Selasa, 17 Oktober 2017 | 14.34 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ketua Al Manar dan Aktivis Islam Cirebon Dibebaskan

Ketua Al Manar dan Aktivis Islam Cirebon Dibebaskan

Reporter : Rakisa | Senin, 19 Juni 2017 - 19:04 WIB

IMG-23436

Suasana di Polresta Cirebon. (kininews/rakisa)

Cirebon , kini.co.id – Setelah sempat diamankan polisi Ketua Al Manar, Ustadz Andi Mulya, Ustadz Bernard Abdul Jabbar beserta jama’ah Masjid Abdulrrohim, Panjunan, Kota Cirebon, Minggu (18/6) yang akan menggelar acara bedah buku ‘Membentengi Aqidah Umat dari Bahaya Pemurtadan, namun karena dibubarkan akibat adanya penolakan dari LSM GMI, akhirnya mereka dibebaskan.

Kabar dibebaskannya tokoh dan aktivis Islam Cirebon tersebut setelah dilakukan dialog antara Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Cirebon, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cirebon dan Kapolres Cirebon Kota, Minggu (18/6) malam.

“Alhamdulilah, Ustadz Andi dan Ustadz Bernard serta lainnya sudah pulang setelah dimintai keterangan dan juga ada dialog,” ujar salah satu aktivis Islam, Qomaruddin yang sempat ikut diamankan Polresta Cirebon kepada kini.co.id, Senin (19/6).

Seperti diberitakan sebelumnya, acara bedah buku ‘Membentengi Aqidah Umat dari Bahaya Pemurtadan’ dan buka puasa bersama yang digelar oleh Forum Silaturahmi Umat & Alumni 212 se-Cirebon Kota, yang menghadirkan mantan misionaris Ustadz Bernad Abdul Jabbar sempat mendapat penolakan dari oknum LSM dan dibubarkan aparat kepolisian.

Tidak hanya itu, aparat kepolisian juga diduga mengancam akan mengerahkan pasukan dan memproses seluruh orang yang berada di dalam Masjid Baiturrohim, Cirebon jika acara tetap dilaksanakan.

Upaya negosiasi pun sudah ditempuh oleh para aktivis anti pemurtadan kepada Kapolres Cirebon agar acara tetap terlaksana walaupun dengan format yang berbeda bukan bedah buku akan tetapi hanya santunan dan buka puasa bersama.

Namun sayang, pihak aparat tetap tidak mau bernegosiasi. Akhirnya, tepat pukul 12.43 WIB aparat kepolisian bersama-sama ormas GMBI dan Macan Ali datang kemudian langsung mengepung Masjid Baiturrohim, Cirebon dan mengamankan sejumlah tokoh dan peserta diskusi.

Kapolresta Cirebon Kota AKBP Adi Vivid AB mengatakan setelah berkoordinasi dengan FKUB pihaknya memulangkan Ustadz Andi Mulya dan para aktivis Islam yang sempat diamankan.

“Iya sudah dipulangkan namun kami masih terus mendalami dugaan penyebaran pamflet acara yang diduga bermotif SARA dan provokasi,” kata Kapolres.

Pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama agar menjaga dan mendukung keberagaman.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Kejagung Tolak Gabung ke Densus Tipikor
Hukum - Selasa, 17 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Kejagung Tolak Gabung ke Densus Tipikor

Memberantas korupsi, Kejaksaan Agung (Kejagung) menolak bergabung dengan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) bentukan Polri.Meski dengan tujuan sama, ...
Komisi III: Densus Tipikor Akan Pertaruhkan Nama Baik Polri
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 13:35 WIB

Komisi III: Densus Tipikor Akan Pertaruhkan Nama Baik Polri

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai, pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) akan menjadi pertaruhan nama baik ...
Bertemu Fujitrans, Menperin Bahas Kawasan Industri Maritim
Ekonomi - Selasa, 17 Oktober 2017 - 12:30 WIB

Bertemu Fujitrans, Menperin Bahas Kawasan Industri Maritim

Hari pertama kunjungan kerja di Jepang, Senin (16/10) malam, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama rombongan melakukan pertemuan dengan President Fujitrans Corporation ...
Kasus Suap Dirjen Hubla, Menhub Budi Karya Penuhi Panggilan KPK
Hukum - Selasa, 17 Oktober 2017 - 10:45 WIB

Kasus Suap Dirjen Hubla, Menhub Budi Karya Penuhi Panggilan KPK

Dipanggil terkait kasus suap Dirjen Hubla, Menteri Perhubungan Budi Karya datang ke gedung KPK, Selasa (17/10/2017).Berbaju batik cokelat, Budi tiba ...
Fadli Zon: Anies- Sandi lebih butuh kritikan daripada pujian
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 06:26 WIB

Fadli Zon: Anies- Sandi lebih butuh kritikan daripada pujian

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mengatakan, setelah dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandi Uno, ...
Resmi ditutup, KPU terima 27 parpol yang daftar peserta Pemilu 2019
Politik - Selasa, 17 Oktober 2017 - 06:23 WIB

Resmi ditutup, KPU terima 27 parpol yang daftar peserta Pemilu 2019

Batas akhir pendaftaran peserta Pemilu 2019 yang dibuka sejak Selasa (3/10) lalu hingga Senin (16/10) resmi ditutup pukul 24.00 WIB.Komisi ...