Jumat, 20 Oktober 2017 | 15.39 WIB
KiniNEWS>Nasional>Pendidikan>Bela Negara Lewat Teknologi Siber

Bela Negara Lewat Teknologi Siber

Reporter : Bayu Putra | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:36 WIB

IMG-25048

Seminar bela negara di SMA Plus PGRI Cibinong. (KiniNews/Bayu Putra)

Cibinong, kini.co.id – Dunia maya seringkali disalahgunakan dan merugikan persatuan bangsa. Untuk itu perlu disadari manfaat dari aktifitas siber dapat lebih berguna bahkan bisa membela negara.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMA plus PGRI Cibinong Drs. Basyarudin Thayib dalam seminar yang diadakan Yayasan Program Instal Kesadaran Bela Negara  (Pro Isabera) bersama SMA plus PGRI Cibinong, Sabtu (12/8/2017).

Seminar itu bertema: BELA NEGARA ” Cyber untuk perdamaian dan Memperkokoh NKRI”.

“Kegiatan ini kita buat salah satunya adalah dalam rangka program mewujudkan nasionalismenya SMA plus PGRI Cibinong. ditambah yang kedua karna bulan ini adalah bulan kemerdekaan kita maka sangat layak kegiatan ini di isi salah satunya dengan seminar bela negara,” jelasnya.

Sementara M. Qudrat Nugraha selaku Sekjen PGRI juga mengklaim bahwa baru kali ini dan pertama kali acara seminar Bela Negara diadakan bersama para pelajar sekolah.

“Ini mungkin seminar pertama di indonesia yang ber ensensi bela negara cyber, bagaimana peran cyber untuk membela negara, mungkin juga kami yayasan pertama yang menyelenggarakan seminar ini dengan sekolah SMA plus PGRI Cibinong,” ujarnya saat diwawancarai.

Pakar Hukum Cyber dari Universitas Binus Dr. Bambang Pratama mengatakan bahwa tidak selalu Cyber itu adalah bentuk Kejahatan.

“Saya menggambarkan bahwa sebelum kita bisa mewujudkan Bela negara kita harus memahami apa itu cyber ada potensi yang tidak pernah di lihat bahwa ada potensi dari Cyber itu  sendiri dan tidak melulu selalu jadi tindak pidana. Cyber itu ada banyak ada cyber ekonomi, cyber bisnis, Cyber inovasi dan sebagainya. dan adapun Cyber yang merusak nilai negara seperti Cyber Bullying,” ungkapnya kepada KiniNews.

Dari pihak Kostrad Kolonel Sunarto sendiri pun memberi kan pengertian tentang arti Bela Negara yang dimana menjadi pembeda antara yang setia dengan yang khianat.

“Cinta negara sama dengan cinta NKRI menghindari pengkhianat negara bela negara itu ada dua. Konvensional (fisik) dan non Konvesional (non fisik)  bela negara itu bukanlah suatu perlawanan tapi penalaran pembeda antara yang setia dan pengkhianat NKRI ”

Tidak hanya membahas soal seminar saja, agar audiens tidak jenuh acara inipun di isi hiburan dengan band akustik, musikalisasi puisi dan pembacaan puisi tentang tanah air yang semuanya itu adalah murid murid dari SMA plus PGRI Cibinong sendiri.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Fadli Zon: Pencabutan moratorium reklamasi seperti menikung di injury time
Politik - Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:44 WIB

Fadli Zon: Pencabutan moratorium reklamasi seperti menikung di injury time

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyoroti polemik reklamasi yang saat ini masih bergulir. Dia mengaku heran dengan pencabutan moratorium persis ...
Garuda Indonesia siap maksimalkan potensi Bandara Kertajati
Ekonomi - Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:35 WIB

Garuda Indonesia siap maksimalkan potensi Bandara Kertajati

Maskapai nasional Garuda Indonesia siap mengembangkan potensi Bandara Kertajati di Majalengak, Jawa Barat. Pengembangan tersebut tertuang dalam penandatangan kerjasama yang ...
Gerindra nilai perppu ormas menyimpan bahaya
Politik - Jumat, 20 Oktober 2017 - 13:35 WIB

Gerindra nilai perppu ormas menyimpan bahaya

Politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menegaskan ulang sikap Gerindra menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang ...
Bertemu Gubernur Prefektur Aichi, Airlangga bahas tiga komitmen
Ekonomi - Jumat, 20 Oktober 2017 - 13:28 WIB

Bertemu Gubernur Prefektur Aichi, Airlangga bahas tiga komitmen

Dalam kunjungannya dihari ketiga, Kamis (19/10) ke Jepang, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bertemu dengan Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Ohmura. Keduanya ...
Kebijakan ekonomi Jokowi belum dirasakan pengusaha daerah
Ekonomi - Jumat, 20 Oktober 2017 - 13:19 WIB

Kebijakan ekonomi Jokowi belum dirasakan pengusaha daerah

Paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan pemerintah Jokowi dalam mendorong  perbaikan iklim investasi dan  ekonomi Indonesia dinilai masih jauh dari ...
Setya Novanto kembali mangkir hadiri sidang Andi Narogong
Hukum - Jumat, 20 Oktober 2017 - 12:54 WIB

Setya Novanto kembali mangkir hadiri sidang Andi Narogong

Ketua DPR Setya Novanto kembali tidak menghadiri sidang kasus dugaan korupsi e-KTP sebagai saksi untuk terdakwa pengusaha Andi Agustinus alias ...