan, disediakan 181 kapak Ro-Ro dengan prasarananya berupa 8 perlintasan, 27 unit mobil Bridgestone (MB), 2 unit ponton, dan 12 unit plengsengan,” beber Budi, di Jakarta, Selasa, (6/12/2016).

Untuk angkutan Kereta Api (KAI) telah disiapkan 442 lokomotif yang siap beroperasi dan 28 cadangan dengan 1.547 kereta, 161 kereta cadangan. ‎Jumlah rangkai kereta api yang akan dipeoperasikan sebanyak 354 kereta dengan kapasitas angkut 212.348 tempat duduk.

‎Untuk angkutan laut, sarana yang disiapkan 26 kapal dari PT Pelni, 96 kapal perintis, 22 kapal Ro-Ro dan swasta, 906 kapal jarak dengan sehingga total mencapai 1.112 kapal. Kapasitas penumpang yang bisa terangkut sebesar 3.043.007 penumpang.

Sedangkan untuk angkutan udara, disiapkan 498 pesawat dengan kapasitas angkut 8,1 juta tempat duduk untuk penerbangan domestik dan 1,8 juta tempat duduk untuk penerbangan internasional. Sarana bandara yang disiapkan sebanyak 35 bandara.

Mantan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo itu menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara intensif terhadap seluruh moda transportasi tersebut.

“Karena kita ingin angkutan lebih baik, dan keselamatan juga tetap terjaga,” pungkasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Kembali Sindir Ahok, Habiburokhman: Monyet Juga Banyak yang Ajak Foto
Nasional - Minggu, 30 April 2017 - 12:16 WIB

Kembali Sindir Ahok, Habiburokhman: Monyet Juga Banyak yang Ajak Foto

Setelah menyindir soal ribuan karangan bunga yang diberikan warga kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ...
Habib Rizieq Ungkap Teror Kepada Mahasiswa dan Pelajar Indonesia di Madinah
Nasional - Sabtu, 29 April 2017 - 23:06 WIB

Habib Rizieq Ungkap Teror Kepada Mahasiswa dan Pelajar Indonesia di Madinah

Saat ini Imam Besar FPI, Habib Rizieq beserta seluruh keluarganya tengah menjalankan ibadah umroh ke Saudi Arabiah. Sejumlah kalangan menilai ...
Habiburokhman: Mau Tau Jumlah Orang Bego, Cek Aja Karangan Bunga di Balaikota
Nasional - Sabtu, 29 April 2017 - 21:01 WIB

Habiburokhman: Mau Tau Jumlah Orang Bego, Cek Aja Karangan Bunga di Balaikota

Kepala Bidang Advokat DPP Gerindra Habiburokhman kembali melontarkan sindiran pedasnya atas ribuan karangan bunga dari warga untuk Gubernur dan Wakil ...
Fahida Idris Adakan Sayembara Laporkan Nathan ke Polisi
Peristiwa - Sabtu, 29 April 2017 - 20:28 WIB

Fahida Idris Adakan Sayembara Laporkan Nathan ke Polisi

Wakil Ketua Komite 3 DPD RI, Fahira Idris mengadakan sayembara bagi siapa saja yang berhasil melaporkan Nathan ke Polisi. Bahkan ...
Buni Yani dan Rizieq Shihab Diancam Bunuh oleh Orang Ini
Nasional - Sabtu, 29 April 2017 - 20:18 WIB

Buni Yani dan Rizieq Shihab Diancam Bunuh oleh Orang Ini

Buni Yani, tersangka kasus dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) mendapatkan ancaman pembunuhan oleh akun Twitter @NathanSuwanto. Tak ...
Dua Kakek Babak Belur usai Curi Sempak
Peristiwa - Sabtu, 29 April 2017 - 17:42 WIB

Dua Kakek Babak Belur usai Curi Sempak

Dua pelaku berusia lanjut berani mencuri celana dalam alias sempak di minimarket di Jalan Kapten Muslim, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan ...