Kamis, 19 Oktober 2017 | 19.51 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Juli 2018, jemaah calon haji asal Jabar diberangkatkan dari Bandara Kertajati

Juli 2018, jemaah calon haji asal Jabar diberangkatkan dari Bandara Kertajati

Reporter : Yudi | Selasa, 26 September 2017 - 23:05 WIB

IMG-26714

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan memimpin Rapat Koordinasi Bandara Kertajati di Majalenga, Selasa (26/9). KiniNews/AA Azis.

Majalengka, kini.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Juli 2018, Jawa Barat akan memberangkatkan Kloter I jemaah hajinya dari Bandar Udara Kertajati di Majalengka.

Hal itu dikatakannya saat memimpin Rapat Koordinasi Bandara Kertajati di Bandara tersebut, Selasa (26/9).

“Tanggal 28 Juli 2018, seperti dijadwallkan, jemaah haji dari Jawa Barat Kloter I sudah bisa diberangkatkan dari bandara ini. Kita harapkan juga landasan sudah bisa diperpanjang hingga 3,500 meter pada akhir 2018, sehingga pesawat-pesawat berbadan besar bisa masuk ke Bandara Kertajati ini, ” ujar Luhut.

Luhut mengatakan bandara ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bagian selatan dan timur Jawa Barat.

“Bandara ini juga untuk membantu memperkecil angka kemiskinan di wilayah selatan Jabar. Presiden pesan agar bandara ini selesai bulan Juni tahun depan, beliau memerintahkan supaya ibadah haji tahun 2018 berangkat dari sini. Kami ingin supaya proses pelaksanaannya cepat dan tidak ditunda-tunda,” ujarnya.

Menurut Menko Luhut, BIJB rencananya juga akan dijadikan pusat layanan logistik unuk wilayah Jawa Barat dan kalau bisa juga melayani Jawa Tengah. Untuk itu sebagai sarana penunjangnya pemerintah mendorong diselesaikannya infrastruktur jalan tol ke Bandara ini.

“Kita juga akan mendorong pembangunan jalan tol Cisumdawu dan koneksinya ke jalan tol Cipali yang jadi akses penopang menuju BIJB ini. Kalau semua mau, tahun depan bisa selesai. Soal anggaran sudah tidak ada masalah,” kata Menko Luhut.

Ia mengakui masih ada hambatan di sana sini, namun koordinasi terus dilakukan untuk memperlancar pembangunan BIJB.

“Kami meihat masih ada beberapa issue yang harus diselesaikan misalnya tanah, walaupun Pak Bupati (Majalengka) kemarin sudah bilang tidak ada masalah, kelihatannya masih ada sedikit hambatannya. Tapi saya sudah minta supaya harus segera selesai,” tambahnya.

Dalam rapat yang dihadiri Gubernur BI Agus Martowardojo, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi, Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian ATR/BPN Arie Yuriwin dan para pemangku kepentingan di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra melaporkan pengerjaan proyek ini sudah mencapai 60,8% per 17 September, pembangunan terminal penumpang penyelesaiannya telah mencapai 43% dan bangunan penunjang operasioanl bandara telah mencapai 89%.

Menurut Virda, pada tahap awal operasinya yaitu pada 2018-2024 bandara ini diharapkan bisa menampung 6-12 juta penumpang per tahunnya, dan pada tahap akhirnya di tahun 2030 direncanakan bisa menampung penumpang sebanyak 29 juta orang/tahun.

Dalam rakor ini dibahas, untuk penerbangan haji yang dilakukan dengan penerbangan langsung dan menggunakan pesawat berbadan besar (Boeing747-400, Boeing777 atau A380-800) bandara ini akan memperpanjang landasannya pada bulan November tahun ini hingga mencapai 3,000 meter.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Mitsubishi berikan 10 unit purwarupa mobil listrik untuk Indonesia
Ekonomi - Kamis, 19 Oktober 2017 - 18:47 WIB

Mitsubishi berikan 10 unit purwarupa mobil listrik untuk Indonesia

Di sela kunjungan kerjanya ke Jepang beberapa hari kemarin, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga mengadakan pertemuan dengan CEO Mitsubishi Motors ...
Menperin minta Mitsubishi tambah investasi garmen hingga petrokimia
Ekonomi - Kamis, 19 Oktober 2017 - 18:41 WIB

Menperin minta Mitsubishi tambah investasi garmen hingga petrokimia

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mendorong Mitsubishi Corporation agar terus berinvestasi di Indonesia sekaligus meningkatkan kemitraan dengan para pelaku industri ...
Kemendagri Sebut Langkah Pembubaran HTI Sudah Tepat
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 17:23 WIB

Kemendagri Sebut Langkah Pembubaran HTI Sudah Tepat

Dalam rapat dengan Komisi II DPR, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai, langkah pemerintah sudah tepat membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) ...
HTI Sambangi DPR untuk Paparkan Konsep Khilafah
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 17:20 WIB

HTI Sambangi DPR untuk Paparkan Konsep Khilafah

Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Ismail Yusanto memenuhi undangan rapat dengar pendapat umum (RDPU) Komisi II soal Perppu Nomor ...
Perlu Dikaji Ulang, Nasdem Minta Tahan Dana Densus Tipikor
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:39 WIB

Perlu Dikaji Ulang, Nasdem Minta Tahan Dana Densus Tipikor

Fraksi NasDem meminta anggaran yang akan dialokasikan untuk Densus Tipikor ditahan terlebih dahulu. Unit baru bentukan Polri ini perlu dikaji ...
Pengelola Pasar Diminta Tidak Bermain dengan Dana Revitalisasi
Ekonomi - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:16 WIB

Pengelola Pasar Diminta Tidak Bermain dengan Dana Revitalisasi

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta agar pengelola pasar tidak bermain-main dengan dana revitalisasi yang diberikan."Pasar direvitalisasi dengan dana APBN, peliharalah ...