Senin, 24 April 2017 | 21.59 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>ITW Berharap Anies-Sandi Mampu Atasi Kemacetan Jakarta

ITW Berharap Anies-Sandi Mampu Atasi Kemacetan Jakarta

Kamis, 20 April 2017 - 12:59 WIB

IMG-22115

Kemacetan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan (KiniNews/Doc)

Jakarta, kini.co.id – Indonesia Traffic Watch (ITW), berharap pasangan Anies-Sandi sudah siap untuk mengimplementasikan strategi efektif untuk mengatasai kemacetaan di Ibukota Jakarta.

Sehingga Jakarta tidak lagi berada pada posisi urutan ke tiga kota termacet di dunia.

“Warga Jakarta sudah sangat menderita akibat kemacetan yang setiap hari mendera ruas-ruas jalan di ibukota,” kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (20/4).

Menurut Edison, persoalan kemacetan Jakarta harus menjadi prioritas utama yang diatasi oleh Anies-Sandi.

Oleh karena itu, strategi yang disampaikan oleh pasangan calon saat kampanye seperti moratorium berjangka penjualan kendaraan bermotor di Jakarta harus diwujudkan.

Sebab, penyebab utama kemacetan adalah pertumbuhan kendaraan bermotor yang tidak terkontrol, sehingga ruas dan panjang jalan tidak lagi mampu menampung. Kemudian kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat yang masih sangat rendah serta lemahnya penegakan hukum.

“Pemimpin terpilih DKI Jakarta, harus berani melakukan upaya yang ekstrim serta meningkatkan kualitas koordinasi yang baik dengan pihak kepolisian,” ujar Edison.

ITW menilai, selama ini Pemprov DKI menjadikan pembangunan infrastruktur serta upaya pembatasan gerak kendaraan sebagai upaya prioritas, sementara pembatasan jumlah kendaraan sama sekali tidak dilakukan, serta mengabaikan pembangunan kesadaran tertib lalu lintas masyarakat Jakarta.

Hasilnya, kesemrawutan dan kemacetan menjadi menu setiap hari bagi warga Jakarta.

Edison mengingatkan, upaya untuk mengatasi kemacetan harus dapat menjadi solusi efektif yang langsung pada substansi permasalahan, sedangkan pembangunan infrastruktur hendaknya harus berdasarkan kebutuhan, bukan karena keinginan.

“Kalau mengikuti keinginan, kita akan bangun jalan bertingkat delapan di langit Jakarta. Tetapi apakah itu sudah menjadi kebutuhan? Kan belum,” kata Edison.

ITW berharap kehadiran gubernur dan wakil gubernur terpilih menjadi energi baru bagi Pemprov DKI sehingga dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas di Ibukota Jakarta.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Ini yang Dilakukan Dokter Terhadap Novel
Nasional - Senin, 24 April 2017 - 17:41 WIB

Ini yang Dilakukan Dokter Terhadap Novel

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan tim dokter yang menangani Novel Baswedan ada empat tindakan. Setelah penyidik ...
Ahok Akan Bacakan Pledoi Kasusnya
Hukum - Senin, 24 April 2017 - 13:42 WIB

Ahok Akan Bacakan Pledoi Kasusnya

Sidang lanjutan dugaan penistan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa (25/4) dengan agenda nota pembelaan atau pledoi.Menurut ...
Pilkada Serentak Gelombang Ketiga 27 Juni 2018
Politik - Senin, 24 April 2017 - 12:53 WIB

Pilkada Serentak Gelombang Ketiga 27 Juni 2018

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak gelombang ke tiga diusulkan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah ...
Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:42 WIB

Berikut Nama-Nama Korban Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor

Unit Lakalantas Polres Bogor Kabupaten, mengkonfirmasi data nama-nama korban meninggal dunia dan luka berat dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di ...
Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas
Peristiwa - Sabtu, 22 April 2017 - 21:22 WIB

Tabrakan Beruntun 12 Kendaraan di Puncak, Bogor, 3 Tewas

Kecelakaan maut yang melibatkan 12 kendaaran terjadi di Jl Raya Puncak, tepatnya di tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu ...
Tak Jadi Potong Kuping, Haji Lulung Potong Kambing
Nasional - Sabtu, 22 April 2017 - 17:41 WIB

Tak Jadi Potong Kuping, Haji Lulung Potong Kambing

Kuping dan hidung milik Abraham Lunggana alias Haji Lulung terselamatkan. Karena tidak jadi dipotong, pasalnya Basuki Purnama alias Ahok terbukti ...