Senin, 20 November 2017 | 20.34 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Pilkada Serentak 2018, PDIP Gelar Rakornas

Pilkada Serentak 2018, PDIP Gelar Rakornas

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 19 Mei 2017 - 22:19 WIB

IMG-22780

Ilustrasi

BEKASI, kini.co.id – PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Inna The Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, 19-21 Mei 2017. Dalam rakernas tersebut salah satunya membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Politik DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Henu Sunarko mengatakan, rakernas tersebut juga akan membahas persiapan verifikasi partai politik, program partai, termasuk situasi politik nasional.

“Pilkada serentak (2018) salah satu agenda yang akan dibahas, termasuk Pilkada Kota Bekasi dan pemilihan gubernur Jawa Barat,” ujar Henu, Jumat (19/5/2017).

Henu mengungkapkan, rakernas salah satu langkah persiapan internal partai menghadapi Pilgub Jabar 2018 mendatang. Delegasi dari DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi dan DPD PDI Perjuangan Jabar akan menerima masukan untuk menghadapi pesta demokari lima tahunan tersebut.

Henu mengatakan setiap utusan yang datang ke lokasi rakernas sudah membawa pesan yang akan disampaikan untuk dapat dijabarkan dalam forum rakernas nanti.

“DPC sudah berangkat kemarin, sehari sebelum rakernas mereka berangkat,” katanya.

Sejauh PDI Perjuangan masih mengunci rapat calon yang akan diusung dalam Pilgub Jabar 2018. Padahal, selama sudah santer tersiar terdapat empat kader yang dikaitkan.

Mereka yakni, Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tb Hasanuddin, Sekjend DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Abdy Yuwana, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Waras Warsito.

Keempat nama tersebut juga sejauh belum mendapatkan sikap resmi dari DPP PDI Perjuangan. Henu mengatakan, calon yang akan diusung dipersiapakan sematang mungkin.

Pasalnya, kata dia, partai belajar dari kekalahan Pilkada DKI Jakarta, sehingga calon yang dipersiapkan memahami dinamika politik pasca pertarungan ibu kota.

“Persiapan yang sangat matang karena kami sendiri belajar dari Pilkada DKI Jakarta. Semoga saja hasil rakernas ada langkah baru untuk pemilihan gubernur Jawa Barat,” tandas dia.

Kabarnya, peserta Rakernas PDI Perjuangan mencapai 1.253 orang. Dengan rincian, DPP sebanyak 27 orang, DPD Provinsi se-Indonesia 136 orang, DPC kota/kabupaten dari seluruh Indonesia 1.034 orang, serta Badan Organisasi dan Sayap Partai 56 orang.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Dirut Garuda Sambangi KPK Klarifikasi Soal LHKPN
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 17:17 WIB

Dirut Garuda Sambangi KPK Klarifikasi Soal LHKPN

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk, Pahala N Mansury menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terletak di Jalan ...
PAN Desak Golkar untuk Pergantian Kursi Ketua DPR
Politik - Senin, 20 November 2017 - 17:12 WIB

PAN Desak Golkar untuk Pergantian Kursi Ketua DPR

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Yandri Susanto mendesak Partai Golkar mengganti Setya Novanto dari kursi Ketua DPR RI. ...
Proses hukum terhadap pimpinan KPK tergantung bukti
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 17:00 WIB

Proses hukum terhadap pimpinan KPK tergantung bukti

Wakapolri Komisaris Jenderal Syafrudin menegaskan kelanjutan proses hukum terhadap dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan pemalsuan surat dan ...
Nasdem minta Pemerintah tidak gantung terus  RUU Otsus Papua
Politik - Senin, 20 November 2017 - 16:01 WIB

Nasdem minta Pemerintah tidak gantung terus RUU Otsus Papua

Anggota Badan Legislasi DPR Sulaeman L. Hamzah menyatakan gelisah dengan nasib RUU Otsus Papua.Pasalnya, hingga saat ini RUU tersebut belum ...
Ketua DPR Masuk Bui, MKD Segera Ambil Sikap
Politik - Senin, 20 November 2017 - 15:42 WIB

Ketua DPR Masuk Bui, MKD Segera Ambil Sikap

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sarifudin Sudding mengatakan, lembaganya segera mengambil sikap pacaspenahanan Ketua DPR Setya Novanto oleh KPK."Hari ini ...
Terkait Impor Tiang Pancang, Komisi VI: Akibat Rencana Pemerintah Kurang Matang
Ekonomi - Senin, 20 November 2017 - 15:33 WIB

Terkait Impor Tiang Pancang, Komisi VI: Akibat Rencana Pemerintah Kurang Matang

Bambang Haryo selaku Anggota Komisi VI DPR RI, sangat menyayangkan langkah yang diambil BUMN PT Waskiya Karya untuk mengimpor tiang ...