Selasa, 21 November 2017 | 17.11 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Tiap tiga bulan, pendamping terus dievaluasi

Tiap tiga bulan, pendamping terus dievaluasi

Jumat, 3 November 2017 - 06:52 WIB

IMG-27631

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan evaluasi pendamping dana desa dilakukan tiap tiga bulan sekali untuk mengetahui kinerjanya.

“Di sistem pengawasan juga kalau ada pendamping ternyata tidak ‘fit’, tidak bagus performanya, setiap tiga bulan ada evaluasi,” kata Eko di Jakarta, Kamis (2/11).

Kementerian Desa PDTT akan mendapatkan laporan dari desa dan pemerintah daerah apabila ada pendamping desa yang dinilai memiliki kinerja yang kurang baik.

Dengan begitu, Kemendes PDTT, bisa melakukan evaluasi dan akan memberhentikan pendamping yang bersangkutan jika memang tak berkinerja dengan baik.

“Tahun lalu kita juga memberhentikan lebih 1.200 pendamping desa yang tidak perform. Kita dapat feedback dari daerah mereka bisa bekerja atau tidak membantu seperti yang diharapkan,” jelas Eko.

Pemerintah akan menggelontorkan Rp60 triliun untuk transfer dana desa pada 2018 ke seluruh desa di Indonesia.

Eko memastikan rekrutmen pendamping dana desa tidak ada dari “titipan orang” yang berpotensi menyalahgunakan dana desa tersebut.

“Tahun ini kita perbaiki lagi rekrutmen secara online, jadi transparan. Jadi sudah nggak mungkin lagi ada titipan-titipan bisa, karena itu dilakukan secara online dan dilakukan oleh universitas,” kata Eko Putro di kantor Kemenko PMK Jakarta, Kamis (2/11).

Eko menjelaskan saat ini Kementerian Desa PDTT sudah tidak melakukan rekrutmen untuk pendamping dana desa. Rekrutmen tersebut kini diserahkan pada pemerintah provinsi dan perguruan tinggi untuk menjaga kualitas dan kompetensi pendamping.

Selain itu Eko juga memaparkan para calon pendamping desa terus diberikan pelatihan agar bisa memahami dan memenuhi segala persoalan yang dibutuhkan tiap desa.

“Pendampingan terus. Sampai sekarang masih dalam proses pelatihan untuk tenaga ahli di berbagai tempat di Indonesia. Tujuannya untuk memastikan kualitas pendamping agar bisa memenuhi kebutuhan desa,”tandasnya.

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Pilgub Jatim, Khofifah-Emil Dardak diusung Demokrat
Politik - Selasa, 21 November 2017 - 15:58 WIB

Pilgub Jatim, Khofifah-Emil Dardak diusung Demokrat

Foto Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua DPD Jatim ...
Takut Dilaporkan ke Polisi, Farhat Abbas Minta Perlindungan KPK
Hukum - Selasa, 21 November 2017 - 14:57 WIB

Takut Dilaporkan ke Polisi, Farhat Abbas Minta Perlindungan KPK

Pengacara Farhat Abbas memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menjalani pemeriksaan kurang lebih dua jam.Farhat Abbas memenuhi panggilan ...
KPK ingin geledah DPR, Agus Hermanto: Harus ada ijin
Politik - Selasa, 21 November 2017 - 14:53 WIB

KPK ingin geledah DPR, Agus Hermanto: Harus ada ijin

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan niat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ingin menggeledah DPR terutama ruang kerja Ketua DPR ...
Jetstar operasikan penerbangan perdana ke Okinawa
Ekonomi - Selasa, 21 November 2017 - 14:47 WIB

Jetstar operasikan penerbangan perdana ke Okinawa

Penerbangan perdana Jetstar Asia 3K791 dari Singapura ke Okinawa hari ini, Selasa (21/11) mendarat di Naha International Airport. Penerbangan ini ...
Hingga akhir tahun, Citilink targetkan 13 juta penumpang
Ekonomi - Selasa, 21 November 2017 - 14:17 WIB

Hingga akhir tahun, Citilink targetkan 13 juta penumpang

PT Citilink Indonesia menargetkan jumlah penumpang mencapai 13 juta hingga akhir tahun 2017, hingga September 2017 lalu, jumlah penumpang Citilink ...
Polisi surati KPK untuk periksa Setya Novanto
Peristiwa - Selasa, 21 November 2017 - 13:38 WIB

Polisi surati KPK untuk periksa Setya Novanto

Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya melayangkan surat izin untuk melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPR Setya Novanto yang kini menjadi tahanan ...