Sabtu, 20 Januari 2018 | 21.36 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Penangkapan Ustadz Alfian Janggal, Pengacara Akan Ajukan Pra Peradilan

Penangkapan Ustadz Alfian Janggal, Pengacara Akan Ajukan Pra Peradilan

Reporter : Zainal Bakri | Jumat, 8 September 2017 - 16:34 WIB

IMG-26017

Ustadz Alfian Tanjung (rompi kuning) saat diputus bebas di PN Surabaya. KiniNews/Abu Faras As-Simawy.

JAKARTA, kini.co.id – Kuasa Hukum Ustadz Alfian Tanjung, Abdullah Al Katiri menilai penangkapan dan penahanan kliennya ada yang janggal, maka dari itu tengah mempertimbangkan untuk melakukan gugatan praperadilan.

Kejanggalan tersebut menurut Al Katiri bahwa surat penangkapan terhadap Ustadz Alfian tidak mencantumkan tanggal di dalam surat penangkapan.

Namun karena ingin membela kliennya dengan baik, ia pun hanya bisa kooperatif.

“Kemungkinan begitu (praperadilan), kemungkinan juga tidak, tapi gunakan pengawas internal dan eksternal, propam dan lain lain,” kata Al-Katiri dalam keterangan persnya di AQL Center, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (8/9)

Al Katiri menceritakan sejak kliennya bebas, dirinya sudah mendapat firasat tidak baik. Sebab pengurusan surat pelepasan dari Lapas memakan waktu lama. Ia mnduga ada kesengajaan pihak lapas mengulur-ulur waktu.

“Apa gini penegakan hukum itu. Beliau ini bukan teroris, bukan penjahat. Tapi kok diperlakukan seperti kejahatan luar biasa,” tandasnya.

Terpisah Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono membeberkan alasan Alfian langsung di tahan lantaran telibat kasus ujaran kebencian. Menurut Argo, Ustadz Alfian tidak jera.

Ustadz Alfian sebelumnya dyang iduga menyebar kebencian yang menyebutkan bahwa kader PDIP dan juga orang dekat Presiden Jokowi adalah kader PKI akan langsung dibawa ke Jakarta.

“Dia sudah bebas, malah diulang lagi. Ini karena di Surabaya kita tahan di sini. Nanti kalau sudah selesai berkasnya kita kirim lagi. Itu sebagai subjektivitas penyidik,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jumat (8/9).

Argo menpis tudingan pengacara Ustadz Alfian, Al Katiri yang menyebut surat penangkapan tidak lengkap karena tidak ada tanggalnya.

“Enggak. Surat kita lengkap kok. Sudah lengkap administrasi,” tambah dia.

Argo juga tidak ingin ambil pusing soal tudingan pengacara Alfian. untuk itu ia mempersilakan jika pengacara Alfian menempuh langkah praperadilan jika tak puas.

“Ya silahkan saja kalau enggak terima, praperadilan aja,” tegasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Redam tensi Pilkada, Polri bentuk Satgas Nusantara
Peristiwa - Jumat, 19 Januari 2018 - 22:02 WIB

Redam tensi Pilkada, Polri bentuk Satgas Nusantara

Polri menurunkan Satuan Tugas (Satgas) Nusantara untuk meredam panasnya isu-isu politik dalam Pilkada serentak 2018. Dengan menggandeng tokoh agama , ...
Proses tender rampung, impor beras mulai jalan pekan depan
Peristiwa - Jumat, 19 Januari 2018 - 20:02 WIB

Proses tender rampung, impor beras mulai jalan pekan depan

Perusahaan Umum (Perum) Bulog akan mulai melakukan impor beras pada pekan depan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan Perum ...
Rita Widyasari sebut puluhan koleksi tasnya ada yang palsu
Hukum - Jumat, 19 Januari 2018 - 19:54 WIB

Rita Widyasari sebut puluhan koleksi tasnya ada yang palsu

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) nonaktif, Rita Widyasari menyatakan diantara puluhan koleksi tas mewahnya itu terdapat sejumlah tas yang palsu. Hal ...
Verifikasi parpol lama mulai 28 Januari
Politik - Jumat, 19 Januari 2018 - 19:42 WIB

Verifikasi parpol lama mulai 28 Januari

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan faktor waktu dan ketersediaan anggaran menjadi kendala dalam melakukan verifikasi faktual terhadap ...
Rita Widyasari mengaku asetnya dari hasil tambang
Hukum - Jumat, 19 Januari 2018 - 19:09 WIB

Rita Widyasari mengaku asetnya dari hasil tambang

Bupati Kutai Kartanegara nonaktif Rita Widyasari mengaku aset dan harta kekayaannya berasal dari usaha tambang miliknya ."Tadi penyidik bilang bahwa ...
Ketut sebut prahara internal partai Hanura berakhir
Politik - Jumat, 19 Januari 2018 - 17:37 WIB

Ketut sebut prahara internal partai Hanura berakhir

Konflik internal di tubuh Partai Hanura antara kubu Manhattan yang dipimpin Oesman Sapta Odang alias OSO dengan kubu Ambhara ...