Rabu, 17 Januari 2018 | 00.14 WIB
KiniNEWS>Nasional>Nasional>15 deportan eks IS dilepas ke masyarakat

15 deportan eks IS dilepas ke masyarakat

Reporter : Zainal Bakri | Jumat, 15 September 2017 - 01:44 WIB

IMG-26293

Eks simpatisan ISIS bertemu dengan keluarganya di Pusat Deradialisasi (Pusded) BNPT, Sentul. Foto BNPT

BOGOR, kini.co.id – Setelah genap selama kurang lebih satu bulan menjalani pembinaan di Pusat Deradikalisasi (Pusderad) BNPT, Sentul, Bogor, sebanyak 15 eks deportan simpatisan IS atau ISIS dilepas kembali ke tengah masyarakat.

Sebelumnya sebanyak 18 simpatisan ISIS yang dideportasi dari Irak itu tiba di tanah air pada 12 Agustus 2017 lalu, mereka kemudian dijemput tim densus 88 dan BNPT di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Kasubdit Bina Dalam Lapas Khusus BNPT, Kolonel Mar. Andy Prasetyo mengatakan pelepasan eks deportan simpatisan ISIS ini merupakan wujud gambaran sinergitas antar Kementerian/Lembaga (K/L) terkait dalam penanggulangan terorisme.

Dikatakannya momentum pelepasan eks deportan simpatisan ISIS itu bukan sekedar formalitras semata. Namun merupan momentum nyata bahwa K/L-K/L yang ada, yang terkait dalam penanggulangan terorisme bersama-sama untuk saling membantu mereka (deportan) agar dapat kembali diterima di lingkungan masyarakat.

“Ini juga menjadi ujian bagi K/L-K/L yang bertugas dan bertanggung jawab untuk dapat membina mereka. Karena para deportan ini sudah mengakui penyesalannya saat mereka pindah ke Suriah,” kata Andi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/9).

Lebih lanjut kata alumni AAL angkatan 95 ini, bahwa dalam pelepasan tersebut beberapa unsur terkait juga turut hadir sesuai dengan domisili para deportan, seperti lurah dibantu koramil dan juga polsek sesuai dengan domisli para deportan tersebut.

“Ini menandakan suatu kebersamaan untuk sama-sama peduli dalam memberantas paham radikal terorisme agar tidak kembali tumbuh di masyarakat. Karena kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” ujarnya.

Sebelum dilepas kembali ke masyarakat, kata Andy para deportan itu sejak sepulang dari Irak telah mendapatkan bimbingan seperti wawasan kebangsaannya, agama dan juga psikologinya di Pusat Deradikalisasi (Pusderad) BNPT.

Selama berada di Pusderad, mereka mencurahkan kesaksian bagaimana keadaan mereka selama berada di Suriah. Namun setelah berangkat ke Suriah timbul kekecewaan dari mereka bahwa janji yang diberikan oleh kelompok ISIS ini tidak sesuai dengan kenyataan.

“Dan akhirnya timbul dari benak mereka bahwa bangsa saya lebih baik daripada di Suriah. Dan akhirnya mereka kembali. Setelah kembali tanah air bagi mereka ini adalah kesempatan hidup kedua dengan lebih cinta kepada bangsa Indonesia,” tandasnya.

Kepada para deportan, dirinya mengucapkan syukur bahwa para deportan ini sudah sadar dan kembali lagi menjadi warga DKI dan Jawa Barat.

“Tidak usah segan-segan atau galau. Jadi kita sama-sama berkumpul dengan warga yang lain. Nanti pak Lurah dan pak Camat sama-sama membantu sehingga tidak ada lagi kekhawatiran atau ketakutan. Kita semua akan mengayomi,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
KPK sita tas mewah hingga mobil milik Rita Widyasari
Hukum - Selasa, 16 Januari 2018 - 21:39 WIB

KPK sita tas mewah hingga mobil milik Rita Widyasari

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah aset milik Bupati Kutai Kertanegara (Kukar) nonaktif, Rita Widyasari yang diduga berasal dari hasil ...
Oso: Kalau Wiranto mau jadi ketua lagi saya kasihkan
Politik - Selasa, 16 Januari 2018 - 19:43 WIB

Oso: Kalau Wiranto mau jadi ketua lagi saya kasihkan

Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) mengaku tidak masalah jika Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto ingin ...
Polri keluarkan 13 aturan untuk anggotanya di Pilkada serentak
Hukum - Selasa, 16 Januari 2018 - 17:36 WIB

Polri keluarkan 13 aturan untuk anggotanya di Pilkada serentak

Mabes Polri menegaskan jika 10 orang anggota Polri yang ikut maju dalam Pilkada serentak masih berstatus polisi hingga penetapan pasangan ...
JK Sebut Prabowo Tak Minta Mahar Ketika Sodorkan Anies Baswedan
Politik - Selasa, 16 Januari 2018 - 16:14 WIB

JK Sebut Prabowo Tak Minta Mahar Ketika Sodorkan Anies Baswedan

Pernyataan La Nyalla terkait mahar politik yang diminta Ketum Gerindra Prabowo Subianto menuai banyak reaksi di masyarakat.Sebagaian masyarakat tak menyangka ...
Zulhas: Sebentar Lagi Panen Raya, Impor Beras Akan Rugikan Petani
Ekonomi - Selasa, 16 Januari 2018 - 15:16 WIB

Zulhas: Sebentar Lagi Panen Raya, Impor Beras Akan Rugikan Petani

Zulkifli Hasan Selaku Ketua MPR RI mengkritisi rencana pemerintah yang akan mengimport beras dari Vietnam dan Thailand. Ia juga menyapaikan ...
12 Pasien Korban Ambruknya Gedung BEI Sudah Dibolehkan Pulang dari RS
Peristiwa - Selasa, 16 Januari 2018 - 15:13 WIB

12 Pasien Korban Ambruknya Gedung BEI Sudah Dibolehkan Pulang dari RS

Dua belas pasien korban ambruknya selasar Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta sudah diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit (RS)."Kedua belas ...