Senin, 20 November 2017 | 12.40 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Penangkapan Ustadz Alfian Janggal, Pengacara Akan Ajukan Pra Peradilan

Penangkapan Ustadz Alfian Janggal, Pengacara Akan Ajukan Pra Peradilan

Reporter : Zainal Bakri | Jumat, 8 September 2017 - 16:34 WIB

IMG-26017

Ustadz Alfian Tanjung (rompi kuning) saat diputus bebas di PN Surabaya. KiniNews/Abu Faras As-Simawy.

JAKARTA, kini.co.id – Kuasa Hukum Ustadz Alfian Tanjung, Abdullah Al Katiri menilai penangkapan dan penahanan kliennya ada yang janggal, maka dari itu tengah mempertimbangkan untuk melakukan gugatan praperadilan.

Kejanggalan tersebut menurut Al Katiri bahwa surat penangkapan terhadap Ustadz Alfian tidak mencantumkan tanggal di dalam surat penangkapan.

Namun karena ingin membela kliennya dengan baik, ia pun hanya bisa kooperatif.

“Kemungkinan begitu (praperadilan), kemungkinan juga tidak, tapi gunakan pengawas internal dan eksternal, propam dan lain lain,” kata Al-Katiri dalam keterangan persnya di AQL Center, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (8/9)

Al Katiri menceritakan sejak kliennya bebas, dirinya sudah mendapat firasat tidak baik. Sebab pengurusan surat pelepasan dari Lapas memakan waktu lama. Ia mnduga ada kesengajaan pihak lapas mengulur-ulur waktu.

“Apa gini penegakan hukum itu. Beliau ini bukan teroris, bukan penjahat. Tapi kok diperlakukan seperti kejahatan luar biasa,” tandasnya.

Terpisah Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono membeberkan alasan Alfian langsung di tahan lantaran telibat kasus ujaran kebencian. Menurut Argo, Ustadz Alfian tidak jera.

Ustadz Alfian sebelumnya dyang iduga menyebar kebencian yang menyebutkan bahwa kader PDIP dan juga orang dekat Presiden Jokowi adalah kader PKI akan langsung dibawa ke Jakarta.

“Dia sudah bebas, malah diulang lagi. Ini karena di Surabaya kita tahan di sini. Nanti kalau sudah selesai berkasnya kita kirim lagi. Itu sebagai subjektivitas penyidik,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jumat (8/9).

Argo menpis tudingan pengacara Ustadz Alfian, Al Katiri yang menyebut surat penangkapan tidak lengkap karena tidak ada tanggalnya.

“Enggak. Surat kita lengkap kok. Sudah lengkap administrasi,” tambah dia.

Argo juga tidak ingin ambil pusing soal tudingan pengacara Alfian. untuk itu ia mempersilakan jika pengacara Alfian menempuh langkah praperadilan jika tak puas.

“Ya silahkan saja kalau enggak terima, praperadilan aja,” tegasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Komisi I Minta Menko Polhukam Jelaskan Definisi Kelompok Bersenjata
Politik - Senin, 20 November 2017 - 12:25 WIB

Komisi I Minta Menko Polhukam Jelaskan Definisi Kelompok Bersenjata

Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi keberhasilan TNI-Polri dalam membebaskan sandera di Papua.Namun, Bobby juga berharap agar para ...
Setnov Ditahan KPK, Zulkifli Hasan : Nama DPR Hancur
Politik - Senin, 20 November 2017 - 11:38 WIB

Setnov Ditahan KPK, Zulkifli Hasan : Nama DPR Hancur

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan kembali menekankan agar Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) mengikuti proses hukum atas kasus dugaan ...
Penuhi Panggilan KPK, Istri Novanto Bungkam
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 10:13 WIB

Penuhi Panggilan KPK, Istri Novanto Bungkam

Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi ...
KPK Periksa Istri Novanto Hari Ini
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 10:05 WIB

KPK Periksa Istri Novanto Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Istri Setya Novanto yakni Deisti Astriani Tagor, Senin, (20/11/2017).Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi ...
KPK Lelang Barang Rampasan, Harga Mulai Rp41 Ribu
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 09:37 WIB

KPK Lelang Barang Rampasan, Harga Mulai Rp41 Ribu

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang barang rampasan dari beberapa perkara melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta ...
Ngobrol Bareng Warganet, Ketua MPR: Medsos untuk Merawat Keberagaman
Pendidikan - Senin, 20 November 2017 - 09:30 WIB

Ngobrol Bareng Warganet, Ketua MPR: Medsos untuk Merawat Keberagaman

Setelah serangkaian agenda di Jakarta, Minggu malam (19/11) Ketua MPR Zulkilfli Hasan langsung terbang ke Lampung untuk menghadiri acara ngobrol ...