Kamis, 19 Oktober 2017 | 14.17 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Ribuan sapi tiba di peternakan II Greenfields di Wlingi

Ribuan sapi tiba di peternakan II Greenfields di Wlingi

Reporter : Sindi Violinda | Selasa, 10 Oktober 2017 - 02:01 WIB

IMG-27142

Ribuan sapi perah milik Greenfields. KiniNews/Istimewa

Blitar , kini.co.id – Peternakan II PT Greenfields Indonesia Dusun Pijiombo, Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar kedatangan 2.150 sapi betina dari Melbourne, Australia.

Impor sapi perah dari Australia ke Indonesia ini merupakan momen penting karena merupakan jumlah impor sapi dara terbesar di Indonesia, yang dilakukan dalam satu ekspedisi oleh perusahaan swasta.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian Fini Murfiani menegaskan Kementerian Pertanian mengapresiasi Greenfields yang terus berupaya mengembangkan peternakan sapi perah yang berkualitas.

Asisten Deputi Peternakan dan Perikanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jafi Alzagladi melanjutkan, kebijakan pemerintah dalam industri susu adalah untuk penambahan populasi yang bertujuan pada peningkatan produksi susu, guna pemenuhan kebutuhan konsumsi susu segar bagi masyarakat.

Peran swasta untuk mendatangkan sapi merupakan hal yang sangat baik. “Kami berharap inisiatif ini bisa mendukung penyediaan susu segar dalam negeri sekaligus mengurangi disparitas dari produksi dalam negeri yang saat ini ada di angka 23 persen dan impor 77 persen.” jelas dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/10).

Greenfields berencana melakukan impor 89 ribu sapi betina. Kedatangan 2.150 sapi betina ini merupakan rombongan pertama yang akan disusul dengan pengiriman sepanjutnya. Sapi tersebut akan diternakkan di peternakan baru di Wlingi.

“Jika peternakan ini sudah beroperasi sepenuhnya maka akan berkontribusi sebesar 14 persen kepada susu segar dalam negeri (SSDN), dan secara otomatis mengurangi kebergantungan pada susu impor,” ungkap Head of Dairy Farm Indonesia, PT. Greenfields. Heru Prabowo.

Selain itu, masyarakat yang ada di sekitar peternakan PT Greenfields bisa mendapat dampak positif dalam pemanfaatan lahan untuk hijauan pakan ternak yang akan dimanfaatkan oleh perusahaan.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan yang basisnya di pedesaan. Selain mengimpor sapi perah untuk tujuan bisnis, Greenfields juga menginisiasi sebuah program kemitraan yang bernama Greenfields Dairy Institute (GDI).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peternak muda dan membantu mereka meningkatkan produktivitas peternakan serta kualitas susu yang dihasilkan.

Kemitraan ini sekaligus berupaya untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup peternak sapi perah rakyat.

Dalam kurun waktu sepuluh tahun, program ini akan mengembangkan keterampilan 5 ribu peternak muda dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan peternakan lokal.

Produksi susu nasional menyumbang kurang dari 20 persen dari kebutuhan konsumsi susu nasional.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Perlu Dikaji Ulang, Nasdem Minta Tahan Dana Densus Tipikor
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:39 WIB

Perlu Dikaji Ulang, Nasdem Minta Tahan Dana Densus Tipikor

Fraksi NasDem meminta anggaran yang akan dialokasikan untuk Densus Tipikor ditahan terlebih dahulu. Unit baru bentukan Polri ini perlu dikaji ...
Pengelola Pasar Diminta Tidak Bermain dengan Dana Revitalisasi
Ekonomi - Kamis, 19 Oktober 2017 - 13:16 WIB

Pengelola Pasar Diminta Tidak Bermain dengan Dana Revitalisasi

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta agar pengelola pasar tidak bermain-main dengan dana revitalisasi yang diberikan."Pasar direvitalisasi dengan dana APBN, peliharalah ...
Densus Tipikor Didukung Penuh Komisi III DPR
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 12:48 WIB

Densus Tipikor Didukung Penuh Komisi III DPR

Pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tipikor era Jenderal Tito menuai polemik. Satu sisi, beda sikap ditunjukkan pemerintah. Sisi lain, DPR mengatakan ...
Sepakat dengan Yusril, PAN Tolak Perppu Ormas
Politik - Kamis, 19 Oktober 2017 - 12:18 WIB

Sepakat dengan Yusril, PAN Tolak Perppu Ormas

Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto menegaskan, pihaknya menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang ...
Aris Budiman dan Novel Baswedan Diduga Terlibat Pelanggaran Berat
Hukum - Kamis, 19 Oktober 2017 - 09:41 WIB

Aris Budiman dan Novel Baswedan Diduga Terlibat Pelanggaran Berat

Hasil awas pemeriksaan Direktorat Pengawasan Internal, Novel Baswedan dan Aris Budiman terindikasi terlibat pelanggaran berat.Novel diduga melakukan pelanggaran berat dengan ...
Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ini Syaratnya!
Ekonomi - Kamis, 19 Oktober 2017 - 08:48 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ini Syaratnya!

Kabar gembira untuk Anda para pemburu pekerjaan, sebab saat ini salahsatu BUMN terbesar di Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan.PT Pertamina ...