Selasa, 12 Desember 2017 | 02.07 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Menteri Rini optimis KA Bandara beroperasi sebelum Natal

Menteri Rini optimis KA Bandara beroperasi sebelum Natal

Reporter : Sindi Violinda | Selasa, 28 November 2017 - 19:54 WIB

IMG-28330

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) berjalan di antara kursi penumpang saat berlangsungnya ujicoba kereta bandara dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta menuju Stasiun Sudirman Baru di Jakarta, Selasa (28/11).Antara /Akbar Nugroho Gumay.

Jakarta, kini.co.id – Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan uji coba perdana pengoperasian kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta (BSH) dari Stasiun Bandara hingga Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (28/11).

Dalam uji coba tersebut Rini turut didampingi Direktur Pengelolaan Sarana PT KAI Azahari, Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI Budi Noviantoro, Direktur Aset tanah dan bangunan PT KAI Dodi Budiawan, Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, serta Direktur Operasional dan teknik PT Railink Porwanto Handry Nugroho.

“Tadi saya juga sudah coba dari mulai pesan tiket hingga keluar gate, semua berjalan lancar. Insya Allah nanti bisa dioperasikan sebelum Natal,” kata Menteri Rini di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (28/11).

Lebih lanjut Menteri Rini menegaskan, pembangunan KA ini merupakan wujud sinergi BUMN. Di mana selain melibatkan KAI, juga ada PT Len Industri yang membangun persinyalannya dan PT INKA sebagai pembuat keretanya.

“Jadi ini semua hasil karya anak bangsa, bahkan sistem ticketing tadi juga dikembangkan sendiri oleh Railink,” tambah dia.

Sementara itu, Direktur Utama Railink Heru Kuswanto menambahkan, keberadaan KA Bandara Soekarno Hatta ini diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk berkendara transportasi umum dan ke depan terjadi pengalihan sebagian pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum berbasil rel.

Di sisi lain, kata dia keberadaan KA Bandara ini diharapkan mampu menambah alternatif berkendara transportasi umum bagi masyarakat dan memperbaiki akses bandara terbesar di Indonesia ini.

“Pengalaman membuktikan bahwa pengoperasi KA Bandara Kualanamu ternyata mampu memperbaiki rating Bandara Kulanamu terkait aksesibilitas.”

Ke depannya, kata Heru KA bandara dapat memperluas jangkauan layanannya hingga ke Bekasi, Bogor, Jakarta Kota dan lainnya.

KA Bandara ini direncanakan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo antara tanggal 1-4 Desember 2017 sambil menunggu arahan dari Kementrian BUMN.

Pada tahap awal pengoperasian hingga 31 Desember 2017, diberlakukan tarif promosi antara Rp 20.000 -30.000. Sedangkan mulai tanggal 1 Januari 2018 bisa diterapkan tarif normal Rp 100.000.

Dengan jarak tempuh yang dilayani KA BSH antara Manggarai sampai Bandara Soetta sepanjang 36,3 km dengan rincian, jalur eksisting (Manggari-Batuceper) sepanjang 24,2 km dan trek baru (Batuceper-Bandara Soetta) sepanjang 12,1 km.

Stasiun yang dilayani oleh KA BSH meliputi Manggarai, BNI City (Sudirman Baru), Duri, Batuceper, Bandara Soetta PP.

Untuk sementara waktu pada tahap awal pengoperasian KA BSH, belum dilayani naik turun penumpang di Manggarai karena masih dalam proses pembangunan peron dan jalur KA bandara oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Fadli Zon ditunjuk jadi Plt Ketua DPR
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 21:41 WIB

Fadli Zon ditunjuk jadi Plt Ketua DPR

Wakil Ketua DPR koordinator bidang politik dan keamanan Fadli Zon ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR menggantikan Setya Novanto ...
Kebijakan insentif fiskal industri akan dituntaskan
Ekonomi - Senin, 11 Desember 2017 - 20:42 WIB

Kebijakan insentif fiskal industri akan dituntaskan

Kementerian Perindustrian terus berupaya menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah yang ditargetkan rampung pada akhir tahun ini."Pekerjaan rumah ini terkait kebijakan pemberian ...
Aziz Gagal Jadi Ketua DPR, Titiek Soeharto: Sebaiknya Tunggu MUNAS
Nasional - Senin, 11 Desember 2017 - 18:45 WIB

Aziz Gagal Jadi Ketua DPR, Titiek Soeharto: Sebaiknya Tunggu MUNAS

Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto menilai, keputusan Badan Musyawarah (Bamus) DPR sudah tepat ...
Dedy Mulyadi: Golkar butuh perubahan komprehensif
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 18:15 WIB

Dedy Mulyadi: Golkar butuh perubahan komprehensif

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengusulkan agar perubahan partai tidak hanya sebatas pada pucuk pimpinan partai. Kata ...
Catatan Nasdem terkait pengesahan RUU Kepalangmerahan
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 17:45 WIB

Catatan Nasdem terkait pengesahan RUU Kepalangmerahan

Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepalangmerahan yang lama “mangkrak” rencananya akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR, Senin (11/12).Anggota Panja RUU Kepalangmerahan Amelia ...
Airlangga kantongi dukungan Golkar se-Jawa Barat dan DKI Jakarta
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 17:17 WIB

Airlangga kantongi dukungan Golkar se-Jawa Barat dan DKI Jakarta

Langkah Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto untuk menduduki calon Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto makin mulus.Pasalnya dukungan terhadap ...