Senin, 26 Februari 2018 | 06.21 WIB
KiniNEWS>Nasional>Hukum>LBH Minta Tangkap Semua Warga yang Mengarak Sejoli di Cikupa

LBH Minta Tangkap Semua Warga yang Mengarak Sejoli di Cikupa

Reporter : Yudi | Rabu, 15 November 2017 - 10:03 WIB

IMG-27901

Penganiayaan sepasang muda-mudi yang difitnah zina oleh warga Cikupa Tangerang. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Peristiwa main hakim sendiri oleh sejumlah warga di Cikupa Tangerang terhadap dua sejoli R (laki-laki) dan R (perempuan) yang dituduh berbuat mesum mengiris hati publik.

Apalagi warga yang semuanya laki-laki itu dengan semena-mena menganiaya bahkan menelanjangi keduanya tanpa ampun meski si perempuan meraung-raung tak berdaya.

Mirisnya, keduanya ternyata hanya korban fitnah. Mereka tidak melakukan apapun, tapi dipaksa mengakui dan melakukan adegan mesum di depan banyak orang.

Kejamnya lagi, kejadian itu direkam dan disebarkan di media sosial.

Terkait ini, Pendiri Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK) Nursyahbani Katjasungkana mengutuk kejadian tersebut.

Ia meminta polisi tegas menangkap semua yang terlibat dalam peristiwa tersebut termasuk yang merekam dan menyebarluaskan video tak senonoh tersebut.

Selain itu, polisi harus menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh main hakim sendiri terhadap sesuatu atau seseorang yang dianggap melakukan kesalahan.

“Harus diproses secara hukum, mana bisa main hakim sendiri. Pesan harus jelas kepada publik bahwa masyarakat tidak boleh main hakim sendiri,” kata dia, Rabu (15/11/2017).

Ia pun mengatakan terlepas benar atau salahnya dua sejoli itu, warga seharusnya memberikan bimbingan. Tak perlu dianiaya dan diperlakukan secara keji seperti yang terjadi.

Sebelumnya video sejoli dihakimi warga menjadi viral. Sepasang kekasih dipaksa mengakui perbuatan mesum, diarak keliling kampung dan ditelanjangi, tak terkecuali sang perempuan.

Melihat video keji tersebut netter justru marah dengan sikap warga yang kebanyakan bapak-bapak tersebut. Mereka menilai tak pantas seorang laki-laki menelanjangi anak perempuan orang di depan umum apapun kesalahannya.

“Kejam! Menetes airmata melihatnya. Wahai bapak-bapak warga, kalian apa tidak punya anak perempuan? Bagaimana kalau anak perempuan kalian diperlakukan seperti ini?” ujar seorang netter berkomentar di video yang tersebar di Instagram.

“Dasar bapak-bapak cabul! Mereka atau kalian yang cabul sebenarnya?” kesal yang lainnya.

“Apapun kesalahannya, tidak boleh main hakim sendiri. Perempuan ditelanjangi, woy, pakai otak dong,” kata netter lain.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Bawaslu berhentikan sementara Ketua Panwaslu Garut
Hukum - Minggu, 25 Februari 2018 - 19:26 WIB

Bawaslu berhentikan sementara Ketua Panwaslu Garut

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memberhentikan sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, Heri Hasan Basri yang terjerat OTT Satgas Anti Money Politik ...
Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:58 WIB

Banjir landa sejumlah wilayah di pulau Jawa

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir melanda sejumlah daerah di ...
Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi
Peristiwa - Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:51 WIB

Jalur kereta Cirebon-Tegal sudah bisa dilintasi

Petak jalan rel kereta api di kilometer 185 + 500 sampai dengan 186 + 600 (Stasiun Tanjung - Stasiun Losari  ...
Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi
Politik - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:25 WIB

Puan sebut PDI-P kantongi cawapres pendamping Jokowi

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puan Maharani mengatakan partainya telah mengantongi kriteria dan nama-nama calon wakil ...
Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun
Ekonomi - Sabtu, 24 Februari 2018 - 17:19 WIB

Bangun infrastruktur, Angkasa Pura I gelontorkan Rp18,8 triliun

PT Angkasa Pura I (Persero) di 2018 akan menginvestasikan Rp18,8 triliun untuk membangun sejumlah infrastruktur bandar udara untuk perbaikan dan ...
PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU
Hukum - Sabtu, 24 Februari 2018 - 14:17 WIB

PBB Tak Lolos, Yusril Kekeuh Polisikan Komisioner KPU

Tak terima partainya tak lolos verifikasi, Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Izha Mahendra kekeuh akan menyeret seluruh ...