Rabu, 17 Oktober 2018 | 11.16 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>KAI gratiskan tiket untuk LVRI pada 10 November

KAI gratiskan tiket untuk LVRI pada 10 November

Reporter : Zainal Bakri | Rabu, 8 November 2017 - 23:22 WIB

IMG-27759

Petugas KAI tengah memperbaiki saluran di rel kereta api.KiniNews/Dok.

Jakarta, kini.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggratiskan tiket kereta jarak jauh dan menengah untuk keberangkatan pada 10 November 2017 kepada seluruh anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan para anggota LVRI dapat menggunakan kereta bersubsidi pelayanan publik (public service obligation/PSO) dan komersial secara cuma-cuma pada Jumat (10/11).

Dia mengungkapkan perusahaan menyediakan total 192 perjalanan kereta bersubsidi PSO dan komersial yang dapat digunakan secara gratis pada 10 November 2017 oleh seluruh anggota LVRI.

“Pemberlakuan tiket gratis di Hari Pahlawan ini sebagai bentuk apresiasi KAI kepada veteran yang telah berjasa terhadap kemerdekaan RI,” kata Edi dalam keterangannya di Jakarta Rabu (8/11).

Dia menjelaskan anggota veteran yang ingin mendapatkan tiket kereta secara gratis untuk keberangkatan 10 November 2017 perlu memberi fotokopi kartu anggota LVRI ketika memesan di seluruh stasiun pelayanan pembelian tiket.

Di luar KA keberangkatan 10 November 2017, kata dia, perusahaan tetap memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI yang selama ini ditetapkan, yaitu 50% pada Selasa – Kamis kecuali hari besar atau libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan perusahaan.

Kemudian, tarif reduksi sebesar 30% pada Jumat hingga Senin dan hari besar atau hari libur nasional lainnya serta hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dia melanjutkan anggota LVRI yang telah memiliki tiket kereta jarak jauh dan jarak menengah baik bersubsidi maupun komersial keberangkatan 10 November 2017 dapat mengambil pengembalian bea 100% di stasiun tujuan atau stasiun kedatangan.

Untuk mengambil pengembalian bea 100%, anggota LVRI perlu menyerahkan tiket atau boarding pass di loket stasiun sampai dengan 3 hari setelah jadwal kedatangan kereta penumpang bersangkutan.

Edi mengingatkan tiket yang telah dibeli sebelumnya dapat dibatalkan, tetapi tidak dapat diubah jadwal (reschedule) dan tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya.

Pada saat boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Peristiwa - Rabu, 17 Oktober 2018 - 11:12 WIB

Polisi Sebut Tersangka Tak Bermaksud Tembak Kaca DPR

Peristiwa penembakan kaca kantor DPR RI sempat menghebohkan publik. Netizen pun bertanya apakah ada maksud pembunuhan atau penembakan misterius di ...
Nasional - Rabu, 17 Oktober 2018 - 09:52 WIB

Sidang IPU 139 Jenewa, Jazuli: 36 Negara Tolak Pelegalan LGBT

Anggota Komisi I DPR RI, Jazuli Juwaini menyebut dalam sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) 139 di Jenewa sebanyak 36 negara yang ...
Hukum - Rabu, 17 Oktober 2018 - 09:15 WIB

Berkasus Lagi, KPK Pertimbangkan Tuntutan Hukuman Maksimal terhadap Billy Sindoro

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mempertimbangkan tuntutan hukuman maksimal kepada Bos Lippo Group, Billy Sindoro. Hal ini ...
- Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:05 WIB

KPK sebut Bupati Bekasi tak sampaikan sedang hamil

Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (Jubir KPK), Febri Diansyah mengatakan bahwa selama menjalani pemeriksaan Bupati Bekasi non-aktif, Neneng Hasnah Yasin tidak ...
Peristiwa - Selasa, 16 Oktober 2018 - 19:59 WIB

Ternyata penembak gedung DPR lulus sertifikasi menembak

KETUA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menuturkan bahwa terduga penembak peluru nyasar yang mengenai ruang kerja anggota DPR pada ...
Hukum - Selasa, 16 Oktober 2018 - 19:24 WIB

Meikarta, mengejar mimpi beralas upeti

OPERASI tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap sejumlah pejabat di Kabupaten Bekasi, berbuntut pada penetapan tersangka ...