Minggu, 23 Juli 2017 | 05.50 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ini Kronologi Dugaan Teror Mobil Versi FPI

Ini Kronologi Dugaan Teror Mobil Versi FPI

Minggu, 16 April 2017 - 20:52 WIB

IMG-22026

Imam FPI DKI Jakarta Habib Muchsin Alatas didampingi tim advokasi FPI, Kapitra Ampera membeberkan kronologi terbakarnya mobil di dekat lokasi tabig akbar (KiniNews/Rakisa)

Jakarta, kini.co.id – Front Pembela Islam (FPI) menjelaskan kronologis insiden teror terbakarnya mobil Toyota Avanza tanpa plat nomor di Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur yang berdekatan dengan lokasi pengajian bulanan FPI.

Dalam keterangan persnya, Imam FPI DKI Jakarta Habib Muchsin Alatas didampingi tim advokasi FPI, Kapitra Ampera membeberkan kronologi kejadian misterius itu.

Habib Muchisn yang menyaksikan langsung peristiwa terbakarnya mobil itu menyebutkan sekitar pukul 21.45 WIB bersama Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab tiba di lokasi tablig akbar.

“Saat peristiwa terjadi saya ada dilokasi kejadian,“ kata Habib Muchsin, di Masjid Al-Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (16/4).

Lanjutnya, pada pukul 22.00 WIB acara kemudian dilanjutkan pengukuhan jawara pengawal ulama.

Dan sekitar pukul 23.00 WIB, Habib Rizieq memberikan tausiah kepada ribuan jamaah.

Pada 00.05 WIB, saat tausiah selesai yang dilanjutkan dengan penutupan doa dan dzikir yang diikuti oleh jemaah.

Saat itu, kata Habib Muchsin, tiba-tiba terdengar ledakan, sehingga Habib Rizieq yang tengah melakukan doa diminta agar dipercepat.

Setelah pembacaan doa selesai, Muchsin mengaku melihat sebuah mobil terbakar dan bergerak mundur ke arah jemaah. Beberapa motor terparkir terhimpit mobil.

“Umat yg dekat dengan mobil diminta menyingkir, laskar dan jawara menyelamatkan motor, mobil sudah ditahan dengan ban tapi tetap bergerak dan masih api menyala, tuturnya.

Masih dijelaskan Habib Muchsin, massa yang berada dekat mobil terbakar itu berusaha memadamkannya dengan menyiramkan menggunakan air dan ada pula dengan pasir.

Setelah api sedikit reda, mereka mendekati mobil yang terbakar. Namun di dalam mobil ada tiga orang yang keluar.

“Anehnya orang yang keluar dari mobil malah melarikan diri ke arah Pancoran. Kalau terbakar mereka seharusnya mendekati dan minta tolong, bukan lari,” katanya.

Habib Muchsin pun mengaku pihaknya menemukan empat jerigen berisi bensin di kolong mobil tersebut.

Sedangkan pada dua mobil lainnya yakni Toyota Kijang Grand dengan nomor polisi B 1552 AH dan Toyota Kijang bernopol B 7208 EQ yang ada di juga ditemuka sekitar lima jerigen bensin.

“Polisi baru tiba jam tiga subuh, dan api sudah padam,” katanya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
PDI-P Kantongi Tiga Nama untuk Pilgub Jabar
Politik - Minggu, 23 Juli 2017 - 02:04 WIB

PDI-P Kantongi Tiga Nama untuk Pilgub Jabar

Meskipun populiritas dan elektabilitas Ridwan Kamil unggul, namun nampaknya Walikota Bandung itu tidak masuk radar PDI-Perjuangan di Jawa Barat dalam ...
Puncak Harlah PKB ke-19, Ini Tujuh Pesan Cak Imin Kepada Kadernya
Politik - Sabtu, 22 Juli 2017 - 22:59 WIB

Puncak Harlah PKB ke-19, Ini Tujuh Pesan Cak Imin Kepada Kadernya

Malam puncak peringatan Hari Lahir Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-19 dipusatkan di Lapangan DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (22/7) malam, diisi ...
Garda Bangsa Umumkan Pemenang Final Musabaqoh Kitab Kuning 2017
Pendidikan - Sabtu, 22 Juli 2017 - 22:19 WIB

Garda Bangsa Umumkan Pemenang Final Musabaqoh Kitab Kuning 2017

Garda Bangsa Umumkan Pemenang Final Musabaqoh Kitab Kuning 2017 PKBDKN Garda Bangsa mengumumkan nama-nama pemenang Final Lomba Musabaqoh Kitab Kuning ...
Gudang Beras PT IBU Digrebek, DPR Bakal Panggil Mentan
Peristiwa - Sabtu, 22 Juli 2017 - 17:07 WIB

Gudang Beras PT IBU Digrebek, DPR Bakal Panggil Mentan

Komisi IV DPR RI akan segera memanggil Menteri Pertanian terkait penggrebekan 1.000 ton beras oplosan di gudang milik PT Indo ...
Komnas PA: Jangan Ajarkan Anak Kebencian dan Intoleransi
Pendidikan - Sabtu, 22 Juli 2017 - 16:38 WIB

Komnas PA: Jangan Ajarkan Anak Kebencian dan Intoleransi

Anak-anak merupakan aset bangsa yang sungguh berharga. Anak-anak merupakan pesan untuk masa depan. Sehingga harus dididik, dilindungi dan dijamin haknya ...
Kebakaran Hutan Sebabkan Titik Api di Riau
Peristiwa - Sabtu, 22 Juli 2017 - 15:45 WIB

Kebakaran Hutan Sebabkan Titik Api di Riau

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memantau ada delapan titik panas karena kebakaran hutan dan lahan di sejumlah ...