Minggu, 26 Februari 2017 | 21.38 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Akan Terjadi Kenaikan Penumpang di Seluruh Moda Transportasi, Ini Persiapan Kemenhub

Akan Terjadi Kenaikan Penumpang di Seluruh Moda Transportasi, Ini Persiapan Kemenhub

Reporter : Fadilah | Selasa, 6 Desember 2016 - 17:03 WIB

IMG-18937

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam Konferensi Pers, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa, (6/12/2016). (KiniNews/Fadilah)

Jakarta, kini.co.id – Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 akan segera tiba. Dilihat dari pengalaman Nataru tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI memprediksi akan terjadi kenaikan penumpang pada seluruh moda transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.

Kementerian Perhubungan RI memiliki tugas untuk mengurai kemacetan di jalan raya dan mengatur ledakan di penumpang moda transportasi, baik kereta api, kapal laut, maupun pesawat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim pihaknya telah menyiapkan semuanya dengan cukup baik.

Untuk sarana angkutan darat kata dia, telah disiapkan sebanyak 44.871 bus yang terdiri dari AKAP, AKDP, dan bus pariwisata. Untuk terminalnya akan disiagakan 45 terminal di seluruh wilayah Indonesia.

“Untuk angkutan penyeberangan, disediakan 181 kapak Ro-Ro dengan prasarananya berupa 8 perlintasan, 27 unit mobil Bridgestone (MB), 2 unit ponton, dan 12 unit plengsengan,” beber Budi, di Jakarta, Selasa, (6/12/2016).

Untuk angkutan Kereta Api (KAI) telah disiapkan 442 lokomotif yang siap beroperasi dan 28 cadangan dengan 1.547 kereta, 161 kereta cadangan. ‎Jumlah rangkai kereta api yang akan dipeoperasikan sebanyak 354 kereta dengan kapasitas angkut 212.348 tempat duduk.

‎Untuk angkutan laut, sarana yang disiapkan 26 kapal dari PT Pelni, 96 kapal perintis, 22 kapal Ro-Ro dan swasta, 906 kapal jarak dengan sehingga total mencapai 1.112 kapal. Kapasitas penumpang yang bisa terangkut sebesar 3.043.007 penumpang.

Sedangkan untuk angkutan udara, disiapkan 498 pesawat dengan kapasitas angkut 8,1 juta tempat duduk untuk penerbangan domestik dan 1,8 juta tempat duduk untuk penerbangan internasional. Sarana bandara yang disiapkan sebanyak 35 bandara.

Mantan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo itu menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara intensif terhadap seluruh moda transportasi tersebut.

“Karena kita ingin angkutan lebih baik, dan keselamatan juga tetap terjaga,” pungkasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Jokowi-Turnbull Sepakat Saling Hormati Integritas Wilayah
- Minggu, 26 Februari 2017 - 12:36 WIB

Jokowi-Turnbull Sepakat Saling Hormati Integritas Wilayah

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menyepakati untuk saling menghormati integritas wilayah dan tidak mencampuri urusan dalam negeri ...
Ini Nasehat Menag dan MUI Banyaknya Ajakan Tak Sholatkan Jenazah Pendukung Penista Agama
Peristiwa - Minggu, 26 Februari 2017 - 11:59 WIB

Ini Nasehat Menag dan MUI Banyaknya Ajakan Tak Sholatkan Jenazah Pendukung Penista Agama

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengajak umat beragama untuk menjadikan rumah ibadah sebagai tempat saling merekatkan persaudaraan dan memperkokoh peri ...
Memalukan, Anggota DPRD Mengaku Bawa Bom di Manado
Nasional - Sabtu, 25 Februari 2017 - 18:37 WIB

Memalukan, Anggota DPRD Mengaku Bawa Bom di Manado

Penumpang pesawat Wings Air IW-1162 rute Manado-Melonguane, Joutje Adam membuat masalah. Karenanya, Otoritas Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara terpaksa ...
Freeport Lakukan Perampokan Alam Secara Legal
Nasional - Sabtu, 25 Februari 2017 - 18:13 WIB

Freeport Lakukan Perampokan Alam Secara Legal

Pengamat Energi Universitas Gajah Mada, Fahmy Radhi mengatakan sudah saatnya pemerintah Indonesia menghentikan kerjasama dengan PT Freeport Indonesia di Timika, ...
Raja Arab Dijadwalkan Singgah, Masjid Istiqlal Bakal Disterilkan
Peristiwa - Sabtu, 25 Februari 2017 - 15:55 WIB

Raja Arab Dijadwalkan Singgah, Masjid Istiqlal Bakal Disterilkan

Selain ke Bali dan Lombok Raja Arab, Raja Salman bin Abdulaziz juga dijadwalkan akan singgah di Masjid Istiqlal Jakarta.Raja Salman ...
Waduh, Jokowi Didemo Anak Sekolah, Kenapa?
Pendidikan - Sabtu, 25 Februari 2017 - 15:29 WIB

Waduh, Jokowi Didemo Anak Sekolah, Kenapa?

Demo dilakukan mahasiswa mungkin biasa terlihat. Namun, kali ini peserta demo adalah pelajar dari beberapa kota di sekitar Jakarta.Tak tanggung-tanggung, ...