Selasa, 21 November 2017 | 17.12 WIB
KiniNEWS>Nasional>Hukum>LBH Minta Tangkap Semua Warga yang Mengarak Sejoli di Cikupa

LBH Minta Tangkap Semua Warga yang Mengarak Sejoli di Cikupa

Reporter : Yudi | Rabu, 15 November 2017 - 10:03 WIB

IMG-27901

Penganiayaan sepasang muda-mudi yang difitnah zina oleh warga Cikupa Tangerang. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Peristiwa main hakim sendiri oleh sejumlah warga di Cikupa Tangerang terhadap dua sejoli R (laki-laki) dan R (perempuan) yang dituduh berbuat mesum mengiris hati publik.

Apalagi warga yang semuanya laki-laki itu dengan semena-mena menganiaya bahkan menelanjangi keduanya tanpa ampun meski si perempuan meraung-raung tak berdaya.

Mirisnya, keduanya ternyata hanya korban fitnah. Mereka tidak melakukan apapun, tapi dipaksa mengakui dan melakukan adegan mesum di depan banyak orang.

Kejamnya lagi, kejadian itu direkam dan disebarkan di media sosial.

Terkait ini, Pendiri Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK) Nursyahbani Katjasungkana mengutuk kejadian tersebut.

Ia meminta polisi tegas menangkap semua yang terlibat dalam peristiwa tersebut termasuk yang merekam dan menyebarluaskan video tak senonoh tersebut.

Selain itu, polisi harus menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh main hakim sendiri terhadap sesuatu atau seseorang yang dianggap melakukan kesalahan.

“Harus diproses secara hukum, mana bisa main hakim sendiri. Pesan harus jelas kepada publik bahwa masyarakat tidak boleh main hakim sendiri,” kata dia, Rabu (15/11/2017).

Ia pun mengatakan terlepas benar atau salahnya dua sejoli itu, warga seharusnya memberikan bimbingan. Tak perlu dianiaya dan diperlakukan secara keji seperti yang terjadi.

Sebelumnya video sejoli dihakimi warga menjadi viral. Sepasang kekasih dipaksa mengakui perbuatan mesum, diarak keliling kampung dan ditelanjangi, tak terkecuali sang perempuan.

Melihat video keji tersebut netter justru marah dengan sikap warga yang kebanyakan bapak-bapak tersebut. Mereka menilai tak pantas seorang laki-laki menelanjangi anak perempuan orang di depan umum apapun kesalahannya.

“Kejam! Menetes airmata melihatnya. Wahai bapak-bapak warga, kalian apa tidak punya anak perempuan? Bagaimana kalau anak perempuan kalian diperlakukan seperti ini?” ujar seorang netter berkomentar di video yang tersebar di Instagram.

“Dasar bapak-bapak cabul! Mereka atau kalian yang cabul sebenarnya?” kesal yang lainnya.

“Apapun kesalahannya, tidak boleh main hakim sendiri. Perempuan ditelanjangi, woy, pakai otak dong,” kata netter lain.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Pilgub Jatim, Khofifah-Emil Dardak diusung Demokrat
Politik - Selasa, 21 November 2017 - 15:58 WIB

Pilgub Jatim, Khofifah-Emil Dardak diusung Demokrat

Foto Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua DPD Jatim ...
Takut Dilaporkan ke Polisi, Farhat Abbas Minta Perlindungan KPK
Hukum - Selasa, 21 November 2017 - 14:57 WIB

Takut Dilaporkan ke Polisi, Farhat Abbas Minta Perlindungan KPK

Pengacara Farhat Abbas memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menjalani pemeriksaan kurang lebih dua jam.Farhat Abbas memenuhi panggilan ...
KPK ingin geledah DPR, Agus Hermanto: Harus ada ijin
Politik - Selasa, 21 November 2017 - 14:53 WIB

KPK ingin geledah DPR, Agus Hermanto: Harus ada ijin

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan niat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ingin menggeledah DPR terutama ruang kerja Ketua DPR ...
Jetstar operasikan penerbangan perdana ke Okinawa
Ekonomi - Selasa, 21 November 2017 - 14:47 WIB

Jetstar operasikan penerbangan perdana ke Okinawa

Penerbangan perdana Jetstar Asia 3K791 dari Singapura ke Okinawa hari ini, Selasa (21/11) mendarat di Naha International Airport. Penerbangan ini ...
Hingga akhir tahun, Citilink targetkan 13 juta penumpang
Ekonomi - Selasa, 21 November 2017 - 14:17 WIB

Hingga akhir tahun, Citilink targetkan 13 juta penumpang

PT Citilink Indonesia menargetkan jumlah penumpang mencapai 13 juta hingga akhir tahun 2017, hingga September 2017 lalu, jumlah penumpang Citilink ...
Polisi surati KPK untuk periksa Setya Novanto
Peristiwa - Selasa, 21 November 2017 - 13:38 WIB

Polisi surati KPK untuk periksa Setya Novanto

Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya melayangkan surat izin untuk melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPR Setya Novanto yang kini menjadi tahanan ...