Selasa, 21 Februari 2017 | 21.32 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Rabu, 28 Desember 2016 - 03:11 WIB

IMG-19539

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sukoharjo menyerahkan lima surat jaminan penangguhan penahanan RanuMuda, jurnalis Panjimas.com (Ist)

Solo, kini.co.id – Ranu Muda Adi Nugroho, jurnalis media Islam online panjimas.com yang dijadikan tersangka atas tuduhan terlibat dalam aksi sweeping di Social Kitchen, mendapatkan jaminan dari Pemuda Muhammadiyah mulai dari Pimpinan Cabang, Daerah, Wilayah hingga Pimpinan Pusat.

“PP Pemuda Muhammadiyah pusat dan daerah ajukan jaminan untuk penangguhan Ranu,” ujar pengacara Ranu Uda, Kadi Sukarna di Solo, Selasa (27/12) malam.

Kadi menjelaskan, pengajuan jaminan penangguhan dilakukan mulai PP Pemuda Muhammadiyah, PWPM Jawa Tengah, PDPM Sukoharjo, PD Muhammadiyah Sukoharjo dan PCPM Grogol dikarenakan Ranu Muda pernah sebagai anggota Pemuda Muhammadiyah.

Selain itu, dia meyakini Ranu tak terlibat aksi sweeping dan kekerasan yang dilakukan oleh Laskar Umat Islam Solo (LUIS) pada malam tersebut.

Ranu, kata Kadi hanya sedang menjalankan tugas jurnalistik melakukan liputan. Selain itu, Ranu juga bukan sebagai anggota dari LUIS. Namun secara emosional, Ranu memiliki hubungan yang erat dengan organisasi kemasyarakatan di Solo tersebut.

“Kedekatannya dengan tokoh-tokoh dan aktivis-aktivis Islam itu karena memang dia suka menulis tentang persoalan Islam,” ujar Kadi.

Pihaknya tambah Kadi bersama sejumlah pengacara dari Peradi Surakarta, Muhammadiyah, DSKS Surakarta serta pengacara pribadi baru melakukan pendampingan terhadap enam orang tersangka termasuk Ranu Muda.

Terpisah Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo, Eko Pujiatmoko mengatakan pihaknya menyerahkan langsung surat pengajuan jaminan untuk Ranu Muda sebanyak lima surat kepada penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah.

“Kami menyerahkan lima surat dari PDM Sukoharjo, PCPM Grogol, PDPM Sukoharjo, PWPM Jawa Tengah dan PP Pemuda Muhammadiyah”, ujar Eko Pujiatmoko sebagaimana dikutip sang pencerah.id.

“Kami tidak bisa menemui Ranu karena hanya keluarga dan advokat yang bisa jenguk. Kami hanya dapat salam dari Ranu lewat kakaknya, intinya mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh Pemuda Muhammadiyah untuk penangguhan tahanan”, tambahya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Lima Lansia Dievakuasi BPBD Bekasi
Nasional - Selasa, 21 Februari 2017 - 21:31 WIB

Lima Lansia Dievakuasi BPBD Bekasi

Lima warga lansia, dan Satu dibawah umur yang sedang mengidap penyakit berhasil dievakuasi Satuan Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ...
SMK Ananda Bekasi Siap Laksanakan UNBK
Nasional - Selasa, 21 Februari 2017 - 21:27 WIB

SMK Ananda Bekasi Siap Laksanakan UNBK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ananda yang berada di Jalan Prof. M Yamin, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur. Siap melaksanakan ...
Tandon kota Bekasi belum Berfungsi Optimal
Nasional - Selasa, 21 Februari 2017 - 20:59 WIB

Tandon kota Bekasi belum Berfungsi Optimal

Seluruh proyek kolam retensi atau tandon yang dibangun sejak 2015 hingga 2016 di wilayah Kota Bekasi hingga kini belum berfungsi ...
Nyali Habib Rizieq Dianggap Rontok Terbantahkan !
Peristiwa - Selasa, 21 Februari 2017 - 20:18 WIB

Nyali Habib Rizieq Dianggap Rontok Terbantahkan !

Kehadiran Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab ditengah-tengah massa ratusan ribu aksi 212 jilid II di DPR, ...
Banjir Jakarta, PKS Minta Masyarakat Tidak Menyalahkan Siapapun
Peristiwa - Selasa, 21 Februari 2017 - 19:49 WIB

Banjir Jakarta, PKS Minta Masyarakat Tidak Menyalahkan Siapapun

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk tidak menyalahkan siapa pun terhadap bencana ...
Habib Rizieq Ajak Massa Jihad Bela Negara, Bela Islam dan NKRI
Peristiwa - Selasa, 21 Februari 2017 - 19:19 WIB

Habib Rizieq Ajak Massa Jihad Bela Negara, Bela Islam dan NKRI

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab yang hadir disela kerumunan massa memberikan orasinya dihadapan massa Forum Umat ...