Minggu, 25 Februari 2018 | 18.35 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ketua Al Manar dan Aktivis Islam Cirebon Dibebaskan

Ketua Al Manar dan Aktivis Islam Cirebon Dibebaskan

Reporter : Rakisa | Senin, 19 Juni 2017 - 19:04 WIB

IMG-23436

Suasana di Polresta Cirebon. (kininews/rakisa)

Cirebon , kini.co.id – Setelah sempat diamankan polisi Ketua Al Manar, Ustadz Andi Mulya, Ustadz Bernard Abdul Jabbar beserta jama’ah Masjid Abdulrrohim, Panjunan, Kota Cirebon, Minggu (18/6) yang akan menggelar acara bedah buku ‘Membentengi Aqidah Umat dari Bahaya Pemurtadan, namun karena dibubarkan akibat adanya penolakan dari LSM GMI, akhirnya mereka dibebaskan.

Kabar dibebaskannya tokoh dan aktivis Islam Cirebon tersebut setelah dilakukan dialog antara Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Cirebon, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cirebon dan Kapolres Cirebon Kota, Minggu (18/6) malam.

“Alhamdulilah, Ustadz Andi dan Ustadz Bernard serta lainnya sudah pulang setelah dimintai keterangan dan juga ada dialog,” ujar salah satu aktivis Islam, Qomaruddin yang sempat ikut diamankan Polresta Cirebon kepada kini.co.id, Senin (19/6).

Seperti diberitakan sebelumnya, acara bedah buku ‘Membentengi Aqidah Umat dari Bahaya Pemurtadan’ dan buka puasa bersama yang digelar oleh Forum Silaturahmi Umat & Alumni 212 se-Cirebon Kota, yang menghadirkan mantan misionaris Ustadz Bernad Abdul Jabbar sempat mendapat penolakan dari oknum LSM dan dibubarkan aparat kepolisian.

Tidak hanya itu, aparat kepolisian juga diduga mengancam akan mengerahkan pasukan dan memproses seluruh orang yang berada di dalam Masjid Baiturrohim, Cirebon jika acara tetap dilaksanakan.

Upaya negosiasi pun sudah ditempuh oleh para aktivis anti pemurtadan kepada Kapolres Cirebon agar acara tetap terlaksana walaupun dengan format yang berbeda bukan bedah buku akan tetapi hanya santunan dan buka puasa bersama.

Namun sayang, pihak aparat tetap tidak mau bernegosiasi. Akhirnya, tepat pukul 12.43 WIB aparat kepolisian bersama-sama ormas GMBI dan Macan Ali datang kemudian langsung mengepung Masjid Baiturrohim, Cirebon dan mengamankan sejumlah tokoh dan peserta diskusi.

Kapolresta Cirebon Kota AKBP Adi Vivid AB mengatakan setelah berkoordinasi dengan FKUB pihaknya memulangkan Ustadz Andi Mulya dan para aktivis Islam yang sempat diamankan.

“Iya sudah dipulangkan namun kami masih terus mendalami dugaan penyebaran pamflet acara yang diduga bermotif SARA dan provokasi,” kata Kapolres.

Pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama agar menjaga dan mendukung keberagaman.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:58 WIB

Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir melanda sejumlah daerah di ...
Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:51 WIB

Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi

Petak jalan rel kereta api di kilometer 185 + 500 sampai dengan 186 + 600 (Stasiun Tanjung - Stasiun Losari  ...
Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi
Politik - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:25 WIB

Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya telah mengantongi kriteria dan nama-nama calon wakil ...
Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun
Ekonomi - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:19 WIB

Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun

PT Angkasa Pura I (Persero) di 2018 akan menginvestasikan Rp18,8 triliun untuk membangun sejumlah infrastruktur bandar udara untuk perbaikan dan ...
PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU
Hukum - Sabtu, 24 Februari 2018 - 14:17 WIB

PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU

Tak terima partainya tak lolos verifikasi, Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Izha Mahendra kekeuh akan menyeret seluruh ...
TGB: Kualitas Siswa Jebolan Pesantren Tak Kalah dari Sekolah Umum
Pendidikan - Sabtu, 24 Februari 2018 - 12:49 WIB

TGB: Kualitas Siswa Jebolan Pesantren Tak Kalah dari Sekolah Umum

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) memberi semangat kepada ...