Sabtu, 19 Agustus 2017 | 07.06 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>Pilkada Serentak 2018, PDIP Gelar Rakornas

Pilkada Serentak 2018, PDIP Gelar Rakornas

Reporter : Ardiansyah | Jumat, 19 Mei 2017 - 22:19 WIB

IMG-22780

Ilustrasi

BEKASI, kini.co.id – PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Inna The Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, 19-21 Mei 2017. Dalam rakernas tersebut salah satunya membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Politik DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Henu Sunarko mengatakan, rakernas tersebut juga akan membahas persiapan verifikasi partai politik, program partai, termasuk situasi politik nasional.

“Pilkada serentak (2018) salah satu agenda yang akan dibahas, termasuk Pilkada Kota Bekasi dan pemilihan gubernur Jawa Barat,” ujar Henu, Jumat (19/5/2017).

Henu mengungkapkan, rakernas salah satu langkah persiapan internal partai menghadapi Pilgub Jabar 2018 mendatang. Delegasi dari DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi dan DPD PDI Perjuangan Jabar akan menerima masukan untuk menghadapi pesta demokari lima tahunan tersebut.

Henu mengatakan setiap utusan yang datang ke lokasi rakernas sudah membawa pesan yang akan disampaikan untuk dapat dijabarkan dalam forum rakernas nanti.

“DPC sudah berangkat kemarin, sehari sebelum rakernas mereka berangkat,” katanya.

Sejauh PDI Perjuangan masih mengunci rapat calon yang akan diusung dalam Pilgub Jabar 2018. Padahal, selama sudah santer tersiar terdapat empat kader yang dikaitkan.

Mereka yakni, Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tb Hasanuddin, Sekjend DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Abdy Yuwana, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Waras Warsito.

Keempat nama tersebut juga sejauh belum mendapatkan sikap resmi dari DPP PDI Perjuangan. Henu mengatakan, calon yang akan diusung dipersiapakan sematang mungkin.

Pasalnya, kata dia, partai belajar dari kekalahan Pilkada DKI Jakarta, sehingga calon yang dipersiapkan memahami dinamika politik pasca pertarungan ibu kota.

“Persiapan yang sangat matang karena kami sendiri belajar dari Pilkada DKI Jakarta. Semoga saja hasil rakernas ada langkah baru untuk pemilihan gubernur Jawa Barat,” tandas dia.

Kabarnya, peserta Rakernas PDI Perjuangan mencapai 1.253 orang. Dengan rincian, DPP sebanyak 27 orang, DPD Provinsi se-Indonesia 136 orang, DPC kota/kabupaten dari seluruh Indonesia 1.034 orang, serta Badan Organisasi dan Sayap Partai 56 orang.

Editor: Armand

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Syukuran Ultah Ke-67, OSO Mengaku Bahagia Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi
Politik - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 01:04 WIB

Syukuran Ultah Ke-67, OSO Mengaku Bahagia Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang alias OSO menggelar syukuran ulang tahun yang ke-67 di kediamannya kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ...
Fraksi PPP Inisiasi Pembentukan Satgas Kasus First Travel
Hukum - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 00:02 WIB

Fraksi PPP Inisiasi Pembentukan Satgas Kasus First Travel

Menindaklanjuti pengaduan ratusan calon jamaah umroh korban penipuan First Travel, lembaga DPR menegaskan akan mengusut gagalnya perusahaan yang memberangkatkan umrah ...
Jamaah First Travel Ngadu ke DPR Ingin Tetap Berangkat Umroh
Hukum - Jumat, 18 Agustus 2017 - 23:47 WIB

Jamaah First Travel Ngadu ke DPR Ingin Tetap Berangkat Umroh

Ratusan korban jamaah umroh First Travel yang mengadukan nasibnya ke DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8) siang. Pada pertemuan itu mereka ...
China Development Bank Akan Buka Perwakilan di Indonesia
Ekonomi - Jumat, 18 Agustus 2017 - 22:29 WIB

China Development Bank Akan Buka Perwakilan di Indonesia

Investasi China ke Indonesia akan joran-joran seiring dengan sejumlah proyek insfrastruktur yang dibiayainya di tanah air, seperti kereta cepat Jakarta-Surabaya ...
Guyuran Bansos Pemerintahan Jokowi-JK di 2018
Politik - Jumat, 18 Agustus 2017 - 20:50 WIB

Guyuran Bansos Pemerintahan Jokowi-JK di 2018

Satu tahun menjelang Pemilihan Umum 2019, anggaran bantuan sosial pemerintahan Jokowi-JK melonjak ditahun 2018 naik dan jor-joran. Tak hanya dari ...
Isak Tangis Korban First Travel Adukan Nasibnya di DPR
Hukum - Jumat, 18 Agustus 2017 - 20:13 WIB

Isak Tangis Korban First Travel Adukan Nasibnya di DPR

Ratusan korban biro perjalanan umrah First Travel mengadukan nasibnya ke DPR dan diterima Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kompleks ...