Senin, 19 Februari 2018 | 00.44 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Indonesia kirimkan bantuan untuk muslim Rohingya

Indonesia kirimkan bantuan untuk muslim Rohingya

Reporter : Zainal Bakri | Selasa, 12 September 2017 - 20:15 WIB

IMG-26165

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menlu Retno Marsudi (tengah) berbincang dengan Dubes Myanmar untuk RI Ei Ei Khin Aye usai Penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/9). ANTARA FOTO/Rosa Panggabean.

JAKARTA, kini.co.id – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk muslim Rohingya, Myanmar. Menyusul sebagian Muslim Rohingya saat ini tengah mengungsi di wilayah Bangladesh akibat tindak kekerasan yang dialaminya beberapa waktu lalu.

Mentri Luar Negri Retno Marsudi Mengatakan saat ini pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan pengiriman bantuan kamanusia kepada pengusi Rohinya yang berada di Bangladesh.

Pengiriman tersebut rencananya akan dilakukan besok, Rabu (13/9), dengan tahap pertama menggunakan empat pesawat Hercules milik TNI.

Retno mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan pemerintah Bangladesh dan mengirimkan list kebutuhan yang mendesak yang diperlukan para pengungsi.

“Jadi apa yang kita berikan ini sesuai dengan apa yang mereka butuhkan kalau tidak maka manfaatnya tidak optimal,” Kata Retno di kantor Kemetrian Luar Negeri, Jl.Taman Pejambon Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

“Bantuan ke Bangladesh karena Bangladesh itu harus menapung pengusi yang jumlah cukup banyak. Pemrintah disana merespon dengan cepat jadi kita dahukukan ke Bangladesh,” ungkapnya.

Bantuan yang akan dikirim tersebut, kata dia berupa, makanan, beras, kemudian, tenda, selimut, seprei baju, serta perlengkan mandi.

Bantuan tersebut akan dikirim dalam beberapa kelompok terbang karena banyak masyarakat Indonesia yang ikut menyumbang melalaui pemerintah untuk di salurkan kepada pengungsi Rohingya.

“Dapat saya sampaikan animo masyarakat dan organisasi kemasyarakatan, Pengusaha, Pemerintah Daerah dan semua pihak yang ada di Indonesia sangat ingin membantu, nah kita coba untuk menampung ke inginan tersebut dan hal ini sudah saya laporkan ke bapak presiden, karen itu bantuan tersebut tidak hanya dilakukan dalam satu kloter saja,”beber Retno.

Selain itu dia mejelaskan untuk pendistribusian tersebut Retno mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan pemerintah Bangladesh dan beberapa Organisasi kemanusian setempat.

“Distribusinya, kita sudah bekerja sama dengan pemeritah pusat maupun pemerintah daerah di Bangladesh, kemudian dibantu lembaga-lembaga kemanusian yang ada disitu,” pungkasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Pegadaian perkenalkan produk syariah ke dibeberapa ponpes
Ekonomi - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:21 WIB

Pegadaian perkenalkan produk syariah ke dibeberapa ponpes

Untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat terhadap produk-produk Industri Jasa Keuangan (IJK), PT Pegadaian (Persero) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Otoritas ...
KPU tetapkan 14 parpol peserta Pemilu 2019
Politik - Sabtu, 17 Februari 2018 - 13:17 WIB

KPU tetapkan 14 parpol peserta Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan sebanyak 14 partai politik resmi menjadi peserta pemilu 2019, empat diantaranya merupakan parpol baru.Adapun ...
92 ribu kendaraan diprediksi kembali ke Jakarta melalui GT Cikarut
Peristiwa - Sabtu, 17 Februari 2018 - 13:02 WIB

92 ribu kendaraan diprediksi kembali ke Jakarta melalui GT Cikarut

PT Jasa Marga memprediksikan puncak arus balik libur Imlek terjadi pada Ahad (18/2) besok melalui GT Cikarang Utama menuju Jakarta."Sebanyak ...
KontraS desak Polri selidiki lagi penyebab kematian terduga teroris Jefri
Peristiwa - Sabtu, 17 Februari 2018 - 10:42 WIB

KontraS desak Polri selidiki lagi penyebab kematian terduga teroris Jefri

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengkritik penjelasan kepolisian mengenai penyebab kematian terduga teroris Muhamad Jefri alias ...
NasDem akan konsolidasi politik di Pilgub Lampung
Politik - Sabtu, 17 Februari 2018 - 09:58 WIB

NasDem akan konsolidasi politik di Pilgub Lampung

Partai NasDem akan segera berkonsolidasi dengan Partai Hanura dan PKS setelah calon yang mereka usung dalam Pilgub Lampung, Mustafa ditetapkan ...
Jadi Tersangka, Bupati Lampung Tengah Langsung Ditahan
Hukum - Jumat, 16 Februari 2018 - 13:18 WIB

Jadi Tersangka, Bupati Lampung Tengah Langsung Ditahan

Usai menjalani pemeriksaan selama empat jam, Bupati Lampung Tengah, Mustofa resmi berstatus tersangka dan langsung ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ...