Sabtu, 20 Januari 2018 | 09.38 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Perahu Tenggelam di Majalengka dan Gresik, 11 Orang Tewas

Perahu Tenggelam di Majalengka dan Gresik, 11 Orang Tewas

Kamis, 13 April 2017 - 21:35 WIB

IMG-21997

Salah satu korban tewas perahu tenggelam di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (KiniNews/Rian Satria-Majalengka)

Jakarta, kini.co.id – Musibah tenggelamnya perahu kembali terjadi di dua lokasi berbeda, kali ini satu perahu dilaporkan tenggelam di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia dan 5 orang selamat.

Sedangkan satu perahu yang juga tenggelam terjadi di Dusun Grombol Desa Sumber Rame, Wringin Anom, Gresik, Jawa Timur, dilaporkan 2 orang meninggal, 4 orang hilang dan 6 orang selamat.

Kedua musibah itu yang terjadi, Kamis 914/3) diduga akibat perahu kelebihan muatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, salah satu perahu yang mengangkut 14 orang petani tenggelam saat menyeberang Rawa Anggrahan, Desa Jatiraga Kecamatan Jati Tujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada pukul 06.30 Wib. Mereka hendak menanam padi di daerah rendaman rawa.

“Di tengah perjalanan di Rawa Anggrahan diduga perahu bocor dan kelebihan muatan sehingga perahu tenggelam. Penumpang panik dan ikut terjebur di rawa,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis.

Atas kejadian itu, polisi bersama TNI, BPBD Majalengka, SAR Daerah, relawan bersama masyarakat setempat membantu mengevakuasi korban.

Dari 14 orang penumpang, 9 orang di antaranya ditemukan meninggal dunia. Sedangkan 5 orang lainnya selamat.

Identitias kesembilan korban meninggal yang ditemukan pada pukul 09.00 Wib yaitu Iti (35), Kastini (50), Cawi (35), Casimah (50). Mereka adalah warga Desa Sumber Kulon, Jatitujuh, Majalengka. Empat orang lainnya yaitu Salimah alias kusal (50), Takim (50), Iyik (55), Katimah (56) adalah warga Desa Sumber Kulon, Jatitujuh, Majalengka. Selain itu, Ami (50) warga Desa Jatiraga, Jatitujuh, Majalengka.

Sementara itu musibah perahu tenggelam di Gresik menewaskan 2 orang, 4 orang masih dalam pencarian, dan 6 orang lainnya selamat. Perahu tambangan berpenumpang 12 orang dan 7 unit sepeda motor itu terbalik di Dusun Grombol Desa Sumber Rame, Wringin Anom, Gresik, Jawa Timur.

Musibah yang terjadi pada pukul 06.45 WIB itu diduga karena perahu kelebihan muatan. Perahu milik Suntoro dengan panjang 6 meter dan lebar 2,25 meter itu terbalik di Sungai Kalimas. Kedalaman sungai sekitar 3-4 meter dan arus sungai deras akibat guyuran hujan.

Saat kejadian, perahu miring ke arah timur. Penumpang pun berloncatan ke sungai, beberapa di antaranya sempat saling tarik menarik untuk menyelamatkan diri. Namun karena arus deras, ada penumpang yang terseret arus sungai.

Dari hasil penyisiran dan pencarian diketahui penumpang bernama Ujang (60) penarik tambang, dan Mis’ah, meninggal dunia. Sedangkan Supri (57) operator perahu, Kusnari, Nurkholid, Sriasih masih dalam pencarian. Enam orang lainnya, Yudistira Ardi (34), Supriadi (65), Suci Nina (33), Rianto (45), Joko (45), Didin (35) dinyatakan selamat.

Tim SAR gabungan terdiri dari Polsek Wringinanom, Koramil Wringinanom, BPBD Gresik, Basarnas, Ditpolair Polda Jatim, Satpolair Polres Gresik, PMI Mojokerto, Tagana Sidoarjo, Tagana Mojokerto, Korp Marinir TNI AL, Ponpes Belongbendo, MDMC Gresik, relawan dan masyarakat terlibat dalam evakuasi korban.

“Pencarian masih dilanjutkan dengan mengerahkan 4 perahu karet dan 2 perahu tradisional milik warga Balongbendo,” ungkap Sutopo.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Redam tensi Pilkada, Polri bentuk Satgas Nusantara
Peristiwa - Jumat, 19 Januari 2018 - 22:02 WIB

Redam tensi Pilkada, Polri bentuk Satgas Nusantara

Polri menurunkan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara untuk meredam panasnya isu-isu politik dalam Pilkada serentak 2018. Dengan menggandeng tokoh agama , ...
Proses tender rampung, impor beras mulai jalan pekan depan
Peristiwa - Jumat, 19 Januari 2018 - 20:02 WIB

Proses tender rampung, impor beras mulai jalan pekan depan

Perusahaan Umum (Perum) Bulog akan mulai melakukan impor beras pada pekan depan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan Perum ...
Rita Widyasari sebut puluhan koleksi tasnya ada yang palsu
Hukum - Jumat, 19 Januari 2018 - 19:54 WIB

Rita Widyasari sebut puluhan koleksi tasnya ada yang palsu

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif, Rita Widyasari menyatakan diantara puluhan koleksi tas mewahnya itu terdapat sejumlah tas yang palsu. Hal ...
Verifikasi parpol lama mulai 28 Januari
Politik - Jumat, 19 Januari 2018 - 19:42 WIB

Verifikasi parpol lama mulai 28 Januari

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan faktor waktu dan ketersediaan anggaran menjadi kendala dalam melakukan verifikasi faktual terhadap ...
Rita Widyasari mengaku asetnya dari hasil tambang
Hukum - Jumat, 19 Januari 2018 - 19:09 WIB

Rita Widyasari mengaku asetnya dari hasil tambang

Bupati Kutai Kartanegara nonaktif Rita Widyasari mengaku aset dan harta kekayaannya berasal dari usaha tambang miliknya ."Tadi penyidik bilang bahwa ...
Ketut sebut prahara internal partai Hanura berakhir
Politik - Jumat, 19 Januari 2018 - 17:37 WIB

Ketut sebut prahara internal partai Hanura berakhir

Konflik internal di tubuh Partai Hanura antara kubu Manhattan yang dipimpin Oesman Sapta Odang alias OSO dengan kubu Ambhara ...