Sabtu, 23 September 2017 | 07.18 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

Reporter : Fadilah | Senin, 1 Mei 2017 - 09:22 WIB

IMG-22328

Karyawan Bus Transjakarta Demo di kantor Gubernur DKI Jakarta. (Kininews/DIAN)

JAKARTA, kini.co.id – Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan meski ada aksi unjuk rasa 1 May 2017, Transjakarta tetap melayani warga di semua koridor dan rute.

“Jadi pelanggan tidak perlu ragu untuk tetap beraktivitas secara normal,” ujar Budi saat dikonfirmasi, Senin, (1/5/2017)

Bahkan untuk mengantisipasi para peserta berunjuk rasa di jalur Transjakarta, kata Budi, pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatur operasional bus pada Hari Buruh.

“Di samping menempatkan patroli jalur yang turut menjaga kelancaran lalu lintas,” lanjutnya.

Selain itu kata Budi, pihaknya juga telah mengimbau kepada para pengunjuk rasa untuk tidak menutupi jalur Transjakarta atau Busway. Hal tersebut dilakukan untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang menggunakan transportasi umum busway.

Imbauan tersebut rupanya bukan tanpa alasan. Budi bercerita, pada aksi unjuk rasa di Jakarta kerap kali menyebabkan kemacetan yang berdampak pada pelayanan umum.

Misalnya pada aksi 21 Februari 2016 lalu di Gedung DPR RI, berdampak pada pelayanan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit)

“Saat itu, lima halte tidak dapat dilayani, seperti halte Jamsostek, halte LIPI, Halte Semanggi, halte Senayan JCC, dan Halte Slipi Petamburan,” keluhnya.

Akibatnya jumlah penumpang yang dilayani pun menurun. Misalnya seperti pada aksi 4 November 2016 lalu, Transjakarta hanya melayani 316.042 pelanggan.

“Iya itu turunnya signifikan dibanding penumpang transjakarta yang rata-rata dilayani per hari sebanyak 450.000 orang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 500.000 buruh di seluruh Indonesia disebut akan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh yang jatuh tepat pada hari ini, Senin, (1/5/2017).

Dari jumlah tersebut, 150.000 diantaranya akan melakukan aksi di depan Istana Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Mereka pun seperti biasanya akan menyampaikan tuntutannya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Buka Kejurnas Karate 2017, ini pesan Panglima TNI
Peristiwa - Sabtu, 23 September 2017 - 01:22 WIB

Buka Kejurnas Karate 2017, ini pesan Panglima TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo membuka secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI ke-V Tahun 2017, yang ...
Satu Mobil Jaguar milik M Sanusi tak laku dilelang
Peristiwa - Sabtu, 23 September 2017 - 01:02 WIB

Satu Mobil Jaguar milik M Sanusi tak laku dilelang

Lelang barang sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DKJN) selesai digelar, Jumat (22/9) sore ...
Hakim tolak eksepsi KPK, praperadilan Novanto dilanjut
Hukum - Sabtu, 23 September 2017 - 00:08 WIB

Hakim tolak eksepsi KPK, praperadilan Novanto dilanjut

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melalui Hakim Tunggal Chepy Iskandar menolak eksepsi yang diajukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sidang praperadilan ...
Soal nobar G30S/PKI, Panglima TNI: Menhan tak punya kewenangan terhadap saya
Peristiwa - Jumat, 22 September 2017 - 23:59 WIB

Soal nobar G30S/PKI, Panglima TNI: Menhan tak punya kewenangan terhadap saya

Menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu yang menuding Panglima TNI memaksa anggotanya untuk nonton film Pengkhianatan G30S/PKI.Panglima TNI Jenderal ...
Dalil yang diajukan Setya Novanto disanggah tuntas KPK
Hukum - Jumat, 22 September 2017 - 21:05 WIB

Dalil yang diajukan Setya Novanto disanggah tuntas KPK

Seluruh permohonan yang diajukan tim penasehat hukum Setya Novanto dijawab tuntas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sidang lanjutan praperadilan ...
Diduga sarang dirusak penyebab ribuan lebah menempel di sayap pesawat
Peristiwa - Jumat, 22 September 2017 - 20:46 WIB

Diduga sarang dirusak penyebab ribuan lebah menempel di sayap pesawat

Manajemen Citilink Indonesia menyebutkan penyebab ribuan lebah nemempel disayap pesawat tujuan Batam- Kualanamu diduga karea habitat atau sarang lebah terganggu ...