Kamis, 24 Januari 2019 | 06.12 WIB
KiniNEWS>Nasional>Hukum>Sidang Ahok, Polda Metro Siapkan Skenario Pengamanan

Sidang Ahok, Polda Metro Siapkan Skenario Pengamanan

Minggu, 11 Desember 2016 - 19:23 WIB

IMG-19142

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Jakarta, kini.co.id – Polda Metro Jaya mempersiapkan sejumlah langkah pengamanan sidang perdana kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang digelar di bekas Gedung PN Jakarta Pusat, Jl Gajah Mada No.17, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, (13/12).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pengamanan sidang tersebut.

Pertama yaitu pihak yang terlibat dalam persidangan, terutama hakim dan seluruh aparat yang terlibat. Termasuk Ahok yang akan duduk di kursi persidangan.

Berkaitan dengan penetapan, maka kepolisian wajib mengamankan. Yang diamankan pertama adalah orang yang nonton dan ikut sidang, lalu lokasi dan ketiga adalah kegiatannya,” kata Argo, di Jakarta, Minggu (11/12).

Ia mengatakan, Polda Metro Jaya akan memastikan keamanan pengunjung dan orang-orang yang terlibat dalam persidangan agar merasa nyaman dan aman memberikan keterangan di persidangan.

“Kemudian pengamanan lokasi terkait dengan arus keluar masuk manusia dan kendaraan ke dan di lokasi persidangan,” ucap Argo seperti dilansir dari Antara.

Argo mengatakan aparat akan menempatkan personel di beberapa simpul dan titik seperti di pertokoan dan demi kelancaran arus lalu lintas.

Pengamanan ketiga adalah terkait kegiatan persidangan. Termasuk saat Ahok memberi keterangan mengenai tudingan dirinya menistakan agama.

“Kemudian kegiatan, kegiatan sidang itu kita amankan, dari awal pembukaan, agendanya apa, sampai selesai dan kembali,” Argo menandaskan.

Namun demikian Argo belum memberikan kepastian berapa jumlah personel yang akan diturunkan dalam sidang perdana tersebut.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 21:38 WIB

Gagal jadi caleg, OSO polisikan Ketua KPU

OESMAN Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Partai Hanura, melaporkan ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Polda Metro Jaya. ...
Nasional - Rabu, 23 Januari 2019 - 17:43 WIB

Wow…Susi Pudjiastuti tercatat sebagai Pemikir Dunia

MENTERI Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dimasukkan dalam daftar "Top 100 Global Thinkers" 2019 versi majalah Foreign Policy. Susi pun ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:52 WIB

Dari Kalangan Jurnalis, KPU Pastikan Moderator Debat capres Netral

Menjadi moderator debat Capres 2019 haruslah individu yang bebas dari kepentingan mendukung salahsatu calon.Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:44 WIB

Penyesalan Adik Kandung Prabowo Pernah Biayai Kampanye Jokowi

Hashim Djojohadikusumo mengaku menyesal pernah ikut membiayai kampanye Jokowi.Adik kandung capres nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto itu mengaku sempat ...
Hukum - Selasa, 22 Januari 2019 - 17:48 WIB

Presiden: Abu Bakar Ba’asyir harus nyatakan setia NKRI

RENCANA pembebasan bersyarat narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir terkendala surat pengakuan terhadap Pancasila dan NKRI. Namun Presiden Joko Widodo menegaskan ...
Peristiwa - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:15 WIB

Kapolda Metro Idham Aziz diangkat menjadi Kabareskrim

KEPALA Kepolisian Daerah Metro Jaya Idham Azis, hari ini diangkat menjadi Kabareskrim Mabes Polri. Dia menggantikan Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto ...