Selasa, 16 Januari 2018 | 18.20 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

May Day, Transjakarta Tetap Beroperasi

Reporter : Fadilah | Senin, 1 Mei 2017 - 09:22 WIB

IMG-22328

Karyawan Bus Transjakarta Demo di kantor Gubernur DKI Jakarta. (Kininews/DIAN)

JAKARTA, kini.co.id – Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan meski ada aksi unjuk rasa 1 May 2017, Transjakarta tetap melayani warga di semua koridor dan rute.

“Jadi pelanggan tidak perlu ragu untuk tetap beraktivitas secara normal,” ujar Budi saat dikonfirmasi, Senin, (1/5/2017)

Bahkan untuk mengantisipasi para peserta berunjuk rasa di jalur Transjakarta, kata Budi, pihaknya bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatur operasional bus pada Hari Buruh.

“Di samping menempatkan patroli jalur yang turut menjaga kelancaran lalu lintas,” lanjutnya.

Selain itu kata Budi, pihaknya juga telah mengimbau kepada para pengunjuk rasa untuk tidak menutupi jalur Transjakarta atau Busway. Hal tersebut dilakukan untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang menggunakan transportasi umum busway.

Imbauan tersebut rupanya bukan tanpa alasan. Budi bercerita, pada aksi unjuk rasa di Jakarta kerap kali menyebabkan kemacetan yang berdampak pada pelayanan umum.

Misalnya pada aksi 21 Februari 2016 lalu di Gedung DPR RI, berdampak pada pelayanan Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit)

“Saat itu, lima halte tidak dapat dilayani, seperti halte Jamsostek, halte LIPI, Halte Semanggi, halte Senayan JCC, dan Halte Slipi Petamburan,” keluhnya.

Akibatnya jumlah penumpang yang dilayani pun menurun. Misalnya seperti pada aksi 4 November 2016 lalu, Transjakarta hanya melayani 316.042 pelanggan.

“Iya itu turunnya signifikan dibanding penumpang transjakarta yang rata-rata dilayani per hari sebanyak 450.000 orang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 500.000 buruh di seluruh Indonesia disebut akan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh yang jatuh tepat pada hari ini, Senin, (1/5/2017).

Dari jumlah tersebut, 150.000 diantaranya akan melakukan aksi di depan Istana Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Mereka pun seperti biasanya akan menyampaikan tuntutannya.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Polri keluarkan 13 aturan untuk anggotanya di Pilkada serentak
Hukum - Selasa, 16 Januari 2018 - 17:36 WIB

Polri keluarkan 13 aturan untuk anggotanya di Pilkada serentak

Mabes Polri menegaskan jika 10 orang anggota Polri yang ikut maju dalam Pilkada serentak masih berstatus polisi hingga penetapan pasangan ...
JK Sebut Prabowo Tak Minta Mahar Ketika Sodorkan Anies Baswedan
Politik - Selasa, 16 Januari 2018 - 16:14 WIB

JK Sebut Prabowo Tak Minta Mahar Ketika Sodorkan Anies Baswedan

Pernyataan La Nyalla terkait mahar politik yang diminta Ketum Gerindra Prabowo Subianto menuai banyak reaksi di masyarakat.Sebagaian masyarakat tak menyangka ...
Zulhas: Sebentar Lagi Panen Raya, Impor Beras Akan Rugikan Petani
Ekonomi - Selasa, 16 Januari 2018 - 15:16 WIB

Zulhas: Sebentar Lagi Panen Raya, Impor Beras Akan Rugikan Petani

Zulkifli Hasan Selaku Ketua MPR RI mengkritisi rencana pemerintah yang akan mengimport beras dari Vietnam dan Thailand. Ia juga menyapaikan ...
12 Pasien Korban Ambruknya Gedung BEI Sudah Dibolehkan Pulang dari RS
Peristiwa - Selasa, 16 Januari 2018 - 15:13 WIB

12 Pasien Korban Ambruknya Gedung BEI Sudah Dibolehkan Pulang dari RS

Dua belas pasien korban ambruknya selasar Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta sudah diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit (RS)."Kedua belas ...
Istri Melahirkan, PNS Bisa Ajukan Cuti
Pendidikan - Selasa, 16 Januari 2018 - 14:49 WIB

Istri Melahirkan, PNS Bisa Ajukan Cuti

Cuti melahirkan kini tak hanya diperbolehkan untuk wanita. Para pegawai negeri sipil (PNS) pria di Indonesia kini juga bisa mengajukan ...
Begini Kinerja Ketua DPR Baru Menurut Agus Hermanto
Politik - Selasa, 16 Januari 2018 - 13:39 WIB

Begini Kinerja Ketua DPR Baru Menurut Agus Hermanto

Telah dilantiknya Ketua DPR RI baru tentunya membawa suasana dan semangat baru di lingkungan Parlemen.Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto ...