Kamis, 14 November 2019 | 00.28 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Heboh, Kasus Ahok dan Partai Kafir Masuk Ujian Sekolah

Heboh, Kasus Ahok dan Partai Kafir Masuk Ujian Sekolah

Reporter : Bambang Medy | Sabtu, 10 Desember 2016 - 00:21 WIB

IMG-19111

Soal ujian yang di duga dikeluarkan oleh SMP 1 Muhammadiah Purbalingga (foto:istimewa)

Purbalingga, kini.co.id – Purbalingga (Kini) – Soal ujian Sekolah Menengah Pertama, (SMP) membuat heboh para netizen. Pasalnya nama “Ahok” muncul di soal Ujian Akhir Semester anak kelas IX SMP 1 Muhammadiyah Purbalinga.

Dalam soal yang bernomor urut 48 tersebut, dalam ujian mata pelajaran Tarikh , nama “Ahok” masuk dalam jawaban pilihan berganda sebagai jawabannya.

Dalam pertanyaan pilihan berganda no 48 berbunyi: “Siapakah nama calon Gubernur Jakarta yang melecehkan Al-Quran saat ini?,” pertanyaan soal nomor urut 48 yang di ujikan pada 2 Desember 2016. Dimana jawaban yang tersedia adalah: a. Paijo b. Ahik c. Ken Ahok d. Basuki Chandra (Ahok).

UJian Mata Pelajaran tarikh atau sejarah kelas IX dan dilaksanakan pada Jumat, 2 Desember 2016. Terdapat 50 soal pilihan ganda dan lima soal dengan jawaban terbuka.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar, dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purbalingga mengaku baru mengetahui kejadian itu pada Senin, 5 Desember 2016.

Sementara, Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ahmad Muhdzir, menyayangkan adanya pertanyaan bernuansa politik.

Muhdzir menyampaikan Bupati sudah meminta klarifikasi kepada yang bersangkutan dan meminta agar kejadian serupa tak terulang lagi.

Selain soal nomor 48, Muhdzir mengungkapkan soal nomor 50 pada soal ujian tersebut juga tidak sesuai dengan materi pelajaran karena ada unsur politis dimana ada nama partai tertentu dalam pilihan jawaban yaitu A. PPP, B. PAN, C. SI, dan D. PKI Kafir .

Tentu ini menurutnya telah menyalahi materi yang dipelajari siswa, dia berharap kedepan tidak akan adalagi yang terjadi seperti ini.

Editor: Ade

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Kamis, 31 Januari 2019 - 22:56 WIB

Yusril minta anggota FPI angkat kaki dari PBB

KETUA Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, meminta kepada seluruh anggota Front Pembela Islam (FPI) agar angkat kaki ...
Peristiwa - Kamis, 31 Januari 2019 - 21:54 WIB

Mantan Kapolri Jenderal Pol Awaloedin Djamin berpulang

MANTAN Kapolri Awaloeddin Djamin, meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, sore ini (Kamis, 31/1/2019) sekira pukul 14.55 WIB.Kapolri pada ...
Politik - Rabu, 30 Januari 2019 - 18:39 WIB

Prabowo sakit, TKN Jokowi merasa sedih

CALON Presiden Prabowo Subianto saat ini tengah sakit. Mendengar hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin merasa sedih ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 15:59 WIB

Akhirnya Vanessa Angel ditahan

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Jatim akhirnya melakukan penahanan terhadap artis Vanessa Angel terkait kasus prostitusi online. Artis FTV bahkan terancam pidana ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:31 WIB

TKN apresiasi polisi periksa Rocky Gerung

IRMA Suryani, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mengapresiasi polisi yang dikabarkan memeriksa aktivis dan pengamat politik ...
Hukum - Rabu, 30 Januari 2019 - 14:07 WIB

Tabloid Indonesia Barokah bukan produk jurnalistik

TABLOID Indonesia Barokah, yang menghebohkan sejumlah wilayah di Jawa, menurut Dewan Pers (DP), bukanlah produk jurnalistik. Sebab itu DP mempersilahkan ...