Rabu, 20 September 2017 | 19.40 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Indonesia kirimkan bantuan untuk muslim Rohingya

Indonesia kirimkan bantuan untuk muslim Rohingya

Reporter : Zainal Bakri | Selasa, 12 September 2017 - 20:15 WIB

IMG-26165

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menlu Retno Marsudi (tengah) berbincang dengan Dubes Myanmar untuk RI Ei Ei Khin Aye usai Penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/9). ANTARA FOTO/Rosa Panggabean.

JAKARTA, kini.co.id – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk muslim Rohingya, Myanmar. Menyusul sebagian Muslim Rohingya saat ini tengah mengungsi di wilayah Bangladesh akibat tindak kekerasan yang dialaminya beberapa waktu lalu.

Mentri Luar Negri Retno Marsudi Mengatakan saat ini pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan pengiriman bantuan kamanusia kepada pengusi Rohinya yang berada di Bangladesh.

Pengiriman tersebut rencananya akan dilakukan besok, Rabu (13/9), dengan tahap pertama menggunakan empat pesawat Hercules milik TNI.

Retno mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan pemerintah Bangladesh dan mengirimkan list kebutuhan yang mendesak yang diperlukan para pengungsi.

“Jadi apa yang kita berikan ini sesuai dengan apa yang mereka butuhkan kalau tidak maka manfaatnya tidak optimal,” Kata Retno di kantor Kemetrian Luar Negeri, Jl.Taman Pejambon Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

“Bantuan ke Bangladesh karena Bangladesh itu harus menapung pengusi yang jumlah cukup banyak. Pemrintah disana merespon dengan cepat jadi kita dahukukan ke Bangladesh,” ungkapnya.

Bantuan yang akan dikirim tersebut, kata dia berupa, makanan, beras, kemudian, tenda, selimut, seprei baju, serta perlengkan mandi.

Bantuan tersebut akan dikirim dalam beberapa kelompok terbang karena banyak masyarakat Indonesia yang ikut menyumbang melalaui pemerintah untuk di salurkan kepada pengungsi Rohingya.

“Dapat saya sampaikan animo masyarakat dan organisasi kemasyarakatan, Pengusaha, Pemerintah Daerah dan semua pihak yang ada di Indonesia sangat ingin membantu, nah kita coba untuk menampung ke inginan tersebut dan hal ini sudah saya laporkan ke bapak presiden, karen itu bantuan tersebut tidak hanya dilakukan dalam satu kloter saja,”beber Retno.

Selain itu dia mejelaskan untuk pendistribusian tersebut Retno mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan pemerintah Bangladesh dan beberapa Organisasi kemanusian setempat.

“Distribusinya, kita sudah bekerja sama dengan pemeritah pusat maupun pemerintah daerah di Bangladesh, kemudian dibantu lembaga-lembaga kemanusian yang ada disitu,” pungkasnya.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Komisi I sayangkan TV swasta tak respon pemutaran film G30S/PKI
Peristiwa - Rabu, 20 September 2017 - 16:44 WIB

Komisi I sayangkan TV swasta tak respon pemutaran film G30S/PKI

Anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi menyanyangkan sikap stasiun TV swasta yang tak merespon ajakan pemutaran film G30SPKI dari ...
Kuasa hukum sebut penetapan tersangka Novanto berdasarkan asumsi
Hukum - Rabu, 20 September 2017 - 16:31 WIB

Kuasa hukum sebut penetapan tersangka Novanto berdasarkan asumsi

Tim kuasa hukum Setya Novanto, Ida Jaka Mulyana menilai tuduhan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap kliennya tidak berdasar.Dikatakannya tuduhan kliennya ...
Uber diduga suap Polisi Indonesia
Peristiwa - Rabu, 20 September 2017 - 16:21 WIB

Uber diduga suap Polisi Indonesia

Perusahaan aplikasi layanan transportasi online, Uber, tengah menjadi sorotan karena diduga melakukan tindakan ilegal dalam memuluskan perizinan operasional mereka ...
Komite I DPD Minta Sistem Keuangan Desa Segera Dioptimalkan
Politik - Rabu, 20 September 2017 - 16:08 WIB

Komite I DPD Minta Sistem Keuangan Desa Segera Dioptimalkan

Komite I DPD RI meminta implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) harus dioptimalkan ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk desa yang ...
PDI-P copot Masinton dari Pansus Angket KPK
Politik - Rabu, 20 September 2017 - 15:58 WIB

PDI-P copot Masinton dari Pansus Angket KPK

Fraksi PDI Perjuangan tiba-tiba mencopot Masinton Pasaribu dari Pansus Angket KPK. Dalam surat Fraksi PDIP bernomor 153/F-PDIP/DPR-RI/IX/2017 tertanggal 19 September ...
PAN Meminta Pansus Angket KPK Tak Bawa-bawa Presiden
Politik - Rabu, 20 September 2017 - 15:01 WIB

PAN Meminta Pansus Angket KPK Tak Bawa-bawa Presiden

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menolak keinginan Pansus Hak Angket KPK untuk konsultasi dengan Presiden Joko Widodo ...