Jumat, 20 Oktober 2017 | 15.52 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>The Yudhoyono Institute, AHY: Think Tank Independen

The Yudhoyono Institute, AHY: Think Tank Independen

Reporter : Yudi Andriansyah | Kamis, 10 Agustus 2017 - 21:01 WIB

IMG-24996

Agus Harimurti Yudhoyono memberikan sambutan dalam peluncuran The Yudhoyono Institute di XII Ballroom Djakarta Theatre, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (10/8). KiniNews/Rakisa.

JAKARTA, kini.co.id – Putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyon, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi membuka meluncurkan The Yudhoyono Institute (TYI) di XXI Ballroom Djakarta Theatere, Menteng, Jakarta, Kamis (10/8) malam ini.

Menurut AHY, The Yudhoyono Instite adalah think tank independen, non politik praktis yang difokuskan terhadap isu-isu strategis, baik lingkup nasional, regional, maupun global, yang berpijak pada tiga pilar, yaitu liberty, prosperity, dan security.

“Dengan niat dan itikad baik ini, TYI hadir untuk menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan, dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045,” kata AHY.

Dikatakannya, pada 100 tahun kemerdekaannya nanti, Indonesia akan menjadi negara yang aman dan damai, adil, sejahtera, dan maju mendunia.

Maka dari itu, lanjutnya dengan berdirinya The Yudhoyono Institute, diharapkan dapat melahirkan generasi masa depan, calon pemimpin bangsa yang berjiwa patriotik, berakhlak baik, dan unggul, yang dapat membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju.

“Dengan demikian niscaya dapat menjadi bangsa yang memimpin di dunia Internasional dimasa mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu pantauan di lokasi, sejumlah tamu undangan yang hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya adalah Susilo Bambang Yudhoyono beserta istrinya Ani Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Hadir pula, Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan datang mengenakan kemeja batik dan pasangannya Sandiaga Uno.

Selain itu Hatta Rajasa, yang juga mengenakan kemeja batik lengan panjang dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng juga turut hadir dalam acara tersebut.

Sejumlah petinggi Partai Demokrat seperti Sekjen Hinca Pandjaitan juga hadir di lokasi.

Presiden Jokowi yang siang tadi ditemui AHY langsung di Istana Negara yang diundang tidak tampak hadir. Meski demikian AHY dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

“Saya ingin ucapkan terima kasih khusus ke Pak Presiden Jokowi. Tadi siang saya bertemu beliau, saya memohon doa restu dan tentunya beliau menyampaikan harapan baik untuk institusi ini, tentunya untuk menyiapkan pemimpin masa depan,” kata AHY.

Menurut AHY, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya kepada The Yudhoyono Institute untuk membentuk calon masa depan. Dia juga menyinggung soal pertemuannya dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan jamannya di Istana.

Disebutkannya pertemuannya dengan Gibran sangat bagus.

“Ini pertanda kalau Indonesia bisa sejuk jika pemimpin dan mantan pemimpin akrab. Tadi akrab dijamu makan siang, disuguhi bubur, gudeg disiapkan putera Beliau, Mas Gibran,” tuturnya.

“Inilah persahabatan. Kita bangun baik dengan pemimpin dan pendahulu kita Insya Allah Indonesia sejuk,” tegas AHY yang disambut tempuk tangan ratusan yang hadir. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Fadli Zon: Pencabutan moratorium reklamasi seperti menikung di injury time
Politik - Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:44 WIB

Fadli Zon: Pencabutan moratorium reklamasi seperti menikung di injury time

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyoroti polemik reklamasi yang saat ini masih bergulir. Dia mengaku heran dengan pencabutan moratorium persis ...
Garuda Indonesia siap maksimalkan potensi Bandara Kertajati
Ekonomi - Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:35 WIB

Garuda Indonesia siap maksimalkan potensi Bandara Kertajati

Maskapai nasional Garuda Indonesia siap mengembangkan potensi Bandara Kertajati di Majalengak, Jawa Barat. Pengembangan tersebut tertuang dalam penandatangan kerjasama yang ...
Gerindra nilai perppu ormas menyimpan bahaya
Politik - Jumat, 20 Oktober 2017 - 13:35 WIB

Gerindra nilai perppu ormas menyimpan bahaya

Politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menegaskan ulang sikap Gerindra menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang ...
Bertemu Gubernur Prefektur Aichi, Airlangga bahas tiga komitmen
Ekonomi - Jumat, 20 Oktober 2017 - 13:28 WIB

Bertemu Gubernur Prefektur Aichi, Airlangga bahas tiga komitmen

Dalam kunjungannya dihari ketiga, Kamis (19/10) ke Jepang, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Ohmura. Keduanya ...
Kebijakan ekonomi Jokowi belum dirasakan pengusaha daerah
Ekonomi - Jumat, 20 Oktober 2017 - 13:19 WIB

Kebijakan ekonomi Jokowi belum dirasakan pengusaha daerah

Paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan pemerintah Jokowi dalam mendorong  perbaikan iklim investasi dan  ekonomi Indonesia dinilai masih jauh dari ...
Setya Novanto kembali mangkir hadiri sidang Andi Narogong
Hukum - Jumat, 20 Oktober 2017 - 12:54 WIB

Setya Novanto kembali mangkir hadiri sidang Andi Narogong

Ketua DPR Setya Novanto kembali tidak menghadiri sidang kasus dugaan korupsi e-KTP sebagai saksi untuk terdakwa pengusaha Andi Agustinus alias ...