Sabtu, 18 November 2017 | 07.58 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>KAI gratiskan tiket untuk LVRI pada 10 November

KAI gratiskan tiket untuk LVRI pada 10 November

Reporter : Zainal Bakri | Rabu, 8 November 2017 - 23:22 WIB

IMG-27759

Petugas KAI tengah memperbaiki saluran di rel kereta api.KiniNews/Dok.

Jakarta, kini.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggratiskan tiket kereta jarak jauh dan menengah untuk keberangkatan pada 10 November 2017 kepada seluruh anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan para anggota LVRI dapat menggunakan kereta bersubsidi pelayanan publik (public service obligation/PSO) dan komersial secara cuma-cuma pada Jumat (10/11).

Dia mengungkapkan perusahaan menyediakan total 192 perjalanan kereta bersubsidi PSO dan komersial yang dapat digunakan secara gratis pada 10 November 2017 oleh seluruh anggota LVRI.

“Pemberlakuan tiket gratis di Hari Pahlawan ini sebagai bentuk apresiasi KAI kepada veteran yang telah berjasa terhadap kemerdekaan RI,” kata Edi dalam keterangannya di Jakarta Rabu (8/11).

Dia menjelaskan anggota veteran yang ingin mendapatkan tiket kereta secara gratis untuk keberangkatan 10 November 2017 perlu memberi fotokopi kartu anggota LVRI ketika memesan di seluruh stasiun pelayanan pembelian tiket.

Di luar KA keberangkatan 10 November 2017, kata dia, perusahaan tetap memberlakukan tarif reduksi untuk anggota LVRI yang selama ini ditetapkan, yaitu 50% pada Selasa – Kamis kecuali hari besar atau libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan perusahaan.

Kemudian, tarif reduksi sebesar 30% pada Jumat hingga Senin dan hari besar atau hari libur nasional lainnya serta hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dia melanjutkan anggota LVRI yang telah memiliki tiket kereta jarak jauh dan jarak menengah baik bersubsidi maupun komersial keberangkatan 10 November 2017 dapat mengambil pengembalian bea 100% di stasiun tujuan atau stasiun kedatangan.

Untuk mengambil pengembalian bea 100%, anggota LVRI perlu menyerahkan tiket atau boarding pass di loket stasiun sampai dengan 3 hari setelah jadwal kedatangan kereta penumpang bersangkutan.

Edi mengingatkan tiket yang telah dibeli sebelumnya dapat dibatalkan, tetapi tidak dapat diubah jadwal (reschedule) dan tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya.

Pada saat boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI yang asli. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Buka Munas KAHMI, Jokowi singgung tantangan Negara
Politik - Jumat, 17 November 2017 - 21:59 WIB

Buka Munas KAHMI, Jokowi singgung tantangan Negara

Presiden Jokowi mengaku berbahagia hadir di tengah anggota KAHMI yang terkenal dengan orang-orang yang memiliki kehandalan di segala bidang."KAHMI ...
Mahfud MD tegaskan sikap politik KAHMI independen
Politik - Jumat, 17 November 2017 - 21:06 WIB

Mahfud MD tegaskan sikap politik KAHMI independen

Ketua Umum Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Prof Mahfud MD menegaskan sikap politik organisasinya yang independen dan netral kepada ...
Agar tak kabur lagi, IPW sarankan KPK borgol Setnov
Hukum - Jumat, 17 November 2017 - 19:59 WIB

Agar tak kabur lagi, IPW sarankan KPK borgol Setnov

Indonesia Police Watch (IPW) menilai kasus kecelakaan tunggal yang menimpa Ketua DPR Setya Novanto menjadi blessing in disguise (berkah tersembunyi) bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).Pasalnya, PK ...
14 Parpol calon peserta Pemilu 2019 harus perbaiki pendaftaran
Politik - Jumat, 17 November 2017 - 19:39 WIB

14 Parpol calon peserta Pemilu 2019 harus perbaiki pendaftaran

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan hasil penelitian administrasi terhadap dokumen 14 partai politik (parpol) calon peserta pemilu 2019.Adapun, 14 ...
Warga Diminta Tidak Bertransaksi dengan Valuta Asing
Ekonomi - Jumat, 17 November 2017 - 17:10 WIB

Warga Diminta Tidak Bertransaksi dengan Valuta Asing

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengimbau masyarakat menggunakan transaksi di dalam negeri menggunakan Rupiah bukan valuta asing.Hal ini mengingat ...
Ini penjelasan Pemred Metro TV soal Hilman Mattauch
Peristiwa - Jumat, 17 November 2017 - 15:46 WIB

Ini penjelasan Pemred Metro TV soal Hilman Mattauch

Pihak Metro TV memberikan klarifikasinya terkait status Hilman Mattauch yang menyupiri Setya Novanto menggunakan mobil Toyota Fortuner B 1732 ZLO ...