Minggu, 22 April 2018 | 11.23 WIB
KiniNEWS>Nasional>Tak Berkategori>Bantu Kualitas Pendidikan, USAID Melatih 17.230 Pendidik di Jatim

Bantu Kualitas Pendidikan, USAID Melatih 17.230 Pendidik di Jatim

Reporter : Rakisa | Selasa, 2 Mei 2017 - 13:35 WIB

IMG-22351

Direktur USAID Erin Elizabeth Mckee saat bertemu Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo. (kininews/rakisa)

SURABAYA, kini.co.id – Melalui program pendidikan yang diberi nama PRIORITAS, United States Agency for International Development (USAID) telah bermitra dengan Provinsi Jawa Timur dalam kurun waktu 2012-2017.

Dalam kurun waktu tersebut, program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik melalui sejumlah pelatihan bagi guru, kepala sekolah, pengawas, dan komite sekolah ini, telah melatih sebanyak 17.230 pendidik.

Memasuki akhir program, USAID PRIORITAS akan menuntaskan kegiatannya di Jatim hingga Bulan Juli 2017 nanti.

Silvana Erlina Koordinator USAID PRIORITAS Jatim mengatakan bahwa USAID PRIORITAS yang bekerja di 19 kabupaten/kota menggelar roadshow penutupan program sekaligus meminta komitmen dari para pemangku pendidikan di kabupaten/kota untuk terus menjaga kualitas pendidikannya.

Kendala utama yang dihadapi dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten/kota adalah sangat bergantung kepada komitmen kepala daerah dan pemangku kebijakan dalam pendidikan hingga ke level kepala sekolah.

“Sebagus apapun kualitas guru, apabila dia tidak didukung oleh kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan lainnya, maka dia hanya akan menyebarluaskan praktik baiknya di kelasnya saja. Padahal praktik baik yang dilakukan guru perlu disebarkan pada guru lainnya dalam forum kelompok kerja guru,” kata Silvana dalam keterangan persnya, Selasa (2/5).

“Sejauh ini kami sudah bertemu dengan pemangku pendidikan di 6 kabupaten/kota dan mereka semua menyatakan siap untuk meneruskan Program USAID PRIORITAS dengan menganggarkan dana untuk peningkatan kualitas pendidikan melalui pelatihan,” tambahnya.

Hingga akhir Mei nanti, Silvana akan mengadakan pertemuan dengan 13 kabupaten/kota lainnya. Ke-19 kabupaten/kota tersebut yakni Bangkalan, Lamongan, Sampang, Sidoarjo, Nganjuk, Lumajang, Situbondo, Pamekasan, Pasuruan, Banyuwangi, Kota Mojokerto, Ngawi, Madiun, Jombang, Blitar, Kota Batu, Kab Mojokerto, Tuban, dan Bojonegoro.

Sementara itu Direktur USAID Erin Elizabeth Mckee yang baru saja bertemu Gubernur Jawa Timur menyebutkan bahwa USAID masih akan bekerjasama dengan Pemprov Jatim di beberapa bidang antara lain, pendidikan, kesehatan, air dan sanitasi.

“USAID menangani berbagi sektor di Jawa Timur, yang saya bicarakan dengan pak gubernur tadi adalah tentang pendidikan, lingkungan, air bersih dan sanitasi serta pemerintahan yang baik,” ujar Erin.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jatim Soekarwo berharap keberhasilan USAID di Jatim dilanjutkan khususnya untuk daerah di Pulau Madura, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Probolinggo.

“Kerjasama Pemprov Jatim dengan USAID terutama dibidang pendidikan akan habis pada Juli ini. Mohon diperpanjang keberhasilan program-program USAID tidak hanya di Tulungagung dan Jember, tetapi juga di Bondowoso, Situbondo, Probolinggo dan seluruh Madura,” tegas Pakde Karwo.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...