Senin, 19 Februari 2018 | 00.31 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Jumat, 1 Desember 2017 - 11:54 WIB

IMG-28418

Wisatawan mancanegara menunggu keberangkatan pesawat, di bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). Bloomberg/Putu Sayoga.

Jakarta, kini.co.id – Ribuan wisatawan mancanegara asal Cina diangkut dari Pulau Dewata, Bali setelah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dibuka kembali.

Sedikitnya ribuan wisatawan itu diangkut pulang pemerintah Cina melalui Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) dengan mengerahkan 13 pesawat domestik.

Pada Rabu (29/11) malam, China Southern Airlines mengirimkan dua pesawat dari Guangzhou dan Shenzhen, sedangkan China Eastern Airlines mengirimkan empat pesawat dari Beijing dan Shanghai.

Sementara pada Kamis (30/11) malam maskapai penerbangan lainnya mengirimkan tujuh armadanya ke Bali.

Sebanyak enam unit pesawat dari maskapai penerbangan milik pemerintah China tersebut telah memulangkan 2.700 wisatawan dari Bali.

Selain itu, tujuh armada dari maskapai swasta telah membawa pulang lebih dari 1.000 wisatawan China dari Bali, demikian pernyataan CAAC yang dikutip Kantor Berita Xinhua, Jumat.

Pengerahan pesawat-pesawat China itu turut membantu 29 pesawat asing yang diperkirakan akan membawa pulang 5.596 wisatawan mancanegara.

Bandara Ngurah Rai di kawasan Kuta ditutup pada Senin (27/11) setelah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian kolom 3.000 meter lebih.

Bandara terpadat kedua di Indonesia itu, telah dibuka kembali pada Rabu (29/11) sore seiring dengan menurunnya aktivitas vulkanik di gunung berketinggian 3.142 meter dari permukaan laut tersebut.

Kedatangan para wisatawan asal China di Bandara Shenzhen disambut haru para anggota keluarganya.

Bahkan mereka berfoto bersama dengan membentangkan bendera China begitu turun dari tangga pesawat China Southern yang membawanya pulang dari Bali, Kamis (30/11) malam.

China merupakan penyumbang terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Pada tahun lalu wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia mencapai angka 1,5 juta orang.

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan dari daratan Tiongkok tersebut.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Pegadaian perkenalkan produk syariah ke dibeberapa ponpes
Ekonomi - Sabtu, 17 Februari 2018 - 16:21 WIB

Pegadaian perkenalkan produk syariah ke dibeberapa ponpes

Untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat terhadap produk-produk Industri Jasa Keuangan (IJK), PT Pegadaian (Persero) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Otoritas ...
KPU tetapkan 14 parpol peserta Pemilu 2019
Politik - Sabtu, 17 Februari 2018 - 13:17 WIB

KPU tetapkan 14 parpol peserta Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan sebanyak 14 partai politik resmi menjadi peserta pemilu 2019, empat diantaranya merupakan parpol baru.Adapun ...
92 ribu kendaraan diprediksi kembali ke Jakarta melalui GT Cikarut
Peristiwa - Sabtu, 17 Februari 2018 - 13:02 WIB

92 ribu kendaraan diprediksi kembali ke Jakarta melalui GT Cikarut

PT Jasa Marga memprediksikan puncak arus balik libur Imlek terjadi pada Ahad (18/2) besok melalui GT Cikarang Utama menuju Jakarta."Sebanyak ...
KontraS desak Polri selidiki lagi penyebab kematian terduga teroris Jefri
Peristiwa - Sabtu, 17 Februari 2018 - 10:42 WIB

KontraS desak Polri selidiki lagi penyebab kematian terduga teroris Jefri

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengkritik penjelasan kepolisian mengenai penyebab kematian terduga teroris Muhamad Jefri alias ...
NasDem akan konsolidasi politik di Pilgub Lampung
Politik - Sabtu, 17 Februari 2018 - 09:58 WIB

NasDem akan konsolidasi politik di Pilgub Lampung

Partai NasDem akan segera berkonsolidasi dengan Partai Hanura dan PKS setelah calon yang mereka usung dalam Pilgub Lampung, Mustafa ditetapkan ...
Jadi Tersangka, Bupati Lampung Tengah Langsung Ditahan
Hukum - Jumat, 16 Februari 2018 - 13:18 WIB

Jadi Tersangka, Bupati Lampung Tengah Langsung Ditahan

Usai menjalani pemeriksaan selama empat jam, Bupati Lampung Tengah, Mustofa resmi berstatus tersangka dan langsung ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ...