Sabtu, 23 September 2017 | 07.04 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Perahu Tenggelam di Majalengka dan Gresik, 11 Orang Tewas

Perahu Tenggelam di Majalengka dan Gresik, 11 Orang Tewas

Kamis, 13 April 2017 - 21:35 WIB

IMG-21997

Salah satu korban tewas perahu tenggelam di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (KiniNews/Rian Satria-Majalengka)

Jakarta, kini.co.id – Musibah tenggelamnya perahu kembali terjadi di dua lokasi berbeda, kali ini satu perahu dilaporkan tenggelam di Desa Jatiraga, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia dan 5 orang selamat.

Sedangkan satu perahu yang juga tenggelam terjadi di Dusun Grombol Desa Sumber Rame, Wringin Anom, Gresik, Jawa Timur, dilaporkan 2 orang meninggal, 4 orang hilang dan 6 orang selamat.

Kedua musibah itu yang terjadi, Kamis 914/3) diduga akibat perahu kelebihan muatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, salah satu perahu yang mengangkut 14 orang petani tenggelam saat menyeberang Rawa Anggrahan, Desa Jatiraga Kecamatan Jati Tujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, pada pukul 06.30 Wib. Mereka hendak menanam padi di daerah rendaman rawa.

“Di tengah perjalanan di Rawa Anggrahan diduga perahu bocor dan kelebihan muatan sehingga perahu tenggelam. Penumpang panik dan ikut terjebur di rawa,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis.

Atas kejadian itu, polisi bersama TNI, BPBD Majalengka, SAR Daerah, relawan bersama masyarakat setempat membantu mengevakuasi korban.

Dari 14 orang penumpang, 9 orang di antaranya ditemukan meninggal dunia. Sedangkan 5 orang lainnya selamat.

Identitias kesembilan korban meninggal yang ditemukan pada pukul 09.00 Wib yaitu Iti (35), Kastini (50), Cawi (35), Casimah (50). Mereka adalah warga Desa Sumber Kulon, Jatitujuh, Majalengka. Empat orang lainnya yaitu Salimah alias kusal (50), Takim (50), Iyik (55), Katimah (56) adalah warga Desa Sumber Kulon, Jatitujuh, Majalengka. Selain itu, Ami (50) warga Desa Jatiraga, Jatitujuh, Majalengka.

Sementara itu musibah perahu tenggelam di Gresik menewaskan 2 orang, 4 orang masih dalam pencarian, dan 6 orang lainnya selamat. Perahu tambangan berpenumpang 12 orang dan 7 unit sepeda motor itu terbalik di Dusun Grombol Desa Sumber Rame, Wringin Anom, Gresik, Jawa Timur.

Musibah yang terjadi pada pukul 06.45 WIB itu diduga karena perahu kelebihan muatan. Perahu milik Suntoro dengan panjang 6 meter dan lebar 2,25 meter itu terbalik di Sungai Kalimas. Kedalaman sungai sekitar 3-4 meter dan arus sungai deras akibat guyuran hujan.

Saat kejadian, perahu miring ke arah timur. Penumpang pun berloncatan ke sungai, beberapa di antaranya sempat saling tarik menarik untuk menyelamatkan diri. Namun karena arus deras, ada penumpang yang terseret arus sungai.

Dari hasil penyisiran dan pencarian diketahui penumpang bernama Ujang (60) penarik tambang, dan Mis’ah, meninggal dunia. Sedangkan Supri (57) operator perahu, Kusnari, Nurkholid, Sriasih masih dalam pencarian. Enam orang lainnya, Yudistira Ardi (34), Supriadi (65), Suci Nina (33), Rianto (45), Joko (45), Didin (35) dinyatakan selamat.

Tim SAR gabungan terdiri dari Polsek Wringinanom, Koramil Wringinanom, BPBD Gresik, Basarnas, Ditpolair Polda Jatim, Satpolair Polres Gresik, PMI Mojokerto, Tagana Sidoarjo, Tagana Mojokerto, Korp Marinir TNI AL, Ponpes Belongbendo, MDMC Gresik, relawan dan masyarakat terlibat dalam evakuasi korban.

“Pencarian masih dilanjutkan dengan mengerahkan 4 perahu karet dan 2 perahu tradisional milik warga Balongbendo,” ungkap Sutopo.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Buka Kejurnas Karate 2017, ini pesan Panglima TNI
Peristiwa - Sabtu, 23 September 2017 - 01:22 WIB

Buka Kejurnas Karate 2017, ini pesan Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo membuka secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI ke-V Tahun 2017, yang ...
Satu Mobil Jaguar milik M Sanusi tak laku dilelang
Peristiwa - Sabtu, 23 September 2017 - 01:02 WIB

Satu Mobil Jaguar milik M Sanusi tak laku dilelang

Lelang barang sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DKJN) selesai digelar, Jumat (22/9) sore ...
Hakim tolak eksepsi KPK, praperadilan Novanto dilanjut
Hukum - Sabtu, 23 September 2017 - 00:08 WIB

Hakim tolak eksepsi KPK, praperadilan Novanto dilanjut

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melalui Hakim Tunggal Chepy Iskandar menolak eksepsi yang diajukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sidang praperadilan ...
Soal nobar G30S/PKI, Panglima TNI: Menhan tak punya kewenangan terhadap saya
Peristiwa - Jumat, 22 September 2017 - 23:59 WIB

Soal nobar G30S/PKI, Panglima TNI: Menhan tak punya kewenangan terhadap saya

Menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu yang menuding Panglima TNI memaksa anggotanya untuk nonton film Pengkhianatan G30S/PKI.Panglima TNI Jenderal ...
Dalil yang diajukan Setya Novanto disanggah tuntas KPK
Hukum - Jumat, 22 September 2017 - 21:05 WIB

Dalil yang diajukan Setya Novanto disanggah tuntas KPK

Seluruh permohonan yang diajukan tim penasehat hukum Setya Novanto dijawab tuntas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sidang lanjutan praperadilan ...
Diduga sarang dirusak penyebab ribuan lebah menempel di sayap pesawat
Peristiwa - Jumat, 22 September 2017 - 20:46 WIB

Diduga sarang dirusak penyebab ribuan lebah menempel di sayap pesawat

Manajemen Citilink Indonesia menyebutkan penyebab ribuan lebah nemempel disayap pesawat tujuan Batam- Kualanamu diduga karea habitat atau sarang lebah terganggu ...