Kamis, 22 Februari 2018 | 19.32 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Ini Strategi PT Jasa Marga Antisipasi Peningkatan Volume Kendaraan

Ini Strategi PT Jasa Marga Antisipasi Peningkatan Volume Kendaraan

Reporter : Ardiansyah | Rabu, 10 Mei 2017 - 21:28 WIB

IMG-22590

Konferensi pers di kantor cabang Jasa Marga Bekasi. (kininews/ardiansyah)

BEKASI, kini.co.id – PT Jasa Marga (perero) mengatur strategi mengantisipasi adanya peningkatan volume kendaraan yang melintas, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Strategi ini dilakukan adanya hari kejepit nasional 11 Mei 2017 besok, dan libur arus mudik lebaran Juni 2017 mendatang.

PT Jasa Marga juga mengupayakan pengaturan pada 25 Mei 2017 mendatang, atau hari raya kenaian Isa Almasih, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Kita semaksimal mungkin akan mengupayakan tidak adanya hambatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata General Manager Cristianto, Rabu (10/5/2017) saat menggelar koonferensi pers di kantor cabang Jasa Marga Bekasi.

Hambatan itu, lanjut Cristianto, seperti terjadinya penumpukkan kendaraan di Gerbang Tol (GT) jalan Tol Jakarta-Cikampek. Tidak terkecuali di GT Cikarang Utama. Ia memproyeksikan, kenaikan volume kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanding dengan naiknya volume kendaraan pada beberapa pekan kebelakang.

“Tidak akan meingkat signifikan, kemungkinan akan sama seperti longwekeend yang terjadi pada 3 minggu belakangan ini, 4,2 persen. Titik kumpul kendaraan juga akan sama terjadi di GT Cikarang Utama,” tutur Cristianto.

Jasa Marga memperkirakan, terdapat tiga titik gangguan lalulintas yang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama libur panjang. Seperti Simpang Susun (SS) Cikunir, Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) dan gangguan lalulintas.

SS Cikunir merupakan pertemuan tiga arah, yaitu dari Cawang, Cakung dan Cikunir (C3). Arus kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Bekasi Barat atau Cikampek akan berada di titik pertemuan kendaraan di SS Cikunir.

kata Crisntianto, SS Cikunir diprediksi cukup rawan terjadi kepadatan lalulintas. Itu karena volume kendaraan tinggi sehingga kerap terjadi perlambatan kendaran lalu lintas.

Jasa Marga juga akan melakukan penanganan lalulintas di SS Cikunir dengan menutup bukaan Moveable Concrete Barrier (MCB) pada merging Ramp 5 dan Ramp 1. Menjaga konsistensi jumlah lajur sepanjang kolong flyOver (3 lajur di bawah Fly Over).

“Menambah kapasitas lajur dari arah Jatiasih dan Cawang, juga dilakukan pengalihan sebanyak 30 persen untuk golongan I yang menuju Cikampek dari Tol JORR melalui GT Kalimalang 2, dan 70 persennya tetap melalui Ramp 5,” terang dia.

Saat ini pihaknya mengaku sudah menyiapkan strategi buka tutup TI dan TIP berkoordinasi dengan pihak kepolisian di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Arah Cikampek difokuskan berada di Km 19, Km 33, Km 39, Km 57. Serta arah Jakarta di Km 62, Km 52 dan Km 42.

“Saat arus balik dilakukan Contraflow Km 65+000 sampai Km 50+000. Apabila sudah sangat diperlukan dengan tujuan mengatur arus/flow lalu lintas agar tidak ada satu ruas jalan tol yang padat sementara ruas Jalan Tol lain lenggang,” jelas Cristianto.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara  BNPB
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:31 WIB

Daftar korban longsor Brebes menurut data sementara BNPB

Tim SAR gabungan hingga saat ini masih terus melakukan upaya pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir ...
Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 19:16 WIB

Banyak Politisi yang Numpang Tenar, Novel Diminta Hati- hati

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke Indonesia setelah 10 bulan lamanya menjalani perawatan di RS ...
Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 16:04 WIB

Kembali ke Indonesia, KPK Pastikan Keamanan Novel Baswedan

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah kembali ke tanah air setelah melakukan perawatan di sebuah Rumah Sakit ...
Sinabung Erupsi, DPR Sarankan BNPB dengan BPBD Berkoordinasi
Politik - Kamis, 22 Februari 2018 - 15:56 WIB

Sinabung Erupsi, DPR Sarankan BNPB dengan BPBD Berkoordinasi

Ratusan warga Selandi Lama, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang berjarak sekitar radius 4 Kilometer dari puncak Gunung Sinabung ...
Pimpinan KPK Harap Pelaku Teror Air Keras Novel Segera Ditangkap
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 15:49 WIB

Pimpinan KPK Harap Pelaku Teror Air Keras Novel Segera Ditangkap

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode Muhammad Syarif mengucapkan terimakasih atas doa, dukungan dan simpati yang diberikan oleh masyarakat ...
Novel Baswedan: Teror Ini Jadi Penyemangat Saya Berantas Korupsi
Peristiwa - Kamis, 22 Februari 2018 - 15:25 WIB

Novel Baswedan: Teror Ini Jadi Penyemangat Saya Berantas Korupsi

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan tidak ingin penyerangan terhadapnya ini menjadi sebuah kelemahan dalam memberantas korupsi."Tetapi saya ...