Selasa, 17 Oktober 2017 | 16.22 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Dibuang Ibunya, Bayi Mungil Ditemukan Warga Bekasi di TPS

Dibuang Ibunya, Bayi Mungil Ditemukan Warga Bekasi di TPS

Senin, 9 Januari 2017 - 10:08 WIB

IMG-19762

Kanit Bina Masyarakat Polsek Bekasi Selatan, Inspektur Satu Puji Astuti tengah menggendong bayi yang ditemukan warga (KiniNews/Yaqub)

Bekasi, kini.co.id – Seorang bayi perempuan yang baru saja dilahirkan ditemukan warga di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) RT 01/RW 13 Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (9/1) pagi tadi.

Kasubag Humas Polresto Bekasi Kota, Ajun Komisaris Erna Ruswing mengatakan penemuan bayi perempuan berjenis kelamin perempuan tersebut ditemukan sekitar pukul 05.00 WIB oleh Mimin, warga setempat.

Dia menambahkan, anggota kepolisian Polsek Bekasi Selatan langsung melakukan olah TKP pascapenemuan bayi tersebut.

“Diprediksi bayi perempuan tersebut baru lahir beberapa jam. Karena pada saat ditemukan masih ada tali pusarnya,” kata Erna kepada awak media.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh bidan setempat, sambungnya, diketahui bayi dalam kondisi sehat. Pihaknya akan menindaklanjuti penemuan bayi tersebut.

Saat ini kata Erna, bayi perempuan berparas anggun tersebut di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi, untuk diberikan perawatan yang maksimal.

“Kita bawa ke RSUD untuk mendapatkan penanganan yang lebih maksimal, sebelumnya kita beri nama bayi itu ‘Putri Solehah’ agar dapat menyesuaikan pelayanan pada Standar Operasional Prosedur (SOP) RSUD Kota Bekasi,” tegasnya.

Erna menegaskan, jika pelaku atau orangtua dalam hal ini adalah ibunya yang membuang bayi yang ia lahirkan maka ancaman pidananya masuk unsur pidana, seperti masuk dalam pasal 308 KUHP tentang pembuangan bayi.

Sementara itu, Mimin warga setempat yang menemukan bayi mengaku saat dirinya hendak membuang sampah selepas shubuh. Ia kaget mendengar tangisan bayi terlebih kondisinya masih rada gelap.

“Pas saya cek tangisan di situ, ternyata ada bayi,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bayi perempuan berparas anggun itu ditemukan dalam keadaan terlentang dan tanpa mengenakan busana, serta masih terdapat tali pusar dibagian tubuhnya.

“Hanya ada alas satu helai kain, tapi tidak menyelimuti tubuhnya. Dan saya langsung membawanya ke ibu Bidan untuk mendapat peratan pertama,” tutur dia.

Bidan Elin, menyebutkan kondisi tubuh bayi perempuan berparas anggun itu saat ditemukan pertama dalam kondisi dingin dan sedikit tubuhnya berwarna kebiru – biruan.

“Itu memang karena suhu cuaca pagi hari yang memang dingin, dan sudah saya beri perlongan pertama seperti membersihkan secara kilat sekujur tubuhnya, dan memotong tali pusar, untuk selanjutnya diberi ruang kehangatan,” terangnya.

Lanjutnya, saat pertama kali dibawa untuk perawaratan dan pertolongan pertama dalam tubuh bayi perempuan berparas anggun itu, masih banyak lemak yang menggumpal di sekujur tubuhnya.

Dia mempredikisi, bayi tersebut baru saja dilahirkan oleh orangtuanya.

“Bayi ini saya ras baru dilahirkan sekira 8 jam yang lalu, dan baru digelatakan di TPS sekira 4 – 5 jam. Karen kondisinya tifak terlalu dingin, ini karena masih ada lemak yang menempel di sekujur tubuhnya,” tukasnya.[Yakub]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Golkar Partai Tercepat Lakukan Pemberkasan
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:56 WIB

Golkar Partai Tercepat Lakukan Pemberkasan

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa Partai Golkar merupakan partai tercepat dalam melakukan proses pemberkasan."Partai Golkar ...
Makan Malam dengan Luhut, Menteri Perdagangan AS Singgung Freeport
Ekonomi - Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:51 WIB

Makan Malam dengan Luhut, Menteri Perdagangan AS Singgung Freeport

Menteri Perdagangan AS menggelar jamuan makan malam dengan Menteri Koordinator Bidang Kemartiman, Luhut Binsar Pandjaitan.Pada kesempatan itu, Mendag AS, ...
Puluhan Perusahaan Industri Menanti Harga Gas Turun
Ekonomi - Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:20 WIB

Puluhan Perusahaan Industri Menanti Harga Gas Turun

Puluhan perusahaan industri baja, petrokimia dan pupuk saat ini tengah menanti kepastian penurunan harga gas industri yang sudah diajukan Kementerian ...
Dilirik PDIP untuk Pilgub Jabar, Begini Reaksi Menteri Susi
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 14:43 WIB

Dilirik PDIP untuk Pilgub Jabar, Begini Reaksi Menteri Susi

PDIP mengumpulkan tokoh-tokoh yang berpengaruh untuk menjadi kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.Salahsatu calon yang dilirik PDIP adalah Menteri ...
Kejagung Tolak Gabung ke Densus Tipikor
Hukum - Selasa, 17 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Kejagung Tolak Gabung ke Densus Tipikor

Memberantas korupsi, Kejaksaan Agung (Kejagung) menolak bergabung dengan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) bentukan Polri.Meski dengan tujuan sama, ...
Komisi III: Densus Tipikor Akan Pertaruhkan Nama Baik Polri
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 13:35 WIB

Komisi III: Densus Tipikor Akan Pertaruhkan Nama Baik Polri

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai, pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) akan menjadi pertaruhan nama baik ...