Sabtu, 19 Agustus 2017 | 06.45 WIB
KiniNEWS>Nasional>Pendidikan>Bela Negara Lewat Teknologi Siber

Bela Negara Lewat Teknologi Siber

Reporter : Bayu Putra | Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:36 WIB

IMG-25048

Seminar bela negara di SMA Plus PGRI Cibinong. (KiniNews/Bayu Putra)

Cibinong, kini.co.id – Dunia maya seringkali disalahgunakan dan merugikan persatuan bangsa. Untuk itu perlu disadari manfaat dari aktifitas siber dapat lebih berguna bahkan bisa membela negara.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMA plus PGRI Cibinong Drs. Basyarudin Thayib dalam seminar yang diadakan Yayasan Program Instal Kesadaran Bela Negara  (Pro Isabera) bersama SMA plus PGRI Cibinong, Sabtu (12/8/2017).

Seminar itu bertema: BELA NEGARA ” Cyber untuk perdamaian dan Memperkokoh NKRI”.

“Kegiatan ini kita buat salah satunya adalah dalam rangka program mewujudkan nasionalismenya SMA plus PGRI Cibinong. ditambah yang kedua karna bulan ini adalah bulan kemerdekaan kita maka sangat layak kegiatan ini di isi salah satunya dengan seminar bela negara,” jelasnya.

Sementara M. Qudrat Nugraha selaku Sekjen PGRI juga mengklaim bahwa baru kali ini dan pertama kali acara seminar Bela Negara diadakan bersama para pelajar sekolah.

“Ini mungkin seminar pertama di indonesia yang ber ensensi bela negara cyber, bagaimana peran cyber untuk membela negara, mungkin juga kami yayasan pertama yang menyelenggarakan seminar ini dengan sekolah SMA plus PGRI Cibinong,” ujarnya saat diwawancarai.

Pakar Hukum Cyber dari Universitas Binus Dr. Bambang Pratama mengatakan bahwa tidak selalu Cyber itu adalah bentuk Kejahatan.

“Saya menggambarkan bahwa sebelum kita bisa mewujudkan Bela negara kita harus memahami apa itu cyber ada potensi yang tidak pernah di lihat bahwa ada potensi dari Cyber itu  sendiri dan tidak melulu selalu jadi tindak pidana. Cyber itu ada banyak ada cyber ekonomi, cyber bisnis, Cyber inovasi dan sebagainya. dan adapun Cyber yang merusak nilai negara seperti Cyber Bullying,” ungkapnya kepada KiniNews.

Dari pihak Kostrad Kolonel Sunarto sendiri pun memberi kan pengertian tentang arti Bela Negara yang dimana menjadi pembeda antara yang setia dengan yang khianat.

“Cinta negara sama dengan cinta NKRI menghindari pengkhianat negara bela negara itu ada dua. Konvensional (fisik) dan non Konvesional (non fisik)  bela negara itu bukanlah suatu perlawanan tapi penalaran pembeda antara yang setia dan pengkhianat NKRI ”

Tidak hanya membahas soal seminar saja, agar audiens tidak jenuh acara inipun di isi hiburan dengan band akustik, musikalisasi puisi dan pembacaan puisi tentang tanah air yang semuanya itu adalah murid murid dari SMA plus PGRI Cibinong sendiri.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Syukuran Ultah Ke-67, OSO Mengaku Bahagia Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi
Politik - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 01:04 WIB

Syukuran Ultah Ke-67, OSO Mengaku Bahagia Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang alias OSO menggelar syukuran ulang tahun yang ke-67 di kediamannya kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, ...
Fraksi PPP Inisiasi Pembentukan Satgas Kasus First Travel
Hukum - Sabtu, 19 Agustus 2017 - 00:02 WIB

Fraksi PPP Inisiasi Pembentukan Satgas Kasus First Travel

Menindaklanjuti pengaduan ratusan calon jamaah umroh korban penipuan First Travel, lembaga DPR menegaskan akan mengusut gagalnya perusahaan yang memberangkatkan umrah ...
Jamaah First Travel Ngadu ke DPR Ingin Tetap Berangkat Umroh
Hukum - Jumat, 18 Agustus 2017 - 23:47 WIB

Jamaah First Travel Ngadu ke DPR Ingin Tetap Berangkat Umroh

Ratusan korban jamaah umroh First Travel yang mengadukan nasibnya ke DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/8) siang. Pada pertemuan itu mereka ...
China Development Bank Akan Buka Perwakilan di Indonesia
Ekonomi - Jumat, 18 Agustus 2017 - 22:29 WIB

China Development Bank Akan Buka Perwakilan di Indonesia

Investasi China ke Indonesia akan joran-joran seiring dengan sejumlah proyek insfrastruktur yang dibiayainya di tanah air, seperti kereta cepat Jakarta-Surabaya ...
Guyuran Bansos Pemerintahan Jokowi-JK di 2018
Politik - Jumat, 18 Agustus 2017 - 20:50 WIB

Guyuran Bansos Pemerintahan Jokowi-JK di 2018

Satu tahun menjelang Pemilihan Umum 2019, anggaran bantuan sosial pemerintahan Jokowi-JK melonjak ditahun 2018 naik dan jor-joran. Tak hanya dari ...
Isak Tangis Korban First Travel Adukan Nasibnya di DPR
Hukum - Jumat, 18 Agustus 2017 - 20:13 WIB

Isak Tangis Korban First Travel Adukan Nasibnya di DPR

Ratusan korban biro perjalanan umrah First Travel mengadukan nasibnya ke DPR dan diterima Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kompleks ...