Jumat, 27 April 2018 | 15.50 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Rabu, 28 Desember 2016 - 03:11 WIB

IMG-19539

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sukoharjo menyerahkan lima surat jaminan penangguhan penahanan RanuMuda, jurnalis Panjimas.com (Ist)

Solo, kini.co.id – Ranu Muda Adi Nugroho, jurnalis media Islam online panjimas.com yang dijadikan tersangka atas tuduhan terlibat dalam aksi sweeping di Social Kitchen, mendapatkan jaminan dari Pemuda Muhammadiyah mulai dari Pimpinan Cabang, Daerah, Wilayah hingga Pimpinan Pusat.

“PP Pemuda Muhammadiyah pusat dan daerah ajukan jaminan untuk penangguhan Ranu,” ujar pengacara Ranu Uda, Kadi Sukarna di Solo, Selasa (27/12) malam.

Kadi menjelaskan, pengajuan jaminan penangguhan dilakukan mulai PP Pemuda Muhammadiyah, PWPM Jawa Tengah, PDPM Sukoharjo, PD Muhammadiyah Sukoharjo dan PCPM Grogol dikarenakan Ranu Muda pernah sebagai anggota Pemuda Muhammadiyah.

Selain itu, dia meyakini Ranu tak terlibat aksi sweeping dan kekerasan yang dilakukan oleh Laskar Umat Islam Solo (LUIS) pada malam tersebut.

Ranu, kata Kadi hanya sedang menjalankan tugas jurnalistik melakukan liputan. Selain itu, Ranu juga bukan sebagai anggota dari LUIS. Namun secara emosional, Ranu memiliki hubungan yang erat dengan organisasi kemasyarakatan di Solo tersebut.

“Kedekatannya dengan tokoh-tokoh dan aktivis-aktivis Islam itu karena memang dia suka menulis tentang persoalan Islam,” ujar Kadi.

Pihaknya tambah Kadi bersama sejumlah pengacara dari Peradi Surakarta, Muhammadiyah, DSKS Surakarta serta pengacara pribadi baru melakukan pendampingan terhadap enam orang tersangka termasuk Ranu Muda.

Terpisah Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo, Eko Pujiatmoko mengatakan pihaknya menyerahkan langsung surat pengajuan jaminan untuk Ranu Muda sebanyak lima surat kepada penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah.

“Kami menyerahkan lima surat dari PDM Sukoharjo, PCPM Grogol, PDPM Sukoharjo, PWPM Jawa Tengah dan PP Pemuda Muhammadiyah”, ujar Eko Pujiatmoko sebagaimana dikutip sang pencerah.id.

“Kami tidak bisa menemui Ranu karena hanya keluarga dan advokat yang bisa jenguk. Kami hanya dapat salam dari Ranu lewat kakaknya, intinya mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh Pemuda Muhammadiyah untuk penangguhan tahanan”, tambahya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...