Senin, 27 Maret 2017 | 09.40 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Korban Meninggal Gempa Aceh Bertambah, Kini 94 orang

Korban Meninggal Gempa Aceh Bertambah, Kini 94 orang

Reporter : Yudi Andriansyah | Rabu, 7 Desember 2016 - 22:30 WIB

IMG-19004

Anggota TNI Saat Mengevakuasi Korban Gempa Pidie Aceh (Ist)

PIDIE JAYA, kini.co.id – Jumlah korban jiwa yang meninggal maupun luka-luka dan kerusakan akibat gempa bumi di Aceh yang terjadi Rabu (7/12) pagi, terus bertambah.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) menyebutkan sebanyak 52 korban jiwa dan ratusan luka-luka. Namun data tersebut masih akan terus bertambah mengingat proses evakuasi yang dilakukan otoritas di Pidei Jaya, Aceh.

Dalam siaran pers terbaru, dari Data Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD hingga pukul 15.00 WIB korban meninggal bertambah menjadi 94 jiwa, sebelumnya disebutkan 92 jiwa dengan rincian; Kabupaten Pidie Jaya 91 orang, Kabupaten Bireuen 2 dan Kabupaten Pidie 1 oraang.

Sedangkan luka berat berjumlah 128 jiwa (Kabupaten Pidie Jaya 125, Kabupaten Bireuen 3), luka ringan 489 jiwa (Kabupaten Pidie Jaya 411, Kabupaten Bireuen 78).

Sebagian korban luka-luka dirujuk ke rumah sakit Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro Sigli. Posko dibuka di RSUD ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan korban yang dirawat.

Hasil kaji cepat kerusakan akibat dampak gempa ini menyebutkan 161 rumah rusak berat (Kabupaten Pidie Jaya 86, Kabupaten Bireuen 35, Kabupaten Pidie 40) dan 105 ruko di Pidie Jaya serta bangunan publik lain, seperti 14 masjid, 1 sekolah dan 1 kesehatan.

Humas BNPB menyebutkan sebanyak 3 eskavator dari tadi pagi telah dikerahkan di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya mulai dari pagi tadi dan beberapa alat berat telah dikerahkan untuk mencari korban yang tertimbun reruntuhan.

Sampai saat ini BPBD setempat dibantu TNI, Polri, dinas-dinas terkait, relawan terus melakukan pencarian dan evakuasi. Sekitar 740 personel TNI berada di lokasi terdampak untuk membantu aktivitas tanggap darurat. BPBD sekitar memberikan dukungan personel untuk membantu tanggap darurat di Pidie Jaya.

Untuk membantu tenaga medis menangani korban gempa maka telah dikirim tenaga medis dan obat-obatan dari daerah-daerah sekitar Pidie Jaya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Wah, Ini Rupanya Alasan Ridho Rhoma Konsumsi Sabu
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 21:58 WIB

Wah, Ini Rupanya Alasan Ridho Rhoma Konsumsi Sabu

Kapolres Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Roycke Harry Langie menyebutkan alasan pedangdut Ridho Rhoma mengkonsumsi narkoba jenis sabu. "Itu kan ...
Iwan Bule Datangi Lokasi Pembangunan Gereja Santa Clara
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 20:45 WIB

Iwan Bule Datangi Lokasi Pembangunan Gereja Santa Clara

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan, menyambangi pembangunan Gereja Katolik Santa Clara yang berada di Jalan Lingkar Utara, Kelurahan ...
Pemuda 24 Tahun Tabrak Polisi Hingga Tewas
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:27 WIB

Pemuda 24 Tahun Tabrak Polisi Hingga Tewas

Pengemudi mobil Honda CRV bernomor polisi H 168 DL, Nicolas Dicky Lopaz menabrak seorang petugas kepolisian Polrestabes Semarang, Jawa Tengah, ...
BNN : Bupati Saja bisa Terlibat Narkoba
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:16 WIB

BNN : Bupati Saja bisa Terlibat Narkoba

Kasubdit Lingkungan Kerja dan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Ricky Yanuarfi menyebutkan penangkapan artis karena narkoba bukan hal aneh. ...
Ojek Pangkalan dan Online Jalin Silaturahmi
Nasional - Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:01 WIB

Ojek Pangkalan dan Online Jalin Silaturahmi

Kepolisian Resort Metro Bekasi Kota bersama Pemkot Kota Bekasi mengundang perwakilan pengemudi ojek pangkalan dan pengemudi ojek 'online'. Mereka dikumpulkan ...
Awas, Lelaki Lebih Mudah Bunuh Diri
Nasional - Sabtu, 25 Maret 2017 - 18:47 WIB

Awas, Lelaki Lebih Mudah Bunuh Diri

Pengamat psikologi sosial dan budaya Universitas Indonesia Endang Mariani Rahayu menyebutkan stres adalah alasan yang membuat seseorang nekat mengakhiri hidup ...