Jumat, 24 November 2017 | 10.49 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>ITW Berharap Anies-Sandi Mampu Atasi Kemacetan Jakarta

ITW Berharap Anies-Sandi Mampu Atasi Kemacetan Jakarta

Kamis, 20 April 2017 - 12:59 WIB

IMG-22115

Kemacetan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan (KiniNews/Doc)

Jakarta, kini.co.id – Indonesia Traffic Watch (ITW), berharap pasangan Anies-Sandi sudah siap untuk mengimplementasikan strategi efektif untuk mengatasai kemacetaan di Ibukota Jakarta.

Sehingga Jakarta tidak lagi berada pada posisi urutan ke tiga kota termacet di dunia.

“Warga Jakarta sudah sangat menderita akibat kemacetan yang setiap hari mendera ruas-ruas jalan di ibukota,” kata Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (20/4).

Menurut Edison, persoalan kemacetan Jakarta harus menjadi prioritas utama yang diatasi oleh Anies-Sandi.

Oleh karena itu, strategi yang disampaikan oleh pasangan calon saat kampanye seperti moratorium berjangka penjualan kendaraan bermotor di Jakarta harus diwujudkan.

Sebab, penyebab utama kemacetan adalah pertumbuhan kendaraan bermotor yang tidak terkontrol, sehingga ruas dan panjang jalan tidak lagi mampu menampung. Kemudian kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat yang masih sangat rendah serta lemahnya penegakan hukum.

“Pemimpin terpilih DKI Jakarta, harus berani melakukan upaya yang ekstrim serta meningkatkan kualitas koordinasi yang baik dengan pihak kepolisian,” ujar Edison.

ITW menilai, selama ini Pemprov DKI menjadikan pembangunan infrastruktur serta upaya pembatasan gerak kendaraan sebagai upaya prioritas, sementara pembatasan jumlah kendaraan sama sekali tidak dilakukan, serta mengabaikan pembangunan kesadaran tertib lalu lintas masyarakat Jakarta.

Hasilnya, kesemrawutan dan kemacetan menjadi menu setiap hari bagi warga Jakarta.

Edison mengingatkan, upaya untuk mengatasi kemacetan harus dapat menjadi solusi efektif yang langsung pada substansi permasalahan, sedangkan pembangunan infrastruktur hendaknya harus berdasarkan kebutuhan, bukan karena keinginan.

“Kalau mengikuti keinginan, kita akan bangun jalan bertingkat delapan di langit Jakarta. Tetapi apakah itu sudah menjadi kebutuhan? Kan belum,” kata Edison.

ITW berharap kehadiran gubernur dan wakil gubernur terpilih menjadi energi baru bagi Pemprov DKI sehingga dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas di Ibukota Jakarta.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Polisi Ungkap Penyebab Benjolnya Kepala Setnov Saat Insiden Tiang Listrik
Hukum - Jumat, 24 November 2017 - 09:54 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Benjolnya Kepala Setnov Saat Insiden Tiang Listrik

Polda Metro Jaya melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPR RI, Setya Novanto terkait kecelakaan menabrak tiang listrik beberapa waktu lalu.Dalam pemeriksaan ...
Kondisi Mulai Kondusif, 806 Pengungsi Papua Bakal Dipulangkan
Peristiwa - Jumat, 24 November 2017 - 09:21 WIB

Kondisi Mulai Kondusif, 806 Pengungsi Papua Bakal Dipulangkan

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar menilai suasana setelah insiden Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sudah mulai kondusif.Untuk itu, 806 ...
Horas! 30 Raja Manortor di Horja Godang Kahiyang-Bobby
Peristiwa - Jumat, 24 November 2017 - 09:09 WIB

Horas! 30 Raja Manortor di Horja Godang Kahiyang-Bobby

Acara ngunduh mantu anak Presiden Jokowi digelar hari ini, Jumat (24/11/2017).Tabuhan gordang sambilan pun mulai terdengar tanda dimulainya prosesi manyantani ...
Dirjen Dukcapil: Daerah bisa beli printer sendiri jika ingin cepat cetak e-KTP
Peristiwa - Kamis, 23 November 2017 - 22:44 WIB

Dirjen Dukcapil: Daerah bisa beli printer sendiri jika ingin cepat cetak e-KTP

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrullah mengatakan pihaknya fokus mengerjakan tiga hal ...
Setnov dicecar 21 pertanyaan terkait kecelakaan tabrak tiang listrik
Peristiwa - Kamis, 23 November 2017 - 22:16 WIB

Setnov dicecar 21 pertanyaan terkait kecelakaan tabrak tiang listrik

Penyidik Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polda Metro Jaya memeriksa Setya Novanto selama kurang lebih dua jam.Setya Novanto diperiksa sebagai saksi ...
Kemenperin perdalam struktur industri farmasi nasional
Ekonomi - Kamis, 23 November 2017 - 19:33 WIB

Kemenperin perdalam struktur industri farmasi nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya ...