Rabu, 23 Agustus 2017 | 17.02 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Muhammadiyah Ajukan Jaminan Penangguhan Penahanan Ranu Muda

Rabu, 28 Desember 2016 - 03:11 WIB

IMG-19539

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sukoharjo menyerahkan lima surat jaminan penangguhan penahanan RanuMuda, jurnalis Panjimas.com (Ist)

Solo, kini.co.id – Ranu Muda Adi Nugroho, jurnalis media Islam online panjimas.com yang dijadikan tersangka atas tuduhan terlibat dalam aksi sweeping di Social Kitchen, mendapatkan jaminan dari Pemuda Muhammadiyah mulai dari Pimpinan Cabang, Daerah, Wilayah hingga Pimpinan Pusat.

“PP Pemuda Muhammadiyah pusat dan daerah ajukan jaminan untuk penangguhan Ranu,” ujar pengacara Ranu Uda, Kadi Sukarna di Solo, Selasa (27/12) malam.

Kadi menjelaskan, pengajuan jaminan penangguhan dilakukan mulai PP Pemuda Muhammadiyah, PWPM Jawa Tengah, PDPM Sukoharjo, PD Muhammadiyah Sukoharjo dan PCPM Grogol dikarenakan Ranu Muda pernah sebagai anggota Pemuda Muhammadiyah.

Selain itu, dia meyakini Ranu tak terlibat aksi sweeping dan kekerasan yang dilakukan oleh Laskar Umat Islam Solo (LUIS) pada malam tersebut.

Ranu, kata Kadi hanya sedang menjalankan tugas jurnalistik melakukan liputan. Selain itu, Ranu juga bukan sebagai anggota dari LUIS. Namun secara emosional, Ranu memiliki hubungan yang erat dengan organisasi kemasyarakatan di Solo tersebut.

“Kedekatannya dengan tokoh-tokoh dan aktivis-aktivis Islam itu karena memang dia suka menulis tentang persoalan Islam,” ujar Kadi.

Pihaknya tambah Kadi bersama sejumlah pengacara dari Peradi Surakarta, Muhammadiyah, DSKS Surakarta serta pengacara pribadi baru melakukan pendampingan terhadap enam orang tersangka termasuk Ranu Muda.

Terpisah Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo, Eko Pujiatmoko mengatakan pihaknya menyerahkan langsung surat pengajuan jaminan untuk Ranu Muda sebanyak lima surat kepada penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah.

“Kami menyerahkan lima surat dari PDM Sukoharjo, PCPM Grogol, PDPM Sukoharjo, PWPM Jawa Tengah dan PP Pemuda Muhammadiyah”, ujar Eko Pujiatmoko sebagaimana dikutip sang pencerah.id.

“Kami tidak bisa menemui Ranu karena hanya keluarga dan advokat yang bisa jenguk. Kami hanya dapat salam dari Ranu lewat kakaknya, intinya mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh Pemuda Muhammadiyah untuk penangguhan tahanan”, tambahya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Ma’ruf Cahyono Buka Forum Tematik Bakohumas dan Sosialisasi HUT MPR RI
Politik - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:14 WIB

Ma’ruf Cahyono Buka Forum Tematik Bakohumas dan Sosialisasi HUT MPR RI

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, membuka secara resmi Forum Tematik Bakohumas dan Sosialisasi Penyelenggaraan Peringatan HUT ke-72 MPR RI ...
Bareskrim Sikat Kelompok ‘Saracen’, Sindikat Penyebar Kebencian di Medsos
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 15:06 WIB

Bareskrim Sikat Kelompok ‘Saracen’, Sindikat Penyebar Kebencian di Medsos

Bareskrim Polri melalui Satuan Tugas (Satgas) Patroli Siber Direktorat Sibernya mengungkap sindikat penyebar ujaran kebencian berkonten SARA yang disebar melalui ...
KPK Ambil Sampel Suara Bekas Sekda Kota Malang
Hukum - Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:26 WIB

KPK Ambil Sampel Suara Bekas Sekda Kota Malang

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Cipto Wiyono dalam kasus dugaan korupsi di Kota ...
Akan Jadi Besan Budi Gunawan, Ini Celetukan Buwas
Peristiwa - Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:24 WIB

Akan Jadi Besan Budi Gunawan, Ini Celetukan Buwas

Kepala BNN Komisaris Jendral Budi Waseso awal bulan nanti, tepatnya 2 September 2017 akan melangsungkan pernikahan putrinya, Nindya Nur Prasasti ...
Sebut Ada Negara Dalam Negara, DPR Ngotot Revisi UU KPK
Politik - Rabu, 23 Agustus 2017 - 14:18 WIB

Sebut Ada Negara Dalam Negara, DPR Ngotot Revisi UU KPK

Waki Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta pemerintah bersiap untuk menindaklanjuti rekomendasi pansus (KiniNews /Bayu Putra) DPR memastikan akan merevisi ...
Kemendag Kejar Target Ekspor Nasional 5,6 persen
Ekonomi - Rabu, 23 Agustus 2017 - 13:56 WIB

Kemendag Kejar Target Ekspor Nasional 5,6 persen

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional terus mengupayakan sinergi antar-para pemangku kepentingan ekspor untuk mencapai target pertumbuhan ekspor ...