Kamis, 24 Januari 2019 | 06.22 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Jumat, 1 Desember 2017 - 11:54 WIB

IMG-28418

Wisatawan mancanegara menunggu keberangkatan pesawat, di bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). Bloomberg/Putu Sayoga.

Jakarta, kini.co.id – Ribuan wisatawan mancanegara asal Cina diangkut dari Pulau Dewata, Bali setelah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dibuka kembali.

Sedikitnya ribuan wisatawan itu diangkut pulang pemerintah Cina melalui Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) dengan mengerahkan 13 pesawat domestik.

Pada Rabu (29/11) malam, China Southern Airlines mengirimkan dua pesawat dari Guangzhou dan Shenzhen, sedangkan China Eastern Airlines mengirimkan empat pesawat dari Beijing dan Shanghai.

Sementara pada Kamis (30/11) malam maskapai penerbangan lainnya mengirimkan tujuh armadanya ke Bali.

Sebanyak enam unit pesawat dari maskapai penerbangan milik pemerintah China tersebut telah memulangkan 2.700 wisatawan dari Bali.

Selain itu, tujuh armada dari maskapai swasta telah membawa pulang lebih dari 1.000 wisatawan China dari Bali, demikian pernyataan CAAC yang dikutip Kantor Berita Xinhua, Jumat.

Pengerahan pesawat-pesawat China itu turut membantu 29 pesawat asing yang diperkirakan akan membawa pulang 5.596 wisatawan mancanegara.

Bandara Ngurah Rai di kawasan Kuta ditutup pada Senin (27/11) setelah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian kolom 3.000 meter lebih.

Bandara terpadat kedua di Indonesia itu, telah dibuka kembali pada Rabu (29/11) sore seiring dengan menurunnya aktivitas vulkanik di gunung berketinggian 3.142 meter dari permukaan laut tersebut.

Kedatangan para wisatawan asal China di Bandara Shenzhen disambut haru para anggota keluarganya.

Bahkan mereka berfoto bersama dengan membentangkan bendera China begitu turun dari tangga pesawat China Southern yang membawanya pulang dari Bali, Kamis (30/11) malam.

China merupakan penyumbang terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Pada tahun lalu wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia mencapai angka 1,5 juta orang.

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan dari daratan Tiongkok tersebut.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 21:38 WIB

Gagal jadi caleg, OSO polisikan Ketua KPU

OESMAN Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Partai Hanura, melaporkan ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Polda Metro Jaya. ...
Nasional - Rabu, 23 Januari 2019 - 17:43 WIB

Wow…Susi Pudjiastuti tercatat sebagai Pemikir Dunia

MENTERI Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dimasukkan dalam daftar "Top 100 Global Thinkers" 2019 versi majalah Foreign Policy. Susi pun ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:52 WIB

Dari Kalangan Jurnalis, KPU Pastikan Moderator Debat capres Netral

Menjadi moderator debat Capres 2019 haruslah individu yang bebas dari kepentingan mendukung salahsatu calon.Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu ...
Politik - Rabu, 23 Januari 2019 - 09:44 WIB

Penyesalan Adik Kandung Prabowo Pernah Biayai Kampanye Jokowi

Hashim Djojohadikusumo mengaku menyesal pernah ikut membiayai kampanye Jokowi.Adik kandung capres nomor urut 02 yakni Prabowo Subianto itu mengaku sempat ...
Hukum - Selasa, 22 Januari 2019 - 17:48 WIB

Presiden: Abu Bakar Ba’asyir harus nyatakan setia NKRI

RENCANA pembebasan bersyarat narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir terkendala surat pengakuan terhadap Pancasila dan NKRI. Namun Presiden Joko Widodo menegaskan ...
Peristiwa - Selasa, 22 Januari 2019 - 11:15 WIB

Kapolda Metro Idham Aziz diangkat menjadi Kabareskrim

KEPALA Kepolisian Daerah Metro Jaya Idham Azis, hari ini diangkat menjadi Kabareskrim Mabes Polri. Dia menggantikan Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto ...