Senin, 20 November 2017 | 12.39 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Sri Mulyani Minta APIP Jaga Integritas

Sri Mulyani Minta APIP Jaga Integritas

Reporter : Sindi Violinda | Selasa, 12 September 2017 - 15:24 WIB

IMG-26149

Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam Rakernas Sinergi Pengawasan Penerimaan Negara oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian atau Lembaga dan Daerah 2017, di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Selasa (12/9). KiniNews/Rakisa.

JAKARTA, kini.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan peranan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian atau Lembaga (K/L) dan daerah kian diperkuat untuk mengawasi bendaharawan pemerintah yang memungut pajak.

Penguatan peranan ini diharapkan efektif dalam mendorong bendaharawan melaporkan setiap pajak yang dipungut dari belanja negara maupun belanja daerah.

“Peranan bendaharawan menjadi titik lemah pengumpulan pajak dari APBN dan APBD. Sebab, selama ini, ada bendaharawan yang tidak memahami aturan, tidak memahami transaksi keuangan, tidak menjalankan kewajiban untuk memotong pajak, atau bahkan ada yang mengetahui tetapi tidak melaporkan pajak yang telah dipungutnya,” kata Sri dalam Rakernas Sinergi Pengawasan Penerimaan Negara oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian atau Lembaga dan Daerah 2017, di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Selasa (12/9).

Dikatakannya, kontribusi penerimaan pajak yang bersumber dari belanja APBN dan APBD yang masih sangat minim. Disebutkannya di tahun 2015, APBN hanya menghasilkan penerimaan pajak Rp 84 triliun saja.

Sementara di tahun 2016, APBN hanya menghasilkan penerimaan pajak Rp 86 triliun. Padahal, jumlah belanja negara dan daerah setiap tahunnya selalu meningkat.

Menurut Sri rendahnya kemampuan dan kepatuhan bendaharawan menyebabkan petugas pajak di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemkeu) harus mengeluarkan energi, perhatian, dan waktu yang besar untuk mengawasai pajak-pajak pada belanja APBN dan APBD, bukannya melakukan ekstensifikasi di luar APBN.

“Kepatuhan (bendaharawan) membutuhkan peranan APIP untuk bisa mengawasi. Dan ini merupakan tugas yang sulit dari APIP karena begitu ada di dalam, teman-temannya yang diawasi akan mengatakan sesama teman kok begitu, kita kan dulu sama-sama, satu sekolah, satu kamar, masa kamu sekarang ngawasi saya kayak gitu sudah lah kita kan teman‎,” tambanhya.

Sementara itu Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Sumiyati mengatakan, penguatan APIP bisa dilakukan melalui beberapa jalur, utamanya dibina oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Di bidang perpajakan dan pengawasan APBN sendiri, penguatan APIP dilakukan melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

“Kami akan gunakan semua instansi yang ada tetapi masing-masing memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda,” kata Sumiyati.

Saat ini, kata dia total APIP cukup banyak. Dari total 540 pemerintah daerah, jumlah APIP bisa mencapai 20-30 orang untuk setiap pemerintah daerah. Jumlah itu juga belum termasuk APIP di pemerintah pusat. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Komisi I Minta Menko Polhukam Jelaskan Definisi Kelompok Bersenjata
Politik - Senin, 20 November 2017 - 12:25 WIB

Komisi I Minta Menko Polhukam Jelaskan Definisi Kelompok Bersenjata

Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi keberhasilan TNI-Polri dalam membebaskan sandera di Papua.Namun, Bobby juga berharap agar para ...
Setnov Ditahan KPK, Zulkifli Hasan : Nama DPR Hancur
Politik - Senin, 20 November 2017 - 11:38 WIB

Setnov Ditahan KPK, Zulkifli Hasan : Nama DPR Hancur

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan kembali menekankan agar Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) mengikuti proses hukum atas kasus dugaan ...
Penuhi Panggilan KPK, Istri Novanto Bungkam
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 10:13 WIB

Penuhi Panggilan KPK, Istri Novanto Bungkam

Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi ...
KPK Periksa Istri Novanto Hari Ini
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 10:05 WIB

KPK Periksa Istri Novanto Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Istri Setya Novanto yakni Deisti Astriani Tagor, Senin, (20/11/2017).Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi ...
KPK Lelang Barang Rampasan, Harga Mulai Rp41 Ribu
Hukum - Senin, 20 November 2017 - 09:37 WIB

KPK Lelang Barang Rampasan, Harga Mulai Rp41 Ribu

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang barang rampasan dari beberapa perkara melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta ...
Ngobrol Bareng Warganet, Ketua MPR: Medsos untuk Merawat Keberagaman
Pendidikan - Senin, 20 November 2017 - 09:30 WIB

Ngobrol Bareng Warganet, Ketua MPR: Medsos untuk Merawat Keberagaman

Setelah serangkaian agenda di Jakarta, Minggu malam (19/11) Ketua MPR Zulkilfli Hasan langsung terbang ke Lampung untuk menghadiri acara ngobrol ...