Jumat, 19 Oktober 2018 | 17.13 WIB
KiniNEWS>Nasional>Peristiwa>Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Ribuan wisman asal Cina diangkut dari Bali

Jumat, 1 Desember 2017 - 11:54 WIB

IMG-28418

Wisatawan mancanegara menunggu keberangkatan pesawat, di bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). Bloomberg/Putu Sayoga.

Jakarta, kini.co.id – Ribuan wisatawan mancanegara asal Cina diangkut dari Pulau Dewata, Bali setelah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dibuka kembali.

Sedikitnya ribuan wisatawan itu diangkut pulang pemerintah Cina melalui Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) dengan mengerahkan 13 pesawat domestik.

Pada Rabu (29/11) malam, China Southern Airlines mengirimkan dua pesawat dari Guangzhou dan Shenzhen, sedangkan China Eastern Airlines mengirimkan empat pesawat dari Beijing dan Shanghai.

Sementara pada Kamis (30/11) malam maskapai penerbangan lainnya mengirimkan tujuh armadanya ke Bali.

Sebanyak enam unit pesawat dari maskapai penerbangan milik pemerintah China tersebut telah memulangkan 2.700 wisatawan dari Bali.

Selain itu, tujuh armada dari maskapai swasta telah membawa pulang lebih dari 1.000 wisatawan China dari Bali, demikian pernyataan CAAC yang dikutip Kantor Berita Xinhua, Jumat.

Pengerahan pesawat-pesawat China itu turut membantu 29 pesawat asing yang diperkirakan akan membawa pulang 5.596 wisatawan mancanegara.

Bandara Ngurah Rai di kawasan Kuta ditutup pada Senin (27/11) setelah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian kolom 3.000 meter lebih.

Bandara terpadat kedua di Indonesia itu, telah dibuka kembali pada Rabu (29/11) sore seiring dengan menurunnya aktivitas vulkanik di gunung berketinggian 3.142 meter dari permukaan laut tersebut.

Kedatangan para wisatawan asal China di Bandara Shenzhen disambut haru para anggota keluarganya.

Bahkan mereka berfoto bersama dengan membentangkan bendera China begitu turun dari tangga pesawat China Southern yang membawanya pulang dari Bali, Kamis (30/11) malam.

China merupakan penyumbang terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Pada tahun lalu wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia mencapai angka 1,5 juta orang.

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan dari daratan Tiongkok tersebut.[]

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Peristiwa - Jumat, 19 Oktober 2018 - 14:29 WIB

Ketua DPR Pastikan Insiden Peluru Nyasar Bukan Ulah Teroris

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan insiden peluru nyasar di beberapa ruang kerja anggota dewan tidak terkait dengan aksi ...
Hukum - Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:51 WIB

Masa Tahanan Eks Dirut Pertamina Diperpanjang 40 Hari

Masa tahanan Eks Dirut PT Pertamina (Persero), Karen Galaila Agustiawan diperpanjang sampai 22 November 2018. Kejaksaan Agung melakukan perpanjangan masa ...
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:39 WIB

DPR Sebut Pemasangan Kaca Anti Peluru Bisa Batal

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing mengatakan, wacana pemasangan kaca antipeluru di Gedung Nusantara I DPR bisa ...
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:30 WIB

Awas, Libatkan Anak Kampanye Politik Bisa Dipidana

Anak-anak tidak diperkenankan untuk terlibat dalam kegiatan politik. Jika para orangtua melibatkan anaknya dalam kegiatan politik seperti kampanye atau apapun, ...
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 12:06 WIB

Incar Kursi Wagub DKI, Gerindra-PKS Yakin Tetap Mesra

Sepeninggal Sandiaga Uno, kursi Wakil Gubernur DKI kini menjadi incaran. Adalah dua partai yakni PKS dan Gerindra yang kini masih ...
Politik - Jumat, 19 Oktober 2018 - 11:30 WIB

Resolusi Dunia Yang Lebih Aman, Damai, dan Berkeadilan di IPU 139

Delegasi Indonesia yang dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Fadli Zon, Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf dan Wakil Ketua ...