Rabu, 20 September 2017 | 20.01 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Terkait Bom Thamrin, Terpidana Teroris Aman Abdurrahman Kembali Diperiksa

Terkait Bom Thamrin, Terpidana Teroris Aman Abdurrahman Kembali Diperiksa

Reporter : Zainal Bakri | Jumat, 18 Agustus 2017 - 18:05 WIB

IMG-25248

Terpidana kasus terorisme pelatihan militer Pegunungan Jalin Jantho, Aceh, Oman Rachman alias Abu Sulaiman Aman Abdurrahman saat dijemput dari Lapas Kelas II A Pasir Putih Nusakambangan, Cilacap, Sabtu (12/8) untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus Bom Thamrin di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Istimewa.

JAKARTA, kini.co.id – Terpidana kasus terorisme pelatihan militer Pegunungan Jalin Jantho, Aceh, Oman Rachman alias Abu Sulaiman Aman Abdurrahman kembali menjalani pemeriksaan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Aman yang telah divonis sembilan tahun atas kasus itu dan akan habis masa pidananya pada 30 Desember 2017, kembali diperiksa karena diduga sebagai otak sekaligus penyandang dana pengeboman di Thamrin, Jakarta Pusat pada 14 Januari 2016 silam.

“Karena ada informasi baru, dia terlibat kasus bom Thamrin ya,” kata Karo Penamas Mabes Polri, Brigadir Jendral Rikwan di Mabes Polri, Jumat (18/8).

Menurut Rikwanto, ada beberapa orang yang menjadi penyalur dana Bom Thamrin, Jakarta Pusat itu yakni Abu Janggal, Rois dan Aman Abdurrahman.

Selain itu, Aman Abdurrahman juga diduga sebagai otak perancangan bom Thamrin yang sudah menewaskan anggota polisi.

“Jadi dia diperiksa berkaitan itu. Keterlibatan bom Thamrin. Kemudian, kepada dia, ditersangkakan, kemudian diperiksa,” kata Rikwanto.

Sementara berdasarkan informasi yang diterima kini.co.id, Oman Rachman alias Abu Sulaiman Bin Aman Abdurrahman sejak Sabtu (12/8) siang pukul 14.00 WIB telah dipindahkan dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pasir Putih Nusakambangan ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depk.

Pemindahannya sesuai dengan surat ijin keluar dari Kalapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan. No W13.Pas.Pas 24.PK.01.01.02-177 perihal ijin keluar 1 (satu) orang Narapidana Kasus Terorisme dari Lapas Kelas II A Pasir Putih Nusakambangan Oman Rochman yang dipindahkan ke Mako Brimob.

Selanjutnya, pada pukul 14.05 WIB, napiter Oman Rachman alias Abu Sulaiman Bin Aman Abdurahman keluar dari Lapas Klas IIA Pasir Putih dengan pengawalan dari Densus 88 dengan menggunakan mobil Avanza Hitam Nopol B 1975 WTU menuju penyeberangan Sodong.

Dalam pemindahamn itu Oman Rochman dikawal sebanyak 50 personil gabungan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri yang dipimpim Ajun Komisaris Besar Joni dan personil Polres Cilacap menggunakan Mobil Avansa Hitam Nopol B 1975 WTU menuju penyebrangan sodong.

Pada pukul 14.37 Wib, tiba di penyebrangan Sodong, kemudian diseberangkan menuju Dermaga Wijayapura menggunakan Kapal Pengayoman IV Milik Kemenkumham.

Selanjutnya pada pukul 15.15 WIB, tiba di Dermaga Wijayapura dan menuju Ke Bandara Tunggul Wulung, Napi Oman Rachman alias Abu Sulaiman Bin Aman Abdurrahman dinaikkan mobil Rantis Polres Cilacap.

Kemudian, pada pukul 16.06 WIB, napiter Oman Rachman alias Abu Sulaiman Bin Aman Abdurrahman meninggalkan Dermaga wijayapura menuju Jakarta melalui jalan darat dengan pengawalan ketat Densus 88 Anti Teror Mabes Polri yang menggunakan delapan unit mobil.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Komisi I sayangkan TV swasta tak respon pemutaran film G30S/PKI
Peristiwa - Rabu, 20 September 2017 - 16:44 WIB

Komisi I sayangkan TV swasta tak respon pemutaran film G30S/PKI

Anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi menyanyangkan sikap stasiun TV swasta yang tak merespon ajakan pemutaran film G30SPKI dari ...
Kuasa hukum sebut penetapan tersangka Novanto berdasarkan asumsi
Hukum - Rabu, 20 September 2017 - 16:31 WIB

Kuasa hukum sebut penetapan tersangka Novanto berdasarkan asumsi

Tim kuasa hukum Setya Novanto, Ida Jaka Mulyana menilai tuduhan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap kliennya tidak berdasar.Dikatakannya tuduhan kliennya ...
Uber diduga suap Polisi Indonesia
Peristiwa - Rabu, 20 September 2017 - 16:21 WIB

Uber diduga suap Polisi Indonesia

Perusahaan aplikasi layanan transportasi online, Uber, tengah menjadi sorotan karena diduga melakukan tindakan ilegal dalam memuluskan perizinan operasional mereka ...
Komite I DPD Minta Sistem Keuangan Desa Segera Dioptimalkan
Politik - Rabu, 20 September 2017 - 16:08 WIB

Komite I DPD Minta Sistem Keuangan Desa Segera Dioptimalkan

Komite I DPD RI meminta implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) harus dioptimalkan ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk desa yang ...
PDI-P copot Masinton dari Pansus Angket KPK
Politik - Rabu, 20 September 2017 - 15:58 WIB

PDI-P copot Masinton dari Pansus Angket KPK

Fraksi PDI Perjuangan tiba-tiba mencopot Masinton Pasaribu dari Pansus Angket KPK. Dalam surat Fraksi PDIP bernomor 153/F-PDIP/DPR-RI/IX/2017 tertanggal 19 September ...
PAN Meminta Pansus Angket KPK Tak Bawa-bawa Presiden
Politik - Rabu, 20 September 2017 - 15:01 WIB

PAN Meminta Pansus Angket KPK Tak Bawa-bawa Presiden

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menolak keinginan Pansus Hak Angket KPK untuk konsultasi dengan Presiden Joko Widodo ...