Selasa, 20 Februari 2018 | 08.11 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Ahok Tunggu Janji Anies Tutup Alexis

Ahok Tunggu Janji Anies Tutup Alexis

Reporter : Rakisa | Jumat, 21 April 2017 - 14:10 WIB

IMG-22146

Hotel Alexis (Ist)

JAKARTA, kini.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku menunggu rencana penutupan ‘Surga Dunia ‘ Hotel dan Spa Alexis kepada Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan.

“Saya juga nunggu itu (Alexis) ditutup,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (21/4).

Selama menjadi Gubernur, Ahok yang tidak pernah menutup Alexis beralasan tidak menemukan adanya penyalahgunaan narkoba di ‘Surga Dunia’, yang ia populerkan namanya itu.

Pemerintah Provinsi DKI dinilai hanya berani penutup diskotek Milles dan Stadium karena menemukan adanya kasus penggunaan narkoba, sementara keberadaan Alexis yang menjadi tempat hiburan yang konon bagi mereka yang berkantong tebal bisa menikmati layanan plus-plus tidak dipermasalahkan.

Masih dengan dalih, karena dianggap belum menemukan bukti kuat yang mendukung untuk penutupan.

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang unggul dalam hitung cepat dan rekap C1 KPU menyebutkan nasib ‘Surga Dunia’ Lantai Tujuh atau Hotel dan Spa Alexis sangat bergantung pada Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku.

Jika keberadaan ‘Surga Dunia’ itu dinilai melanggar, maka tentunya akan ditutup oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kalau memang melanggar Perda ya ditutuplah. Kan aturannya begitu. Menutup itu karena ada pelanggaran,” tegas Anies di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Anies menegaskan komitmennya setelah nanti dilantik resmi sebagai Gubernur DKI Jakarta akan melaksanakan perda dalam setiap kebijakan. “Komitmen kita melaksanakan perda. Jadi semua pelanggaran akan kita tindak dan perda itulah yang menjadi pegangan,” ujarnya.

Wacana penutupan ‘Surga Dunia’ itu mengemuka dalam debat Pilgub DKI pada 13 Januari 207. Dimana Anies menyebutkan dalam Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Anies berjanji untuk melaksanakan perda tersebut tanpa pandang bulu, termasuk soal penutupan ‘Surga Dunia’ Lantai Tujuh Hotel Alexis itu.

Perda DKI Jakarta tentang Ketertiban Umum No 8 tahun 2007 dalam pasal 42 ayat (2) disebutkan bahwa setiap orang dilarang (a) menyuruh, memfasilitasi, membujuk, memaksa orang lain untuk menjadi penjaja seks komersial, (b) menjadi penjaja seks komersial dan (c) memakai jasa penjaja seks komersial.

Perda DKI Jakarta No.10 tahun 2004 tentang Kepariwisataan, juga disebutkan dalam Pasal 35 ayat (2) huruf (a) bahwa setiap penyelenggaraan kepariwisataan dilarang memanfaatkan tempat kegiatan untuk melakukan perjudian, asusila, peredaran dan pemakaian narkoba, membawa senjata api/tajam serta tindakan pelanggaran hukum lainnya, (b) menggunakan tenaga kerja dibawa umur, (c) menggunakan tenaga kerja warga negara asing.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Maruarar akui salah atas insiden Anies Baswedan diadang Paspampres
Peristiwa - Senin, 19 Februari 2018 - 20:01 WIB

Maruarar akui salah atas insiden Anies Baswedan diadang Paspampres

Ketua Panitia Pengarah Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait, mengaku bersalah atas insiden usai final Piala Presiden 2018, Sabtu (17/2), yang ...
Pemerintah targetkan 50 persen lelang blok migas terjual
Ekonomi - Senin, 19 Februari 2018 - 19:50 WIB

Pemerintah targetkan 50 persen lelang blok migas terjual

Pemerintah menargetkan setidak-tidaknya 50 persen penawaran lelang dari 26 blok minyak dan gas bumi (migas) pada 2018 dapat laku terjual."Kami ...
BPH Migas keluhkan minimnya cadangan BBM Indonesia
Ekonomi - Senin, 19 Februari 2018 - 19:34 WIB

BPH Migas keluhkan minimnya cadangan BBM Indonesia

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengeluhkan minimnya cadangan BBM Indonesia sehingga belum dapat menjamin ketersediaan cadangan ...
KPK Geledah Tiga Lokasi di Subang
Hukum - Senin, 19 Februari 2018 - 19:20 WIB

KPK Geledah Tiga Lokasi di Subang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di tiga lokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Langkah itu berkaitan dengan kasus dugaan ...
Bupati Nganjuk Segera Diadili
Hukum - Senin, 19 Februari 2018 - 19:10 WIB

Bupati Nganjuk Segera Diadili

Bupati Nganjuk nonaktif Taufiqurrahman tak lama lagi akan duduk di kursi terdakwa Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.Pasalnya penyidik Komisi ...
Rekomendasi Asimilasi dan Pembebasan Bersyaratnya Ditolak, Ini Kata Nazaruddin
Hukum - Senin, 19 Februari 2018 - 19:07 WIB

Rekomendasi Asimilasi dan Pembebasan Bersyaratnya Ditolak, Ini Kata Nazaruddin

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin meminta agar semua institusi penegak hukum mentaati aturan hukum yang ada. Hal ini ...