Jumat, 27 April 2018 | 00.23 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Ahok Tunggu Janji Anies Tutup Alexis

Ahok Tunggu Janji Anies Tutup Alexis

Reporter : Rakisa | Jumat, 21 April 2017 - 14:10 WIB

IMG-22146

Hotel Alexis (Ist)

JAKARTA, kini.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku menunggu rencana penutupan ‘Surga Dunia ‘ Hotel dan Spa Alexis kepada Gubernur DKI terpilih, Anies Baswedan.

“Saya juga nunggu itu (Alexis) ditutup,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (21/4).

Selama menjadi Gubernur, Ahok yang tidak pernah menutup Alexis beralasan tidak menemukan adanya penyalahgunaan narkoba di ‘Surga Dunia’, yang ia populerkan namanya itu.

Pemerintah Provinsi DKI dinilai hanya berani penutup diskotek Milles dan Stadium karena menemukan adanya kasus penggunaan narkoba, sementara keberadaan Alexis yang menjadi tempat hiburan yang konon bagi mereka yang berkantong tebal bisa menikmati layanan plus-plus tidak dipermasalahkan.

Masih dengan dalih, karena dianggap belum menemukan bukti kuat yang mendukung untuk penutupan.

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang unggul dalam hitung cepat dan rekap C1 KPU menyebutkan nasib ‘Surga Dunia’ Lantai Tujuh atau Hotel dan Spa Alexis sangat bergantung pada Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku.

Jika keberadaan ‘Surga Dunia’ itu dinilai melanggar, maka tentunya akan ditutup oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kalau memang melanggar Perda ya ditutuplah. Kan aturannya begitu. Menutup itu karena ada pelanggaran,” tegas Anies di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Anies menegaskan komitmennya setelah nanti dilantik resmi sebagai Gubernur DKI Jakarta akan melaksanakan perda dalam setiap kebijakan. “Komitmen kita melaksanakan perda. Jadi semua pelanggaran akan kita tindak dan perda itulah yang menjadi pegangan,” ujarnya.

Wacana penutupan ‘Surga Dunia’ itu mengemuka dalam debat Pilgub DKI pada 13 Januari 207. Dimana Anies menyebutkan dalam Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Anies berjanji untuk melaksanakan perda tersebut tanpa pandang bulu, termasuk soal penutupan ‘Surga Dunia’ Lantai Tujuh Hotel Alexis itu.

Perda DKI Jakarta tentang Ketertiban Umum No 8 tahun 2007 dalam pasal 42 ayat (2) disebutkan bahwa setiap orang dilarang (a) menyuruh, memfasilitasi, membujuk, memaksa orang lain untuk menjadi penjaja seks komersial, (b) menjadi penjaja seks komersial dan (c) memakai jasa penjaja seks komersial.

Perda DKI Jakarta No.10 tahun 2004 tentang Kepariwisataan, juga disebutkan dalam Pasal 35 ayat (2) huruf (a) bahwa setiap penyelenggaraan kepariwisataan dilarang memanfaatkan tempat kegiatan untuk melakukan perjudian, asusila, peredaran dan pemakaian narkoba, membawa senjata api/tajam serta tindakan pelanggaran hukum lainnya, (b) menggunakan tenaga kerja dibawa umur, (c) menggunakan tenaga kerja warga negara asing.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...