Jumat, 27 April 2018 | 00.11 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Pendukung Ahok Serbu Mako Brimob

Pendukung Ahok Serbu Mako Brimob

Reporter : Rakisa | Rabu, 10 Mei 2017 - 16:02 WIB

IMG-22571

Masa pendukung Ahok di depan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya )

DEPOK, kini.co.id – Puluhan pendukung terpidana kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berdatangan ke Mako Brimob di Kelapa Dua, Depok, salah satunya budayawan Goenawan Mohamad.

Mereka membawa mawar putih dan kertas berisi tulisan dukungan untuk Ahok dibagikan di kalangan para pendukung lainnya. Dan juga sempat berdoa bersama di depan halaman Mako Brimob, bahkan ada yang menangis tersedu-sedu.

Sebelumnya, mobil yang diduga dinaiki Wakapolri Komjen Syafruddin memasuki Mako Brimob. Bersamaan itu, terdengar suara letusan mirip senjata api di dalam Mako Brimob, tak jauh dari gerbang.

Seseorang yang tidak diketahui identitasnya kemudian ditangkap dan kemudian dibawa petugas.

Area di depan gerbang yang awalnya menjadi tempat awak media berkerumun disterilkan, dijaga oleh tiga anjing pelacak dan pawangnya.

Seperti diketahui majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan hukuman penjara dua tahun kepada Basuki dalam perkara penodaan agama, Basuki langsung dibawa ke Rumah Tahanan Klas I Cipinang di Jakarta Timur.

Massa pendukung Ahok, yang sebelumnya memenuhi Balai Kota dengan karangan bunga dan balon dan memberikan dukungan semangat selama persidangan, kemudian bergerak ke Rutan Cipinang.

Mereka beberapa kali mendorong dan menggedor pagar gerbang Rutan Cipinang, berusaha membukanya. Mereka juga kerap memukul-mukulkan tongkat ke pagar gerbang rutan.

Mereka menuntut Ahok dibebaskan dari tahanan meski majelis hakim sudah menjatuhkan hukuman penjara dan memerintahkan penahanannya pada Selasa siang.

Pendukung Ahok baru membubarkan diri pukul 22.00 WIB, setelah Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta yang juga pasangan Ahok di Pilkada DKI 2017, Djarot Saiful Hidayat, mendatangi mereka dan menyampaikan pesan dari Ahok.

Meski demikian, mereka berencana kembali menggelar aksi untuk menuntut pembebasan Ahok di depan Rutan Cipinang hari ini mulai pukul 14.00 WIB.

Namun dini hari tadi Basuki dipindahkan dari Cipinang ke Mako Brimob Kelapa Dua. Kali ini mereka pun kembali mendatangi tempat penahanan Ahok, dengan tuntutan yang sama meminta Ahok dibebaskan.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK
Peristiwa - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
PKS siapkan sembilan nama untuk  kalahkan Jokowi di Pilpres 2019
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau
Politik - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir
Hukum - Selasa, 27 Maret 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...