Selasa, 17 Oktober 2017 | 16.18 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Lagi Wartawan Alami Kekerasan Saat Meliput

Lagi Wartawan Alami Kekerasan Saat Meliput

Senin, 19 Juni 2017 - 01:36 WIB

IMG-23422

Video kekerasan wartawan Antara oleh personel Brimob. (ist)

Jakarta, kini.co.id – Tindak kekerasan terhadap wartawan saat menjalankan tugas jurnalistiknya kembali terjadi. Adalah Ricky Prayoga, jurnalis Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) yang mengalami tindak kekerasan oleh oknum aparat keamanan saat berlangsungnya turnamen bulutangkis Indonesia Terbuka di Jakarta Convention Center, Minggu (18/6).

Kekerasan itu terekam video dan menjadi viral di media sosial. Seperti dilansir kantor berita Antara, pada rekaman tampak Ricky dibekap dan ditarik beberapa oknum aparat keamanan ke suatu tempat. Namun Ricky, yang bertugas meliput turnamen tersebut, berusah berontak.

Yoga, begitu ia akrab dipanggil, mengatakan kejadian itu berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB, saat ia mendatangi salah satu anjungan tunai mandiri di JCC. Lalu dia didatangi seorang oknum aparat bernama Adam.

“Saya mengira ada yang salah dengan saya, lalu saya tanya ke petugas itu apa ada yang salah dengan saya,” kata Yoga.

Petugas itu, kata Yoga, malah marah-marah, lalu bersama tiga orang lainnya, memitingnya. Malah, kata Yoga lagi, ada petugas yang mengacungkan senjata laras panjang padanya dan ada yang menantangnya berkelahi.

Kejadian itu terhenti setelah seorang petugas lain yang lebih senior melerai. Yoga dan para oknum aparat keamanan itu kemudian didamaikan.

Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat menyesalkan tindakan oknum aparat yang melakukan kekerasan kepada wartawan yang sedang menjalankan tugasnya.

Meidyatama mengatakan hal utama yang menjadi prioritas saat ini adalah memastikan kondisi kesehatan dan keselamatan wartawan yang menjadi korban tersebut.

“Setelah itu kami akan konfirmasi rentetan kejadian dan penyebabnya lalu menentukan langkah sesuai ketentuan yang ada dan memungkinkan,” terangnya.

Pihak Mabes Polri memberikan perhatian pada peristiwa tersebut. “Ya, diatensi (dan informasi) diteruskan ke Brimob,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu malam.

Rikwanto mengatakan akan menindaklanjuti informasi peristiwa kekerasan yang dialami Yoga.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Golkar Partai Tercepat Lakukan Pemberkasan
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:56 WIB

Golkar Partai Tercepat Lakukan Pemberkasan

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa Partai Golkar merupakan partai tercepat dalam melakukan proses pemberkasan."Partai Golkar ...
Makan Malam dengan Luhut, Menteri Perdagangan AS Singgung Freeport
Ekonomi - Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:51 WIB

Makan Malam dengan Luhut, Menteri Perdagangan AS Singgung Freeport

Menteri Perdagangan AS menggelar jamuan makan malam dengan Menteri Koordinator Bidang Kemartiman, Luhut Binsar Pandjaitan.Pada kesempatan itu, Mendag AS, ...
Puluhan Perusahaan Industri Menanti Harga Gas Turun
Ekonomi - Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:20 WIB

Puluhan Perusahaan Industri Menanti Harga Gas Turun

Puluhan perusahaan industri baja, petrokimia dan pupuk saat ini tengah menanti kepastian penurunan harga gas industri yang sudah diajukan Kementerian ...
Dilirik PDIP untuk Pilgub Jabar, Begini Reaksi Menteri Susi
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 14:43 WIB

Dilirik PDIP untuk Pilgub Jabar, Begini Reaksi Menteri Susi

PDIP mengumpulkan tokoh-tokoh yang berpengaruh untuk menjadi kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.Salahsatu calon yang dilirik PDIP adalah Menteri ...
Kejagung Tolak Gabung ke Densus Tipikor
Hukum - Selasa, 17 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Kejagung Tolak Gabung ke Densus Tipikor

Memberantas korupsi, Kejaksaan Agung (Kejagung) menolak bergabung dengan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) bentukan Polri.Meski dengan tujuan sama, ...
Komisi III: Densus Tipikor Akan Pertaruhkan Nama Baik Polri
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 13:35 WIB

Komisi III: Densus Tipikor Akan Pertaruhkan Nama Baik Polri

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai, pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) akan menjadi pertaruhan nama baik ...