Sabtu, 27 Mei 2017 | 13.03 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

Reporter : Fadilah | Senin, 1 Mei 2017 - 09:22 WIB

IMG-22328

Karyawan Bus Transjakarta Demo di kantor Gubernur DKI Jakarta. (Kininews/DIAN)

JAKARTA, kini.co.id – Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan meski ada aksi unjuk rasa 1 May 2017, Transjakarta tetap melayani warga di semua koridor dan rute.

“Jadi pelanggan tidak perlu ragu untuk tetap beraktivitas secara normal,” ujar Budi saat dikonfirmasi, Senin, (1/5/2017)

Bahkan untuk mengantisipasi para peserta berunjuk rasa di jalur Transjakarta, kata Budi, pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatur operasional bus pada Hari Buruh.

“Di samping menempatkan patroli jalur yang turut menjaga kelancaran lalu lintas,” lanjutnya.

Selain itu kata Budi, pihaknya juga telah mengimbau kepada para pengunjuk rasa untuk tidak menutupi jalur Transjakarta atau Busway. Hal tersebut dilakukan untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang menggunakan transportasi umum busway.

Imbauan tersebut rupanya bukan tanpa alasan. Budi bercerita, pada aksi unjuk rasa di Jakarta kerap kali menyebabkan kemacetan yang berdampak pada pelayanan umum.

Misalnya pada aksi 21 Februari 2016 lalu di Gedung DPR RI, berdampak pada pelayanan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit)

“Saat itu, lima halte tidak dapat dilayani, seperti halte Jamsostek, halte LIPI, Halte Semanggi, halte Senayan JCC, dan Halte Slipi Petamburan,” keluhnya.

Akibatnya jumlah penumpang yang dilayani pun menurun. Misalnya seperti pada aksi 4 November 2016 lalu, Transjakarta hanya melayani 316.042 pelanggan.

“Iya itu turunnya signifikan dibanding penumpang transjakarta yang rata-rata dilayani per hari sebanyak 450.000 orang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 500.000 buruh di seluruh Indonesia disebut akan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh yang jatuh tepat pada hari ini, Senin, (1/5/2017).

Dari jumlah tersebut, 150.000 diantaranya akan melakukan aksi di depan Istana Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Mereka pun seperti biasanya akan menyampaikan tuntutannya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Tak Pulang Dua Hari, Eddy Tewas di Atas Rumah
Peristiwa - Sabtu, 27 Mei 2017 - 12:07 WIB

Tak Pulang Dua Hari, Eddy Tewas di Atas Rumah

Sungguh tragis nasib Sulaidawati, setelah mencari suaminya Eddy Suprianto (60) selama dua hari tidak ketemu, sejak Rabu (24/5/2017). Namun, suaminya ...
Diduga Tersengat Aliran Listrik ACCU Mobol, Tawi Tewas
Peristiwa - Sabtu, 27 Mei 2017 - 12:04 WIB

Diduga Tersengat Aliran Listrik ACCU Mobol, Tawi Tewas

Seorang pekerja di CV Parma, Kampung Cikiwul RT 003 RW 001, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, tewas setelah jatuh tergeletak dan ...
KPK OTT Tujuh Orang dari BPK dan Kementrian
Hukum - Jumat, 26 Mei 2017 - 23:23 WIB

KPK OTT Tujuh Orang dari BPK dan Kementrian

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan tangkap tangan terhadap tujuh orang dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Pejabat Kementerian Desa, ...
Ledakan Kampung Melayu Gunakan Serbuk Mother of Satan
Hukum - Jumat, 26 Mei 2017 - 23:07 WIB

Ledakan Kampung Melayu Gunakan Serbuk Mother of Satan

Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan jenis bahan peledak yang digunakan Ahmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam dalam melakukan aksinya, Rabu ...
Ahmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam Pelaku Peledakan di Kampung Melayu
Peristiwa - Jumat, 26 Mei 2017 - 22:57 WIB

Ahmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam Pelaku Peledakan di Kampung Melayu

Identitas pelaku peledakan di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu (24/5) malam lalu telah terindentifikasi berdasarkan hasil test DNA. ...
Panglima TNI Minta Media Awasi Kasus Korupsi Heli
Hukum - Jumat, 26 Mei 2017 - 22:14 WIB

Panglima TNI Minta Media Awasi Kasus Korupsi Heli

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo berjanji akan terbuka soal penyidikan dugaan tindak pidana korupsi pengadaan helikopter militer AgustaWestland (AW)-101."Jangan khawatir ...