Kamis, 19 Oktober 2017 | 14.18 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>Pansus Angket KPK : Jangan Samakan Posisi Kami dengan Komisi III

Pansus Angket KPK : Jangan Samakan Posisi Kami dengan Komisi III

Reporter : Bayu Putra | Senin, 2 Oktober 2017 - 15:03 WIB

IMG-26895

KPK penuhi panggilan Komisi III DPR RI. (KiniNews/Bayu Putra)

Jakarta, kini.co.id – Komisi III DPR sudah bertemu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) pekan lalu.

Pertemuan Komisi III DPR dengan KPK dianggap sudah menjawab permasalahan yang diajukan Pansus Hak Angket ke KPK selama ini.

Namun, Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Taufiqulhadi meminta untuk tidak menyamakan posisi Pansus Angket dengan Komisi III.

“Komisi III dan Pansus Angket itu berbeda. Jelas apa yang kita kerjakan juga berbeda. Jangan disamakan,” kata Taufiq di Gedung Parlemen DPR RI Senayan, Jakarta, (2/10).

Taufiq menjelaskan, Komisi III memanggil KPK sebagai sebuah institusi. Sementara, Pansus Angket memanggil KPK sebagai bentuk subjektivitas.

“Kita memanggil agar masyarakat tahu seperti apa lembaga KPK, apa yang dikerjakan selama ini,” ujar Taufiq.

Karena itu, Taufiq tidak setuju jika Pansus Angket dibubarkan. Dia mengatakan kinerja Pansus Angket harus dilanjutkan sampai pada akhir pemberian kesimpulan dan rekomendasi KPK.

(Baca juga: KPK Diultimatum Penuhi Panggilan Pansus Angket)

“Kalau berhenti sekarang, ya apa yang kami kerjakan selama ini jadi sia-sia. Kami tidak mau, karena Pansus Angket bukan lembaga sekadar ada saja,” tegas dia.

Pada 11 dan 12 September 2017, Komisi III mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan KPK. Dalam kesempatan itu, Komisi III mengulik banyak hal.

Namun, tak cuma kerja-kerja KPK yang dibahas. Komisi III juga mempertanyakan sejumlah materi yang ditemukan oleh Pansus Angket KPK.

Komisi antara lain mempertanyakan soal operasi tangan tangan (OTT), penyadapan, hubungan penyelidik dan penyidik, pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang KPK, hingga tata kelola Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan). Diketahui, soal Rupbasan, Pansus angket sudah memanggil Kepala Rupbasan dan meminta konfirmasi dari Kementerian Hukum dan HAM.

Tak hanya itu, Komisi III juga mem-BKO anggota dewan yang duduk di Pansus Angket untuk ikut RDP. Misalnya, Agung Gunandjar Sudarsa, anggota Komisi I DPR RI dan Misbakhun, anggota Komisi XI DPR RI.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Perlu Dikaji Ulang, Nasdem Minta Tahan Dana Densus Tipikor
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:39 WIB

Perlu Dikaji Ulang, Nasdem Minta Tahan Dana Densus Tipikor

Fraksi NasDem meminta anggaran yang akan dialokasikan untuk Densus Tipikor ditahan terlebih dahulu. Unit baru bentukan Polri ini perlu dikaji ...
Pengelola Pasar Diminta Tidak Bermain dengan Dana Revitalisasi
Ekonomi - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:16 WIB

Pengelola Pasar Diminta Tidak Bermain dengan Dana Revitalisasi

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta agar pengelola pasar tidak bermain-main dengan dana revitalisasi yang diberikan."Pasar direvitalisasi dengan dana APBN, peliharalah ...
Densus Tipikor Didukung Penuh Komisi III DPR
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 12:48 WIB

Densus Tipikor Didukung Penuh Komisi III DPR

Pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tipikor era Jenderal Tito menuai polemik. Satu sisi, beda sikap ditunjukkan pemerintah. Sisi lain, DPR mengatakan ...
Sepakat dengan Yusril, PAN Tolak Perppu Ormas
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 12:18 WIB

Sepakat dengan Yusril, PAN Tolak Perppu Ormas

Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto menegaskan, pihaknya menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang ...
Aris Budiman dan Novel Baswedan Diduga Terlibat Pelanggaran Berat
Hukum - Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:41 WIB

Aris Budiman dan Novel Baswedan Diduga Terlibat Pelanggaran Berat

Hasil awas pemeriksaan Direktorat Pengawasan Internal, Novel Baswedan dan Aris Budiman terindikasi terlibat pelanggaran berat.Novel diduga melakukan pelanggaran berat dengan ...
Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ini Syaratnya!
Ekonomi - Kamis, 19 Oktober 2017 - 08:48 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ini Syaratnya!

Kabar gembira untuk Anda para pemburu pekerjaan, sebab saat ini salahsatu BUMN terbesar di Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan.PT Pertamina ...