Sabtu, 29 April 2017 | 08.38 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Sarni Imbau Pemkot Akomodir Hasil Reses Dewan

Sarni Imbau Pemkot Akomodir Hasil Reses Dewan

Reporter : Rakisa | Kamis, 12 Januari 2017 - 19:54 WIB

IMG-19884

Sarni Ruminta Sihombing (kininews/rakisa)

BEKASI, kini.co.id – Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi, Sarni Ruminta Sihombing berharap Pemerintah Kota Bekasi bisa mengakomodir usulan warga Kota Bekasi yang disampaikan via reses atau jaring aspirasi anggota DPRD Kota Bekasi, Kamis (12/1).

Menurut Sarni, reses sebagai mekanisme menjaring aspirasi masyarakat merupakan kegiatan yang sah dan diatur dalam undang-undang. Sehingga kata dia, tidak ada lagi alasan bagi Pemkot Bekasi untuk tidak mengakomodir usulan warga dari hasil reses.

“Jangan kita sudah menghimpun aspirasi warga dari bawah, tapi pada praktiknya aspirasi mereka tidak muncul di APBD Kota Bekasi. Ini tentu sangat disayangkan sekali,” ujar Anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi itu kepada Kini.co.id.

Sebagai anggota dewan, ia mengaku banyak dikomplain oleh konstituennya akibat tidak terakomodirnya aspirasi. Dan itu menjadi beban tersendiri.

“Pertanggungjawaban saya kepada konstituen yang berat. Ketika banyak aspirasi yang tidak terealisasi, konstituen menilai kita tidak bekerja dengan sungguh-sungguh memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata dia.

Padahal kenyataanya tidak seperti itu. Banyak aspirasi yang memang tidak diakomodir oleh Pemkot Bekasi karena satu dan lain hal.

“Banyak faktornya, mulai dari terbatasnya anggaran hingga persoalan skala prioritas. Ini yang kemudian kita jelaskan kepada warga secara gamblang setiap saya reses. Beruntung warga mau mengerti dan paham akan itu,” pungkas dia.

Sarni menuturkan kegiatan reses anggota DPRD terkesan sia – sia. Sebab aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada dewan dalam reses itu sering tidak diakomodir Pemkot.

“Banyak aspirasi sering tidak diakomodir oleh pemerintah daerah. Saya berharap sekarang harus berubah,” kata dia.

Selain itu kata Sarni, kegiatan reses itu sebetulnya untuk membangun komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif. Selain itu tentu saja untuk membangun kota bekasi agar lebih maju dan berkembang.

Sarni berharap aspirasi warga dapat ditindak lanjuti oleh pemerintah. Namun setiap pengawasan pembangunan bukan hanya tugas dewan, namun masyarakat juga harus ikut terlibat.

“mudah-mudahan saja aspirasi dari masyarakat dapat segera dikomodir pemerintah daerah,” tandas dia.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Terus Uber Keberadaan  Miryan S Haryani
Hukum - Sabtu, 29 April 2017 - 01:50 WIB

KPK Terus Uber Keberadaan Miryan S Haryani

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan terus melakukan pencarian secara intensif terhadap anggota DPR, Miryam S Haryani yang telah menghilang dan ...
Fadh El Fouz Huni Rutan Guntur
Hukum - Sabtu, 29 April 2017 - 01:42 WIB

Fadh El Fouz Huni Rutan Guntur

Tersangka kasus suap proyek pengadaan Al Quran dan Laboratorium Komputer MTS di Kementerian Agama, Fadh El Fouz alias Fadh A ...
Ketika Sirra Prayuna Bacakan Puisi Mengenang Chairil Anwar
Nasional - Jumat, 28 April 2017 - 20:41 WIB

Ketika Sirra Prayuna Bacakan Puisi Mengenang Chairil Anwar

Biasanya kita melihat kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnma alias Ahok, Sirra Prayuna serius saat mendampingi kliennya dalam sidang dugaan penistaan ...
Begini kata Pengamat soal Hacker Laman Telkomsel
Nasional - Jumat, 28 April 2017 - 20:23 WIB

Begini kata Pengamat soal Hacker Laman Telkomsel

Berhasil masuknya peretas alias hacker ke laman milik Telkomsel membuat Pakar keamanan siber Pratama Persadha kecewa dengan mahalnya tarif internet ...
Komnas HAM Didesak Bentuk TGPF Teror Aktivis dan Ulama
Nasional - Jumat, 28 April 2017 - 18:54 WIB

Komnas HAM Didesak Bentuk TGPF Teror Aktivis dan Ulama

Sejumlah aktivis nasional mulai dari mantan Ketua MPR Amien Rais, advokat Eggi Sudjana, Mahendratta, Ketua Progres 98 Faizal Assegat dan ...
Menag Keluarkan 9 Imbauan Ceramah di Tempat Ibadah
Nasional - Jumat, 28 April 2017 - 17:19 WIB

Menag Keluarkan 9 Imbauan Ceramah di Tempat Ibadah

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengeluarkan imbauannya tentang ceramah di rumah ibadah. Seruan itu merupakan respons dari fenomena yang ...