Selasa, 12 Desember 2017 | 11.14 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Ribuan sapi tiba di peternakan II Greenfields di Wlingi

Ribuan sapi tiba di peternakan II Greenfields di Wlingi

Reporter : Sindi Violinda | Selasa, 10 Oktober 2017 - 02:01 WIB

IMG-27142

Ribuan sapi perah milik Greenfields. KiniNews/Istimewa

Blitar , kini.co.id – Peternakan II PT Greenfields Indonesia Dusun Pijiombo, Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar kedatangan 2.150 sapi betina dari Melbourne, Australia.

Impor sapi perah dari Australia ke Indonesia ini merupakan momen penting karena merupakan jumlah impor sapi dara terbesar di Indonesia, yang dilakukan dalam satu ekspedisi oleh perusahaan swasta.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian Fini Murfiani menegaskan Kementerian Pertanian mengapresiasi Greenfields yang terus berupaya mengembangkan peternakan sapi perah yang berkualitas.

Asisten Deputi Peternakan dan Perikanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jafi Alzagladi melanjutkan, kebijakan pemerintah dalam industri susu adalah untuk penambahan populasi yang bertujuan pada peningkatan produksi susu, guna pemenuhan kebutuhan konsumsi susu segar bagi masyarakat.

Peran swasta untuk mendatangkan sapi merupakan hal yang sangat baik. “Kami berharap inisiatif ini bisa mendukung penyediaan susu segar dalam negeri sekaligus mengurangi disparitas dari produksi dalam negeri yang saat ini ada di angka 23 persen dan impor 77 persen.” jelas dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/10).

Greenfields berencana melakukan impor 89 ribu sapi betina. Kedatangan 2.150 sapi betina ini merupakan rombongan pertama yang akan disusul dengan pengiriman sepanjutnya. Sapi tersebut akan diternakkan di peternakan baru di Wlingi.

“Jika peternakan ini sudah beroperasi sepenuhnya maka akan berkontribusi sebesar 14 persen kepada susu segar dalam negeri (SSDN), dan secara otomatis mengurangi kebergantungan pada susu impor,” ungkap Head of Dairy Farm Indonesia, PT. Greenfields. Heru Prabowo.

Selain itu, masyarakat yang ada di sekitar peternakan PT Greenfields bisa mendapat dampak positif dalam pemanfaatan lahan untuk hijauan pakan ternak yang akan dimanfaatkan oleh perusahaan.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan yang basisnya di pedesaan. Selain mengimpor sapi perah untuk tujuan bisnis, Greenfields juga menginisiasi sebuah program kemitraan yang bernama Greenfields Dairy Institute (GDI).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peternak muda dan membantu mereka meningkatkan produktivitas peternakan serta kualitas susu yang dihasilkan.

Kemitraan ini sekaligus berupaya untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup peternak sapi perah rakyat.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun, program ini akan mengembangkan keterampilan 5 ribu peternak muda dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan peternakan lokal.

Produksi susu nasional menyumbang kurang dari 20 persen dari kebutuhan konsumsi susu nasional.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Tiba di KPK, Novanto Diperiksa untuk Lengkapi Berkas Anang
Hukum - Selasa, 12 Desember 2017 - 11:07 WIB

Tiba di KPK, Novanto Diperiksa untuk Lengkapi Berkas Anang

Tersangka kasus korupsi e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik) TA 2011-2012 Setya Novanto tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa, ...
KPK Kembali Periksa Setnov untuk Lengkapi Berkas Anang
Hukum - Selasa, 12 Desember 2017 - 11:01 WIB

KPK Kembali Periksa Setnov untuk Lengkapi Berkas Anang

Tersangka kasus korupsi e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik) TA 2011-2012 Setya Novanto tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, ...
Begini Cara Ajukan Pinjaman UMi di Pegadaian
Ekonomi - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:29 WIB

Begini Cara Ajukan Pinjaman UMi di Pegadaian

Pemerintah Indonesia terus berupaya mendorong kemajuan UMKM di daerah. Di antaranya dengan menyalurkan kredit untuk pelaku usaha kecil.Sebagai pilihan, pemerintah ...
Citilink raih LCC terbaik ke tujuh kali
Ekonomi - Selasa, 12 Desember 2017 - 10:15 WIB

Citilink raih LCC terbaik ke tujuh kali

Untuk yang ke-7 kalinya ajang Indonesia Travel and Tourism Award (ITTA) 2017/2018 yang digagas oleh Indonesia Travel and Tourism ...
70 IKM komponen otomotif jalin sinergi dengan pemasok APM
Ekonomi - Selasa, 12 Desember 2017 - 09:40 WIB

70 IKM komponen otomotif jalin sinergi dengan pemasok APM

Kementerian Perindustrian memfasilitasi sebanyak 70 industri kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif yang berasal dari beberapa sentra Pulau Jawa untuk bekerja sama dengan 30 pemasok ...
Kompak F-PKS Gunakan Syal Palestina-Indonesia di DPR
Politik - Selasa, 12 Desember 2017 - 07:34 WIB

Kompak F-PKS Gunakan Syal Palestina-Indonesia di DPR

Sikap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel terus mendapat kecaman. Sebagai bentuk dukungan ...