Senin, 19 Februari 2018 | 00.41 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Ribuan sapi tiba di peternakan II Greenfields di Wlingi

Ribuan sapi tiba di peternakan II Greenfields di Wlingi

Reporter : Sindi Violinda | Selasa, 10 Oktober 2017 - 02:01 WIB

IMG-27142

Ribuan sapi perah milik Greenfields. KiniNews/Istimewa

Blitar , kini.co.id – Peternakan II PT Greenfields Indonesia Dusun Pijiombo, Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar kedatangan 2.150 sapi betina dari Melbourne, Australia.

Impor sapi perah dari Australia ke Indonesia ini merupakan momen penting karena merupakan jumlah impor sapi dara terbesar di Indonesia, yang dilakukan dalam satu ekspedisi oleh perusahaan swasta.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian Fini Murfiani menegaskan Kementerian Pertanian mengapresiasi Greenfields yang terus berupaya mengembangkan peternakan sapi perah yang berkualitas.

Asisten Deputi Peternakan dan Perikanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jafi Alzagladi melanjutkan, kebijakan pemerintah dalam industri susu adalah untuk penambahan populasi yang bertujuan pada peningkatan produksi susu, guna pemenuhan kebutuhan konsumsi susu segar bagi masyarakat.

Peran swasta untuk mendatangkan sapi merupakan hal yang sangat baik. “Kami berharap inisiatif ini bisa mendukung penyediaan susu segar dalam negeri sekaligus mengurangi disparitas dari produksi dalam negeri yang saat ini ada di angka 23 persen dan impor 77 persen.” jelas dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/10).

Greenfields berencana melakukan impor 89 ribu sapi betina. Kedatangan 2.150 sapi betina ini merupakan rombongan pertama yang akan disusul dengan pengiriman sepanjutnya. Sapi tersebut akan diternakkan di peternakan baru di Wlingi.

“Jika peternakan ini sudah beroperasi sepenuhnya maka akan berkontribusi sebesar 14 persen kepada susu segar dalam negeri (SSDN), dan secara otomatis mengurangi kebergantungan pada susu impor,” ungkap Head of Dairy Farm Indonesia, PT. Greenfields. Heru Prabowo.

Selain itu, masyarakat yang ada di sekitar peternakan PT Greenfields bisa mendapat dampak positif dalam pemanfaatan lahan untuk hijauan pakan ternak yang akan dimanfaatkan oleh perusahaan.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan yang basisnya di pedesaan. Selain mengimpor sapi perah untuk tujuan bisnis, Greenfields juga menginisiasi sebuah program kemitraan yang bernama Greenfields Dairy Institute (GDI).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peternak muda dan membantu mereka meningkatkan produktivitas peternakan serta kualitas susu yang dihasilkan.

Kemitraan ini sekaligus berupaya untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup peternak sapi perah rakyat.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun, program ini akan mengembangkan keterampilan 5 ribu peternak muda dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan peternakan lokal.

Produksi susu nasional menyumbang kurang dari 20 persen dari kebutuhan konsumsi susu nasional.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Pegadaian perkenalkan produk syariah ke dibeberapa ponpes
Ekonomi - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:21 WIB

Pegadaian perkenalkan produk syariah ke dibeberapa ponpes

Untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat terhadap produk-produk Industri Jasa Keuangan (IJK), PT Pegadaian (Persero) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Otoritas ...
KPU tetapkan 14 parpol peserta Pemilu 2019
Politik - Sabtu, 17 Februari 2018 - 13:17 WIB

KPU tetapkan 14 parpol peserta Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan sebanyak 14 partai politik resmi menjadi peserta pemilu 2019, empat diantaranya merupakan parpol baru.Adapun ...
92 ribu kendaraan diprediksi kembali ke Jakarta melalui GT Cikarut
Peristiwa - Sabtu, 17 Februari 2018 - 13:02 WIB

92 ribu kendaraan diprediksi kembali ke Jakarta melalui GT Cikarut

PT Jasa Marga memprediksikan puncak arus balik libur Imlek terjadi pada Ahad (18/2) besok melalui GT Cikarang Utama menuju Jakarta."Sebanyak ...
KontraS desak Polri selidiki lagi penyebab kematian terduga teroris Jefri
Peristiwa - Sabtu, 17 Februari 2018 - 10:42 WIB

KontraS desak Polri selidiki lagi penyebab kematian terduga teroris Jefri

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengkritik penjelasan kepolisian mengenai penyebab kematian terduga teroris Muhamad Jefri alias ...
NasDem akan konsolidasi politik di Pilgub Lampung
Politik - Sabtu, 17 Februari 2018 - 09:58 WIB

NasDem akan konsolidasi politik di Pilgub Lampung

Partai NasDem akan segera berkonsolidasi dengan Partai Hanura dan PKS setelah calon yang mereka usung dalam Pilgub Lampung, Mustafa ditetapkan ...
Jadi Tersangka, Bupati Lampung Tengah Langsung Ditahan
Hukum - Jumat, 16 Februari 2018 - 13:18 WIB

Jadi Tersangka, Bupati Lampung Tengah Langsung Ditahan

Usai menjalani pemeriksaan selama empat jam, Bupati Lampung Tengah, Mustofa resmi berstatus tersangka dan langsung ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ...