Senin, 27 Maret 2017 | 09.52 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Rabu, 28 Desember 2016 - 03:11 WIB

IMG-19539

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sukoharjo menyerahkan lima surat jaminan penangguhan penahanan RanuMuda, jurnalis Panjimas.com (Ist)

Solo, kini.co.id – Ranu Muda Adi Nugroho, jurnalis media Islam online panjimas.com yang dijadikan tersangka atas tuduhan terlibat dalam aksi sweeping di Social Kitchen, mendapatkan jaminan dari Pemuda Muhammadiyah mulai dari Pimpinan Cabang, Daerah, Wilayah hingga Pimpinan Pusat.

“PP Pemuda Muhammadiyah pusat dan daerah ajukan jaminan untuk penangguhan Ranu,” ujar pengacara Ranu Uda, Kadi Sukarna di Solo, Selasa (27/12) malam.

Kadi menjelaskan, pengajuan jaminan penangguhan dilakukan mulai PP Pemuda Muhammadiyah, PWPM Jawa Tengah, PDPM Sukoharjo, PD Muhammadiyah Sukoharjo dan PCPM Grogol dikarenakan Ranu Muda pernah sebagai anggota Pemuda Muhammadiyah.

Selain itu, dia meyakini Ranu tak terlibat aksi sweeping dan kekerasan yang dilakukan oleh Laskar Umat Islam Solo (LUIS) pada malam tersebut.

Ranu, kata Kadi hanya sedang menjalankan tugas jurnalistik melakukan liputan. Selain itu, Ranu juga bukan sebagai anggota dari LUIS. Namun secara emosional, Ranu memiliki hubungan yang erat dengan organisasi kemasyarakatan di Solo tersebut.

“Kedekatannya dengan tokoh-tokoh dan aktivis-aktivis Islam itu karena memang dia suka menulis tentang persoalan Islam,” ujar Kadi.

Pihaknya tambah Kadi bersama sejumlah pengacara dari Peradi Surakarta, Muhammadiyah, DSKS Surakarta serta pengacara pribadi baru melakukan pendampingan terhadap enam orang tersangka termasuk Ranu Muda.

Terpisah Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo, Eko Pujiatmoko mengatakan pihaknya menyerahkan langsung surat pengajuan jaminan untuk Ranu Muda sebanyak lima surat kepada penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah.

“Kami menyerahkan lima surat dari PDM Sukoharjo, PCPM Grogol, PDPM Sukoharjo, PWPM Jawa Tengah dan PP Pemuda Muhammadiyah”, ujar Eko Pujiatmoko sebagaimana dikutip sang pencerah.id.

“Kami tidak bisa menemui Ranu karena hanya keluarga dan advokat yang bisa jenguk. Kami hanya dapat salam dari Ranu lewat kakaknya, intinya mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh Pemuda Muhammadiyah untuk penangguhan tahanan”, tambahya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Wah, Ini Rupanya Alasan Ridho Rhoma Konsumsi Sabu
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 21:58 WIB

Wah, Ini Rupanya Alasan Ridho Rhoma Konsumsi Sabu

Kapolres Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Roycke Harry Langie menyebutkan alasan pedangdut Ridho Rhoma mengkonsumsi narkoba jenis sabu. "Itu kan ...
Iwan Bule Datangi Lokasi Pembangunan Gereja Santa Clara
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 20:45 WIB

Iwan Bule Datangi Lokasi Pembangunan Gereja Santa Clara

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan, menyambangi pembangunan Gereja Katolik Santa Clara yang berada di Jalan Lingkar Utara, Kelurahan ...
Pemuda 24 Tahun Tabrak Polisi Hingga Tewas
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:27 WIB

Pemuda 24 Tahun Tabrak Polisi Hingga Tewas

Pengemudi mobil Honda CRV bernomor polisi H 168 DL, Nicolas Dicky Lopaz menabrak seorang petugas kepolisian Polrestabes Semarang, Jawa Tengah, ...
BNN : Bupati Saja bisa Terlibat Narkoba
Peristiwa - Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:16 WIB

BNN : Bupati Saja bisa Terlibat Narkoba

Kasubdit Lingkungan Kerja dan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Ricky Yanuarfi menyebutkan penangkapan artis karena narkoba bukan hal aneh. ...
Ojek Pangkalan dan Online Jalin Silaturahmi
Nasional - Sabtu, 25 Maret 2017 - 19:01 WIB

Ojek Pangkalan dan Online Jalin Silaturahmi

Kepolisian Resort Metro Bekasi Kota bersama Pemkot Kota Bekasi mengundang perwakilan pengemudi ojek pangkalan dan pengemudi ojek 'online'. Mereka dikumpulkan ...
Awas, Lelaki Lebih Mudah Bunuh Diri
Nasional - Sabtu, 25 Maret 2017 - 18:47 WIB

Awas, Lelaki Lebih Mudah Bunuh Diri

Pengamat psikologi sosial dan budaya Universitas Indonesia Endang Mariani Rahayu menyebutkan stres adalah alasan yang membuat seseorang nekat mengakhiri hidup ...