Minggu, 22 Oktober 2017 | 00.25 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Sarni Imbau Pemkot Akomodir Hasil Reses Dewan

Sarni Imbau Pemkot Akomodir Hasil Reses Dewan

Reporter : Rakisa | Kamis, 12 Januari 2017 - 19:54 WIB

IMG-19884

Sarni Ruminta Sihombing (kininews/rakisa)

BEKASI, kini.co.id – Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi, Sarni Ruminta Sihombing berharap Pemerintah Kota Bekasi bisa mengakomodir usulan warga Kota Bekasi yang disampaikan via reses atau jaring aspirasi anggota DPRD Kota Bekasi, Kamis (12/1).

Menurut Sarni, reses sebagai mekanisme menjaring aspirasi masyarakat merupakan kegiatan yang sah dan diatur dalam undang-undang. Sehingga kata dia, tidak ada lagi alasan bagi Pemkot Bekasi untuk tidak mengakomodir usulan warga dari hasil reses.

“Jangan kita sudah menghimpun aspirasi warga dari bawah, tapi pada praktiknya aspirasi mereka tidak muncul di APBD Kota Bekasi. Ini tentu sangat disayangkan sekali,” ujar Anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi itu kepada Kini.co.id.

Sebagai anggota dewan, ia mengaku banyak dikomplain oleh konstituennya akibat tidak terakomodirnya aspirasi. Dan itu menjadi beban tersendiri.

“Pertanggungjawaban saya kepada konstituen yang berat. Ketika banyak aspirasi yang tidak terealisasi, konstituen menilai kita tidak bekerja dengan sungguh-sungguh memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata dia.

Padahal kenyataanya tidak seperti itu. Banyak aspirasi yang memang tidak diakomodir oleh Pemkot Bekasi karena satu dan lain hal.

“Banyak faktornya, mulai dari terbatasnya anggaran hingga persoalan skala prioritas. Ini yang kemudian kita jelaskan kepada warga secara gamblang setiap saya reses. Beruntung warga mau mengerti dan paham akan itu,” pungkas dia.

Sarni menuturkan kegiatan reses anggota DPRD terkesan sia – sia. Sebab aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada dewan dalam reses itu sering tidak diakomodir Pemkot.

“Banyak aspirasi sering tidak diakomodir oleh pemerintah daerah. Saya berharap sekarang harus berubah,” kata dia.

Selain itu kata Sarni, kegiatan reses itu sebetulnya untuk membangun komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif. Selain itu tentu saja untuk membangun kota bekasi agar lebih maju dan berkembang.

Sarni berharap aspirasi warga dapat ditindak lanjuti oleh pemerintah. Namun setiap pengawasan pembangunan bukan hanya tugas dewan, namun masyarakat juga harus ikut terlibat.

“mudah-mudahan saja aspirasi dari masyarakat dapat segera dikomodir pemerintah daerah,” tandas dia.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Mangkir Sidang e-KTP, Setya Novanto ke Cirebon
Politik - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 15:05 WIB

Mangkir Sidang e-KTP, Setya Novanto ke Cirebon

Mangkir sidang perkara kasus dugaan KTP elektronik (e-KTP), Ketua DPR RI Setya Novanto diketahui pergi ke Cirebon untuk menghadiri Haul ...
Dua persoalan di RUU Penyiaran Yang Masih Diperdebatkan
Politik - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:31 WIB

Dua persoalan di RUU Penyiaran Yang Masih Diperdebatkan

Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Penyiaran masih terus dibahas DPR. Kini, tersisa dua hal yang masih menjadi perdebatan. Pertama, perdebatan mengenai ...
Dua belas mahasiswa ditangkap pada aksi 3 tahun Jokowi-JK
Peristiwa - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 10:19 WIB

Dua belas mahasiswa ditangkap pada aksi 3 tahun Jokowi-JK

Aksi unjukrasa mahasiswa dalam rangka evaluasi 3 tahun Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, yang digelar sejak Jumat (20/10) siang kemarin, hingga larut ...
Rumah Tiba-tiba Bau Durian, Cek Tabung Elpiji Anda
Pendidikan - Sabtu, 21 Oktober 2017 - 09:50 WIB

Rumah Tiba-tiba Bau Durian, Cek Tabung Elpiji Anda

Jika tercium aroma durian tiba-tiba di rumah, Anda sebaiknya pergi ke dapur untuk memeriksa tabung Elpiji Anda.Sebab, bisa jadi elpiji ...
Lima tahun Andi Narogong mampu beli 23 mobil mewah
Hukum - Jumat, 20 Oktober 2017 - 21:50 WIB

Lima tahun Andi Narogong mampu beli 23 mobil mewah

Andi Agustinus alias Andi Narogong sering gonta-ganti mobil mewah. Selama kurun waktu lima tahun dari 2012-2027, terdakwa kasus e-KTP ini ...
Jokowi rayu Emir Qatar investasi di KEK Mandalika
Ekonomi - Jumat, 20 Oktober 2017 - 19:41 WIB

Jokowi rayu Emir Qatar investasi di KEK Mandalika

Presiden Jokowi menawarkan KEK Mandalika kepada Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. KEK Mandalika merupakan bagian dari 12 ...