Jumat, 21 Juli 2017 | 15.41 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Perahu Tenggelam di Majalengka dan Gresik, 11 Orang Tewas

Perahu Tenggelam di Majalengka dan Gresik, 11 Orang Tewas

Kamis, 13 April 2017 - 21:35 WIB

IMG-21997

Salah satu korban tewas perahu tenggelam di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (KiniNews/Rian Satria-Majalengka)

Jakarta, kini.co.id – Musibah tenggelamnya perahu kembali terjadi di dua lokasi berbeda, kali ini satu perahu dilaporkan tenggelam di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia dan 5 orang selamat.

Sedangkan satu perahu yang juga tenggelam terjadi di Dusun Grombol Desa Sumber Rame, Wringin Anom, Gresik, Jawa Timur, dilaporkan 2 orang meninggal, 4 orang hilang dan 6 orang selamat.

Kedua musibah itu yang terjadi, Kamis 914/3) diduga akibat perahu kelebihan muatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, salah satu perahu yang mengangkut 14 orang petani tenggelam saat menyeberang Rawa Anggrahan, Desa Jatiraga Kecamatan Jati Tujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada pukul 06.30 Wib. Mereka hendak menanam padi di daerah rendaman rawa.

“Di tengah perjalanan di Rawa Anggrahan diduga perahu bocor dan kelebihan muatan sehingga perahu tenggelam. Penumpang panik dan ikut terjebur di rawa,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis.

Atas kejadian itu, polisi bersama TNI, BPBD Majalengka, SAR Daerah, relawan bersama masyarakat setempat membantu mengevakuasi korban.

Dari 14 orang penumpang, 9 orang di antaranya ditemukan meninggal dunia. Sedangkan 5 orang lainnya selamat.

Identitias kesembilan korban meninggal yang ditemukan pada pukul 09.00 Wib yaitu Iti (35), Kastini (50), Cawi (35), Casimah (50). Mereka adalah warga Desa Sumber Kulon, Jatitujuh, Majalengka. Empat orang lainnya yaitu Salimah alias kusal (50), Takim (50), Iyik (55), Katimah (56) adalah warga Desa Sumber Kulon, Jatitujuh, Majalengka. Selain itu, Ami (50) warga Desa Jatiraga, Jatitujuh, Majalengka.

Sementara itu musibah perahu tenggelam di Gresik menewaskan 2 orang, 4 orang masih dalam pencarian, dan 6 orang lainnya selamat. Perahu tambangan berpenumpang 12 orang dan 7 unit sepeda motor itu terbalik di Dusun Grombol Desa Sumber Rame, Wringin Anom, Gresik, Jawa Timur.

Musibah yang terjadi pada pukul 06.45 WIB itu diduga karena perahu kelebihan muatan. Perahu milik Suntoro dengan panjang 6 meter dan lebar 2,25 meter itu terbalik di Sungai Kalimas. Kedalaman sungai sekitar 3-4 meter dan arus sungai deras akibat guyuran hujan.

Saat kejadian, perahu miring ke arah timur. Penumpang pun berloncatan ke sungai, beberapa di antaranya sempat saling tarik menarik untuk menyelamatkan diri. Namun karena arus deras, ada penumpang yang terseret arus sungai.

Dari hasil penyisiran dan pencarian diketahui penumpang bernama Ujang (60) penarik tambang, dan Mis’ah, meninggal dunia. Sedangkan Supri (57) operator perahu, Kusnari, Nurkholid, Sriasih masih dalam pencarian. Enam orang lainnya, Yudistira Ardi (34), Supriadi (65), Suci Nina (33), Rianto (45), Joko (45), Didin (35) dinyatakan selamat.

Tim SAR gabungan terdiri dari Polsek Wringinanom, Koramil Wringinanom, BPBD Gresik, Basarnas, Ditpolair Polda Jatim, Satpolair Polres Gresik, PMI Mojokerto, Tagana Sidoarjo, Tagana Mojokerto, Korp Marinir TNI AL, Ponpes Belongbendo, MDMC Gresik, relawan dan masyarakat terlibat dalam evakuasi korban.

“Pencarian masih dilanjutkan dengan mengerahkan 4 perahu karet dan 2 perahu tradisional milik warga Balongbendo,” ungkap Sutopo.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Kapolda Diganti, Kasus Habib Rizieq Tetap Diusut
Hukum - Jumat, 21 Juli 2017 - 14:53 WIB

Kapolda Diganti, Kasus Habib Rizieq Tetap Diusut

Meski Kapolda Metro Jaya diganti, Mabes Polri memastikan penyidikan kasus Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tetap berjalan.Kepala ...
Bos OJK Pangkas Deputi dan Kurangi Kegiatan Seremonial
Ekonomi - Jumat, 21 Juli 2017 - 13:21 WIB

Bos OJK Pangkas Deputi dan Kurangi Kegiatan Seremonial

Mulai lakukan efisiensi, Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso akan mengurangi jumlah deputi di bawah dewan komisioner.Hal ini bertujuan untuk ...
100 Hari, Penyidik Hanya Dapat Sketsa Wajah Peneror Novel Baswedan
Peristiwa - Jumat, 21 Juli 2017 - 12:32 WIB

100 Hari, Penyidik Hanya Dapat Sketsa Wajah Peneror Novel Baswedan

100 hari setelah peristiwa penyiraman air keras terhadap penyidik senior Novel Baswedan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), polisi masih belum berhasil ...
Disebut Bakal Naik Pangkat, Begini Reaksi Irjen Iriawan
Peristiwa - Jumat, 21 Juli 2017 - 12:19 WIB

Disebut Bakal Naik Pangkat, Begini Reaksi Irjen Iriawan

Disebut-sebut bakal naik pangkat, mantan Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengaku siap melakukan tugas yang lebih berat."Siap. Saya Bhayangkara ...
Tolak Pelemahan, MKKS Muhammadiyah Sambangi KPK
Peristiwa - Jumat, 21 Juli 2017 - 12:01 WIB

Tolak Pelemahan, MKKS Muhammadiyah Sambangi KPK

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhammadiyah se-DKI Jakarta menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terletak di Jalan Kuningan Persada, ...
RUU Pemilu, Habiburokhman: Om Ganteng dkk Gak Akan Tinggal Diam, Senin ke MK
Politik - Jumat, 21 Juli 2017 - 10:38 WIB

RUU Pemilu, Habiburokhman: Om Ganteng dkk Gak Akan Tinggal Diam, Senin ke MK

Partai Gerindra bersama tiga partai lainnya memilih walk out pada sidang paripurna pengambilan keputusan RUU Pemilu.Alasan memilih tidak ikut dalam pengambilan keputusan ...