Rabu, 19 Desember 2018 | 17.49 WIB
KiniNEWS>Nasional>Politik>Jadi Panglima, Pimpinan DPR Yakni Hadi Tjahjanto Dekat dengan Ulama

Jadi Panglima, Pimpinan DPR Yakni Hadi Tjahjanto Dekat dengan Ulama

Reporter : Bayu Putra | Rabu, 6 Desember 2017 - 09:52 WIB

IMG-28548

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto. (Ist)

Jakarta, kini.co.id – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengaku yakin calon panglima Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto akan dekat dengan ulama, seperti Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Menurutnya, KSAU Marsekal Hadi adalah orang yang banyak pengalaman dalam karir profesionalnya.

“Ya Insya Allah yakin (KSAU merangkul ulama). Pasti kan jenjang-jenjang perwiraan sudah leadership, sudah kelihatan,” kata Taufik di Gedung Nusantara III DPR RI Senayan, Jakarta, (6/12).

Politisi PAN ini pun mengapresiasi adanya unsur peralihan Panglima TNI dari matra Angkatan Darat ke Angkatan Udara, yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

Tentunya, ujar Taufik, Jokowi sudah memikirkan matang-matang keputusannya tersebut, sehingga semua pihak harus menghormatinya.

“Yang pasti kita mengapresiasi adanya unsur peralihan dari Matra Darat yang sudah dua kali menjadi panglima, sekarang ke Matra Udara. Tentunya hal yang mengerti profesionalisme, tanggung jawab, loyalitas, kepiawaian bertugas kan Presiden,” jelasnya.

Taufik mengungkapkan, penunjukan KSAU Marsekal oleh Jokowi sudah tepat. Mengingat, Jokowi dengan Hadi mempunyai hubungan emosional yang dekat, saat masih menjabat Walikota Solo.

“Presiden kan yang lebih mengenal Pak Hadi Tjahjanto sebagai mantan dan juga Kepala Pangkalan Udara Adi Sumarmo di Solo. Artinya pada saat beliau menjabat Walikota, Pak Presiden paham betul bagaimana dengan tanggung jawab dari sekup yang kecil, sampai sekup yang besar sampai ke Irjen Kemenhan kan gitu,” paparnya.

“Kalau sudah ada kedekatan profesional, tetapi konteksnya profesional ya kita harus dukung itu,” tambahnya.

Oleh karenanya, Taufik berharap KSAU Marsekal Hadi bisa melakukan alutsista, khususnya pada pesawat tempur bila resmi dilantik menjadi Panglima TNI.

Pasalnya, terang dia, selama ini alutsista khususnya pesawat tempur kurang memadai. Padahal, keamanan wilayah Indonesia sangat perlu dipantau melalui udara, mengingat luasnya Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.

“Jangan sudah uzur, yang sudah lanjut usia. Karena kasian untuk mencetak prajurit-prajurit TNI, Perwira TNI Angkatan Udara itu sangat mahal sekali. Sehingga kita pasti DPR akan mendukung modernisasi kelengkapan dan kecanggihan pesawat tempur itu harus kita dukung sepenuhnya,” pungkasnya.

Editor: Fatimah

KOMENTAR ANDA
Berita Nasional Terkini Lainnya
Peristiwa - Rabu, 19 Desember 2018 - 17:03 WIB

Jalan Gubeng Surabaya Amblas, Ini Penjelasan RS Siloam

Management Rumah Sakit Siloam nampaknya enggan disalahkan soal amblasnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya yang diduga karena proyek pengerjaan basement RS ...
Politik - Rabu, 19 Desember 2018 - 17:01 WIB

Fahri Hamzah: Banyak Orang Salah Paham Tentang Pidato Prabowo

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai, banyak orang keliru tentang pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tentang Indonesia ...
Hukum - Rabu, 19 Desember 2018 - 15:29 WIB

Ditargetkan Selesai Tahun Ini, Kasus RJ Lino Belum Juga Disentuh KPK

Akhir Desember 2017 silam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencanangkan berbagai target. Salah satu target besar yang dicanangkan adalah penyelesaian kasus ...
Hukum - Rabu, 19 Desember 2018 - 15:25 WIB

Fahri Hamzah Minta Polisi Ungkap Fakta Soal Penahanan Habib Bahar

Ketua DPR, Fahri Hamzah meminta pihak kepolisian menjelaskan kepada publik atas penahanan Habib Bahar bin Smith atas dugaan penganiayaan terhadap ...
Hukum - Rabu, 19 Desember 2018 - 13:25 WIB

Begini korban penganiayaan Bahar Smith

KEPALA Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto mengatakan remaja korban penganiayaan yang diduga dilakukan oleh Bahar bin ...
Peristiwa - Rabu, 19 Desember 2018 - 11:59 WIB

Penyebab amblesnya jalan Gubeng-Surabaya mulai terkuak

DUGAAN penyebab amblesnya Jalan Gubeng di Surabaya mulai terkuak. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan amblesnya jalan disebabkan oleh ...