Selasa, 12 Desember 2017 | 02.04 WIB
KiniNEWS>Nasional>Ekonomi>Aktivitas Bandara Silangit menunjukkan peningkatan

Aktivitas Bandara Silangit menunjukkan peningkatan

Reporter : Fauzan | Minggu, 3 Desember 2017 - 22:38 WIB

IMG-28461

Maskapai penerbangan Batik Air remsi mendarat dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) ke Bandara Silangit, Jumat (1/12). KiniNews/Istimewa.

Medan , kini.co.id – Memasuki dua pekan selepas diresmikannya Bandara Internasional Silangit oleh Presiden Jokowi, aktivitas penerbangan di bandara yang lokasinya berdekatan dengan obyek wisata Danau Toba itu menunjukkan peningkatan.

Tercatat rata-rata setiap hari ada 14 pergerakan pesawat, baik penerbangan domestik dan internasional, dengan durasi operasional delapan jam mulai dari pukul 08.00-15.00 WIB. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso bilang kuartal III/2017 jumlah pergerakan pesawat di bandara ini sebanyak 2912 pergerakan. Angkanya meningkat 29% dibandingkan dengan Kuartal III/2016.

Pesawat yang dilayani adalah jenis pesawat A320, CRJ1000, AT72, dan B737-500. Dengan jumlah pergerakan penumpang lebih dari 200.000 penumpang.

“Ditargetkan hingga akhir tahun 2017 dapat mencapai 250.000 penumpang atau naik 60% dari tahun 2016,” ujar Agus dalam keterangannya, Ahad (3/12).

Dikatakannya target tersebut akan tercapai, hal ini seiring dengan dibuka resmi pada Jumat (1/12), penerbangan Batik Air dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Silangit dengan menggunakan pesawat tipe Airbus A320-200 NEO yang dapat mengangkut 12 penumpang kelas bisnis dan 144 penumpang kelas ekonomi, dengan jadwal penerbangan satu kali per hari.

“Sejak dicanangkan Presiden Joko Widodo dari bandara perintis menjadi bandara komersial tahun 2016 lalu, perkembangan Bandara Silangit memang sangat pesat. Apa lagi 1 Desember 2017 Batik Air juga telah membuka rute penerbangan Jakarta -Silangit,” ujarnya.

Menurut Agus, peningkatan lalu lintas pesawat dan penumpang tersebut tentunya juga harus dibarengi dengan peningkatan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan selaku regulator penerbangan Indonesia menyatakan kesiapannya untuk melakukan pengawasan sehingga tiga hal tersebut dapat dilaksanakan dan ditingkatkan dengan baik.

“Kami siap mengawasi dan menjaga keselamatan penerbangan, tidak hanya di Silangit tapi juga di seluruh Indonesia. Bulan Oktober lalu kami baru menjalani audit keselamatan USOAP oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) dan kami mendapat nilai yang sangat bagus yaitu 81, 15%. Nilai itu di atas rata-rata nilai negara-negara lain. Dan menandakan bahwa keselamatan penerbangan di Indonesia sangat baik,” tutur Agus.

Untuk itu Agus meminta semua pihak dapat bekerjasama demi meningkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan sesuai aturan-aturan penerbangan nasional dan internasional yang berlaku.

Agus mengakui, Danau Toba sekarang sedang dikembangkan oleh Pemerintah sebagai salah satu obyek wisata internasional selain Bali. 

Berkaitan dengan itu, Agus menyampaikan agar maskapai internasional tidak ragu-ragu untuk terbang ke Silangit. 

Begitu juga wisatawan asing agar tidak khawatir menggunakan pesawat untuk mengunjungi Danau Toba.

“Kami akan jaga keselamatan penerbangan di Silangit dengan SOP yang baik dan benar. Dengan demikian penumpang dan wisatawan juga akan merasa aman dan nyaman,” pungkasnya. []

Editor: Rakisa

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Fadli Zon ditunjuk jadi Plt Ketua DPR
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 21:41 WIB

Fadli Zon ditunjuk jadi Plt Ketua DPR

Wakil Ketua DPR koordinator bidang politik dan keamanan Fadli Zon ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR menggantikan Setya Novanto ...
Kebijakan insentif fiskal industri akan dituntaskan
Ekonomi - Senin, 11 Desember 2017 - 20:42 WIB

Kebijakan insentif fiskal industri akan dituntaskan

Kementerian Perindustrian terus berupaya menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah yang ditargetkan rampung pada akhir tahun ini."Pekerjaan rumah ini terkait kebijakan pemberian ...
Aziz Gagal Jadi Ketua DPR, Titiek Soeharto: Sebaiknya Tunggu MUNAS
Nasional - Senin, 11 Desember 2017 - 18:45 WIB

Aziz Gagal Jadi Ketua DPR, Titiek Soeharto: Sebaiknya Tunggu MUNAS

Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto menilai, keputusan Badan Musyawarah (Bamus) DPR sudah tepat ...
Dedy Mulyadi: Golkar butuh perubahan komprehensif
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 18:15 WIB

Dedy Mulyadi: Golkar butuh perubahan komprehensif

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengusulkan agar perubahan partai tidak hanya sebatas pada pucuk pimpinan partai. Kata ...
Catatan Nasdem terkait pengesahan RUU Kepalangmerahan
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 17:45 WIB

Catatan Nasdem terkait pengesahan RUU Kepalangmerahan

Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepalangmerahan yang lama “mangkrak” rencananya akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR, Senin (11/12).Anggota Panja RUU Kepalangmerahan Amelia ...
Airlangga kantongi dukungan Golkar se-Jawa Barat dan DKI Jakarta
Politik - Senin, 11 Desember 2017 - 17:17 WIB

Airlangga kantongi dukungan Golkar se-Jawa Barat dan DKI Jakarta

Langkah Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto untuk menduduki calon Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto makin mulus.Pasalnya dukungan terhadap ...