Thursday, 19 July 2018 | 20.22 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>The Yudhoyono Institute, AHY: Think Tank Independen

The Yudhoyono Institute, AHY: Think Tank Independen

Reporter : Yudi Andriansyah | Thursday, 10 August 2017 - 21:01 WIB

IMG-24996

Agus Harimurti Yudhoyono memberikan sambutan dalam peluncuran The Yudhoyono Institute di XII Ballroom Djakarta Theatre, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/8). KiniNews/Rakisa.

JAKARTA, kini.co.id – Putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyon, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi membuka meluncurkan The Yudhoyono Institute (TYI) di XXI Ballroom Djakarta Theatere, Menteng, Jakarta, Kamis (10/8) malam ini.

Menurut AHY, The Yudhoyono Instite adalah think tank independen, non politik praktis yang difokuskan terhadap isu-isu strategis, baik lingkup nasional, regional, maupun global, yang berpijak pada tiga pilar, yaitu liberty, prosperity, dan security.

“Dengan niat dan itikad baik ini, TYI hadir untuk menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan, dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata AHY.

Dikatakannya, pada 100 tahun kemerdekaannya nanti, Indonesia akan menjadi negara yang aman dan damai, adil, sejahtera, dan maju mendunia.

Maka dari itu, lanjutnya dengan berdirinya The Yudhoyono Institute, diharapkan dapat melahirkan generasi masa depan, calon pemimpin bangsa yang berjiwa patriotik, berakhlak baik, dan unggul, yang dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju.

“Dengan demikian niscaya dapat menjadi bangsa yang memimpin di dunia Internasional dimasa mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu pantauan di lokasi, sejumlah tamu undangan yang hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya adalah Susilo Bambang Yudhoyono beserta istrinya Ani Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Hadir pula, Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan datang mengenakan kemeja batik dan pasangannya Sandiaga Uno.

Selain itu Hatta Rajasa, yang juga mengenakan kemeja batik lengan panjang dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng juga turut hadir dalam acara tersebut.

Sejumlah petinggi Partai Demokrat seperti Sekjen Hinca Pandjaitan juga hadir di lokasi.

Presiden Jokowi yang siang tadi ditemui AHY langsung di Istana Negara yang diundang tidak tampak hadir. Meski demikian AHY dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

“Saya ingin ucapkan terima kasih khusus ke Pak Presiden Jokowi. Tadi siang saya bertemu beliau, saya memohon doa restu dan tentunya beliau menyampaikan harapan baik untuk institusi ini, tentunya untuk menyiapkan pemimpin masa depan,” kata AHY.

Menurut AHY, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya kepada The Yudhoyono Institute untuk membentuk calon masa depan. Dia juga menyinggung soal pertemuannya dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan jamannya di Istana.

Disebutkannya pertemuannya dengan Gibran sangat bagus.

“Ini pertanda kalau Indonesia bisa sejuk jika pemimpin dan mantan pemimpin akrab. Tadi akrab dijamu makan siang, disuguhi bubur, gudeg disiapkan putera Beliau, Mas Gibran,” tuturnya.

“Inilah persahabatan. Kita bangun baik dengan pemimpin dan pendahulu kita Insya Allah Indonesia sejuk,” tegas AHY yang disambut tempuk tangan ratusan yang hadir. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Hukum - Tuesday, 27 March 2018 - 18:22 WIB

KPK Tahan Tujuh Tersangka Kasus Suap DPRD Malang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi Malang, Jawa Timur.Ketujuh orang yang dimaksud antara lain enam ...
Peristiwa - Tuesday, 27 March 2018 - 17:47 WIB

Arief Hidayat kembali dilantik jadi hakim MK

Presiden Jokowi kembali melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat sebagai hakim konstitusi untuk periode kedua, masa bakti 2018-2023. Arief mengucapkan sumpahnya ...
Politik - Tuesday, 27 March 2018 - 17:28 WIB

Bahas RKP 2019, DPD berharap program pemerintah tepat sasaran

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melihat masih banyak kebijakan pembangunan di daerah yang tidak tepat sasaran. Untuk itu, diharapkan pemerintah dapat ...
Politik - Tuesday, 27 March 2018 - 17:18 WIB

PKS siapkan sembilan nama untuk kalahkan Jokowi di Pilpres 2019

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyatakan ada sembilan nama yang siap ditawarkan untuk posisi calon presiden atau calon ...
Politik - Tuesday, 27 March 2018 - 16:56 WIB

Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Mulai Buka Pendaftaran Pemantau

Tahapan pelaksaan Pemilu legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mulai berjalan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun mulai membuka ...
Hukum - Tuesday, 27 March 2018 - 16:48 WIB

Tiga Kandidat Deputi Penindakan Jalani Tes Akhir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi nama-nama calon Deputi Penindakan usai ditinggal Inspektur Heru Winarko yang diangkat Presiden Joko Widodo ...
Place your ads here...