Selasa, 12 Desember 2017 | 02.05 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Jumat, 1 Desember 2017 - 11:54 WIB

IMG-28418

Wisatawan mancanegara menunggu keberangkatan pesawat, di bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). Bloomberg/Putu Sayoga.

Jakarta, kini.co.id – Ribuan wisatawan mancanegara asal Cina diangkut dari Pulau Dewata, Bali setelah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dibuka kembali.

Sedikitnya ribuan wisatawan itu diangkut pulang pemerintah Cina melalui Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) dengan mengerahkan 13 pesawat domestik.

Pada Rabu (29/11) malam, China Southern Airlines mengirimkan dua pesawat dari Guangzhou dan Shenzhen, sedangkan China Eastern Airlines mengirimkan empat pesawat dari Beijing dan Shanghai.

Sementara pada Kamis (30/11) malam maskapai penerbangan lainnya mengirimkan tujuh armadanya ke Bali.

Sebanyak enam unit pesawat dari maskapai penerbangan milik pemerintah China tersebut telah memulangkan 2.700 wisatawan dari Bali.

Selain itu, tujuh armada dari maskapai swasta telah membawa pulang lebih dari 1.000 wisatawan China dari Bali, demikian pernyataan CAAC yang dikutip Kantor Berita Xinhua, Jumat.

Pengerahan pesawat-pesawat China itu turut membantu 29 pesawat asing yang diperkirakan akan membawa pulang 5.596 wisatawan mancanegara.

Bandara Ngurah Rai di kawasan Kuta ditutup pada Senin (27/11) setelah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian kolom 3.000 meter lebih.

Bandara terpadat kedua di Indonesia itu, telah dibuka kembali pada Rabu (29/11) sore seiring dengan menurunnya aktivitas vulkanik di gunung berketinggian 3.142 meter dari permukaan laut tersebut.

Kedatangan para wisatawan asal China di Bandara Shenzhen disambut haru para anggota keluarganya.

Bahkan mereka berfoto bersama dengan membentangkan bendera China begitu turun dari tangga pesawat China Southern yang membawanya pulang dari Bali, Kamis (30/11) malam.

China merupakan penyumbang terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Pada tahun lalu wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia mencapai angka 1,5 juta orang.

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan dari daratan Tiongkok tersebut.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Fadli Zon ditunjuk jadi Plt Ketua DPR
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 21:41 WIB

Fadli Zon ditunjuk jadi Plt Ketua DPR

Wakil Ketua DPR koordinator bidang politik dan keamanan Fadli Zon ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR menggantikan Setya Novanto ...
Kebijakan insentif fiskal industri akan dituntaskan
Ekonomi - Senin, 11 Desember 2017 - 20:42 WIB

Kebijakan insentif fiskal industri akan dituntaskan

Kementerian Perindustrian terus berupaya menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah yang ditargetkan rampung pada akhir tahun ini."Pekerjaan rumah ini terkait kebijakan pemberian ...
Aziz Gagal Jadi Ketua DPR, Titiek Soeharto: Sebaiknya Tunggu MUNAS
Nasional - Senin, 11 Desember 2017 - 18:45 WIB

Aziz Gagal Jadi Ketua DPR, Titiek Soeharto: Sebaiknya Tunggu MUNAS

Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto menilai, keputusan Badan Musyawarah (Bamus) DPR sudah tepat ...
Dedy Mulyadi: Golkar butuh perubahan komprehensif
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 18:15 WIB

Dedy Mulyadi: Golkar butuh perubahan komprehensif

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengusulkan agar perubahan partai tidak hanya sebatas pada pucuk pimpinan partai. Kata ...
Catatan Nasdem terkait pengesahan RUU Kepalangmerahan
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 17:45 WIB

Catatan Nasdem terkait pengesahan RUU Kepalangmerahan

Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepalangmerahan yang lama “mangkrak” rencananya akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR, Senin (11/12).Anggota Panja RUU Kepalangmerahan Amelia ...
Airlangga kantongi dukungan Golkar se-Jawa Barat dan DKI Jakarta
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 17:17 WIB

Airlangga kantongi dukungan Golkar se-Jawa Barat dan DKI Jakarta

Langkah Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto untuk menduduki calon Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto makin mulus.Pasalnya dukungan terhadap ...