Rabu, 17 Januari 2018 | 17.29 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>KAI gratiskan tiket untuk LVRI pada 10 November

KAI gratiskan tiket untuk LVRI pada 10 November

Reporter : Zainal Bakri | Rabu, 8 November 2017 - 23:22 WIB

IMG-27759

Petugas KAI tengah memperbaiki saluran di rel kereta api.KiniNews/Dok.

Jakarta, kini.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggratiskan tiket kereta jarak jauh dan menengah untuk keberangkatan pada 10 November 2017 kepada seluruh anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan para anggota LVRI dapat menggunakan kereta bersubsidi pelayanan publik (public service obligation/PSO) dan komersial secara cuma-cuma pada Jumat (10/11).

Dia mengungkapkan perusahaan menyediakan total 192 perjalanan kereta bersubsidi PSO dan komersial yang dapat digunakan secara gratis pada 10 November 2017 oleh seluruh anggota LVRI.

“Pemberlakuan tiket gratis di Hari Pahlawan ini sebagai bentuk apresiasi KAI kepada veteran yang telah berjasa terhadap kemerdekaan RI,” kata Edi dalam keterangannya di Jakarta Rabu (8/11).

Dia menjelaskan anggota veteran yang ingin mendapatkan tiket kereta secara gratis untuk keberangkatan 10 November 2017 perlu memberi fotokopi kartu anggota LVRI ketika memesan di seluruh stasiun pelayanan pembelian tiket.

Di luar KA keberangkatan 10 November 2017, kata dia, perusahaan tetap memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI yang selama ini ditetapkan, yaitu 50% pada Selasa – Kamis kecuali hari besar atau libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan perusahaan.

Kemudian, tarif reduksi sebesar 30% pada Jumat hingga Senin dan hari besar atau hari libur nasional lainnya serta hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dia melanjutkan anggota LVRI yang telah memiliki tiket kereta jarak jauh dan jarak menengah baik bersubsidi maupun komersial keberangkatan 10 November 2017 dapat mengambil pengembalian bea 100% di stasiun tujuan atau stasiun kedatangan.

Untuk mengambil pengembalian bea 100%, anggota LVRI perlu menyerahkan tiket atau boarding pass di loket stasiun sampai dengan 3 hari setelah jadwal kedatangan kereta penumpang bersangkutan.

Edi mengingatkan tiket yang telah dibeli sebelumnya dapat dibatalkan, tetapi tidak dapat diubah jadwal (reschedule) dan tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya.

Pada saat boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Urgensi impor beras dipertanyakan
Politik - Rabu, 17 Januari 2018 - 17:09 WIB

Urgensi impor beras dipertanyakan

Anggota DPR Sukamta menyatakan pemerintah harus mengkaji betul sebelum sebuah kebijakan yang diambil terkait impor beras.Dia mempertanyakan urgensi harus ...
DPR Minta Tidak Ada Kebijakan Asing Untuk Miliki Pulau
Politik - Rabu, 17 Januari 2018 - 16:56 WIB

DPR Minta Tidak Ada Kebijakan Asing Untuk Miliki Pulau

Menanggapi adanya penawaran kepemilikan Pulau Ajab melalui situs privateislandsonline.com, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edy menyatakan perlunya ketegasan ...
Ustadz ‘akhir zaman’ Zulkifli M  Ali jadi tersangka
Peristiwa - Rabu, 17 Januari 2018 - 16:45 WIB

Ustadz ‘akhir zaman’ Zulkifli M Ali jadi tersangka

Ustadz Zulkifli Muhammad Ali ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan sengaja menunjukkan kebencian atau ras benci kepada orang lain berdasarkan ras ...
Pemerintah Mau Impor Beras 500 Ribu Ton, DPR Panggil Mendag
Ekonomi - Rabu, 17 Januari 2018 - 14:44 WIB

Pemerintah Mau Impor Beras 500 Ribu Ton, DPR Panggil Mendag

Mengatasi mahalnya beras di tengah masyarakat, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk melakukan impor.Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI memutuskan akan mengimpor beras sebanyak ...
Rangkap jabatan Menteri, JK: Partai bisa diurus malam
Politik - Rabu, 17 Januari 2018 - 14:38 WIB

Rangkap jabatan Menteri, JK: Partai bisa diurus malam

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan menteri yang rangkap jabatan sebagai ketua partai bisa mengurus partai pada malam hari, ...
Resmi Menjabat Sebagai KSAU, Ini Harta Kekayaan Yuyu Sutisna
Nasional - Rabu, 17 Januari 2018 - 13:57 WIB

Resmi Menjabat Sebagai KSAU, Ini Harta Kekayaan Yuyu Sutisna

Marsekal Madya Yuyu Sutisna resmi menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan posisi Marsekal Hadi Tjahjanto yang kini menjabat ...