Minggu, 23 Juli 2017 | 05.51 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

Reporter : Fadilah | Senin, 1 Mei 2017 - 09:22 WIB

IMG-22328

Karyawan Bus Transjakarta Demo di kantor Gubernur DKI Jakarta. (Kininews/DIAN)

JAKARTA, kini.co.id – Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan meski ada aksi unjuk rasa 1 May 2017, Transjakarta tetap melayani warga di semua koridor dan rute.

“Jadi pelanggan tidak perlu ragu untuk tetap beraktivitas secara normal,” ujar Budi saat dikonfirmasi, Senin, (1/5/2017)

Bahkan untuk mengantisipasi para peserta berunjuk rasa di jalur Transjakarta, kata Budi, pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatur operasional bus pada Hari Buruh.

“Di samping menempatkan patroli jalur yang turut menjaga kelancaran lalu lintas,” lanjutnya.

Selain itu kata Budi, pihaknya juga telah mengimbau kepada para pengunjuk rasa untuk tidak menutupi jalur Transjakarta atau Busway. Hal tersebut dilakukan untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang menggunakan transportasi umum busway.

Imbauan tersebut rupanya bukan tanpa alasan. Budi bercerita, pada aksi unjuk rasa di Jakarta kerap kali menyebabkan kemacetan yang berdampak pada pelayanan umum.

Misalnya pada aksi 21 Februari 2016 lalu di Gedung DPR RI, berdampak pada pelayanan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit)

“Saat itu, lima halte tidak dapat dilayani, seperti halte Jamsostek, halte LIPI, Halte Semanggi, halte Senayan JCC, dan Halte Slipi Petamburan,” keluhnya.

Akibatnya jumlah penumpang yang dilayani pun menurun. Misalnya seperti pada aksi 4 November 2016 lalu, Transjakarta hanya melayani 316.042 pelanggan.

“Iya itu turunnya signifikan dibanding penumpang transjakarta yang rata-rata dilayani per hari sebanyak 450.000 orang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 500.000 buruh di seluruh Indonesia disebut akan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh yang jatuh tepat pada hari ini, Senin, (1/5/2017).

Dari jumlah tersebut, 150.000 diantaranya akan melakukan aksi di depan Istana Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Mereka pun seperti biasanya akan menyampaikan tuntutannya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
PDI-P Kantongi Tiga Nama untuk Pilgub Jabar
Politik - Minggu, 23 Juli 2017 - 02:04 WIB

PDI-P Kantongi Tiga Nama untuk Pilgub Jabar

Meskipun populiritas dan elektabilitas Ridwan Kamil unggul, namun nampaknya Walikota Bandung itu tidak masuk radar PDI-Perjuangan di Jawa Barat dalam ...
Puncak Harlah PKB ke-19, Ini Tujuh Pesan Cak Imin Kepada Kadernya
Politik - Sabtu, 22 Juli 2017 - 22:59 WIB

Puncak Harlah PKB ke-19, Ini Tujuh Pesan Cak Imin Kepada Kadernya

Malam puncak peringatan Hari Lahir Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-19 dipusatkan di Lapangan DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (22/7) malam, diisi ...
Garda Bangsa Umumkan Pemenang Final Musabaqoh Kitab Kuning 2017
Pendidikan - Sabtu, 22 Juli 2017 - 22:19 WIB

Garda Bangsa Umumkan Pemenang Final Musabaqoh Kitab Kuning 2017

Garda Bangsa Umumkan Pemenang Final Musabaqoh Kitab Kuning 2017 PKBDKN Garda Bangsa mengumumkan nama-nama pemenang Final Lomba Musabaqoh Kitab Kuning ...
Gudang Beras PT IBU Digrebek, DPR Bakal Panggil Mentan
Peristiwa - Sabtu, 22 Juli 2017 - 17:07 WIB

Gudang Beras PT IBU Digrebek, DPR Bakal Panggil Mentan

Komisi IV DPR RI akan segera memanggil Menteri Pertanian terkait penggrebekan 1.000 ton beras oplosan di gudang milik PT Indo ...
Komnas PA: Jangan Ajarkan Anak Kebencian dan Intoleransi
Pendidikan - Sabtu, 22 Juli 2017 - 16:38 WIB

Komnas PA: Jangan Ajarkan Anak Kebencian dan Intoleransi

Anak-anak merupakan aset bangsa yang sungguh berharga. Anak-anak merupakan pesan untuk masa depan. Sehingga harus dididik, dilindungi dan dijamin haknya ...
Kebakaran Hutan Sebabkan Titik Api di Riau
Peristiwa - Sabtu, 22 Juli 2017 - 15:45 WIB

Kebakaran Hutan Sebabkan Titik Api di Riau

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memantau ada delapan titik panas karena kebakaran hutan dan lahan di sejumlah ...