Senin, 26 Juni 2017 | 00.25 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Pilkada Serentak 2018, PDIP Gelar Rakornas

Pilkada Serentak 2018, PDIP Gelar Rakornas

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 19 Mei 2017 - 22:19 WIB

IMG-22780

Ilustrasi

BEKASI, kini.co.id – PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Inna The Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, 19-21 Mei 2017. Dalam rakernas tersebut salah satunya membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Politik DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Henu Sunarko mengatakan, rakernas tersebut juga akan membahas persiapan verifikasi partai politik, program partai, termasuk situasi politik nasional.

“Pilkada serentak (2018) salah satu agenda yang akan dibahas, termasuk Pilkada Kota Bekasi dan pemilihan gubernur Jawa Barat,” ujar Henu, Jumat (19/5/2017).

Henu mengungkapkan, rakernas salah satu langkah persiapan internal partai menghadapi Pilgub Jabar 2018 mendatang. Delegasi dari DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi dan DPD PDI Perjuangan Jabar akan menerima masukan untuk menghadapi pesta demokari lima tahunan tersebut.

Henu mengatakan setiap utusan yang datang ke lokasi rakernas sudah membawa pesan yang akan disampaikan untuk dapat dijabarkan dalam forum rakernas nanti.

“DPC sudah berangkat kemarin, sehari sebelum rakernas mereka berangkat,” katanya.

Sejauh PDI Perjuangan masih mengunci rapat calon yang akan diusung dalam Pilgub Jabar 2018. Padahal, selama sudah santer tersiar terdapat empat kader yang dikaitkan.

Mereka yakni, Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tb Hasanuddin, Sekjend DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Abdy Yuwana, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Waras Warsito.

Keempat nama tersebut juga sejauh belum mendapatkan sikap resmi dari DPP PDI Perjuangan. Henu mengatakan, calon yang akan diusung dipersiapakan sematang mungkin.

Pasalnya, kata dia, partai belajar dari kekalahan Pilkada DKI Jakarta, sehingga calon yang dipersiapkan memahami dinamika politik pasca pertarungan ibu kota.

“Persiapan yang sangat matang karena kami sendiri belajar dari Pilkada DKI Jakarta. Semoga saja hasil rakernas ada langkah baru untuk pemilihan gubernur Jawa Barat,” tandas dia.

Kabarnya, peserta Rakernas PDI Perjuangan mencapai 1.253 orang. Dengan rincian, DPP sebanyak 27 orang, DPD Provinsi se-Indonesia 136 orang, DPC kota/kabupaten dari seluruh Indonesia 1.034 orang, serta Badan Organisasi dan Sayap Partai 56 orang.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Pemerintah Dukung Polri Tindak Pelaku Penyerangan di Sumut
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 23:02 WIB

Pemerintah Dukung Polri Tindak Pelaku Penyerangan di Sumut

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, pemerintah mendukung aparat kepolisian untuk menindak pelaku penyerangan di Mapolda Sumatera Utara, Minggu (25/6) dini ...
GNPF-MUI Berharap Hubungan Dengan Pemerintah Cair Pasca Lebaran
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 22:46 WIB

GNPF-MUI Berharap Hubungan Dengan Pemerintah Cair Pasca Lebaran

Pengurus GNPF-MUI berharap agar hubungannya dengan pemerintah dapat mencair usai Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah."Kami diterima Presiden dalam rangka ...
Ini Poin-poin Hasil Pertemuan Jokowi dengan GNPF-MUI
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 22:32 WIB

Ini Poin-poin Hasil Pertemuan Jokowi dengan GNPF-MUI

Tim GNPF-MUI menggelar pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (25/6). Pertemuan Presiden dengan GNPF MUI cukup mendadak ...
Polisi Geledah Percetakan Logo IS usai Penyerangan Mapolda Sumut
Nasional - Minggu, 25 Juni 2017 - 21:37 WIB

Polisi Geledah Percetakan Logo IS usai Penyerangan Mapolda Sumut

Paska insiden penyerangan yang dilakukan Hendra dan Sawaludin Pakhpahan, yang diduga merupakan pendukung Islamic State terhadap anggota polisi di ...
Dua Orang Pelaku Diduga Pendukung IS Serang Anggota Polda Sumut
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 20:59 WIB

Dua Orang Pelaku Diduga Pendukung IS Serang Anggota Polda Sumut

Dua orang pelaku yang diduga merupakan pendukung Islamic State , melakukan penyerangan terhadap dua anggota Polda Sumatera Utara yang tengah ...
Ketua GNPF-MUI: Berislamlah Secara Kaffah, Jangan Berikan yang Sisa
Peristiwa - Minggu, 25 Juni 2017 - 11:01 WIB

Ketua GNPF-MUI: Berislamlah Secara Kaffah, Jangan Berikan yang Sisa

Ketua GNPF-MUI, KH Bachtiar Nasir dalam khutbah Idul Fitri 1438 Hijriyah di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (25/6) menyebutkan ...