Minggu, 20 Agustus 2017 | 13.03 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ketua Al Manar dan Aktivis Islam Cirebon Dibebaskan

Ketua Al Manar dan Aktivis Islam Cirebon Dibebaskan

Reporter : Rakisa | Senin, 19 Juni 2017 - 19:04 WIB

IMG-23436

Suasana di Polresta Cirebon. (kininews/rakisa)

Cirebon , kini.co.id – Setelah sempat diamankan polisi Ketua Al Manar, Ustadz Andi Mulya, Ustadz Bernard Abdul Jabbar beserta jama’ah Masjid Abdulrrohim, Panjunan, Kota Cirebon, Minggu (18/6) yang akan menggelar acara bedah buku ‘Membentengi Aqidah Umat dari Bahaya Pemurtadan, namun karena dibubarkan akibat adanya penolakan dari LSM GMI, akhirnya mereka dibebaskan.

Kabar dibebaskannya tokoh dan aktivis Islam Cirebon tersebut setelah dilakukan dialog antara Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Cirebon, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cirebon dan Kapolres Cirebon Kota, Minggu (18/6) malam.

“Alhamdulilah, Ustadz Andi dan Ustadz Bernard serta lainnya sudah pulang setelah dimintai keterangan dan juga ada dialog,” ujar salah satu aktivis Islam, Qomaruddin yang sempat ikut diamankan Polresta Cirebon kepada kini.co.id, Senin (19/6).

Seperti diberitakan sebelumnya, acara bedah buku ‘Membentengi Aqidah Umat dari Bahaya Pemurtadan’ dan buka puasa bersama yang digelar oleh Forum Silaturahmi Umat & Alumni 212 se-Cirebon Kota, yang menghadirkan mantan misionaris Ustadz Bernad Abdul Jabbar sempat mendapat penolakan dari oknum LSM dan dibubarkan aparat kepolisian.

Tidak hanya itu, aparat kepolisian juga diduga mengancam akan mengerahkan pasukan dan memproses seluruh orang yang berada di dalam Masjid Baiturrohim, Cirebon jika acara tetap dilaksanakan.

Upaya negosiasi pun sudah ditempuh oleh para aktivis anti pemurtadan kepada Kapolres Cirebon agar acara tetap terlaksana walaupun dengan format yang berbeda bukan bedah buku akan tetapi hanya santunan dan buka puasa bersama.

Namun sayang, pihak aparat tetap tidak mau bernegosiasi. Akhirnya, tepat pukul 12.43 WIB aparat kepolisian bersama-sama ormas GMBI dan Macan Ali datang kemudian langsung mengepung Masjid Baiturrohim, Cirebon dan mengamankan sejumlah tokoh dan peserta diskusi.

Kapolresta Cirebon Kota AKBP Adi Vivid AB mengatakan setelah berkoordinasi dengan FKUB pihaknya memulangkan Ustadz Andi Mulya dan para aktivis Islam yang sempat diamankan.

“Iya sudah dipulangkan namun kami masih terus mendalami dugaan penyebaran pamflet acara yang diduga bermotif SARA dan provokasi,” kata Kapolres.

Pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama agar menjaga dan mendukung keberagaman.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Bendera Indonesia Terbalik, Jokowi: Tak Usah Diperbesar
Politik - Minggu, 20 Agustus 2017 - 11:31 WIB

Bendera Indonesia Terbalik, Jokowi: Tak Usah Diperbesar

Presiden Jokowi mengaku menyesalkan atas insiden kesalahan cetak foto bendera Indonesia terbalik pada buku panduan resmi yang dibagikan secara gratis ...
Kapolda Papua Tegaskan Tak Ada Penambahan Pasukan ke Timika
Nasional - Minggu, 20 Agustus 2017 - 01:52 WIB

Kapolda Papua Tegaskan Tak Ada Penambahan Pasukan ke Timika

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar menegaskan tidak ada penambahan pasukan ke Timika pascaaksi anarkis yang dilakukan ...
Manajemen Freeport Himbau Karyawan Hindari Check Point 28
Nasional - Minggu, 20 Agustus 2017 - 01:47 WIB

Manajemen Freeport Himbau Karyawan Hindari Check Point 28

Manajemen PT Freeport Indonesia mengimbau para karyawannya agar menghindari Check Point 28 samping Bandara Mozes Kilangin Timika yang sempat diserang ...
Cak Imin: Wujud Nyata PKB Bumikan Pancasila Lewat Sineas
Politik - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 23:48 WIB

Cak Imin: Wujud Nyata PKB Bumikan Pancasila Lewat Sineas

Gelaran PKB Movie Award 2017 yang diinisiasi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) akhirnya berhasil mendaptkan nama-nama nominator terbaik. Ajang yang ...
Demo Karyawan Freeport, Blokade Jalan Utama Timika-Tembagapura
Nasional - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 21:39 WIB

Demo Karyawan Freeport, Blokade Jalan Utama Timika-Tembagapura

Ribuan karyawan PT Freeport Indonesia dan perusahaan subkontraktornya yang selama ini mogok kerja di Timika, Papua beserta istri mereka hingga ...
Tito Intruksikan Pengunggah Video Pungli Diberi Penghargaan
Hukum - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 20:23 WIB

Tito Intruksikan Pengunggah Video Pungli Diberi Penghargaan

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan Kapolda Kalimantan Selatan Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Mulyana agar memberikan penghargaan kepada sopir yang mengunggah ...